cover
Filter by Year
Jurnal Pertanian Terpadu
Jurnal Pertanian Terpadu (Jpt.) merupakan jurnal ilmiah yang memuat hasil penelitian bidang pertanian dalam skala luas yang mencakup bidang agroteknologi, kehutanan, kelautan, perikanan, agribisnis serta peternakan. Jpt. dikelola oleh Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur (STIPER Kutai Timur). Diterbitkan pertama kali dalam versi cetak sejak tahun 2013, hingga kini Jpt. rutin menerbitkan jurnal sebanyak 2 (dua) kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember. Jpt. menerbitkan 12 (dua belas) artikel pada setiap terbitannya. Jpt. dalam menerbitkan naskah telah bekerjasama dengan reviewer dari berbagai instansi penelitian yang bergelar minimum doktor (S-3) yang sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Sebagai jawaban terhadap perkembangan teknologi, Jpt. dengan ini diterbitkan dalam versi online dan dapat diakses melalui URL http://ojs.stiperkutim.ac.id. Versi online Jpt. menampilkan artikel-artikel ilmiah yang telah diterbitkan melalui versi cetak. Sebelum diterbitkan, naskah terlebih dahulu diseleksi oleh tim editor untuk kemudian dapat diajukan kepada reviewer. Hanya naskah yang lolos review yang akan diterbitkan dalam versi cetak. Penerbitan versi online dilakukan setelah versi cetak terbit. Pendaftaran naskah untuk dapat diterbitkan dapat diserahkan langsung kepada sekretariat redaksi Jpt. di Kampus STIPER Kutai Timur jalan Soekarno-Hatta, Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur atau melalui email: Jpt(a)stiperkutim.ac.id. Segala naskah yang diterbitkan oleh Jpt. menjadi hak milik Jpt. Versi online ini menggunakan sumber terbuka open journal system, dan segala ketentuan mengenai versi online ini tunduk dan patuh terhadap kebijakan dari pemegang hak cipta software. Sesuai dengan perkembangan informasi dan teknologi, tampilan dalam versi online ini akan terus diperbaiki pada masa yang akan datang.
Articles
130
Articles
Pengaruh Lama Perendaman dalam Larutan Kimia Terhadap Sifat Dormansi Biji Aren (Arenga pinnata Wurmb Merr)

Farida, Faida

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lama perendaman dalam larutan kimia yang terbaik terhadap perkecambahan biji Aren. Penelitian ini akan dilaksanakan pada bulan September - November 2017. Lokasi penelitian bertempat di Desa Swarga Bara Sangatta Kutai Timur. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial di ulang sebanyak 4 kali. Adapun perlakuan perendaman, yaitu: p0 = tanpa perendaman (kontrol), p1 = perendaman 5 menit, p2 = perendaman 10 menit, p3 = perendaman 15 menit, p4 = perendaman 20 menit, p5 = perendaman 25 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlakuan p4 (perendaman selama 20 menit) yang terbaik pada laju perkecambahan sebesar 36,00 hari, persentase perkecambahan sebesar 78,33 % dan indeks vigor sebesar 0,161.

Peran dan Profil Gender Rumah Tangga Tani dalam Pengambilan Keputusan Pemasaran Bunga Melati Putih (Jasmine sambac) di Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda

Juita, Firda, Effendi, Midiansyah

Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran istri dalam rumah tangga tani terkait pengambilan keputusan pemasaran bunga melati putih, aktivitas pembagian kerja pemasaran bunga melati putih dan faktor yang menentukan rumah tangga tani dalam pengambilan keputusan pemasaran bunga melati putih di Kelurahan Bukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan dimulai dari Mei sampai bulan Juli 2017. Metode pengambilan sampel yang digunakan metode sampel berjatah  (quota sampling) dengan jumlah responden  adalah 30 petani. Data analisis dengan menggunakan deskriptif dan pengukuran menggunakan skala likert. Hasil Penelitian menyatakan peran istri dalam rumah tangga tani terkait pengambilan keputusan pemasaran bunga melati putih berdasarkan empat indikator termasuk dalam kategori berperan dengan total skor 1237 dan rata-rata 41,23. Aktivitas pembagian kerja pemasaran bunga melati putih pada rumah tangga tani lebih banyak dilakukan oleh istri. Faktor yang menentukan rumah tangga tani berperan dalam pengambilan keputusan pemasaran bunga melati putih adalah 76,67% ditentukan oleh faktor umur dan pekerjaan sampingan.

