cover
Filter by Year
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
Jurnal ini menerbitkan naskah yang berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi informasi komunikasi. Jurnal TEKNOSI yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UNAND. Tujuan penerbitan adalah sebagai wadah komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil penelitian.
Articles by issue : Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
7
Articles
Model Persepsi Penggunaan Media Sosial pada Perkuliahan dengan Modifikasi Task Technology Fit dan Expectation Confirmation Theory

Kurniabudi, Kurniabudi, Assegaff, Setiawan

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.271 KB)

Abstract

The acceptance of information technology in the field of education becomes an interesting thing to discuss. Successful implementation of information technologies New Romany to support learning depends on continuance uses. It is believed that this is influenced by the satisfaction and task-fit of the technology used. Facebook is the most popular social media among students. This study aims to propose a model of satisfaction and task-fit perceptions of the use of social media in education. Research begins with a discussion of the theoretical framework, the identification of factors, develop models and research instrument. This study proposed models developed by adopting the Task-Technology Fit and Expectation-Confirmation Theory.  To build the model, five constructs have been chosen such as perceived task-fit, utilization, service quality, satisfaction and confirmation on intention to continuous use of technology. Besides that, base the theory that used in this research some hypothesis has formulated.

Rancang Bangun Aplikasi Point of Sales Distro Management System dengan Menggunakan Framework React Native

Wiguna, Putu Dika Arta, Swastika, I Putu Agus, Satwika, I Putu

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1871.565 KB)

Abstract

Perkembangan dunia fashion remaja selalu mengalami peningkatan dengan hadirnya berbagai jenis produk-produk baru yang selalu menarik dan inovatif. Berkembangnya fashion remaja saat ini seiring dengan bertambahnya permintaan dari konsumen. Di dalam proses bisnis distro ini, ternyata para pelaku bisnis distro ini menjalankan bisnisnya secara manual tanpa memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga mereka masih kesusahan dalam melakukan pencatatan transaksi, manajemen produk dll. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka perlu untuk membuat aplikasi point of sales untuk mempermudah pegawai distro dalam pekerjaannya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah classic life cycle dan untuk pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi pada distro yang dijadikan tempat penelitian. Berdasarkan hasil dari pengumpulan data, maka dibuatlah rancangan sistem, rancangan database dan rancangan antarmuka. Dari rancangan tersebut baru dituangkan kedalam coding untuk membuat aplikasi dengan menggunakan framework react native dan setelah aplikasi selesai dibuat maka dilakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut dengan metode black box testing. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan sudah sesuai dengan yang diharapkan sehingga aplikasi POS ini berhasil dibuat dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan pihak distro.

Ekstraksi Faktor Kompleksitas Game Menggunakan Metode Function Points

Dewi, Renny Sari, Andari, Trias Widha, A. Rasyid, Maulidan Bagus, Candra A.P., Ramadhany

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.578 KB)

Abstract

After the President of the Republic of Indonesia established a Creative Economy Agency (Bekraf) by Presidential Regulation (Perpres) No. 6 the Year 2015, Bekraf initiated to push the creative business actors to collaborate with government to improve the nation's reconstruction of this entertainment business. The game today has become a means of education that can be accepted by all circles of communities. Therefore, the researcher aims to assist the business of digital creative field to estimate computer game development effort based on Function Points (FP) method which is better known as cost calculation of application software development project. The results of this study are the need to modify the understanding of computer game parameters ranging from the input, output, inquiry, logic file intern, and logic file extern. After that, the complexity factor needs to be redefined and synchronized with eight items of LeBlanc taxonomies. Then, it collaboration namely Game Complexity Factors (GCF). GCF has 22 items of complex factors that consist of 8 LeBlanc taxonomies for environment difficulties and 14 items of technical complexity.

Model Prioritisasi untuk Manajemen Portofolio Proyek Aplikasi di E-Government: Literatur Review

Sari, Rita, Susanto, Tony Dwi

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.936 KB)

Abstract

Pengembangan teknologi yang cepat dapat digunakan untuk memenuhi permintaan yang meningkat untuk sebuah proyek, terutama di berbagai organisasi pemerintah umum seperti E-Government (layanan teknologi informasi berbasis elektronik yang digunakan oleh pemerintah) untuk menghadapi berbagai kendala sumber daya dan oleh karena itu harus membuat pilihan. Secara umum, dalam hal memilih antara lusinan dan ratusan alternatif untuk proyek, portofolio organisasi dan prioritasnya adalah masalah pengambilan keputusan multi-kriteria yang kompleks solusi yang membutuhkan teknik yang jelas, metode, dan definisi faktor untuk pengambilan keputusan dan prioritisasi pengambilan keputusan (decision-making). Pada studi literatur ini terdapat perumusan masalah yakni kriteria faktor model pembanding untuk model prioritisasi serta menemukan kerangka kerja dan metodologi yakni mengenai prioritisasi manajemen portfolio di bidang pemerintahan khususnya pada E-Government. Tinjauan pustaka dilakukan untuk mengidentifikasi karakteristik organisasi publik yang diusulkan untuk memulai penelitian tentang penerapan prioritas manajemen portofolio, serta metodologi dan praktik yang digunakan dan aspek lain yang relevan dari topik tersebut. Studi ini mengeksplorasi penggunaan dan teknik manajemen portofolio dari beberapa studi sebelumnya yang telah diuji dalam praktek dan metodologi prioritas proyek dalam layanan pemerintah umum. Hasil penelitian ini berkontribusi untuk memperkaya teori tentang teknik, metode, terutama prioritas manajemen proyek portofolio dalam kasus pemerintah.

