cover
Filter by Year
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
Jurnal ini menerbitkan naskah yang berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi informasi komunikasi. Jurnal TEKNOSI yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UNAND. Tujuan penerbitan adalah sebagai wadah komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil penelitian.
Articles by issue : Vol 3, No 1 (2017): April 2017
23
Articles
Perancangan Aplikasi Web dengan Akses Mobile Untuk Sistem Informasi Penjualan Retail Menggunakan Arsitektur MVC (Studi Kasus : Toko Pacific Motor Bukittinggi)

Akbar, Ricky, Hamdani, M Herizki

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2288.652 KB)

Abstract

Proses bisnis pembelian, stok, dan penjualan barang yang sedang berlangsung pada toko Pacific Motor Bukittinggi masih dilakukan secara manual dan belum terkomputerisasi. Hal ini menyebabkan terjadinya beberapa masalah antara lain penumpukan arsip dan laporan, proses penghitungan transaksi yang lama, lambatnya ketersediaan informasi terhadap stok barang dan rekap laporan penjualan maupun pembelian yang sulit. Untuk mengatasi masalah ini, perancangan Aplikasi Web dengan Akses Mobile pada Toko Pacific Motor Bukittinggi ini sangat dibutuhkan agar proses bisnis penjualan, stok, dan pembelian barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien, serta bagi pimpinan dapat mengakasesnya dimanapun dan kapanpun dia butuhkan dengan Smartphone-nya. Adapun metodologi yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode waterfall. Proses pelaksanaan dari metode waterfall yang digunakan ini, yaitu (1) analisis kebutuhan sistem dengan melakukan studi pendahuluan dan pengumpulan data berdasarkan studi lapangan dan studi pustaka, (2) perancangan sistem dengan menggunakan diagram ataupun arsitektur aplikasi seperti Business Process Model Notation (BPMN), use case diagram, sequence diagram, class diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD), (3) implemetasi sistem menggunakan konsep OOP(Object Oriented Programming) dan arsitektur perangkat lunak MVC (Model, View, Controller) serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database PostgreSQL, (4) melakukan pengujian sistem dengan menggunakan metode blackbox testing. Proses perancangan ini telah berhasil dilakukan hingga tahap pengujian dan berjalan sesuai kebutuhan.Kata Kunci— Penjualan, Pembelian, Web, Mobile, MVC, Sistem Informasi.

Aplikasi Sistem Informasi Geografis Produksi Padi dan Cabe di Kabupaten Lima Puluh Berbasis Android

Harison, Harison, Kurniawan, Fuji

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1461.352 KB)

Abstract

Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan salah satu daerah produksi padi dan cabe. Saat ini pemasaran hasil produksi hanya di antarkan ke pasar terdekat, pada hal dengan sentuhan sistem informasi geografis maka hasil  panen petani akan dicari oleh marketing ke kebun langsung, karna kebutuhan akan padi dan cabe ini sangat di cari pasar.  Aplikasi Sistem informasi geografis produksi padi dan cabe berbasis android  dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman java dan database MySqLite dan untuk GIS memanfaatkan google maps dan langsung mengambil titik koordinat pada setiap Nagari atau Desa yang ada pada Kabupaten Limapuluh Kota.

Dashboard Monitoring System Berbasis Web Sebagai Pemantau Layanan liteBIG Instant Messenger

Nama, Gigih Forda, Munif Hanafi, Abdul, Bagus Nurfaif, Muhammad, Tesar Sandikapura, M

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.22 KB)

Abstract

Saat ini hampir semua pengguna ponsel pintar menggunakan layanan perpesanan instan sebagai media komunikasi dikarenakan layanan perpesanan instan lebih hemat biaya dengan hanya menggunakan jaringan internet dibandingkan layanan pesan singkat (SMS). Layanan yang diberikan harus dapat melayani pengguna dengan baik agar pesan yang dikirim oleh pengirim dapat diterima oleh penerima dengan cepat dan akurat. Layanan ini juga harus dijaga keandalannya untuk menjamin kualitas pelayanan dan untuk menghindari ketidaknyamanan pengguna. Sehingga, diperlukan adanya sistem pemantauan berupa perangkat lunak untuk pengawasan status layanan setiap saat dapat diakses dari manapun dan kapanpun. PT.Sandika Cahaya Mandiri memiliki produk layanan perpesanan instan dengan brand name liteBIG Messenger. Perusahaan ini memerlukan perangkat lunak untuk pemantauan layanan liteBIG Messenger. Dengan adanya perangkat lunak pemantauan layanan, petugas pemantauan dapat melihat secara realtime status layanan utama pada setiap komputer server, pemakaian sumber daya (cpu, memory, dan harddisk), dan statistik pengguna baru liteBIG Messenger  melalui antarmuka web. Petugas pemantauan juga akan mendapat pemberitahuan ketika terjadi masalah pada layanan sehingga masalah dapat lebih dini diketahui dan downtime dapat dikurangi. 

