cover
Filter by Year
E-DIMAS
Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain meliputi pelatihan, pemasaran, keamanan pangan lokal, Teknologi Tepat Guna (TTG), desain, pemberdayaan masyarakat, akses sosial, daerah perbatasan, daerah kurang berkembang, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, kendala, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian juga melibatkan partisipasi masyarakat dan mitra. Kegiatan pengabdian tersebut disusun dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Jurnal E-Dimas menerbitkan jurnal dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Maret dan September. Kontributor dalam jurnal ini merupakan staf pengajar Universitas PGRI Semarang dan perguruan tinggi-perguruan tinggi lainnya.
Articles by issue : Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
10
Articles
PENATAAN TAMAN TEJOKUSUMO KELURAHAN MUKTIHARJO KIDUL SEMARANG

., Surono, S., Ndaru Hario, Wandira P., Ayu, Wahyudi, M. Agung

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Kegiatan ini dilaksanakan dengan latar belakang ingin membantu dalam meningkatkan kualitas  lingkungan  permukiman  Kelurahan  Muktiharjo  Kidul  Semarang,  khususnya  pada ruang terbuka hijau atau taman sebagai fasilitas umum dan fasilitas sosial bagi lingkungan RW. 05, 06, 17 dan 18. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu studi lapangan,  desain  dan  grafis.  Studi  lapangan  digunakan  dalam  mengumpulkan  data  tapak seperti pengukuran volume tapak dan analisis kondisi eksisting. Hasil pengukuran tersebut menjadi dasar dalam proses desain atau perancangan taman. Pembuatan konsep dasar desain yang kemudian dilanjutkan dalam tahap grafis, yaitu digitalisasi gambar dari sketsa konsep- konsep yang telah dibuat. Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah: (1) telah diperbantukan dalam proses perancangan desain Taman Tejokusumo Kelurahan Muktiharjo Kidul Semarang; (2) rancangan anggaran biaya yang akan dikeluarkan dalam proses pembangunan dan penataan Taman Tejokusumo ke depannya; (3) dari hasil perancangan tersebut akan di komunikasikan dan ditindak lanjuti untuk pengajuan bantuan dana dari beberapa instansi.   Kata kunci: perancangan, penataan, taman, Tejokusumo

PENYULUHAN APE TERHADAP PENDIDIK PAUD KELURAHAN TAMBAK REJO SEMARANG

Karmila, Mila, Prasetiyawati D.H, Dwi, Wahyu Pusari, Ratna, ., Purwadi

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan tema ―Posdaya‖. Kegiatan ini dilakukan melalui 4 macam kegiatan, yaitu 1) penyuluhan tentang ke-PAUD-an; 2) pemberian materi tentang APE sebagai media pembelajaran; 3) pembuatan APE; dan 4) praktek mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 Febuari 2015, bertempat di Kelurahan Tambak Rejo, dengan nara sumber tim dari Dosen PG-PAUD Universitas PGRI Semarang. Peserta dari kegiatan ini adalah pendidik PAUD di Kelurahan Tambak Rejo. Sedangkan  aplikasi  dari  kegiatan  ini  adalah  pendidik  PAUD  di  Kelurahan  Tambak  Rejo mampu membuat media pembelajaran sendiri, sehingga dalam pembelajaran akan lebih menyenangkan buat anak. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengaplikasikan pengetahuan yang baru diperoleh dalam proses pembelajaran di PAUD; meminimalisir kekurangan sarana dan prasarana dalam pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas yang ada disekitar untuk digunakan sebagai media pembelajaran; dan meningkatkan keterampilan dalam cara mengajar anak-anak dengan cara yang lebih menyenangkan.   Kata kunci: pendidik PAUD, pendidikan

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA PAUD MELALUI TEMBANG DOLANAN KELURAHAN METESEH, KECAMATAN TEMBALANG, KOTA SEMARANG

