cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 35803786     EISSN : 25803786     DOI : -
Core Subject : Education,
Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Hasanuddin. Jurnal ini berisi hasil-hasil penghiliran penelitian pada bidang agrokompleks, medikal, teknosains, dan sosbudkum dan diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
Penerapan Teknologi Tepat Guna Pada Pengolahan Buah Dan Sayur Di Desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan Langkong, Jumriah
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.307 KB)

Abstract

Sulawesi Selatan khususnya Kabupaten Enrekang merupakan daerah yang potensial dengan berbagai hasil pertaniannya. Hasil pertanian terutama buah dan sayur merupakan sumber provitamin A, vitamin C dan mineral serta dari kalsium dan besi. Selain hal tersebut buah dan sayur merupakan sumber serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tujuan IbW ini adalah untuk melakukan penerapan teknologi pengolahan buah dan sayur khususnya produk selai, dodol dan keripik) di desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Target khususnya adalah terciptanya para anggota IKM Mitra untuk mengembangkan usahanya dibidang pengolahan buah dan sayur. Metode pelaksanaan yang dilakukan di IKM Mitra desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang dengan melakukan penyuluhan dan pelatihan tentang penanganan pascapanen, pengolahan dan pengemasan, serta sanitasi kebersihan bahan baku. Hasil yang diharapkan dalam IbW ini dapat meningkatkan perbaikan teknologi pengolahan dan pengemasan produk buah dan sayur yang berkualitas dan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).
Identifikasi dan Pemahaman Dampak Jenis-Jenis Kejahatan Trans Nasional Bagi Siswa SMA Di Kota Makassar Arsyad, Arsyad
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.96 KB)

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para siswa SMA terkait kejahatan transnasional, dampak dan antisipasinya; Permasalahan yang ada adalah: a. rendahnya pengetahuan dan pemahaman siswa SMA mengenai jenis-jenis kejahatan transnasional, dampak dan usaha-usaha untuk mengantisipasi dan menanganinya; b. belum adanya kemampuan di kalangan siswa SMA bagaimana mengidentifikasi dan mempetakan jenis-jenis kejahatan transnasional di Kota Makassar; c. belum mampunya siswa SMA memahamai usaha-usaha pencegahan dan penanganan jenis-jenis kejahatan transnasional di sekitar mereka. Metode yang digunakan adalah sosialisasi yang dilakukan melalui kegiatan ceramah dan tutorial mengenai kejahatan transnasional.Temuan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 1.masih banyaknya siswa SMA yang tidak memahami secara komprehensif mengenai kejahatan transnasional, dampak, dan antisipasi yang harus dilakukan; 2. Meningkatnya pemahaman langkah-langkah yang harus diambil dalam mengantisipasi dan mencegah serta menanggulangi kejahatan transnasional yang berkembang di Kota Makassar.
Model Pemanfaatan Urine Sapi Sebagai Pupuk Organik Cair Kecamatan Liburen Kabupaten Bone Rohani, St
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.121 KB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di Dua Desa yaitu Desa Mattirobulu dan Kelurahan Ceppaga Kecamatan Libureng Kabupaten Bone. Tujuan dari kegiatan ini adalah Tujuan umum agar masyarakat menyadari bahwa pemanfaatan limbah urine sapi yang dapat diolah menjadi pupuk cair dan diberikan pada tanaman , tujuan khusus adalah mengupayakan kelompok peternak di Kecamatan Libureng memanfaatkan limbah urine sapi, sehingga dapat mengurangi biaya pembelian pupuk. Bahan yang digunakan adalah MOL dan Urine sapi yang diolah melalui proses fermentasi. Karakteristik peserta menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan berpartisipasi aktif tidak hanya dalam bentuk kehadiran waktu penyuluhan dan pelatihan, tetapi aktif berkomunikasi atau berdialog mengenai pengolahan limbah urine. Dari keadaan ini terlihat bahwa petani peternak telah mulai memahami peran penting pemanfaatan teknik pengolahan limbah urine difermentasikan dengan MOL. Dengan ditemukannya inovasi tersebut diharapkan dapat memanfaatkan limbah urine menjadi pupuk cair sehingga mengurangi pengeluaran pembelian pupuk untuk tanaman mereka. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah Peternak sangat berminat dan termotivasi untuk memanfaatkan urine sapi sebagai pupuk cair untuk tanaman cukup tinggi dan Fermentasi limbah urine dapat mengurangi pencemaran limbah dari urine sapi.
Efek Penyemprotan Disinfektan Kelopak Bunga Rosella Pada Cetakan Rahang Terhadap Perubahan Dimensi Hasil Cetakan Machmud, Edy
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.479 KB)