Analisis Kualitas Plankton dan Benthos Tambak Bontang Kuala Kota Bontang Kalimantan Timur

Pagoray, Henny, Udayana, Deni

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Usaha budidaya tambak sangat dipengaruhi oleh kesuburan perairan. Kesuburan perairan akan mempengaruhi produktivitas tambak. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas tambak yaitu plankton dan benthos. Plankton sebagai pakan alami  mempunyai peran dalam rantai makanan yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup biota yang dibudidayakan. Hasil analisis kualitas plankton pada tambak diketahui indeks keanekaragaman (1,55–1,88)  termasuk dalam kategori sedang, keseragaman (0,96–0,98) kategori komunitas stabil dan dominansi (0,16–0,22) tidak ada jenis yang mendominasi. Indeks keanekaragaman benthos termasuk kategori komunitas rendah (0,00–0,54); sedangkan dominansi (0,73–1) ada jenis benthos yang mendominasi. Dapat disimpulkan bahwa produktivitas tambak Bontang Kuala termasuk dalam kategori sedang.

Lama Penyediaan Hijauan Pakan pada Pemeliharaan Sapi Potong di Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara

Daru, Taufan Purwokusumaning, Yusuf, Roosena, Rahmayanti, Vera

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jarak yang ditempuh oleh petani dalam memperoleh hijauan pakan dan mengetahui waktu yang diperlukan dalam pemberian hijauan pakan. Penelitian menggunakan metode survei melalui pendekatan observasi dengan teknik wawancara langsung kepada peternak sapi potong dengan kuesioner. Lokasi penelitian ditentukan secara purpossive sampling dengan kriteria sistem pemeliharaan intensif. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak yang ditempuh oleh peternak di Desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dalam menyediakan hijauan pakan untuk satu ekor sapi  berkisar antara 113 m sampai dengan 1.000 m. Lama penyediaan pakan untuk satu ekor sapi   berkisar antara 1.167 detik (19 menit 27 detik) sampai dengan 2.270 detik (37 menit 50 detik). Lama pemberian pakan yang berkisar antara 28 detik sampai dengan 126 detik (2 menit 6 detik). Faktor yang mempengaruhi lama penyediaan pakan adalah jarak tempuh. Faktor-faktor yang mempengaruhi lama pemberian pakan adalah cara pemberian pakan dan frekuensi pemberian pakan.

Analisis Kebutuhan dan Kemampuan Penyediaan Konsumsi Padi di Kabupaten Tana Tidung

Abdillah, Al Hibnu, Zaini, Achmad

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Beras adalah makanan pokok penduduk Kabupaten Tana Tidung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kebutuhan dan kemampuan penyediaan konsumsi beras di Kabupaten Tana Tidung tahun 2010 dan 2011. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga September 2013 di Kabupaten Tana Tidung. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data jumlah penduduk Kabupaten Tana Tidung tahun 2010 dan 2011, dan data komoditi pertanian yakni padi sawah dan padi ladang tahun 2010 dan 2011. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dengan menggunakan ukuran-ukuran kebutuhan beras untuk konsumsi dan komoditi padi sawah dan padi ladang. Komoditi padi sawah dan padi gunung pada tahun 2010 dan 2011 belum memenuhi kebutuhan konsumsi penduduk Kabupaten Tana Tidung. Perlu diupayakan untuk ditingkatkan hasil produksinya melebihi dari tingkat kebutuhan beras tersebut.

Analisis Pendapatan dan Elastisitas Produksi Usaha Ternak Ayam Kampung Pedaging Intensif di Kecamatan Sangatta Utara dan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur

Istikomah, Istikomah, Suhadi, Imam, Marhani, Marhani

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pendapatan dan elastisitas produksi usaha ternak ayam kampung secara intensif. Data penelitian diambil cross section produksi di Kecamatan Sangatta Utara dan Bengalon. Metode analisis yang digunakan fungsi produksi Cobb-Douglass. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usaha ternak ayam kampung secara intensif sebesar Rp. 15.495.617/periode atau Rp. 5.165.205/bulan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Ŷ= 0,136 + 0,944 log X1 + 0,075 log X2 + 0,105 log X3 -0,141 log X4 + 0,193 log X6 + (Vi-Ui). Berdasarkan nilai Elastisitas produksinya menunjukkan alokasi input perlu ditambah. Melihat nilai RTS sebesar 1,176 usaha ini menguntungkan. Hal ini menunjukkan usaha ini berada pada skala increasing return sehingga masih layak untuk dikembangkan.

