cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 4, No 1: Februari (2011)
6
Articles
SISTEM KOMPUTERISASI PRESENSI KARYAWAN DENGAN FINGERPRINT DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Jahir, Abdul ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (5021.627 KB)

Abstract

Ienelitian yang bcrjulul Sisten Kompulerisasi presensi Karyawan tlenganFingerprint ini be ujuan untuk membangun iptikasi presensi d"ngoi ^erggurrft on4:suo:r!.. Metode yang digunakan uautr pengembangan sistem menggunaka, modelI4/ater Fall yaitu : penentuan cJan Anarisi siesrfit<ai, Desain sisteff, t.ii"r"r,^"t4!, Ul, Coha unit, Integrasi tlan Uji "obo iirtu,*, Operasi dan penteliharaan.Penelitian iniluga mengaiatisa aari.titeripa k;i;;;;;, : Teknctlogi yang digunakanyaitu fingerprint mudah untuk mencrapatktinya hirga iuga sangat terjangkau. Layakoperasional karena sistem mudah trioperasionaioT. nori anarisa kerayakan sistem,penel,itian .ini juga layak dikembaigkar, d"ngi, pirn,trrgon payback periodmembutuhkan waktu 3 tahun 0,1 tio, i*rstoriiyi)kan kZmbali,-^;;gg;;k";pcrhirungun Ret rn of lnvcs,tment, nilai ya.nq ditlynat 17,9% ladt nOt , 6,-irr*",,perhitungan Net Presenr Value n-ilar yang didapak)n Rp. 6.92g.619 sehingga NpV >0, dengan,perhirungan Beneft.Co,t. Rstios fi[iirrai[ekm on,o,otrrri;;;;;"r0nilai perbandingan yang didapatkan.1,5 schingga I L Dari p"rniir-ry* "rii;ikclayakan dengan ke empai merode diatas makiiystem layuk ,itrt ,lifu7g,rnio,dikembangkan. Dalam -penelitian iri .,airi*putioni"U. n, STMIK AMKOMPurwokerto pertu dibuit rancang bangun sistem presensi Karyawan dengan .menggunakan Fingerprint sebaga,i arat seisor sicrik jari un!uk prosesider,,7i"rii,l::t"::,rry. 2). Sistem.yang dibangun.j.uga.mampu meryaiikan iroi,iri i"r$,Iaporan rekap presensi karvawan yang dibutuhkan ileh: bignn fup"goroion,Lo[ionkeuangan dan bagian lain )ang membutuhkan.

RANCANG BANGUN APLIKASI M-LEARNING PADA STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Karyono, Giat ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.678 KB)

Abstract

Berdasarkan data sebanyak 70% dari total jumlah seluruh penduduk di Indonesia menggunakan perangkat seluler (Goswami, 2007:25) atau sekitar 150 juta penduduk Indonesia menggunakan perangkat seluler yang juga dapat dikatakan sebagai perangkat bergerak atau mobile devices. Kenyataan ini dapat menjadi peluang bagi Institusi Pendidikan untuk menyelenggarakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat bergerak sebagai media atau yang lebih dikenal sebagai mobile learning.WAP adalah protokol pada jaringan seluler (GSM,CDMA,dll) untuk memberikan layanan internet lewat ponsel. Teknologi ini memungkinkan pelanggan menikmati fasilitas internet yang beraneka ragam. WAP menggunakan bahasa komputer WML (Wireless Markup Language), sehingga ponsel hanya dapat mengakses situs web yang telah diformat khusus untuk aplikasi WAP. Untuk itu dalam penelitian ini dibuat aplikasi berbasis WAP untuk mengakses materi pembelajaran.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Utari, Sri Wahyu ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4596.771 KB)

