cover
Filter by Year
Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Published by Universitas Andalas
Jurnal ini menerbitkan naskah yang berkaitan dengan sistem informasi dan teknologi informasi komunikasi. Jurnal TEKNOSI yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi UNAND. Tujuan penerbitan adalah sebagai wadah komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil penelitian.
Articles by issue : Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
12
Articles
Penerapan Sistem Informasi Penjualan dan Inventori HANDPHONE serta Aksesorisnya Menggunakan Enterprise Resource Planning(ERP) (Studi Kasus : Toko Nahda Cell)

Munandar AM, Aries, Akbar, Ricky, ., Efrizon

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3812.083 KB)

Abstract

Saat ini proses bisnis yang berjalan di Toko Handphone Nahda Cell belum terkomputerisasi. Semua transaksi masih menggunakan blangko faktur. Laporan Penjualan dan Stok barang masih menggunakan pencatatan secara manual dibuku. Hal ini tentu akan berakibat terhadap pelayanan dan pembukuan yang tidak baik pada toko tersebut. Untuk itu diperlukan solusi agar permasalahan itu dapat diatasi. Salah satunya dengan penerapan sistem informasi menggunakan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP). Aplikasi ERP ini dapat dirancang sendiri dan dapat juga menggunakan aplikasi yang open source. Penerapan ERP pada Toko Nahda Cell menggunakan ERP yang bersifat Open Source Software (OSS). Tahapan yang dilakukan dalam penerapannya dimulai dengan studi pendahuluan, selanjutnya studi literatur digunakan untuk mencari landasan teori dan penelitian terdahulu tentang penerapan sistem ERP, mengidentifikasi proses bisnis inventory dan penjualan barang yang sedang berjalan kemudian membuatkan usulan sistem secara terkomputerisasi, yang digambarkan dengan menggunakan Business Process Model Notation (BPMN), serta penggambaran model kerja sistem yang akan diterapkan menggunakan use case diagram. Kemudian tahapan selanjutnya adalah melakukan analisis pemilihan Aplikasi ERP OSS, penerapan aplikasi dan pengujian aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ERP OSS yang dipilih dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi toko Handphone Nahda Cell.

Sistem Informasi Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta

Hamzah, Hamzah

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2812.102 KB)

Abstract

Intisari— Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat merupakan salah satu unit di Universitas Respati Yogyakarta yang bertugas untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen. Dalam proses pengolahan data kegiatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih mengalami beberapa permasalahan yaitu belum adanya basisdata yang digunakan untuk pengumpulan data rekam jejak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan sistem pengarsipan dokumen masih berbentuk kertas yang berdampak pada kerusakan dokumen, hilangnya dokumen,  efesiensi ruang dan pencarian data. Penelitian yang dilakukan bertujuan mengembangkan sistem informasi yang dapat melakukan proses pengolahan data penelitian  dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Respati Yogyakarta. Pengolahan data mengacu pada komponen beban kerja dosen dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode pengembangan dilakukan dengan tahapan analisa sistem, perancangan sistem, coding dan implementasi sistem. Pengembangan perangkat lunak nantinya berbasis web dengan perangkat pengembangan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai DBMS. Hasil pengembangan sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat nantinya diharapkan dapat membantu Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat dalam proses pengolahan data rekam jejak kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen. Kata Kunci— Sistem Informasi, Penelitian, Pengabdian kepada masyarakat, Dosen 

Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Buku pada TOKO BUKU NURIS

indah, sarwindah sarwindah

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1157.678 KB)

Abstract

Intisari — Pemesanan adalah satu kegiatan penting dalam setiap perusaha yang bergerak dibidang perdagangan. Untuk membantu dan mengawasi kegiatan pembelian, maka diperlukan dukungan sistem informasi yang baik, sehingga dapat mengikuti perkembangan perusahaan yang sedang tumbuh, dimana jaman sekarang perkembangan komputer sangatlah penting bagi maju dan mundurnya usaha, sehingga peranan komputer dan system informasi sangatlah berarti bagi suatu usaha terutama yang bergerak dibidang perdagangan seperti toko buku. Untuk membantu dan mengawasi kegiatan pemesanan, maka diperlukan dukungan sistem informasi yang baik, sehingga dapat mengikuti perkembangan usaha yang sedang berkembang, Dimana sistem yang sedang berjalan di Toko buku NURIS ini masih menggunakan sistem yang manual, mulai dari proses pemesanan buku ke supplier sampai pembuatan laporan kepada pimpinan.  