Pengembangan Sistem Pengelolaan Informasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Kota Padang

Wilna, Isra, Suryamen, Haris, Akbar, Fajril

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1910.863 KB)

Abstract

Salah satu fungsi dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. PIK Remaja ini terdapat di lembaga pendidikan sepert sekolah dan perguruan tinggi maupun lembaga non pendidikan. Lokasinya tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Padang. Setiap PIK, diharuskan menyampaikan laporan-nya secara kolektif dan berkala ke Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB)  Padang,. Keterbatasan ruang dan waktu, menjadi kendala bagi BPMPKB dalam menjalan perannya sebagai pengawas. Disamping itu, perubahan alamat kantor PIK Remaja  banyak tidak terkelola karena tidak terdokumentasi dengan baik. Oleh karena itu dibangun sebuah sistem yang mampu menyelesaikan masalah tersebut. Sistem infomasi geografis menjadi pilihan karena mampu menyajikan informasi dengan referensi geografis. Dukungan teknologi web terhadap visualisasi geografis akan memudahkan pemangku kebijakan dalam pengembangan PIK Remaja di Kota Padang. Metode pengembangan aplikasi mengadopsi model waterfall. Aplikasi ini dibangun dengan fungsional pencarian PIK Remaja berdasarkan kategori, berdasarkan wilayah, pencarian PIK Remaja yang terdekat dari posisi pengguna, melihat rute menuju PIK Remaja yang dipilih. Disamping itu BPMPKB dapat mengelola data dan laporan  kegiatan PIK remaja. Disamping itu, PIK Remaja dapat mengelola data PIK-nya dan menyampaikan laporan kegiatan. Semua data tesimpan dalam database terdiri dari 9 tabel dengan  17 rancangan user interface aplikasi. Pengujian dilakukan dengan validasi fungsional aplikasi yang dirancang dengan aplikasi secara Blackbox testing. Pengujian ini  melibatkan 5 orang pengguna dengan hasil rekomendasi fungsional dari sistem telah berjalan sesuai dengan rancangan. Kata kunci: PIK Remaja, Sistem Informasi Geografis.

Pemanfaatan Sigil Untuk Pembuatan E-Book (Electronic Book) dengan Format EPub

Hidayat, Rahmat, Erwadi, -, Sari, Vitria Ratna, Purnama Ade, Vide Rawi

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.019 KB)

Abstract

Memiliki koleksi buku yang berusia jutaan tahun akan membutuhkan biaya yang besar untuk merawatnya selain itu semakin banyaknya penulis menerbitkan buku-bukunya semakin banyak juga ruangan yang disediakan untuk menyimpan buku-buku tersebut. Dengan berkembangnya dunia teknologi, sekarang sudah ada buku digital atau lebih dikenal dengan elektronik book (e-book). E-book dapat dibaca dengan perangkat komputer, laptop bahkan perangkat seluler. Berbagai macam format e-book yang telah digunakan namun yang dapat menampilkan e-book sesuai dengan perangkat seluler dengan ukuran layar yang bervariasi adalah format electronic publication (epub). Jadi epub adalah standar format e-boook yang diperkenalkan oleh Intenational Digital Publishing Forum (IDPF) pada oktober 2011 dengan aplikasi editornya sigil. Sigil adalah sebuah editor Open Source yang mudah didapatkan oleh semua penulis maupun pembaca.