Abstract

In determining the Best Employees in SIMK AMKOM Purwokerto several. factors into the assessment. This assessment is based on performance assessmenl, namely communication with studenls, attention to students, ease of providingconsulting, ease of providing solulions, altitude and appearance. For efficiency andeffectivity of the appropriate decision-making is needed.This study aims to develop a decision support system that has the bestemployee selection analysis capabilities using lhe Simple Additive weighting method(SAW). This decision support system to help make an assessment of each employee, make changes to the criteria, and changes in weight values. It is useful to facilitate thedecision makers on issues relatbd to the seleclion of the best employees, so will theemployees get the most feasible given lhe reward or award as the best employee

APLIKASI MOBILE LEARNING TUTORIAL PENGKABELAN DALAM MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER II DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Handoko, Tri ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.177 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi mobile learning tutorial pengkabelan dalam mata kuliah jaringan komputer II di STMIK AMIKOM Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah metode kepustakaan dan metode observasi secara langsung. Untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), dengan teknik pengembangan sistem waterfall model.Hasil penelitian ini berupa aplikasi mobile learning tutorial pengkabelan dalam mata kuliah jaringan komputer II di STMIK AMIKOM Purwokerto. Aplikasi yang dihasilkan berektensi .swf dan dapat dijalankan menggunakan flashlite player.

APLIKASI MOBILE PANDUAN IBADAH HAJI BERBASIS MULTIMEDIA

Ayuning, Fitri ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.235 KB)

Abstract

Ibadah Haji adalah penyempurnaan dari rukun Islam yang kelima bagi kaum muslimin dan kewajiban ini berlaku sepanjang hidupnya. Ibadah ini memerlukan persyaratan-persyaratan yang tidak dapat dipenuhi oleh setiap orang, sehingga kewajiban ini hanya berlaku bagi kaum muslimin yang memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Ibadah haji pada hakikatnya adalah perjalanan menghampiri Allah SWT dengan mendatangi rumahnya baitullah, yaitu Ka’bah di Mekah. Mengingat pentingnya seruan ibadah haji, maka penulis membuat suatu aplikasi mobile yaitu Aplikasi mobile panduan ibadah haji berbasis multimedia. Aplikasi Mobile Panduan Ibadah Haji Berbasis Multimedia dibuat berdasarkan Rukun-rukun Haji dan Wajib-wajib Haji. Pengenalan tempattempat bersejarah di Mekkah dan Madinah, dan ditambah dengan doa-doa Ibadah Haji dan beberapa tips selama melakukan ibadah haji. Aplikasi Mobile Panduan Ibadah Haji Berbasis Multimedia ini untuk memberikan informasi singkat mengenai pelaksanaan dan tata cara haji berdasarkan kaidah yang sesuai dengan syarat rukun haji, wajib haji dan mengetahui prosedur-prosedur yang harus dijalani, sehingga dapat dijadikan sajian edukasi yang bermanfaat bagi umat islam, atau pengguna mobile (handphone) khususnya lebih mudah mempelajari dan mengetahui tentang salah satu rukun islam yaitu Haji. Dengan pemanfaatan multimedia, segala informasi Haji, baik dalam bentuk teks, gambar dan suara dapat digabungkan dan dimasukkan ke dalam perangkat komputer untuk diproses serta kemudian ditampilkan secara menarik, interaktif dan praktis.

RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BATIK ONLINE PADA CHARAMEL SHOP

Putra, Anindya Anggoro ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 4, No 1: Februari (2011)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2644.334 KB)

Abstract

Sistem kompulerasi penjualan online akan menghemat waktu, mengurangibiaya belanja dan lebih memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan. Metodeimplementasi sistem yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi iniadalah "Model Sekuensial Linier" atau "Siklus Kehidupan Klasik" atau "Model AirTerjun" atau "lltaterfalL ". Dari.hasil penelitian ini telah dbuat rancang bangun Lltebyang memudahkan konsumen dalam melakukan pemesanan dan pembelian secaraonline sebagai buktinya konsumen bisa membeli barang tanpa harus datang langsungke Charamel Shop