APLIKASI PENCARIAN INFORMASI DAN LOKASI TEMPAT MAKAN PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID

Layona, Rita, Yulianto, Budi

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1711.466 KB)

Abstract

Perkembangan bisnis kuliner di Indonesia diiringi dengan kemajuan teknologi perangkat mobile telah meningkatkan mobilitas aktivitas konsumen sehingga muncul kebutuhan pencarian lokasi dan informasi tempat makan secara cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu konsumen dalam mencari informasi dan lokasi tempat makan pada perangkat mobile menggunakan teknologi GPS. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Waterfall yang terdiri atas 5 bagian, yaitu communication, planing, modeling, construction, dan deployment. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi bernama “Nomnom” pada perangkat mobile berbasis Android yang dapat menampilkan hasil pencarian informasi dan lokasi tempat makan yang diinginkan konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah aplikasi “Nomnom” dapat membantu konsumen dalam mendapatkan informasi dan lokasi tempat makan.

Analisis Teknik-Teknik Keamanan Pada Future Cloud Computing vs Current Cloud Computing: Survey Paper

Nugraha, Beny

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.877 KB)

Abstract

Cloud computing adalah salah satu dari teknologi jaringan yang sedang berkembang pesat saat ini, hal ini dikarenakan cloud computing memiliki kelebihan dapat meningkatkan fleksibilitas dan kapabilitas dari proses komputer secara dinamis tanpa perlu mengeluarkan dana besar untuk membuat infrastruktur baru, oleh karena itu, peningkatan kualitas keamanan jaringan cloud computing sangat diperlukan. Penelitian ini akan meneliti teknik-teknik keamanan yang ada pada cloud computing saat ini dan arsitektur cloud computing masa depan, yaitu NEBULA. Teknik-teknik keamanan tersebut akan dibandingkan dalam hal kemampuannya dalam menangani serangan-serangan keamanan yang mungkin terjadi pada cloud computing. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode attack centric, yaitu setiap serangan keamanan dianalisis karakteristiknya dan kemudian diteliti mekanisme keamanan untuk menanganinya. Terdapat empat serangan keamanan yang diteliti dalam penelitian ini, dengan mengetahui bagaimana cara kerja sebuah serangan keamanan, maka akan diketahui juga mekanisme keamanan yang mana yang bisa mengatasi serangan tersebut. Dari penelitian ini didapatkan bahwa NEBULA memiliki tingkat keamanan yang paling tinggi. NEBULA memiliki tiga teknik baru yaitu Proof of Consent (PoC), Proof of Path (PoP), dan teknik kriptografi ICING. Ketiga teknik tersebut ditambah dengan teknik onion routing dapat mengatasi serangan keamanan yang dianalisa pada penelitian ini.

Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Pengelolaan Hubungan dengan Pelanggan untuk Sistem Informasi Penjualan pada Toko SOVIAH

Rimen, Dhani Adiatma, Akbar, Ricky

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2624.429 KB)

Abstract

Saat ini proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang yang berjalan di Toko Soviah  masih dilakukan secara manual serta belum adanya data pelanggan tetap ditoko tersebut. Hal ini menyebabkan beberapa permasalahan antara lain, sering terjadi kesalahan pencatatan pembelian dan penjualan barang, perhitungan transaksi yang lama, lambatnya informasi ketersediaan barang di gudang serta belum adanya upaya untuk meraih loyalitas pelanggan dalam bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu, perlu penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) untuk sistem informasi pembelian, persediaan, dan penjualan barang serta pengelolaan hubungan dengan pelanggan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tahapan penerapan ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan. Aktivitasnya yaitu pengenalan perusahaan dengan wawancara dan observasi, mengidentifikasi proses bisnis pembelian, persediaan, dan penjualan barang yang sedang berjalan kemudian membuatkan usulan sistem secara terkomputerisasinya, yang digambarkan dengan menggunakan Business Process Model Notation (BPMN), serta penggambaran model kerja sistem yang akan diterapkan menggunakan use case diagram. Tahapan selanjutnya adalah melakukan studi literatur dari berbagai buku dan jurnal untuk mencari landasan teori dan penelitian terkait. Kemudian melakukan pemilihan perangkat lunak ERP, setelah itu melakukan konfigurasi dan kustomisasi modul perangkat lunak ERP tersebut, serta terakhir melakukan penerapan dan pengujian. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengatasi permasalahan pada Toko Soviah. 

Sistem Perencanaan Penambahan Stok Barang menggunakan Metode Fuzzy C-Means dan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus di Distributor Alfamart Semarang)

Puryanto, Tono, ., Sutikno

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1978.292 KB)