., Asropah, ., Alfiah, Khasanah, Ismatul, sulanjari, Bambang

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Pendidikan  anak  usia  dini  dilakukan  dengan  tujuan  memberikan  konsep  yang bermakna bagi  anak melalui pengalaman nyata dan bermakna. Hanya melalui pengalaman nyata dan bermaknalah anak menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu (curiousity) secara optimal  Upaya pembentukan konsep yang bermakna dalam pendidikan anak usia dini, erat sekali dengan pembentukan karakter pada diri peserta didik. Pendidikan karakter adalah pendidikan   budi   pekerti   plus,   yaitu   pendidikan   yang   melibatkan   aspek   pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Dengan pendidikan karakter, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi adalah bekal terpenting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan karena dengannya seseorang akan dapat berhasil dalam menghadapi segala macam tantangan yang akan dihadapi kelak. Salah  satu  warisan  budaya  yang  dahulu  digemari  oleh  anak-anak  (Jawa)  adalah tembang dolanan. Tembang dolanan ini bukan hanya berfungsi sebagai lagu yang biasanya     dinyanyikan oleh anak-anak ketika bermain dan bersosialisasi dengan lingkungannya, atau lagu    sekedar hiburan semata-mata. Lebih    dari    itu tembang    dolanan merupakan    karya seni yang  sangat menarik karena di dalamnya terkandung makna yang tersirat, berisi pesan- pesan moral yang penting sebagai pembentuk karakter yang baik bagi anak bangsa Program Ipteks bagi masyarakat (IbM) ini bertujuan untuk membentuk karakteristik anak usia dini melalui tembang dolanan. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan pembelajaran karakter anak usia dini melalui tembang dolanan. Peserta pelatihan adalah para tutor PAUD dan kader Tutor PAUD di lingkungan kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang.   Kata kunci: Pendidikan anak usia dini, pembentukan karakter, dan tembang dolanan

PENYULUHAN PEMEROLEHAN BAHASA ANAK BAGI WARGA BANGETAYU KULON GENUK SEMARANG GUNA MENDUKUNG KOTA LAYAK ANAK

Ulumuddin, Arisul, PHM, Siswanto, Prayogi, Icuk

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Bahasa adalah karakter. Bahasa yang santun mencerminkan pribadi yang santun. Pun sebaliknya. Pembiasan bahasa yang baik juga sangat mempengaruhi karakter seorang manusia. Dengan kata lain pemerolehan bahasa adalah proses bagaimana seseorang dapat berbahasa atau proses anak-anak pada umumnya memperoleh bahasa pertama. Pemerolehan bahasa pada anak usia dua sampai tiga tahun terjadi secara alamiah. Pemeroleh bahasa biasanya secara natural artinya pemerolehan bahasa yang terjadi secara alamiah tanpa disadari bahwa seorang anak tengah memperoleh bahasa, tetapi hanya sadar akan kenyataan bahwa ia tengah menggunakan bahasa untuk berkomunikasi. Dalam penyuluhan ini, solusi yang ditawarkan adalah memberi penyuluhan dengan strategi kronologis. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan dalam kegiatan IbM ini adalah penyuluhan dan pendampingan. Materi yang diberikan meliputi: konsep berbahasa     Indonesia yang Baik dan Benar, Kesantunan Berbahasa, Komunikasi Efektif, Keterampilan Berbicara. Tahap pertama ini, tim pengabdian memberikan materi dasar dan pendampingan yang mengarah pada pemahaman mitra untuk mengajarkan anak berkomunikasi berbahasa Indonesia yang baik dan santun. Setelah penyampaian materi tersebut dilakukan, peserta diberi kesempatan untuk bertanya dan praktik. Hasil dari kegiatan ini: (1) warga terampil berbahasa Indonesia yang baik dan benar; (2) warga terampil menciptakan lingkungan bahasa yang ramah anak; (3) anak-anak memperoleh hak berbahasa yang baik dan santun.   Kata kunci: pemerolehan bahasa anak, warga Bangetayu Kulon  

IBM RAUDHATUL ATHFAL AL HIKMAH GAYAMSARI DAN RAUDHATUL ATHFAL AL MUTA’ALIMIN KECAMATAN TEMBALANG SEBAGAI SEKOLAH MODEL RAMAH ANAK

Nugrahani, Dyah, ., Senowarsito, Musarokah, Siti

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

  Abstrak   IbM ini bertujuan untuk mengembangkan RA Al Hikmah Kecamatan Gayamsari dan RA Al Muta’alimin Kecamatan Tembalang sebagai model sekolah ramah anak berbasis 3Ps (Provision, Protection, dan Participation). Sasaran IbM adalah 2 Kepala Sekolah mitra, dan 17 guru, dan orang tua peserta didik. Bentuk kegiatanya adalah 1) sosialisasi pengelolaan sekolah dan pendidikan ramah anak berbasis 3P; 2) membangun komitmen bersama antara kepala sekolah, guru, dan orang tua murid; 3) Pelatihan pengelolaan sekolah dan proses belajar mengajar  berperspektif  ramah  anak;  4)  Parenting;  5)  Penyusunan  program  sekolah  dan program pembelajaran; 6) Implementasi program; 7) Monitoring dan Evaluasi.  Pendampingan dilakukan pada setiap tahapan. Hasil yang dicapai adalah 1) adanya peningkatan pemahaman guru dan kepala sekolah di kedua RA tersebut tentang pengelolaan sekolah dan pendidikan ramah anak dan telah tercapainya kesepakatan bersama antara kepala sekolah dan guru untuk menyelenggarakan pendidikan ramah anak;  2) pembenahan administrasi sekolah, penyusunan program semester dan tahunan,   serta program  penyelenggaran  parenting secara rutin; 3)penataan tempat bermain yang lebih bersih, rapi, aman, dan nyaman: 4) pemenuhan kebutuhan makan yang sehat dan aman; dan 5) proses pembelajaran, penyusunan perangkat dan media sudah memperhatikan 3P.   Kendala yang dihadapi adalah masih terdapat ketidak samaan pemahaman dari orang tua, masyarakat sekitar, dan sekolah terdekat yang tentang pendidikan ramah anak.  Kata Kunci: sekolah model ramah anak, Provisi, Proteksi, dan Partisipasi

PEMBERDAYAAN KELOMPOK TANI JANGGELAN MELALUI EDUKASI DAN FASILITASI TEKNOLOGI TEPAT GUNA RUMAH PENGERING

., suminah, ., Mujiyo, Kristiawan, Budi

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Komoditas janggelan saat ini kian menjanjikan keuntungan, karena permintaan komoditas  janggelan  terus  meningkat  dari  waktu  ke  waktu.  Daun  janggelan  biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk memproduksi cincau hitam, selain itu dapat digunakan untuk  tanaman  obat  dan  bahan  untuk  kosmetik.  Tanaman  janggelan  sebagai  salah  satu tanaman andalan bagi  kelompok  tani,  selama ini  belum  dikembangkan  potensinya  secara optimal. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk:  (1) meningkatkan kualitas produksi daun menjadi   kualitas   super;   (2)   mengatasi   masalah   pengeringan   pada   musim   hujan;   (3) memperbaiki masalah kemasan; (4) meningkatkan manajemen kelompok. Metode yang digunakan  adalah edukasi  dan  fasilitasi.  Edukasi  dilakukan  dengan  cara:  (1) memberikan penyuluhan kepada kelompok tani cara budidaya janggelan yang baik sehingga kualitas daunnya meningkat; (2) introduksi alat pengering tepat guna dan alat pengemas; (3) pendampingan   untuk   pelatihan   penggunaan   alat,   pelatihan   kewirausahaan,   dinamika kelompok, administrasi kelompok, motivasi kelompok, manajemen pemasaran. Fasilitasi dengan cara memberikan alat tepat guna yang diperlukan oleh kelompok diperlukan agar produktivitasnya meningkat.   Kata kunci: pemberdayaan, rumah pengering, manajemen usaha

USAHA PELAYANAN JASA ALSINTAN DI DESA JIMBUNG KECAMATAN KALIKOTES KABUPATEN KLATEN

., Carsoni, Supriyadi, Bambang, Supriyadi, Slamet, Krisnandi, Didi Dwi, Aksin, Nur

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini dilakukan beberapa tahapan. Tahap paling awal adalah pendekatan terhadap kedua mitra yaitu Mitra 1 yaitu Agawe Santoso di Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten yang merupakan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan yang belum maksimal dalam merawat dan menggunakan Rice Transplanter, sedangkan Mitra 2 yaitu PT YANMAR DIESEL INDONESIA yang berlokasi di Jl. Raya Solo – Yogya Km. 27 Jambu Kulon, Ceper Klaten adalah sebuah pabrik yang membuat mesin-mesin mekanisasi pertanian khususnya Rice Transplanter. Tahap berikutnya adalah Team Pengabdian Kepada Masyarakat Teknik Mesin Universitas PGRI Semarang meninjau kelokasi Mitra 1 untuk menggali permasalahan yang lebih dalam serta pemecahannya. Akhirnya dicapai kesepakatan bahwa untuk Mitra 1 perlu pelatihan dalam perawatan serta opresional mesin Rice Transplanter. Karenamesin Rice Transplanter itu hasil produksi PT YANMAR DIESEL INDONESIA, maka dipandang perlu untuk digandeng sebagai mitra.   Kata kunci: Rice Transplanter, pelatihan/perawatan/operasional

