cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. pesisir selatan,
Sumatera barat
INDONESIA
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Published by STKIP Pesisir Selatan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah (JKPS) merupakan jurnal ilmiah penelitian pendidikan yang memuat hasil penelitian dan/atau kajian analitis - kritis di bidang kepemimpinan kepala sekolah, proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan model kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, model pembelajaran dan penilaian kinerja guru dan prestasi siswa dalam aspek pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH" : 11 Documents clear
EVALUATION OF SUITABILITY OF AREAS FOR DRAGON FRUIT IN BATANG ANAI, ULAKAN, AND NAN SABARIS DISTRICT IN PADANG PARIAMAN REGENCY oktavia, widya
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.198 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.99

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang : 1) tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman Buah Naga di Kecamatan Batang Anai, Kecamatan Nan Sabaris, dan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, 2) sebaran spasial kesesuaian lahan untuk tanaman buah naga yang ada di Kecamatan Batang Anai, Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Ulakan Tapakis. 3) arahan penataan lahan untuk buah naga berbasis SIG.Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel yang di ambil berdasarkan  penunjukkan satuan lahan. Sampel dalam penelitian ini adalah 22 sampel. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini antara lain : 1) bentuklahan proses fluvial, 2) bentuklahan proses marin, 3) bentuklahan proses vulkanik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat kesesuaian lahan untuk tanaman buah naga pada daerah penelitian dapat dikategorikan atas 2 (dua) tingkat kesesuaian lahan,  yakni sangat sesuai dan sesuai. Satuan lahan yang sangat sesuai terdapat pada satuan lahan  M3.I.ENT.Qal.Kc,  M6.I.ENT.Qal.Smk terdapat di daerah Ketaping.  Satuan lahan M3.I.ENT.Qal.Tgl terdapat di daerah Tapakis Ulakan. Satuan lahan yang sesuai adalah satuan lahan M6.I.ENT.Qal.Kc, M9.I.ENT.Qal.Pr, M9.I.ENT.Qal.Smk, F1.I.ENT.Qal.Pr, F1.I.ENT.Qal.Smk, terdapat di daerah Ketaping. Satuan lahan M9.I.ENT.Qal.Swh, M9.I.ENT.Qal.Tgl, F1.I.ENT.Qal.Swh, terdapat di daerah Ulakan. Satuan lahan M9.I.ENT.Qal.Kc, terdapat di daerah Tapakis. Satuan lahan M3.I.ENT.Qal.Swh, M6.I.ENT.Qal.Swh, terdapat di daerah Sunua. Satuan lahan F1.I.ENT.Qal.Kc, F1.I.ENT.Qpt.Kc, F1.I.EPT.Qal.Kc terdapat di daerah Sungai Buluh. Satuan lahan V3.I.ENT.Qal.Kc, V3.I.EPT.Qal.Kc terdapat di daerah Kurai Taji. Satuan lahan V3.I.EPT.Qal.Pr terdapat di daerah Padang Bintungan. Satuan lahan V3.I.ENT.Qal.Swh terdapat di daerah Pauh Kamba. Satuan lahan   V3.I.EPT.Qal.Swh terdapat di daerah Kapalo Koto.Kata Kunci: Evaluasi, Kesesuaian lahan, Buah Naga, Sistem Informasi Geografi (SIG).
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MAKALAH MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MAHASISWA SEMESTER III STKIP YDB LUBUK ALUNG rahman, irawati
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.955 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.106

Abstract

Writing is one of the language capability which study since elementary until university. Based on observation and teach experience in student of STKIP YDB Lubuk Alung semester III, founded the fact that the student had dificult to write a paper and not understanding part of paper formation taht, so the student has not achieve of ability. It cause there  have factor, such as using learning method. This classrom action research aim to describe and explain of capability witing paper on student of semester III STKIP YDB Lubuk Alung by using Cooperatif Learning Method  Type Jigsaw. The populotion of the research was 27 Students in STKIPYDB Lubuk Alung. This research consist of two cycles with six lectures in july-December 2015-2016. Every cycles consist of : planning, action, observatio, reflection, and evaluation. The result of this research that the using  cooperative  Learning Method type Jigsaw can improve the ability writing paper and attention interesting student to learn part of paper formation in writing paper, specialy for students of STKIP YDB Lubuk Alung at july-December 2015-2016. 
UJI KUALITAS FISIK AIR BERSIH PADA SARANA AIR BERSIH PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI NAGARI CUPAK KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK andini, nisye frisca
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.498 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kualitas fisik air Program Pamsimas berdasarkan sifat fisika, kimia dan biologi di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif untuk memperoleh gambaran kualitas fisik air sarana air bersih Program Pamsimas di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Total Sampling yaitu I mata air yang menjadi sumber air Pamsimas. Kualitas fisik air di sesuaikan dengan Menkes No.492 Tahun 2010. tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Bersih. Hasil uji parameter fisika mata air yang diperoleh yaitu tidak berbau, tidak berasa, warna dan suhu 22,6ºC. Parameter kimia mata air yang diperoleh yaitu nitrit <0,01 mg/l, besi 0,06 mg/l, kesadahan 230 mg/l, mangan <0,25 mg/l, pH 5,5 mg/l, sulfat 2,48 mg/l, dan zat organik 1,26 mg/l. Hasil uji laboratorium untuk parameter mikrobiologi (total bakteri coliform) pada mata air  adalah 4 per 100 ml sampel.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS DENGAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL POPULER SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PADANG hayati, najmi
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.392 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.102