Sistem Informasi Geografis Sebagai Alat Monitoring Terhadap Apotek Kerja Sama PT Bayer Indonesia

Arismunandar, Reksi

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1175.907 KB)

Abstract

Apotek kerja sama (APKS) merupakan salah satu channel yang bekerja sama dengan PT Bayer Indonesia untuk memasarkan produk-produk yang di produksi oleh PT Bayer Indonesia terutama pada bisnis pharmaceuticals di Indonesia. Jumlah dari APKS tercatat sekitar 366 apotek yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Jumlah APKS yang cukup banyak dan tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, membuat departemen business channel kesulitan untuk memantau (monitoring) dan mengambil keputusan dalam hal pendistribusian dan penjualan produk-produk pada APKS. Oleh karena itu, dalam hal ini dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat memetakan data-data penjualan dari semua APKS sesuai dengan wilayah geografisnya. Sehingga departemen business channel dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang distribusi dan penjualan produk-produk melalui peta digital serta membantu pengambilan keputusan dalam hal pengembangan channel APKS, sales, dan tim pemasaran. Kata Kunci— APKS, sistem informasi geografis, penjualan, monitoring, metode FAST.

Sistem Informasi Pusat Data Dampak Kebakaran Hutan Dan Lahan Berbasis Mobile Web Di Propinsi Riau

Fitriansyah, Aidil, ., Alfirman

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1182.954 KB)

Abstract

Abstract—Land and forest fires in Indonesia has been a problem that continues from year to year. While the information anywhere region or pin-point the fire became the most important hurdle to get the position or location of the fire area. as long as this information is granted only in terms of the quantity and location of land and forest fires. While information about the victim impact from forest fires and land not owned. In this research, using a local based system (LBS) to indicate the position where the only occurrence of forest fire by sending the position coordinates. So also the victims as victims affected by ISPA, Died and displaced reportedly accompanied by coordinate neighborhoods' victims and the number of victims. The positions are then displayed shipped in a separate system in the form of Geographic Information System (GIS). In this report the system can display the position of the affected region and complete with the number of victims. Reporting data can be in the form of short Message System (SMS) and mobile web. Keyword—  Land and forest fires, local based system (LBS), Geographic Information System (GIS), , short Message System  (SMS), web mobile Intisari—Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia telah menjadi permasalahan yang terus berlanjut dari tahun ke tahun. Sedangkan Informasi mengenai dimana saja wilayah atau titik posisi kebakaran menjadi rintangan paling utama untuk mendapatkan posisi atau letak daerah yang terbakar. selama ini informasi yang diberikan hanya dalam bentuk jumlah dan lokasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Sementara informasi mengenai korban dampak dari kebakaran hutan dan lahan tidak dimiliki. Pada penelitian ini, menggunakan sistem local based system (LBS) untuk menandakan posisi dimana saja terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan cara mengirimkan posisi koordinat. Begitu juga mengenai korban seperti korban terkena ISPA, Meninggal dan mengungsi dilaporkan dengan disertai koordinat wilayah yang terdapat korban dan jumlah korban. Posisi-posisi yang dikirimkan tersebut kemudian di tampilkan di dalam sebuah sistem tersendiri dalam bentuk Geographic Information System (GIS). Pada sistem laporan ini dapat di tampilkan posisi wilayah yang terkena dampak dan lengkap dengan jumlah korban. Pelaporan data bisa dalam bentuk short Message System  (SMS), dan web mobile 

Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web Untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa

Mansur, Mansur, Kasmawi, Kasmawi

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3328.631 KB)

Abstract

Layanan informasi desa sangat berperan penting dalam menciptakan transparansi informasi desa untuk disampaikan kepada masyarakat secara luas.  Hal tersebut erat kaitannya dengan media penyimpanan data yang disebut dengan database. pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendorong setiap desa untuk memiliki halaman website yang berfungsi sebagai media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat secara luas serta dapat dapat menyampaikan program kegiatan maupun realisasi penggunaan anggaran dilingkungan pemerintahan desa. Selain itu, keberadaan website desa juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi yang dimiliki oleh setiap desa secara luas. Untuk itu, perlu pengembangan sistem database terpadu berbasis web untuk penyediaan layanan informasi desa. Database tersebut dibangun berdasarkan rancangan database konseptual, logical dan pisikal dengan memperhatikan kriteria dalam perancangan database. Perancangan database tersebut dilanjutkan dengan pembuatan website desa sebagai bentuk pengujian database terpadu, dalam hal ini data yang dijadikan contoh adalah data desa sungaialam dan desa meskom kabupaten bengkalis. Sistem database terpadu mampu menampung data desa lebih dari satu dalam satu database sehingga hal ini dapat memberikan rekomendasi bagi pihak kecamatan untuk mengumpulkan data dari setiap desa yang ada dan penyimpanan data dapat dilakukan secara optimal.