Abstract

Tujuan pembuatan gigi tiruan dalam bidang prostodonsia yaitu untuk memperbaiki estetika, fungsi mastikasi, fungsi fonetik serta melindungi jaringan pendukung di bawah gigi tiruan. Pada pembuatan gigi tiruan terkadang tidak berhasil atau berfungsi dengan baik, dapat diketahui dari adanya keluhan-keluhan pasien diantaranya yaitu gigi tiruan yang longgar, adanya rasa sakit akibat luka pada mukosa mulut dibawahnya, kesalahan oklusi dan adanya basis gigi tiruan yang mengalami fraktur. Penelitian eksperimental labolatorium ini dilakukan di Laboratorium Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin untuk proses pembuatan larutan kelopak bunga rosella (Hibiscus sabdariffa L.) 10%. Penelitian dilakukan di Laboratorium Dental Material Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin untuk melakukan proses pencetakan dan pengukuran model master. Rancangan penelitian yaitu the pre and post test-only control design.
Penyuluhan Pencegahan Dan Penularan Hiv-Aids Pada Remaja Di Kabupaten Sidrap Darmawansyah, Darmawansyah
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.436 KB)

Abstract

Kabupaten Sidrap menembus angka 94 kasus HIV-AIDS. Masalah HIV/AIDS di Kabupaten Sidrap diyakini bagaikan fenomena gunung es karena laporan resmi jumlah kasus tidak mencerminkan masalah yang sebenarnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahun remaja tentang peegahan dan penularan HIV/AIDS. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah memberikan informasi kepada remaja melalui penyuluhan dan memberikan kesempatan kepada remaja untuk memberikan umpan balik.Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) berupa Penyuluhan HIV-AIDS Pada Kelompok Remaja di Kabupaten Sidrap berlangsung pada tanggal 30 Agustus 2016 selama 4 jam di Aula Kantor Dinas Pendidikan di Kabupaten Sidrap. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 57 orang pelajar SMU se kota Sidrap dari 50 orang yg direncanakan. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Rektor Universitas Hasanuddin, ketua dan sekretaris LPPM Unhas, Ketua Senat Akademik Unhas serta Bupati Kabupaten Sidrap dan nyonya serta Kepala SKPD se Kabupaten Sidrap.
Optimalisasi Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan Sabir, Sabir
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.936 KB)

Abstract

Studi ini ini membahas tentang tentang Optimalisasi Pengelolaan Pajak Daerahdan Retribusi Daerah Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah KabupatenEnrekang Sulawesi Selatan. Tujuan studi ini adalah: (1) Untuk menganalisis besarnyapotensi PAD yang bersumber dari Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di KabupatenEnrekang; (2) Untuk mengetahui faktor penyebab yang menjadi kendala sehinggaPengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah belum optimal dalam meningkatkanPendapatan Asli Daerah di Kabupaten Enrekang; dan (3) Untuk menyusun strategi yangdapat dilakukan untuk mengoptimalkan pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerahguna dapat meningkatkan penerimaan PAD di Kabupaten Enrekang.Hasil Studi menujukkan bahwa pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah diKabupaten Enrekang belum optimal. Upaya yang perlu dilakukan oleh pemerintahdaerah Kabupaten Enrekang dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerahsebagai berikut: memperluas basis penerimaan pajak dan retribusi daerah,peningkatan kapasitas pengelola pajak daerah dan retribusi daerah dan meningkatkanpengawasan pajak dan retribusi daerah.
Alih Teknologi Produksi Benih Anemon Laut secara Aseksual Syahdan, Muhammad; Kudsiah, Hadiratul; Muzdalifah, Muzdalifah
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.514 KB)

Abstract

Teknologi reproduksi aseksual anemon merupakan salah satu teknologi untuk memproduksi benih anemon laut secara buatan untuk kepentingan marikultur anemon laut di perairan alam. Kegiatan ini bertujuan untuk mentrasfer teknologi tersebut kepada kelompok nelayan Sipatuo Desa Teluk Tamiang, Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan. Kegiatan dilaksanakan secara aktif demonstratif dengan melibatkan secara penuh khalayak sasaran mulai dari penyuluhan kelas hingga demosntrasi di lapangan. Hasil kegiatan menunjukkan telah terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan khalayak sasaran tentang teknologi produksi benih anemon laut secara aseksual dengan teknik fragmentasi tubuh secara longitudinal. Khalayak sasaran berminat dan mau mengaplikasikan teknologi ini sebagai upaya alternatif usaha selain sebagai nelayan.
Pengembangan Bank Sampah Sebagai Upaya Bersih Pantai Dan Pemberian Nilai Tambah Sampah Daur Ulang Di Pantai Losari, Kota Makassar Rukminasari, Nita
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.12 KB)