Abstract

 This study aimed to describe the relationship of critical reading skills with popular article writing skills class XI student of SMAN 5 Padang. The study population was a class XI student of SMAN 5 Padang. The sampling amounted to 30 students is done by proportional random sampling. Data collected through an objective test and test performance. Objective test is used to determine the results of critical reading skills, test performance was conducted to determine the results of the popular article writing skills. Analysis and discussion of the data is a descriptive correlational to know the great relationship of critical reading skills with popular article writing skills. Based on the results of the study concluded the following three. First, the level of critical reading skills class XI student of SMAN 5 Padang quite enough (67.23). Second, popular article writing skill level class XI student of SMAN 5 Padang is quite (64.7). Third, there is a significant relationship between critical reading skills with popular article writing skills class XI student of SMAN 5 Padang 0.466. 
TRADISI UANG JAPUIK DAN UANG ILANG DALAM SISTEM PERKAWINAN DI NAGARI TANDIKEK KECAMATAN PATAMUAN KABUPATEN PADANG PARIAMAN hafizah, Hafizah
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.77 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.89

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses tradisi uang japuik dan uang ilang, makna yang terkandung pada tradisi uang japuik dan uang ilang, konflik internal yang terjadi akibat tradisi uang japuik dan uang ilang, dan upaya mengatasi konflik yang terjadi. Jenis penelitian adalah jenis studi kasus.. Tekhnik pemilihan informan menggunakan metode (purposive sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembayaran uang japuik dan uang uang ilang dalam sistem perkawinan di Nagari Tandikek Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman ditentukan oleh kedua belah pihak yang diserahkan oleh mamak perempuan kepada mamak laki-laki. setelah menikah uang japuik akan dikembalikan kepada pihak perempuan ketika manjalang mintuo. Sedangkan proses pembayaran uang ilang ditentukan kedua belah pihak dua minggu sebelum pernikahan dan dianggap uang dapur yang tidak akan dikembalikan oleh pihak laki-laki. Makna yang terkandung dalam tradisi ini adalah sebagai penghargaan kepada kaum laki-laki sekaligus merupakan kebanggan bagi mamak kedua belah pihak dan sebagai bantuan materil kepada orang tua pihak laki laki. Tidak jarang pernikahan batal dilaksanakan karena uang japuik dan uang ilang tidak disanggupi oleh pihak keluarga perempuan, sehingga konflik internal sering terjadi dengan keluarga karena bersikeras untuk menikah. Dengan demikian upaya yang dilakukan untuk mengurangi konflik (1) harus adanya sosialisasi dari pihak KAN kepada calon mempelai pria untuk ikut membantu pihak perempuan dalam memberikan uang japuik sehingga pernikahan dapat berlangsung. (2) harus adanya peraturan tertulis mengenai Nominal uang japuik dan uang ilang di Nagari Tandikek.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MURID DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS V SDN 21/III KOTO PATAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 s.pd, rawina
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.607 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.105

Abstract

This study aims to improve the learning process and student learning outcomes by using a jig saw on the subjects of Islamic religious education in class V SDN 21 / III Koto Patah. This type of research is a classroom action research with research subjects graders of SDN 21 / III Koto Broken totaling 24 people. The object of this research is the implementation and the results obtained from the application of methods jig saw. Data collection techniques used were observation and tests. Data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results showed that the implementation of learning with jigsaw models can enhance the learning process and the learning outcomes of students in grade V SDN 21 / III Koto Patah. Improved learning model pupil activity jigsaw in the first cycle of 56.04% increased in the second cycle to 74.29%. The average value of student learning outcomes obtained in the first cycle of 65.58 increased to 76.67 in the second cycle. Pupils who reach a value ≥ 65 on the first cycle as many as 11 people or 45.83%. In the second cycle increased to 22 oarng or 91.67%. Thus, learning with jigsaw models on the subjects of Islamic religious education can be used in class V SDN 21 / III Koto Patah. 
GAYA BAHASA PASAMBAHAN ADAT PERKAWINAN DI DESA SUNGAI LIKU KENAGARIAN PELANGAI KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN Novianti, Hasmi
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.593 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.88