Ekstraksi Citra Digital Tulisan Mandarin Ke Dalam Terjemahan Tulisan Latin Bahasa Indonesia Dengan Stroke Extraction Dan Template Matching

Robert, Robert, Ananda, Ananda, Surya, Ibnu

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1601.263 KB)

Abstract

Bahasa merupakan sistem lambang bunyi arbitrer, yang digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi. Bahasa Mandarin menduduki peringkat pertama bahasa yang paling banyak digunakan menurut survei dari Nationalencyklopedin, dan bahasa Mandarin menggunakan huruf yang disebut dengan Hanzi. Manusia memiliki berbagai cara dalam berkomunikasi, salah satunya dengan tulisan. Perangkat lunak dapat mengenali tulisan melalui gambar dengan menerapkan Pengolahan Citra Digital. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi yang dapat mendeteksi Hanzi Mandarin dengan menerapkan Pengolahan Citra Digital. Pengolahan Citra Digital merujuk pada pemrosesan gambar dua dimensi dengan menggunakan komputer. Metode Pengolahan Citra dengan Stroke Extraction dan Template Matching diimplementasikan sebagai solusi masalah. Stroke Extraction digunakan untuk melakukan ekstraksi goresan dasar (pi hua) pada citra Hanzi Mandarin dan kemudian dikenali dengan menggunakan Template Matching. Aplikasi diuji dengan Receiver Operating Characteristic sehingga didapat digambarkan sebuah kurva yang dapat membantu proses analisis. Berdasarkan kurva ROC yang tergambarkan metode Stroke Extraction masih perlu pengembangan karena rendahnya tingkat keberhasilan dalam menghitung goresan. Aplikasi yang dibangun berhasil melakukan ekstraksi Hanzi Mandarin tulisan tangan maupun cetak, dan diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan tingkat akurasi 76,47%. Disimpulkan bahwa metode Stroke Extraction dan Template Matching cukup efisien dalam memproses citra digital Hanzi Mandarin untuk diterjemahkan ke tulisan bahasa Indonesia.

Pembangunan Auto Backup SQL Database Server Menggunakan Raspberry Pi : Studi Kasus

Meidelfi, Dwiny, Amnur, Hidra, Novri, Novri

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1106.717 KB)

Abstract

Pembangunan auto backup SQL database server bertujuan untuk menutupi kelemahan pada database Server jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Padang. Server ini menanggulangi kemungkinan terjadinya kerusakan data, kehilangan data atau kerusakan media penyimpan database. Raspberry Pi adalah mikro komputer yang digunakan sebagai backup server.  Spesifikasi yang minim dapat digunakan secara optimal untuk membangun backups server karena tidak banyak sumber daya yang sia-sia. Backup database dilakukan dengan cara menggabungkan beberapa fungsi dari komponen sistem linux rsync dan crond Job. Rsync digunakan untuk proses pengiriman data dari database server ke backup server dan crond job digunakan untuk melakukan penjadwalan terhadap proses backup. Proses backup menggunakan komponen linux ini memiliki kemungkinan kegagalan backup yang minim karena rsync akan mengulangi setiap proses backup yang gagal atau kerusakan data hasil pengiriman

Pemanfaatan Elasticsearch untuk Temu Kembali Informasi Tugas Akhir

Atmaja, Ardian Prima, Yulianto, Susilo Veri

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2018): Desember 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi Informasi (TI) telah menjadi pendukung utama dalam menjalankan operasional di berbagai kebutuhan organisasi, termasuk perguruan tinggi. Bentuk dari produk teknologi informasi yang paling sering digunakan adalah sistem informasi yang dapat diakses dari perangkat-perangkat TI seperti laptop atau smartphone. Di perguruan tinggi, data-data digital yang terkumpul di pusat data dapat dimanfaatkan kembali sehingga dapat bermanfaat kembali bagi siapa saja yang membutuhkan. Salah satu data yang dapat dimanfaatkan kembali adalah Tugas Akhir mahasiswa dari tahun ke tahun. Hal ini membuka peluang untuk dilakukan Big Data Analytics di perguruan tinggi. Di Politeknik Negeri Madiun (PNM) yang sebelumnya belum memiliki data Tugas Akhir yang terintegrasi, pada penelitian ini akan dibangun sebuah pusat data Tugas Akhir yang dapat diakses atau dilakukan temu kembali informasi (information retrieval) oleh pengguna yang membutuhkannya sebagai referensi ilmiah. Sistem temu kembali informasi atau mesin pencari dokumen Tugas Akhir yang dikembangkan berbasis Elasticsearch dan framework PHP Laravel. Sistem ini juga akan diintegrasikan dengan Single Sign On (SSO) dan Student Portal PNM yang sudah ada, sehingga untuk mengakses informasi yang lebih lengkap seperti makalah publikasi ilmiah atau video Tugas Akhir (bila ada) hanya menggunakan otentifikasi satu akun yang dimiliki oleh civitas akademika PNM saja. Penelitian ini juga bertujuan sebagai inisiasi pengelolaan Big Data di lingkungan PNM yang dipastikan setiap tahun semakin bertambah banyak.