Beberapa Catatan Pemanfaatan 1-Methylcyclopropene Pada Krisan (Chrysanthemum morifolium Ram.)

Fauzi, Ardika Albi, Kusumiyati, Kusumiyati, Mubarok, Syariful, Rufaidah, Fathi

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tanaman krisan (Chrysanthemum morifolium Ramat) merupakan tanaman perenial herbasius dari famili Asteraceae. Krisan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi di Indonesia sebagai tanaman hias dalam bentuk bunga pot dan bunga potong. Permintaan pasar akan bunga krisan mengalami peningkatan setiap tahunnya.. Salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan kualitas bunga potong krisan yakni etilen. Etilen merupakan hormon tanaman yang berperan pada proses pengguguran daun dan bunga, pemicu pembungaan, pembengkakan batang, pembentukan akar, memicu perkecambahan benih, pemasakan buah. Krisan termasuk kedalam jenis tanaman non-klimakterik, yakni tanaman yang kurang sensitif terhadap etilen. Namun pada beberapa penelitian menemukan beberapa varietas dari krisan sensitif terhadap paparan etilen eksogen. Salah satu cara untuk mengurangi efek etilen dengan aplikasi 1-Methylcyclopropene (1-MCP). Kerja 1-MCP pada tanaman yakni sebagai kompetitor etilen saat menempel pada reseptor. Aplikasi 1-MCP pada bunga potong krisan dapat memperpanjang umur dari bunga dengan mengurangi degradasi klorofil dan kehilangan berat segar bunga potong. Aplikasi 1-MCP pada setek krisan mampu mengurangi gejala kerusakan akibat etilen seperti penguningan daun, pengguguran daun, dan nekrosis. Setek yang diaplikasikan 1-MCP akan mengalami penghambatan dalam pembentukan akar karena terkait peran etilen terhadap inisiasi akar.

Respon Tiga Varietas Ubi Kayu (Manihot esculenta. L) Terhadap Pemupukan di Kutai Timur

Shanti, Ratna, Nirmala, Ratna

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pertumbuhan dan produksi tanaman ubi kayu di Kalimantan timur masih rendah. Keadaan ini disebakan kesuburan tanah yang relatif rendah dan sumber genetik varietas ubi kayu yang dipakai bukan varietas unggul. Sedangkan permintaan eksportir terhadap bahan baku sebagai olahan hasil dan bioetanol sangat tinggi sehingga perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan pupuk dan varietas unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemupukan terhadap pertumbuhan dan produksi tiga varietas ubi kayu yaitu Kasesat, Darul Hidayah, dan Gajah. Percobaan lapangan dilakukan selama 9 bulan mulai dari bulan maret hingga desember 2017. Lokasi penelitian di Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur. Percobaan ini menggunakan rancangan  split plot (petak terpisah) yang disusun secara factorial, diulang sebanyak 3 (tiga) kali (R). Petak utama (PU) adalah varietas yaitu v1 (Kasesat), v2 (Darul Hidayah), dan v3 (Gajah). Anak petak adalah pupuk (P) yang terdiri dari P0 (Tanpa pupuk /control), P1 Pupuk Anorganik (800 Kg NPK/Ha), P2 Pupuk Organik (20.000 Kg Bokashi pupuk kandang ayam / Ha), P3 Kombinasi pupuk anorganik (800 Kg NPK/Ha) + pupuk organik (20.000 Kg bokashi pupuk kandang ayam /Ha). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk anorganik dan organic (bokashi) dan kombinasinya mampu menghasilkan umbi masing-masing 39,7 ton/Ha; 40,37 ton/Ha; dan 50,41 ton/Ha. Perlakukan pemupukan 3 varietas ubi kayu dapat meningkatkan produksi 14,41%; 22,52%; dan 52,99% dibandingkan dengan control. Diantara 3 varietas ubi kayu tidak berpengaruh nyata. Varietas Gajah relative tinggi produksinya sebesar 11,73% dibandingkan dengan kedua varietas lainnya.

