cover
Filter by Year
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
Jurnal ini menerbitkan naskah yang berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi informasi komunikasi. Jurnal TEKNOSI yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UNAND. Tujuan penerbitan adalah sebagai wadah komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil penelitian.
Articles by issue : Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
6
Articles
Pemanfaatan Aplikasi Web dan Mobile sebagai Penunjang Pengurusan Izin Mendirikan Bangunan Kecamatan Baso, Agam

Akbar, Fajril, Wahyuni, Alvi Dwi, Kamil, Husnil

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1403.435 KB)

Abstract

Kecamatan Baso merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Kecamatan Baso diberi wewenang untuk memberikan pelayanan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi warganya. Dalam proses pelaksanaannya, sistem pelayanan IMB yang sedang berjalan belum optimal. Masyarakat atau pemohon harus berulang kali ke kantor camat untuk mengurus permohonan IMB dan mengecek status permohonannya. Pembuatan dokumen IMB, kwitansi pembayaran, dan rekap laporan pembayaran IMB masih dilakukan dengan cara pengumpulan berkas fisik. Hasil survey lapangan rentan kesalahan dalam perhitungan retribusi karena mash berupa dokumen kertas. Oleh karena itu perlu penerapan otomasi proses dengan komputerisasi dalam proses pengurusan IMB. Penggunaan perangkat lunak berbasis web dan mobile direkomendasikan untuk penyelesaian permasalahan pengurusan IMB di Kecamatan Baso. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall. Beberapa fungsional tersebut diantaranya yaitu dapat mencetak dokumen yang terkait dengan pemrosesan IMB, membuat rekap laporan pembayaran IMB, fitur untuk melakukan survey lapangan ditetapkan sebagai kebutuhan fungsional aplikasi. Sistem dikembangkan dengan model MVC dengan menggunakan Laravel. Pengujian terhadap aplikasi dilakukan secara blackbox testing dan User Acceptance Testing (UAT). Pengujian UAT dilakukan oleh staf kecamatan dan masyarakat. Hasil pengujian blackbox testing didapatkan sistem yang dibangun telah sesuai dengan dengan hasil analisis kebutuhan penggunan.

Penerapan Algoritma Floyd Warshall Dalam Aplikasi Penentuan Rute Terpendek Mencari Lokasi BTS (Base Tower Station) Pada PT.GCI Palembang

Nawagusti, Vera Apriliani

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1257.831 KB)

Abstract

For PT.GCI Palembang optimization of the shortest route is needed in the process of finding the location of BTS (Base Tower Station) because with the optimization of the shortest route determination can assist the technician in optimizing the distance to the location of BTS needs to be done maintenance and repair so as to increase the efficiency of time and the required costs. The shortest route problem is a problem in finding the path between two vertices on a weighted graph that has a combined value of the number of weights on the side of the graph passed by the minimum number. In this research using Floyd Warshall algorithm to determine the shortest route. Where the Floyd Warshall algorithm can compare all track opportunities in the graph for each side of all the nodes it passes to the least amount. Based on the results of calculations from this research obtained the shortest route that is from point 1 – 4- 3 – 2 that is equal to 10,9 km

Literatur Review : Critical Success Factor Penerapan Sistem ERP pada Perusahaan Manufaktur di Negara Berkembang dan Maju

Puspitaningrum, Ari Cahaya, Sintiya, Endah Septa

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (992.981 KB)

Abstract

Penerapan sistem ERP telah menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan besar, menengah, ataupun kecil dalam upaya mempermudah proses bisnis mereka.  Sistem ERP memiliki manfaat yang besar untuk membantu perusahaan dalam merampingkan proses bisnis, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pendapatan. Namun, sistem ERP merupakan sistem yang rumit dan kompleks, serta memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu mengidentifikasi critical success factor (CSF) dalam penerapan ERP agar tidak terjadi kegagalan yang dapat merugikan perusahaan. Pada penelitian ini berfokus pada critical success factor sistem ERP pada perusahaan manufaktur di  negara berkembang dan negara maju dengan mengkaji 20 studi yang telah ditemukan. Berdasarkan pengkajian dari studi tersebut, ditemukan beberapa CSF yang memiliki pengaruh besar  terhadap kesuksesan penerapan ERP pada perusahaan manufaktur di negara berkembang maupun negara maju. Selain itu, CSF tersebut dapat diklasifikasikan kedalam 2 kategori, yaitu  strategik dan taktik. Pada penelitian ini juga memberikan rekomendasi tindakan yang perlu dilakukan oleh perusahaan terhadap CSF ERP yang didasarkan pada hasil ulasan studi yang digunakan.