IbM BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMA SE-KABUPATEN KUDUS

Purnomo, Djoko, Rubowo, Maya Riri, Saputro, Bagus Ardi, Nursyahidah, Farida

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Kurikulum  2013  sudah  mulai  dilaksanakan  di  sekolah-sekolah,  tanpa  terkecuali sekolah di Kabupaten Kudus. Banyak guru yang menyikapi hal tersebut sebagai tantangan dan hambatan dalam pembelajaran di kelasnya. Walaupun sudah banyak program pelatihan kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh berbagai pihak terkait, tetapi guru-guru Matematika Kabupaten  Kudus  masih  mengalami  kendala dalam  perencanaan  dan  penerapannya.  Oleh karena itu diperlukan sebuah bentuk pelatihan mengenai perubahan mindset kurikulum 2013, pembuatan RPP dengan pendekatan PMRI dan model PBL atau PjBL yang dilengkapi media pembelajaran GeoGebra.Luaran yang dihasilkan dari kegiatan IbM ini antara lain keterampilan pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013, dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis GeoGebra. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah workshop  (ceramah, diskusi, praktik,   dan   demonstrasi).   Kegiatan   IbM   ini   telah   dilaksanakan   dengan   lancar   dan mendapatkan respon yang positif dari peserta. Sehingga peserta mampu membuat produk RPP dan media pembelajaran berbasis GeoGebra dengan baik.   Kata Kunci: Kurikulum 2013, GeoGebra, PMRI, PBL, PjBL

IbM BAGI GURU LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK PELITA NUSANTARA 2 SEMARANG

Nuwolo, Agus, Kusmantoro, Adhi

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Kontrol motor listrik mempunyai peran penting dalam dunia industri modern saat ini. Seiring perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sistem kontrol motor telah mendorong manusia untuk berusaha mengatasi segala permasalahan yang timbul di sekitarnya dengan  cara  yang  lebih  mudah,  efisien  dan  efektif.  Adanya  kontrol  motor  secara  tidak langsung dapat menggantikan peran manusia dalam meringankan segala aktifitasnya. Pemakaian  PLC  sebagai  alat  kontrol  untuk  beberapa  sistem  otomatisasi  telah  banyak digunakan karena PLC dapat diberi perintah masukan yang memungkinkan dapat diterapkan dalam sistem pengoperasian pengontrolan suhu ruangan secara otomatis. Melihat perkembangan teknologi tersebut, guru SMK Pelita Nusantara 2 Semarang memerlukan pelatihan perancangan kontrol motor listrik menggunakan Smart Relay (keluarga PLC).   Kata Kunci : Zelio Smart Relay, PLC, Kendali motor listrik

KOMPUTER INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA DINI

Setyadi, Asro, Iskak, Ahmad, Sukmaningrum, Rahmawati, Hawa, Faiza

E-DIMAS Vol 6, No 01 MARET (2015): E-DIMAS
Publisher : E-DIMAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak   Mengajarkan bahasa Inggris pada anak bukanlah perkara yang mudah. Guru perlu berkreasi dan berinovasi dalam system pengajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik bagi anak. System pengajaran tersebut dapat berupa Edutainment. Edutainment merupakan gabungan dari education dan entertainment. System pengajaran ini menggabungkan pendidikan dan hiburan untuk  menarik minat anak dalam belajar bahasa Inggris dengan mudah. Wujud dari edutainment tersebut dapat ditemukan dalam Komputer Interaktif maupun CD interaktif yang dapat dengan mudah dioperasikan untuk media pembelajaran dan tersedia ditoko-toko buku ternama. CD computer interaktif ini berisi materi- materi pembelajaran Bahasa Inggris yang menggabungkan antara visualisasi gerak, warna dan suara. Hal ini akan membantu motorik anak menjadi lebih peka dan terasah. Anak akan tertarik untuk belajar lebih akan bahasa Inggris dengan berbagai varian latihan yang terdapat dalam konten CD maupun computer interaktif tersebut. Untuk itu, pelatihan penggunaan computer interaktif sebagai media yang menarik dalam mengajarkan bahasa Inggris dilaksanakan untuk mengasah kekreatifan guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak dan untuk memberikan alternative media pembelajaran mellaui tehnology yang mudah diaplikasikan, lengkap dan menyenangkan. Kata Kunci: Komputer Interaktif, pengajaran bahasa Inggris, anak usia dini