Abstract

Gudang barang suatu perusahaan merupakan tempat penyimpanan barang yang akan dijual kepada pelanggan. Permasalahan utama pada gudang barang suatu perusahaan adalah terjadinya penumpukan barang atau barang keluar lebih banyak daripada barang masuk yang dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Penambahan stok barang pada gudang dilakukan berdasarkan permintaan pelanggan dan stok barang saat itu. Banyak permintaan pelanggan setiap waktu selalu berubah yang dapat menyebabkan terjadinya penumpukan barang atau kekurangan barang. Hal ini menyebabkan sulit dalam pengambilan keputusan jumlah barang yang akan dikirim. Salah satu cara untuk membantu pengambilan keputusan tersebut yaitu dengan pembangunan aplikasi perencanaan penambahan stok barang yang menggunakan konsep logika fuzzy. Fuzzy merupakan suatu cara untuk menyelesaikan masalah ketidakpastian. Pada aplikasi perencanaan penambahan stok barang, proses penentuan penambahan stok barang dilakukan dengan menggunakan metode fuzzy C-Means dan mekanisme inferensi fuzzy Tsukamoto. Hasil akhir dari aplikasi ini berupa jumlah barang yang akan dikirim. Hasil tersebut menjadi saran yang dapat dipertimbangkan oleh admin bagian pengiriman barang. Pengujian dilakukan menggunakan data Coca-Cola pada bulan September 2014 sampai Oktober 2014. Pada pengujian sistem dilakukan 11 kali pengujian dengan memasukkan stok dan permintaan data asli menghasilkan tingkat keakuratan sistem sebesar 80,22 %. Tingkat keakuratan sistem dapat berubah tergantung pada data pelatihan yang digunakan pada proses pelatihan fuzzy C-Means.

Rekayasa Perangkat Lunak Sistem e-KTP Terintegrasi Birokrasi Umum Di Kota Batam

., Amrizal, ., Tukino, Latif, Abdul

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.749 KB)

Abstract

Untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas data kependudukan yang tersedia setelah diimplementasikan sistem e-KTP diseluruh kantor kecamatan diseluruh Indonesia, akan mempermudah berbagai kepengurusan dan birokrasi pemerintahan lainya seperti pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi), pengurusan Passport dan pengurusan lainya yang  berhubungan dengan penggunaan data kependudukan. Karena selama ini seluruh setiap pengurusan yang berhubungan dengan pelayanan publik pasti menggunakan kependudukan, hal ini akan membantu pemerintah dalam pendataan kependudukan yang lebih akurat seperti sensus penduduk, pendaftaran pemilih tetap pada saat pemilihan umum, data demografi kepadatan penduduk dan kegiatan pemerintah lainya

Audit of IT Governance Based on COBIT 5 Assessments: A Case Study

Andry, Johanes Fernandes

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.528 KB)

Abstract

Training Center in Jakarta offers a certification program for the individuals and companies who wish to search for or complement international scale IT certifications. The certification program consists of training certification exam preparation and certification exams. The purpose of this research is to get an overview of the performance of information technology governance in order to determine the extent of the capabilities of information technology governance in the Training Center which is currently running, with a few aspects to consider such as effectiveness, efficiency, functional unit of information technology within an organization. Implementing IT governance, however, is a challenge to organizations. To ensure IT alignment with business goals use standard COBIT. COBIT 5 Framework is a service for auditing IS/IT are the most commonly used to audit information systems in a rapid, accurate, and interactive. The result of this audit training center is business and IT management are aware of the impact of not managing performance and capacity. Performance needs are generally met based on assessments of individual systems and the knowledge of support and project teams. In this paper the method to be used is COBIT 5 is focused on the domain of DSS (Deliver, Service, and Support).

Evaluasi Keamanan Teknologi Informasi pada PT INDOTAMA PARTNER LOGISTICS Menggunakan Indeks Keamanan Informasi (KAMI)

Akhirina, Tri Yani, Arif, Sutan Mohammad, ., Rahmatika

Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2016): Agustus 2016
Publisher : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Andalas

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.072 KB)

Abstract

PT Indotama Partner Logistics adalah salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang jasa logistiks di Indonesia. Semakin pesatnya persaingan dan perkembangan perusahaan dibidang yang sama menuntut pihak manajemen untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, salah satu penunjangnya adalah ketersediaan informasi yang cepat dan akurat.  Sehingga perlunya dilakukan evaluasi keamanan sistem informasi pada PT Indotama Partener Logistics. Indeks KAMI adalah aplikasi yang digunakan untuk mengukur kematangan dan kelengkapan keamanan informasi yang telah disesuaikan dengan standart ISO/IEC 27001:2009 yang dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tahap pertama dalam evaluasi indeks KAMI adalah melakukan penilaian tingkat ketergantungan TIK pada instansi tersebut, dan hasil dari tingkat ketergantungan tersebut akan digunakan sebagai batasan nilai dari penilaian lima area dalam indeks KAMI. Penilaian ini digunakan untuk melihat seberapa jauh tingkat kematangan keamanan informasi di lingkungan PT Indotama Partner Logistics , yang hasilnya dapat digunakan sebagai media evaluasi dalam rangka meningkatkan keamanan informasi dari perusahaan di masa yang akan datang. Untuk itu akan dibuatkan suatu saran perbaikan pada bagian-bagian yang masih kurang dari hasil penilaian indeks KAMI yang telah dilakukan.