Jurnal GAMAJOP
Gadjah Mada Journal of Psychology (Gamajop) is a peer-reviewed scientific journal in Psychology published by the Faculty of Psychology, Universitas Gadjah Mada (UGM). Gadjah Mada Journal of Psychology (Gamajop) aims to facilitate interaction, discussion, and further the advancement of ideas among Indonesian psychological scientists. We welcome articles from any psychology-related subjects that could fall under these sub-themes: Social Relation, Psychometrics, Mind, Brain and Performance, Clinical Psychology, Organizational Change and Development, Life Span and Development, Psychology of Education. It aims at creating an international forum for scholarly investigations, debates and discussions that would contribute towards advancing our basic knowledge of psychology. It strives at stimulating research, encouraging academic exchange and enhancing professional development in psychology.
Articles by issue : Volume 1 No 2 Mei 2015
5
Articles
Konsep Psikoterapi Kawruh Jiwa Ki Ageng Suryomentaram

Kholik, Abdul, Himam, Fathul

Jurnal GAMAJOP Volume 1 No 2 Mei 2015
Publisher : Jurnal GAMAJOP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep psikoterapi yang didasarkan pada ajaran kawruh jiwa dengan ngudari reribetnya yang berbasiskan rasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fenomenologi sebagai perspektif. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang pelajar kawruh jiwa. Data didapatkan melalui metode wawancara mendalam dan disertai dengan triangulasi data literatur. Hasil penelitian ini menjelaskan mawas diri dengan jalan kandha-takon melalui nyawang karep untuk nyocokaken raos dalam ngudari reribet adalah sebagai sebuah esensi model psikoterapi kawruh jiwa Ki Ageng Suryomentaram

Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Dukungan Sosial sebagai Prediktor Prestasi Belajar Matematika

Khaliq, Ilham, Alsa, Asmadi

Jurnal GAMAJOP Volume 1 No 2 Mei 2015
Publisher : Jurnal GAMAJOP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi prestasi belajar matematika berdasar belajar regulasi diri (BBRD) dan dukungan sosial. Subjek penelitiannya adalah 138 siswa SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK “A” di Situbondo, Jawa Timur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala belajar berdasar regulasi diri, skala dukungan sosial, dan dokumentasi hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi dua prediktor melalui perangkat lunak SPPS. Hasil analisis regresi mempreoleh nilai F regresi=70,161; R 2 =0,510 dengan p0,05). Hal ini berbeda dengan dukungan sosial yang berkorelasi positif dengan prestasi belajar matematika (r=0,619; t=10,182; p

Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading

Evasanti, Nurmia, Kumara, Amitya

Jurnal GAMAJOP Volume 1 No 2 Mei 2015
Publisher : Jurnal GAMAJOP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh bermain musik ansambel terhadap perilaku asertif dalam belajar sight reading pada siswa lembaga pendidikan musik. Subjek penelitian adalah siswa di lembaga pendidikan musik berada pada grade 1 dan II, memiliki kemampuan membaca not balok yang rendah dan berusia 11-15 tahun. Penelitian dilakukan secara kuasi eksperimen dengan jumlah 16 orang untuk kelompok eksperimen dan 16 orang untuk kelompok kontrol. Bermain musik ansambel dilakukan sebanyak lima kali pertemuan dengan waktu setiap pertemuan 60-75 menit. Desain penelitian menggunakan untreated control group design with pretest and posttest. Perilaku asertif dalam belajar sight reading diukur dengan menggunakan skala perilaku asertif dalam belajar sight reading. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain musik ansambel dapat meningkatkan perilaku asertif dalam belajar sight reading pada siswa lembaga pendidikan musik, dengan t=3,083 dan p=0,004 (p

Resiliensi pada Remaja Jawa

Ruswahyuningsi, M.C., Afiatin, Tina

Jurnal GAMAJOP Volume 1 No 2 Mei 2015
Publisher : Jurnal GAMAJOP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang resiliensi pada remaja Jawa dan faktor-faktor yang memengaruhinya terkait dengan permasalahannya didalam keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe fenomenologi. Responden penelitian ini, adalah remaja Jawa berusia 16 tahun sampai 21 tahun. Hasil penelitian menunjukkan adanya kemampuan resiliensi pada remaja Jawa yang dipengaruhi resiliensi keluarga, teman sebaya, dan nilai-nilai budaya Jawa rila, narima, dan sabar, religiusitas dan lingkungan sosial. Remaja yang mengalami konflik dalam keluarga ternyata mampu keluar dari tekanan dan bangkit dari peristiwa-peristiwa buruk masa lalu. Sikap resiliensi mencakup kemampuan remaja menghindari stres yang menekan atau depresi yang dialaminya dan tetap produktif.

Peran Kepercayaan Interpersonal Remaja yang Kesepian dalam Memoderasi Pengungkapkan Diri pada Media Jejaring Sosial Online

Ario Buntaran, Firman Alamsyah, Helmi, Avin Fadilla

Jurnal GAMAJOP Volume 1 No 2 Mei 2015
Publisher : Jurnal GAMAJOP

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini meneliti peran kepercayaan interpersonal secara online memperkuat hubungan antara kesepian dan pengungkapan diri pada 162 siswa-siswi. Alat ukur dalam penelitian ini adalah skala kesepian, skala pengungkapan diri, dan kepercayaan interpersonal di jejaring sosial online. Hasil penelitian ini tidak menemukan perbedaan yang signifikan antara siswa perempuan dibandingkan laki-laki pada diri secara online dalam mengungkapkan diri. Siswa perempuan lebih lama dalam waktu penggunaan jejaring sosial online dibandingkan dengan siswa laki-laki. Penelitian juga menemukan bahwa siswa perempuan memiliki situs jejaring sosial online lebih banyak seperti Facebook, Twitter, dan Instagram dibandingkan dengan siswa laki-laki. Penggunaan waktu selama tiga jam adalah rentang waktu paling banyak digunakan oleh partisipan. Terdapat hubungan yang signifikan antara kesepian dan pengungkapan diri secara online yang dimoderatori oleh kepercayaan interpersonal online.