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman gaya bahasa yang digunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi dan menyatakan pikiran, perasaan, pendapat, ide dan gagasan, baik dalam bentuk ujaran (lisan) maupun dalam bentuk tulisan.Gaya  bahasa yang digunakan oleh pemakai bahasa menggunakan gaya bahasa yang indah dan menarik, khususnya pasambahan. Fokus masalah penelitian ini adalah gayabahasa pasambahanmanjapuik marapulaidi Desa Sungai Liku. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara detail dan jelas tentang gaya bahasa yang terdapat dalam pasambahan manjapuik marapulai di Desa Sungai Liku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian  kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek penelitiannya adalah naskah pasambahan manjapuik marapulai yang sebelumnya ditranskripsikan dari hasil rekaman pasambahan manjapuik marapulai. Informan dalam penelitian ini yaitu orang yang terlibat langsung dalam pasambahan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan camera digital. Penelitian ini menggunakan metode dan teknik pengumpulan data, metodenya adalah metode simak, sementara teknik pengumpulan datanya adalah teknik simak bebas libat cakapdan teknik rekam. Berdasarkan interpretasi data yang telah peneliti lakukan terhadap pasambahan manjapuik marapulai di Desa Sungai Liku Kenagarian Pelangai Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan, ditemukan beberapa jenis gaya bahasa. Pertama, gaya bahasa perbandingan sebanyak 3 jenis. Kedua, gaya bahasa pertentangan sebanyak 2 jenis. Ketiga, gaya bahasa perulangan terdiri dari gaya bahasa aliterasi ditemukan sebanyak 1 buah
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA MENGGUNAKAN METODE ACTUAL LEARNING DI KELAS V SDN 1231/III DUSUN DALAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016 elita, jasni
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (439.61 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.103

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by the method of actual learning in the subject of Islamic religious education in the fourth grade SDN 123 / III Hamlet DalamJenis this research is classroom action research with the research subjects fourth grade students of SDN 123 / III Hamlet In totaling 22 people , The object of this research is the implementation and the results obtained from the application of the actual method of learning. Data collection techniques used were observation and tests. Data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results showed that the implementation of learning with actual learning methods to improve learning outcomes of fourth grade students of SDN 123 / III Hamlet In. Increasing the learning process with the actual method of learning on student activity first cycle of 53.82% increased in the second cycle into 68.18%. and the third cycle into 78.01%. The average value of student learning outcomes obtained in the first cycle of 64.55 increased to 73.64 in the second cycle and the third cycle into 79.55. Students who achieve a value ≥ 65 on the first cycle as many as 14 people or 63.64%. In the second cycle increased to 17 people, or 72.27%, and the third cycle to 20 people or 100% have been completed in the study. Thus, learning the actual methods of learning on the subjects of Civics can be used in class IV SDN 123 / III Hamlet In. 
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT Roza, Melia
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.656 KB) | DOI: 10.34125/kp.v2i1.91

Abstract

Abstract : This study aims to reveal the students' mathematical reasoning abilities after being given treatment metacognitive learning strategies. The research is a pre-experimental study design Randomized Control Group Only Design. Sampling was conducted using random sampling techniques so chosen as an experimental class is a class XI IPS 2 and a control class is the class XI IPS 1. The research instrument is a student activity observation sheet and test students' mathematical reasoning abilities. Data analysis was performed using the t test with significance level α = 0.05. Based on t test was done, obtained t = 1.9155 and table = 1.69 it is seen that thitung> ttabel means to reject H0 and accept H1. So it can be concluded that the mathematical reasoning skills students learn better metacognitive learning strategies than students who studied with conventional strategies in class XI IPS SMAN 1 Talamau West Pasaman academic year 2016/2017
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK PIDATO DAN CERAMAH DENGAN MENGGUNAKAN KATA KUNCI, SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 14 KERINCI elita, gusmarni
JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): JURNAL KEPEMIMPINAN DAN PENGURUSAN SEKOLAH
Publisher : STKIP Pesisir Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34125/kp.v2i1.104

Abstract

Learning achievement listening class IX students of SMPN 14 Kerinci still lacking. This is demonstrated by the average school had only reached 40%. Lack of learning outcomes is likely caused by several factors, among others: (1) the lack of learning techniques applied, (2) the absence of factors supporting the activities of listening, (3) lack of competence of teachers in implementing pembelajaranmenyimak, and (4) the lack of quality of the activities of listening to students , Hence the need for the study of learning to listen .. This classroom action research conducted with the aim of improving listening skills A speech class IX students of SMPN 14 Kerinci.Penelitian conducted three cycles. Implementation of the action taken is to apply keywords learning, (1) determine the major issues in the speech, (2) determine the content of the speech, (3) concluding message speech, (4) comment on the content of the speech with a logical reason and language was polite. Data collected by the analysis fortopolio student, teacher observation, student observation and questionnaires. The conclusion of this study is over the cycle I, II, III, can be summarized as follows: (1) the number of students who have the ability to determine the subject matter of speech increased (49.20% - 76.80%), (2) the number of students which has the ability to determine the content of the speech is increased (49.60% - 76.00%), (3) the number of students who have the ability to conclude the speech messages increased (50.68% - 74.80%), (4) the number of students has the ability commenting on the speech with a logical reason and language was polite increased (52.80% - 71.40%). The results of teacher observation and observation of students during learning activities taking place increases. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11