cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 8, No 2: Agustus (2015)
6
Articles
IMPUTASI MISSING ATTRIBUTE VALUES DATASET HEPATITIS BERDASARKAN ALGORITME RIPPER

Astuti, Tri ( STIMIK AMIKOM Purwokerto ) , Yuliyanti, Yuliyanti ( STIMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.249 KB)

Abstract

Hepatitis is a liver disease which caused by a hepatitis virus. Nowdays hepatitis is a global health problems, including in Indonesia. Chronic hepatitis can lead to cirrhosis and liver cancer, therefore early diagnosis is needed. The diagnosis process of hepatitis disease are done through computer aided method using hepatitis dataset nowdays. University California Irvine (UCI) machine learning repository has been providing hepatitis disease dataset which can be accessed to public but the dataset contains many missing values. The existing of missing values in the dataset may affect the quality of the analysis results, therefore it needs to be conducted for handling the missing values. Imputation method based on machine learning is one of the methods to handle the missing value. The aims of this research is to develop the imputation methods of missing value using machine learning algorithm based on RIPPER on hepatitis dataset. Result shows that the imputation method based on RIPPER achives 87,50% accuracy for hepatitis dataset. It is expected that the developed method can contribute for helping the clinicans and practicians by providing imputed hepatitis dataset in diagnosing the hepatitis disease. Keywords : Hepatitis, missing values, imputation

ANALISIS PEMANFAATAN JEJARING SOSIAL UNTUK PENENTUAN KONSENTRASI MAHASISWA DENGAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS (Studi Kasus: Universitas Nusantara PGRI Kediri)

Aswi R, Risky ( STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Winarno, Wing Wahyu ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Arief, M. Rudianto ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.146 KB)

Abstract

Analisis pemanfaatan  jejaring  sosial untuk penentuan konsentrasi mahasiswa dengan metode sosial network analysis. Tujuan dibangun sistem ini untuk menentukan konsentrasi mahasiswa dengan pendekatan Sosial Network Analisis Studi Kasus Jejaring Sosial Facebook dan mampu memanfaatkan facebook sebagai alat untuk menentukan konsentrasi mahasiswa jurusan teknik informatika menjadi tiga bagian yaitu pemrograman, jaringan, dan multimedia. Batasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini hanya berlaku pada mahasiswa yang memiliki akun facebook. Penelitian ini menggunakan Social Network Analysis untuk mencari between centrality.Pada tahap pertama setiap akun akan dilihat relasinya setelah itu hubungan antar akun akan dimasukan ke node XL dan akan menghasilkan between centrality. Mahasiswa yang melanjutkan proses selanjutnya adalah mahasiswa yang nilai betweent centralitynya 85% teratas. Setelah itu akan ditambahkan variabel group yang digunakan untuk mengkelompokan peminatan, dan ditambahkan variabel nilai akademis untuk menguatkan pendapat yang diperoleh sebelumnya.Dengan cara melihat between centrality dan menambahkan variabel group untuk membagi siswa sesuai konsentrasi, dan memabahkan variabel nilai akademik untuk memperkuat pendapat. Sosial network analysis terbukti dapat menentukan konsentrasi mahaiswa. Facebook dapat digunakan sebagai alat untuk menentukan konsentrasi mahasiswa, konsentrasi mahasiswa dibagi menjadi pemrograman, jaringan, dan multimedia. Kata Kunci : Jejaring Sosial, Social Network Analysis, between centrality

ANALISIS PENGEMBANGAN DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SMART BERBASIS CLOUD COMPUTING PADA SEKOLAH MENENGAH UMUM NEGERI (SMUN) DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Al Fatta, Hanif ( Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Marco, Robert ( Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1093.648 KB)

Abstract

Dunia Pendidikan memang belum pernah benar-benar menjadi wacana yang publik di Indonesia. Upaya-upaya peningkatan kualitas mutu serta kuantitas yang membawa nama pendidikan telah dilakukan oleh pihak pemerintah, sampai saat ini. dunia pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pendidikan. Namun hal Pemanfaatan IT ini di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan. Padahal dalam hal ini, pemerintah berusaha untuk memperbaiki mutu pendidikan, apabila kita amati dengan seksama, apa sebenarnya yang menjadi inti permasalahan pada dunia pendidikan, mungkin jauh lebih sulit. Berbagai hal dapat saja dipersalahkan sebagai pokok masalah yang menghambat kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. Namun demikian, yang jelas-jelas dapat kita temukan sebagai suatu kecacatan ialah proses belajar mengajar konvensional yang mengandalkan tatap muka antara guru dan murid, bagaimanapun merupakan sasaran empuk yang paling mudah menjadi sasaran bagi suara-suara kritis yang menghendaki peningkatan kualitas pada dunia pendidikan. Sehingga perlu dibangun sistem informasi akademik SMART berbasis cloud computing. Dimana data dan sistem yang tersimpan di cloud memungkinkan pihak sekolah untuk mengaksesnya kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan komputer, laptop, tablet atau smartphone yang terhubung dengan internet. Dengan adanya sistem informasi akademik berbasis cloud ini, akan memudahkan pemerintah dalam memonitoring dan evaluasi kinerja sekolah.  Penelitian ini akan menggunakan metode atau pendekatan deskriptif kualitatif, karena tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan apa adanya mengenai suatu variabel, gejala, keadaan atau fenomena sosial tertentu. Kemudian akan dilakukan penterjemahan kebutuhan dari hasil evaluasi tersebut, sesuai kebutuhan pengguna ke dalam spesifikasi kebutuhan sistem (SRS–System/Software Requirement Spesification) dan pengembangan menggunakan Systems Development Life Cycle (SDLC).  Kata kunci: Sistem Informasi Akademik, Cloud Computing, SDLC, Web.

