cover
Filter by Year

Analysis
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Articles
129
Articles
Potensi Lactobacillus plantarum sebagai Bahan Pengawet Alami Bakso Daging Kelinci

Lestariningsih, Lestariningsih, Azis, Rosidi

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Masyarakat Indonesia sangat mengemari Bakso. Bakso yang umum diproduksi dan dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah bakso daging ayam dan sapi. Padahal disisi lain kelinci juga menghasilkan daging yang jauh lebih cepat. Hal ini disebabkan siklus reproduksi singkat sehingga sangat menguntungkan ketika diambil dan diolah dagingnya. Selain itu, daging kelinci rendah akan kolestrol. Pengolahan bakso selama ini banyak bercampur dengan bahan kimia berbahaya. Hal ini menyebabkan residu didalam tubuh dan mengganggu kesehatan sehingga diperlukan alternative bahan pengawet alami. Salah satu bahan tersebut adalah Lactobacillus plantarum.  Bakteri ini mampu menghasikan asam laktat dan hidroksi peroksida yang mampu menghambat pertumuhan bakteri pathogen yang dapat merusak bakso.

Internalisasi nilai-nilai Budaya Toleransi dalam pembelajaran sejarah (Studi kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh)

Azis, Abdul, Haikal, Muhammad, Iswanto, Sufandi

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya toleransi kepada siswa di SMA Negeri 1 Banda Aceh melalui pembelajaran sejarah, pada dasarnya dalam budaya toleransi tersebut terkandung nilai-nilai yang berkaitan dengan keberagaman, suku, etnis, sosial dan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta mengkaji dokumen dan arsip pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu; (1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang nilai-nilai budaya toleransi; (2) mendeskripsikan nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah; (3) mendeskripsikan faktor-faktor kendala internalisasi nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Banda Aceh. Dengan demikian, maka kesimpulannya adalah; (1) pemahaman guru terhadap nilai-nilai budaya toleransi dipahami secara mendasar dan baik, dikarenakan hal tersebut penting untuk diajarkan kepada siswa yang mengandung nilai kebebasan, kebudayaan, saling menghargai, aktifitas sosial, agama serta dapat diterapkan dalam beberapa mata pelajaran yang relevan ; (2) proses internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan oleh guru sejarah melalui tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, yang disimpulkan dalam RPP; (3) faktor-faktor kendala dalam internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi pada pembelajaran sejarah adalah rendahnya tingkat keaktifan siswa, kurangnya pemahaman siswa dalam menyerapi materi, dan kesulitan dalam mengerjakan tugas serta keterbatasan alokasi waktu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Makna Judul Berita Olahraga Basket Ball Harian Kompas Bulan Maret 2018 Dalam Kajian Semantik

Hermawan, Agus

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penulisan berita olahraga menampilkan dengan sangat variatif, terutama judul beritanya. Judul berita harus memenuhi syarat menarik, singkat, padat, provokatif, dan fungsional. Hal ini yang menyebabkan penulis harus terampil dan mahir dalam menyusun judul berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode dokumentasi untuk mengetahui karakteristik isi setiap judul berita dalam bentuk tulis mangandung makna atau arti, dalam ragam bahasa tulis setiap kata mengandung makna, hal ini menyebabkan adanya simbol dari diri manusia. Dari penelitian tersebut muncul makna mangacu pada tiga pendekatan yaitu pendekatan referensial, pendekatan ideasional, dan pendekatan behavioral. Simpulan dari pendekatan tersebut, yang menjadi dasar kajian semantik yang melatar belakangi masalah ini yaitu pendekatan makna behavioral. Pengguanaan bahasa tulis yang dituangkan di Makna Judul Berita Olahraga Basket Ball Harian Kompas.

Pengaruh Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) Terhadap Keberdayaan Pengrajin Batik Tulis Ramah Lingkungan

Andarwati, Mardiana, Subiyantoro, Edi, Subadyo, Tutut

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kurangnya pelatihan dan tidak ada teknologi tepat guna yang berdampak pada pemberdayaan pengrajin batik. Masalahnya adalah bagaimana pengaruh pelatihan dan teknologi tepat guna bagi pemberdayaan pengrajin batik?. Desain penelitian menggunakan penelitian survei dengan sampel dan kuesioner sebagai sarana pengumpulan data. Manajer dan pengrajin batik yang melaksanakan pelatihan dan penerapan teknologi tepat guna adalah 32 orang sebagai sampel sehingga penelitian ini merupakan penelitian sensus. Hasil dari penelitian ini adalah pelatihan dan teknologi yang tepat untuk mempengaruhi pemberdayaan perajin batik melalui kegiatan kelompok batik dan dilatih melalui program pemberdayaan batik dan penerapan teknologi tepat guna sehingga dapat meningkatkan kuantitas produksi dan kualitas produk.

Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris pada Mahasiswa Prodi Bahasa Inggris melalui Metode Demonstrasi

Utami, Rina Puji

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi. Dengan penggunaan metode ini diharapkan kelemahan kosa kata Bahasa Inggris dapat teratasi sehingga prestasi penguasaan kosa kata tersebut dapat meningkat. Metode demonstrasi pada penelitian ini menggunakan materi prosedur  sesuai dengan tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Vocabulary  untuk mahasiswa semester empat, Program Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk. Jumlah total mahasiswa adalah 21 mahasiswa. Peningkatan prestasi kosa kata mahasiswa tersebut dapat diketahui dengan analisis pada penelitian ini menggunakan metode “t-test”: to= (M_1-M_2)/SE_(M1-M2 ) . Hasil analisis data komputasi, nilai “t” menunjukkan peningkatan hasil penguasaan kosakata mahasiswa dengan menggunakan metode demonstrasi yakni 4,91 dan tabel “t” tingkat signifikan adalah 5%. Nilai kritik "t" dalam tingkat signifikan dari tabel 2,03 (> tt atau 4,91> 2,03,.

Analisis Kebutuhan pada Bahan Ajar Penelitian dan Penulisan Sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA)

Krismawati, Nia Ulfia, Warto, Warto, Suryani, Nunuk

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebutuhan peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) terhadap bahan ajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan berpedoman pada desain instruksional 4D (define, design, develop, and dissemination). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X IPS peminatan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan penyebaran kuisioner, buku paket sejarah telah digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti berhasil membantu peserta didik dalam mencari informasi. Namun, di sisi lain terdapat beberapa permasalahan yang muncul dari penggunaan buku paket seperti materi yang disajikan masih umum, hanya berfokus pada aspek kognitif, kurang mendetail, dan belum menyajikan kegiatan belajar aktif bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kebutuhan peserta didik, kurikulum, dan kondisi kelas guna menemukan solusi dalam bentuk pengembangan produk pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat permasalahan dalam penggunaan buku paket sejarah sebagai sumber utama, (2) peserta didik membutuhkan bahan ajar pengayaan yang mengintegrasikan sejarah lokal, (3) penggunaan model project-based learning dapat menjadi alternatif strategi untuk pembelajaran aktif, dan (4) sejarah gemblak dapat dijadikan sebagai studi kasus penelitian dengan beberapa pertimbangan

Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah Geometri Pada Mahasiswa Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Akbarita, Rachmadania

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pembelajaran matematika bagi mahasiswa perlu memperhatikan pengembangan kemampuan penyelesaian masalah (problem solving). Kemampuan penyelesaian masalah berdasarkan Polya terdapat empat tahap, yaitu understanding the problem, devising a plan, carrying out the plan, looking back. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penyelesaian masalah geometri pada mahasiswa matematika UNU Blitar.

Pembelajaran Osborn Dengan Teknik Brainstorming Berbantuan Aplikasi Matlab Materi Akar Persamaan Tak Linear

Lanya, Harfin, Aini, Septi Dariyatul

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Rendahnya hasil belajar mahasiswa pada matakuliah metode numerik, khususnya pada materi akar persamaan tak linear menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan model pembelajaran Osborn dengan teknik Brainstorming berbantuan aplikasi matlab Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 yang mengikuti matakuliah metode numerik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal kuis. Observasi dilakukan oleh seorang observer terhadap mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran. Sedangkan soal kuis yaitu soal urain diberikan pada pertemuan terakhir untuk mengukur kemampuan mahasiswa setelah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan soal kuis dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Penerapan Group Investigation untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VI pada Materi Bangun Ruang di MI GUPPI Ringinanom Udanawu

Niam, Fathul

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan penerapan group investigation yang dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VI pada materi bangun ruang. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang dilaksanakan di MI GUPPI Ringinanom Udanawu Blitar ini diikuti oleh 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil dari dua siklus pembelajaran menunjukkan bahwa tindak pembelajaran dengan group investigation yang mampu meningkatkan pemahaman matematika siswa adalah: (1) guru selalu mengadakan tanya jawab tentang materi prasyarat yang dimiliki siswa sampai pemahaman mereka tentang materi prasyarat dipandang memadai untuk melakukan investigasi, (2) guru harus selalu berkeliling ke setiap kelompok dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami masalah secara individual, (3) guru menata posisi tempat duduk siswa dalam setiap pertemuan.

Penerapan Open Shortest Path Fisrt (OSPF) untuk Membangun Jaringan Berskala Besar Berbasis Mikrotik

Marcus, Ronald David, Wibowo, Evant Prasetyo, Muksin, Mochamad

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Routing adalah proses pemilihan jalur untuk lalu lintas data pada satu atau beberapa jaringan. Universitas Merdeka Malang masih menggunakan static routing dalam teknologi jaringannya, sehingga proses transfer rute routing hanya dapat dilakukan oleh administrator jaringan, hal ini akan menyebabkan downtime jaringan yang semakin besar jika ada kegagalan link. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut maka diperlukan penerapan teknologi routing dinamis salah satunya adalah protokol routing Open Shortest Path First (OSPF). Penelitian ini menggunakan metode Observasi, Studi Perpustakaan, dan Analisis Masalah. Desain topologi jaringan dilakukan menggunakan pendekatan hierarki dan mesh, pada tahap implementasi, peneliti menggunakan router mikrotik RB750 dengan konfigurasi OSPF Multi Area (3 Area). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa protokol routing Open Shortest Path First (OSPF) yang digunakan dapat bekerja secara optimal pada topologi jaringan yang telah dirancang menggunakan pendekatan Hieraki dan Mesh, sehingga potensi downtime dapat diminimalkan.