Kondisi Tanah Habitat Ulin (Eusideroxylon zwageri T & B) di Prevab Taman Nasional Kutai Kabupaten Kutai Timur

Triadiawarman, Dian

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kondisi tanah habitat ulin di Kawasan Prevab Taman Nasional Kutai Timur. Prevab Taman Nasional Kutai Timur memiliki tipe tanah Podsolik, dengan warna antara coklat kekuningan hingga coklat gelap kekuningan.. Tekstur tanah teridiri atas liat hingga liat berdebu. Struktur tanah berupa rounded blocky dan angular blocky. Bulk Density (BD) antara 0,99 – 1,67 g/cm3. Porositas tanah antara 37,05 – 62,65%. Kedalaman solum antara 100 - 150 cm. Kedalaman efektif antara 30 - 100 cm. Kapasitas ketersediaan air antara 4,43 – 13,88%. Keasaman tanah berada pada tinggi hingga sedang (pH 4,6 – 5,8). Kapasitas Tukar Kation (KTK) antara 0,99 – 5,17 me/100 g. Base saturation (BS) antara 8,16 – 42,57%. Kandungan C antara 0,04 – 0,27%, N antara 0,37 – 2,68%, P antara 2.85 - 34.96 ppm, K antara 0,06 – 0,22 cmol/kg, Ca antara 0,41 – 6,40 cmol/kg, Mg antara 0,11 – 3,40 cmol/kg. Untuk melindungi dan meningkatkan potensi tumbuh pohon ulin, kegiatan penanaman sebaiknya dilakukan pada kondisi lingkungan yang sesuai, yaitu pada daerah dengan ketinggian 0 - 400 m di atas permukaan laut dengan kemiringan antara  0 - 100%, pada tipe tanah podsolik, dengan tekstur tanah liat dan sandy clay loam yang memiliki keasaman sangat tinggi hingga sedang.  

Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging (Broiler) di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur

Rusmiyati, Rusmiyati

Jurnal Pertanian Terpadu Jurnal Pertanian Terpadu Jilid VI Nomor 1 Juni 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Pertanian Kutai Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah biaya, dan pendapatan usaha peternakan ayam ras pedaging di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur serta mencari R/C rasio dan strategi pengembangannya usaha ayam ras pedaging di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 5 peternak ayam broiler. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total produksi selama periode bulan  Mei 2017 adalah 51.336,25 kilogram dengan panen rata-rata 10267,25 kilogram. Bonus mortalitas 5% tidak dihitung dalam penerimaan karena peternak sulit untuk mengejar angka tersebut. Harga jual Rp.18.000, -/kg. Total penerimaan bulan Mei 2017 adalah Rp.924.052.500,- dengan rata-rata penerimaan Rp.184.810.500,-. Penerimaan yang lain adalah dari hasil pupuk kandang sebesar Rp. 12.550.000,-, sehingga total penerimaan menjadi Rp.936.602.500,-.Total biaya yang dikeluarkan dalam bisnis ayam broiler adalah sebesar Rp.848.813.312,- atau rata rata biaya 169.762.662,-, sehingga total pendapatan sebesar Rp.87.789.312,- dan rata-rata pendapatan peternak adalah sebesar Rp. 17.557.838,- .Nilai Cost Ratio (RCR) dari bisnis ayam broiler di Kecamatan Teluk Pandan adalah 1,101 yang artinya  bahwa setiap Rp 1,- uang yang digunakan dalam bisnis akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp.1,101, - dan laba sebesar Rp.0,1011. Berdasarkan analisis SWOT, bahwa  strategi alternatif yang dapat diterapkan dalam pengembangan bisnis ayam broiler di Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timur adalah sebagai berikut: 1) Memanfaatkan kerjasama ketersediaan DOC dan pakan untuk mengembangkan usaha yang telah ada agar dapat memenuhi tingginya permintaan ayam ras pedaging; 2) Meningkatkan kerjasama kemitraan dengan perusahaan peternakan dalam hal penentuan harga produk; 3) Meningkatkan kualitas produk dan menata kembali skala usaha untuk menghadapi persaingan dan menghindari penurunan daya beli; 4) Meningkatkan pola kemitraan dalam permodalan untuk memperbaiki sarana dan persiapan bahan baku produksi agar dapat bersaing.