Sistem Aplikasi EDUCHAT STMIK PRINGSEWU Berbasis ANDROID Sebagai Media Komunikasi dan Informasi

Hartati, Sri, Kristiana Dewi, Novi Ayu, Puastuti, Dwi, Muslihudin, Muhamad, Setio Budi, Nofiko

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.629 KB)

Abstract

Aplikasi Berbagi Pesan merupakan sebuah media komunikasi pendidikan  yang membantu STMIK Pringsewu dalam menjalin laju komunikasi di antara berbagai pihak yang terkait didalam proses perkuliahan  di STMIK Pringsewu. Aplikasi Berbagi Pesan ini mempercepat proses komunikasi yang pada awalnya terjadi secara konvensional menjadi lebih modern (berbasis web dan android), sehingga komunikasi yang terjadi lebih mudah tersampaikan kepada mahasiswa dan dosen yang ada dilingkungan stmik pringsewu. Teknologi yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi educhat menggunkan  bahasa pemrograman PHP, Javascript, HTML, CSS ,MySql(untuk servis database) yang digabungkan dengan pemrograman Android. Dalam Pengembangan aplikasi ini, mengembangkan system menggunakan tahapan waterfall yang memiliki beberapa langkah serta tahapan-tahapan. Diantaranya Perencanaan, Analisis, Desain, Implemantasi, Testing dan Perawatan dengan konsep Reseach and Development. Dari hasil ujicobakan dengan mahasiswa dan dosen dengan menggunakan sample 100 orang mahasiswa dan Dosen system informasi yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas oracle 2 sebanyak 33 mahasiswa, kelas website 1 sebanyak 35 mahasiswa dan kelas you tube 1  sebanyak 31 mahasiswa. Sedangkan dosen menggunakan sampel 4 Dosen. Dari quisioner yang di sebarkan didapat hasil 80,5 % (+ 26) mahasiswa kelas oracle 2 menyukai, 84.5 % (+ 29 )kelas website 1 menyukai, 82.5% (+ 25) kelas you tube 1  menyukai dan 100 % (4) Dosen menyukai aplikasi yang di kembangkan. Dengan persentasi hasil pengujian maka dapat disimpulkan Aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana pendidikan di STMIK Pringsewu karena cepat, efektif dan efisien

Implementasi AJAX pada Peta Wisata “esbatu” Sistem Informasi Jejaring Wisata Kota Batu

Sasmito, Agung Panji, Zahro', Hani Zulfia, Zahro', Hani Zulfia, Maghfiroh, Rofila El, Maghfiroh, Rofila El

Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.84 KB)

Abstract

Minimnya informasi terkait kepariwisataan di Kota Batu yang bisa diakses online dan terintegrasi membuat potensi pariwisata di Batu kurang begitu dikenal oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Sejauh ini informasi wisata di Kota Batu baru sebatas media cetak dan media elektronik, dan belum ada penyebaran informasi melalui internet seperti peta wisata yang dapat diakses secara online. Tujuan penelitian adalah mengembangkan peta wisata berbasis AJAX pada “esbatu” sistem informasi jejaring wisata Kota Batu. Rancangan penelitian adalah penelitian pengembangan yang dilakukan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Pengembangan dilaksanakan dengan menggunakan waterfall model dengan pengujian BlackBox testing. Validitas peta wisata diukur dengan menggunakan DeLone and McLean Model of Information Systems Success. Hasil pengujian dengan BlackBox testing menunjukkan bahwa secara fungsionalitas semua fitur pada peta wisata berjalan lancar. Hasil validasi kepada ahli sistem informasi, ahli pariwisata Kota Batu, dan beberapa calon pengguna peta wisata pada sistem informasi “esbatu” menunjukkan bahwa peta wisata sangat valid dari segi sistem informasi dan informasi pariwisata sehingga layak digunakan tanpa revisi.