RANCANGAN INFORMATION TECHNOLOGY SERVICE MANAGEMENT MENGGUNAKAN INFORMATION TECHNOLOGY INFRASTRUCTURE LIBRARY (Studi Kasus: STMIK AMIKOM Purwokerto)

Nurfaizah, Nurfaizah ( MTI STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Utami, Ema ( MTI STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Arief, M. Rudyanto ( MTI STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.714 KB)

Abstract

STMIK AMIKOM Purwokerto merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang dalam proses pengelolaan dan  penyampaian informasi telah menerapan teknologi informasi. Proses pelayanan suatu perguruan tinggi dipandang sebagai suatu solusi yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan perusahaan di dalam pelayanan. Hal ini menyebabkan pentingnya peningkatan peran teknologi informasi agar selaras dengan  investasi baik hardware dan software yang dikeluarkan, sehingga dibutuhkan perencanaan yang optimal.IT Service Management (ITSM) digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan efisiensi pelayanan teknologi informasi kepada pengguna yang terdapat dalam framework Information Technology Infrastructure Library.Diharapkan dengan penerapan ITSM pengelolaan layanan TI menjadi lebih baik serta mampu menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada pada organisasiyang sedang berjalan dengan menggunakan COBIT 4.1. ITSM menghasilkan perancangan pada masing-masing prosesnya dari 2 domain pembangun ITSM yaitu domain service support dan service delivery. Kata Kunci: ITSM, ITIL V3, COBIT 4.1

ANALISIS PENERAPAN SISTEM ENTERPRISE RESOURCE PLANNING PADA PT. ANEKA DHARMA PERSADA DI YOGYAKARTA

Tanto, Tanto ( STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Winarno, Wing Wahyu ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Arief, M. Rudianto ( Magister Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.041 KB)

Abstract

Enterprise Resource Planning  (ERP) dapat mengintegrasikan fungsi marketing, fungsi produksi, fungsi logistik, fungsi finance, fungsi sumber daya manusia, dan fungsi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity level) untuk proses-proses layanan dan dukungan Sistem Enterprise Resource Planning  (ERP) pada PT. Aneka Dharma Persada (ADP) di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan kerangka keria COBIT 4.1 yang dikembangkan IT Governance Institute (ITGI) yang berbasis di Amerika Serikat untuk kontrol yang digunakan  adalah domain "Delivery and Support (DS) dan  Monitor and Evaluate (ME)". Hasil analisis tingkat kematangan untuk DS1 dan DS7 berada pada level 2 sedang untuk DS3, DS4, DS5, DS6, , DS10, DS11, ME1 dan ME2 berada pada tingkat kematangan level 3. Kata Kunci : Enterprise Resource Planning  (ERP), maturity level, COBIT 4.1. 

PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PADA TABUNGAN BANK SAMPAH “CERIA” PURWOKERTO

Riyanto, Andi Dwi ( STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Kusumastuti, Galuh ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 8, No 2: Agustus (2015)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.447 KB)

Abstract

Bank Sampah CERIA kelurahan Grendeng merupakan Bank dimana seseorang bisa mengisi tabungan dengan menggunakan sampah yang ditimbang dan diberi nilai uang (moneter), sesuai harga yang sudah ditentukan oleh para pengepul. Permasalahan yang dihadapi oleh Bank Sampah Ceria adalah sering terjadinya kerepotan dalam transaksi dan laporan bulanan, sering tertukarnya jenis sampah dan harganya, harga sampah per kilo sering berubah, serta tidak adanya backup data yang bagus untuk menanggulangi data dari nasabah maupun jumlah tabungannya. Untuk mengatasi permasalahan diatas, peneliti berinisiatif untuk membangun sistem informasi untuk mengolah data tabungan pada Bank Sampah Ceria menggunakan metode Extreme Programming (XP) sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka/literatur. Kata Kunci : Tabungan, Bank Sampah, Sistem Informasi Tabungan Bank Sampah