Abstract

Pantai dan pulau-pulau kecil berpenduduk di Indonesia umumnya, dan di Sulawesi Selatan khususnya masih belum dilengkapi oleh tata kelola lingkungan hidup yang baik. Contohnya, sangat umum di jumpai di pantai dan pulau-pulau kecil tidak memiliki tata kelola sampah dan limbah yang baik. Banyak pantai dan pulau-pulau kecil kita kelihatan dan menjadi sangat kotor, jorok, dan tidak sehat. Pantai Losari, Kelurahan Losari, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar merupakan salah satu pantai di  Sulawesi Selatan yang mempunyai kepadatan penduduk yang cukup tinggi.  Kelurahan Losari cukup luas and padat serta menghasilkan sampah organic rumah tangga dan sampah daur ulang yang cukup besar.  Sampah organic dan sampah daur ulang ini dapat menjadi potensi yang cukup besar untuk mendapat penghasilan tambahan bagi masyarakatnya.  Penghasilan tambahan ini didapat dari pengolahan limbah organic menjadi kompos dan sampah daur ulang menjadi kerajinan/produk yang bernilai ekonomis (dapat dijual).  Namun, masyarakat belum mengetahui dan memahami teknik pengolahan limbah organic dan limbah daur ulang, sehingga potensi yang cukup besar dari limbah organic dan limbah daur ulang yang dihasilkan oleh masyarakat di Kelurahan Losari belum termanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan rumah tangganya.Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi pengolahan limbah domestik  organik dan sampah daur ulang dan mengadopsi teknologi  kepada masyarakat melalui pembuatan berbagai produk/kerajinan tangan dari sampah daur ulang di Kelurahan Losari, Kota Makassar.Hasil kegiatan pengabdian pada masyarakat Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, FIKP Unhas, menunjukkan bahwa tingginya tingkat partisipasi masyarakat mengikuti kegiatan ini dan besarnya minat khalayak sasaran untuk membuat berbagai produk kerajinan tangan untuk meningkatkan nilai tambah dari limbah organic domestic melalui proses composting.
Peningkatan Kualitas Produk Olahan Sambusaq Tuna Di Kabupaten Polman Hamzah, Hamzah
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.53 KB)

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk sambusaq dengan penggunaan teknologi, sistem mekanisasi dan membangun merek dagang dengan kemasan meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Salah satu kendala yang dihadapi oleh Kelompok usaha perempuan di Kelurahan Pekkabata Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar, limpahan bahan baku yang tinggi tidak disertai dengan manajemen stok yang baik, dan peralatan yang dimiliki masih sangat sederhana. Dengan Kegiatan Pengabdian Mayarakat ini dengan memberikan bantuan mesin Freezer, penggiling dan pengaduk adonan dan mengepres kemasan ini diharapkan bisa menjadi alternatif sehingga kualitas produk sambusaq tetap terjaga.
Peningkatan Keterampilan Bercakap Bahasa Inggris TK/TPA Di Kabupaten Takalar Abbas, Abbas
E-ISSN 2580-3786
Publisher : LP2M Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.059 KB)

Abstract

Generasi muda pelanjut masa depan bangsa Indonesia harus memiliki keterampilan berbahasa asing yang memadai, khususnya bahasa Inggris. Bahasa asing ini dibutuhkan guna mendukung pengetahuan utama yang dimilikinya, seperti pengetahuan agama, politik, hukum, ekonomi, sastra, matematika, biologi, kimia, teknik, kedokteran, dan lain-lain. Olehnya itu saat ini tidak bisa dielakkan lagi bahwa persaingan dunia global dan daya saing memicu berbagai kalangan masyarakat perlu melakukan kiat-kiat strategis dalam melakukan ekspansi secara global.Tuntutan terpenuhinya sumber daya manusia dengan daya saing tinggi mendorong lembaga pendidikan agama juga ikut bergerak memasukkan bahasa Inggris sebagai bagian dari muatan kurikulum belajar. Lembaga pendidikan agama yang dimaksud mulai dari sekolah-sekolah agama seperti Madrasah hingga yang terendah, yakni TPA Al Qur’an. Santri pada TPA Al Qur’an perlu diberi penekanan untuk belajar bahasa Inggris sebab mereka merupakan generasi pemula dengan gairah belajar dan bermain yang tinggi. Usia peka mereka terhadap pengetahuan dan keterampilan berbahasa asing perlu dimanfaatkan. Jadi bahasa Inggris diajarkan kepada mereka sebatas keterampilan dasar atau perkenalan saja.

Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue