cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 150 Documents
UPAYA WALI ASUH PADA PESERTA ASUH MENGATASI BULLYING DI PESANTREN NURUL JADID PERSPEKTIF KOMUNIKASI PERSUASIF Farhan, Farhan; Aziah, Aziah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.848 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i1.265

Abstract

Pembentukan kewaliasuhan sebagai wakil orang tua bagi peserta didik di kalangan pesantren memiliki peran cukup signifikan dan relevan, utamanya dalam mengatasi problematika bullying santri. Sedangkan penerapan komunikasi persuasif sebagai upaya wali asuh merupakan strategi komunikasi efektif dan efisien menghadapi anak asuh generasi zaman now. Bagaimana upaya wali asuh pada peserta asuh mengatasi bullying di pesantren Nurul Jadid paiton Probolinggo?. Melalui Penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif, dan pengumpulan melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam upaya mengatasi bullying santri, wali asuh merealisasikan komunikasi persuasif pada anak asuh secara efektif dan dinamis, melalui beberapa program kegiatan, meliputi; 1) Kordinasi dan sharing  rutin mingguan, 2) One on one tatap muka antara anak asuh dengan wali asuh, 3) Tausiyah pengasuh sebagai penguatan spiritualitas dan 4) Adanya reward dan punisment.
Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Globalisasi Tarini, Tarini
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2, Mei 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.046 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i2.48

Abstract

Penetapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diharapkan mampu untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional, dan guru dalam kurikulum ini dalam pembelajaran berusaha untuk meningkatkan kreativitas siswa menyampaikan gagasan pada pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi. Analisis data observasi aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode diskusi pada pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Diskusi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tentang arus globalisasi.
MEMBANGKITKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA SUDUT SIKU-SIKU Nining, Sriani; Srigati, Srigati; Mushofiah, Siti; Maliki, Imam
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.96 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.4

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media, dan alat pembelajaran harus mengalami perubahan ke arah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Seorang guru sangat diperlukan dalam menghadapi prestasi belajar siswa, tugas guru tidak hanya mengajar, tetapi juga mendidik, mengasuh, membimbing dan membentuk kepribadian siswa guna menyiapkan dan mengembangkan sumber daya manusia. Kesalahan guru dalam mengajar akan mengakibatkan bergesernya fungsi guru secara perlahan-lahan, sehingga akan mengakibatkan hubungan antara guru dan siswa yang semula saling membutuhkan akan berubah menjadi hubungan yang saling acuh tak acuh, tidak membahagiakan dan membosankan.
Penerapan Metode Part-whole untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang Darmawan, Ibnu; Winarno, M. E.; Kurniawan, Agung
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.727 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.59

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang dengan menerapkan metode part-whole. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan metode part-whole dapat meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang.
Supervisi Akademik Bentuk Tsubasa Meter untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Srikah, Srikah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.533 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.22

Abstract

Berdasarkan supervisi kelas, proses pembelajaran matematika didapatkan bahwa dalam menyusun rencana pembelajaran dan pelaksanaan masih rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IV SDN Wonodadi-1 Kutorejo Mojokerto yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi penyusunan RPP, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa melalui supervisi akademik dengan penerapan media Tsubasa Meter pada materi satuan panjang meningkatkan profesionalisme guru dan hasil belajar siswa.
Dewan Editorial Redaksi, Dewan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.264 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i1.33

Abstract

BRILLIANT JURNAL RISET DAN KONSEPTUAL Volume 2, Nomor 1, Februari 2017, Halaman 1 - 123 P-ISSN: 2541-4216 E-ISSN: 2541-4224 Laman E-Jounal BRILLIANT www.journal.unublitar.ac.id/briliant
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Matriks Melalui Pembelajaran Model STAD Rochani, Rochani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2, Mei 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.548 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i2.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merefleksi penerapan model STAD ini. Untuk kemudian dampak apa yang timbulkan dari sisi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah pelaksanaan siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Dengan instrument berupa tes, lembar observasi dan angket. Adapun subyek penelitian ini adalah siswa SMKN 3 Blitar Kelas X jurusan Akomodasi Perhotelan. Setalah dilakukan analisis dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran dengan model STAD dapat meningaktkan Hasil Belajar yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa setiap siklus,
PENERAPAN MODEL THREE PHASE TECHNIQUE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS MONOLOG BERBENTUK DESCRIPTIVE/PROCEDURE Christiani, Paulina
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.531 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v1i1.15

Abstract

Materi tentang menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure penting karena berkaitan dengan standar kompetensi menulis-mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. Pembelajaran bahasa Inggris di SMP bertujuan agar siswa mampu: 1) mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan dan tulis untuk mencapai tingkat literasi functional; 2) memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global; 3) mengembangkan pemahaman siswa tentang keterkaitan antara bahasa dengan budaya. Penggunaan model TPT telah berhasil dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam menulis teks monolog berbentuk descriptive/procedure pada siswa kelas VII.C SMP Negeri 2 Probolinggo. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pada siklus II sebanyak 34 siswa atau 100% mencapai KKM yang berarti mengalami peningkatan dibanding siklus I dimana siswa yang mencapai KKM hanya 29 siswa atau 85,29%.
Peningkatan Prestasi Belajar Penjasorkes Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) Suwardi, Suwardi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.67 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i3.74

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi kebersihan dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) untuk siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.  Pengamatan terhadap proses terlihat pada siklus I siswa tuntas sebanyak 16 siswa (73%) dan pada siklus II siswa tuntas sebanyak 19 siswa (86%), terjadi peningkatan prestasi belajar siswa 3 siswa (14%), maka terjadi  peningkatan prestasi belajar Penjasorkes materi Kebersihan melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC) bagi siswa kelas IV di SDN 1 Prigi  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016.
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Subani, Subani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2, Mei 2017
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.015 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v2i2.45

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran bamboo dancing bagi siswa kelas VI di SDN 1 Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VI semester I tahun pelajaran 2016/2017 di SDN 1 Watuagung Kecamatan Watulimo kabupaten Trenggalek yang berjumlah 10 siswa. Data dianalisis secara statistik, dan menghasilkan kesimpulan : “Terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran bamboo dancing bagi siswa kelas VI di SDN 1 Watuagung Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek pada semester I tahun pelajaran 2016/2017.

Page 1 of 15 | Total Record : 150