Sistem Monitoring Kendaraan Secara Real Time Berbasis Android menggunakan Teknologi CouchDB di PT. Pura Barutama

Somya, Ramos

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1024.867 KB)

Abstract

PT. Pura Barutama is a company with many production areas. Products that have been produced will be delivered to some destinations using company's vehicles. Those vehicles are managed by Vehicle Unit of PT. Pura Barutama. Based on the research, there is a problem in the term of vehicle tracking and monitoring. The delay of product delivery is often occur for no apparent reason from the drivers. Previously, Vehicle Unit already has a GPS Tracker installed on each vehicle, but this GPS Tracker can only be triggered using SMS to send the location of vehichles. This method causes the lack of tracking and monitoring information obtained by the company. This research developed a new model of tracking and monitoring system based on Android platform. CouchDB technology is also used to provide a real time tracking and monitoring system. The test result shows that this new system has advantages compared with the old tracking system and can be used to replace the old system.

Pengujian Kinerja Server Portable Berbasis Single Board Computer (SBC) Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran

Arief, Lathifah, Akbar, Fajril, Novani, Nefy Puteri, Saputra, Iqbal

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1025.256 KB)

Abstract

Dukungan fasilitas komputer atau alat bantu kegiatan hands-on lainnya jelas dibutuhkan dalam membekali keterampilan praktis bidang komputasi dan teknologi informasi kepada peserta didik. Dalam penelitian ini, diusulkan suatu portable server berbasis single board computer (SBC) dan teknologi WiFi-direct untuk menjadi alat bantu pembelajaran dengan beberapa karakteristik: (a) portable secara fisik, (b) rendah biaya, (c) dapat diakses dari berbagai platform perangkat pengguna, dan (d) tidak mengandalkan ketersediaan koneksi internet. Fokus penelitian ini adalah rancang bangun portable server tersebut dan pengujian kinerjanya ketika digunakan dalam pembelajaran hands-on. Server yang dibangun berhasil diakses oleh beberapa perangkat berbeda (dicobakan hingga 4 platform perangkat yang berbeda) baik secara terpisah maupun secara bersamaan. Pengujian kinerja yang dilakukan mencakup pengujian waktu respon sistem dan pengujian penggunaan sumber daya komputasi server. Pengujian waktu respon sistem dilakukan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan dan harus dialokasikan untuk persiapan server dalam kerangka waktu kegiatan pembelajaran. Hasil yang didapatkan cukup baik, yaitu total waktu terlama sejak server booting sampai pengguna berhasil login adalah 2 menit 45 detik. Pengujian penggunaan sumber daya komputasi server pada paper kali ini difokuskan berupa baselining untuk mendapatkan gambaran penggunaan sumber daya server dalam kondisi beban minimum ketika hanya diakses oleh pengguna tunggal yang hanya mengakses satu tool pembelajaran saja. Baseline penggunaan sumberdaya komputasi server yang didapatkan meliputi penggunaan sumber daya CPU, memory dan network untuk beberapa skenario: akses melalui kabel UTP, akses melalui hotspot server, aktivitas remote shell, aktivitas remote desktop, dan akses suatu tool pembelajaran berbasis command line interface (CLI). Tindak lanjut yang diharapkan dari penelitian ini adalah pengujian waktu respon, pengujian beban, serta pengujian batas kemampuan server ketika diakses secara simultan oleh banyak pengguna yang mewakili lazimnya jumlah peserta suatu kelas.

Pembangunan Game Memory Training terhadap Peningkatan Short Term Memory (STM) pada Anak SMP Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: SMP Dharma Loka Pekanbaru)

Raymond, Raymond, Suhatman, Rahmat, Dewi, Meilany

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2018): Agustus 2018
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2327.671 KB)

Abstract

Fase remaja awal merupakan fase dimana manusia telah menginjak usia 12 sampai dengan 15 tahun dan telah duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama. Saat seseorang telah memasuki fase ini, maka akan terjadi ketidakstabilan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik, keinginan untuk bereksplorasi, dan timbul perasaan tidak ingin diatur oleh orang lain. Jika hal tersebut tidak dapat diatasi dengan baik, maka dapat menimbulkan penurunan sistem atau fungsi kerja pada otak manusia, hal ini dapat ditandai dengan penurunan Short Term Memory (STM) yang berhubungan dengan sistem kerja saraf sensorik, membuat para siswa lebih sukar untuk mengingat materi yang disampaikan oleh bapak/ibu guru di sekolah, kemampuan untuk mengingat materi pelajaran, dan isi percakapan yang belum lama dibicarakan. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka resiko para siswa terkena masalah kepikunan semakin besar yang dampaknya akan dirasakan dihari tua siswa tersebut secara perlahan-lahan karena otak tidak aktif bekerja dan diberi latihan untuk pembaruan memori. Pembangunan Game Memory Training ini menggunakan speech recognition yang telah diuji pada peserta didik SMP Dharma Loka Pekanbaru. Game Memory Training yang dibangun dapat membantu meningkatkan kemampuan Short Term Memory siswa sebesar 93,9% untuk Memory Test yang mengacu pada form IST dan 69,7% untuk Concentration Test yang mengacu pada form Wechsler.