cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 3, No 1: Februari (2010)
6
Articles
SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN BERBASIS CLIENT SERVER DI KELURAHAN BOBOSAN PURWOKERTO

Dwicahya, Agustin Citra ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.457 KB)

Abstract

Sistem informasi kependudukan merupakan pendataan mengenai kependudukan di kelurahan. Permasalahan pada penelitian ini adalah pendataan kependudukan di kelurahan Bobosan masih kurang optimal dan kurangnya efisien waktu, dengan menggunakan teknologi sistem informasi maka kesalahan dalam pendataan kependudukan dapat diminimalisir. Penelitian ini bertujuan membuat dan merancang sistem informasi kependudukan dengan client server untuk membantu mengolah data infomasi yang akurat di kelurahan Bobosan.Tahapan penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Metode waterfallmerupakan metodelogi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara dan menggunakan sistem informasi. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem informasi kependudukan berbasis client server dengan menggunakan Visual Studio 2008 dan SQL Server 2008 yang dapat diakses melalui jaringan LAN (Local Area Network).

RANCANG BANGUN GAME PERTEMPURAN LAKON WAYANG SEBAGAI SARANA PENGENALAN TOKOH PEWAYANGAN INDONESIA

Prahara, Aditya Yoga ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.31 KB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan membuat sebuah game bertemakan pewayangan sebagai media pengenalan tokoh-tokoh dalam cerita pewayangan Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil dari penelitian adalah aplikasi game Pertempuran Lakon Wayang bergenre fighting dengan menjadikan tokoh-tokoh pewayangan sebagai karakter yang dapat dimainkan.

MOBILE LEARNING MENULIS DIKTE STENOGRAFI UNTUK KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWAGAYA 1 PURWOKERTO

Budiasih, Agustiana ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.526 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menerapkan sistem pembelajaran stenografi yang baru yaitu menggunakan mobile learning dengan system pembelajaran yang lama. Dalam pembelajaran dahulu masih dilakukan secara langsung siswa mendengarkan apa yang diterangkan oleh guru lalu mencatatnya. Pengembangan sistem yang digunakan yaitu dengan metode MDLC (Multimedia Development Live Cycle). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) pada SMK Swagaya 1 Purwokerto. Dalam mobile learning ini siswa dapat mempelajari dan dapat menulis langsung stenografi menggunakan handphone. Aplikasi ini dibuat agar siswa lebih tertarik untuk mempelajari stenografi sehingga siswa lebih cepat terampil dan menguasai stenografi.

PERANCANGAN GAME “BENAR ATAU SALAH” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : SMK Miftahul Huda Rawalo)

Setiawan, Ade ( STMIK Amikom Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.668 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Perancangan Game “Benar atau Salah” Sebagai Media Pembelajaran Komputer Berbasis Android” bertujuan untuk menambah minat belajar siswa dan meningkatkan nilai pada mata pelajaran KKPI di SMK Miftahul Huda Rawalo. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) versi Luther-Sutopo. Output yang dihasilkan berupa game edukasi komputer berbasis android dengan ukuran 9,6 MB.

SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT DAN HAMA PADA TANAMAN PEPAYA CALIFORNIA DI DUSUN KETHITANG-RAWALO

Pratitis, Afit Nadhar ( STMIK Amikom Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.189 KB)

Abstract

Terbatasnya jumlah pakar membuat proses penyuluhan terhadap petani khususnya petani pepaya dalam pengendalian penyakit dan hama tidak maksimal, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat di jadikan alternatif berkonsultasi bagi para petani. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan membangun sistem pakar diagnosa penyakit dan hama tanaman pepaya california yang dapat dijadikan pendamping bagi pakar tanaman pepaya california. Batasan masalah dari penelitian diantaranya hanya meneliti tanaman pepaya california, metode inferensi forward chaining, representasi pengetahuan menggunakan kaidah produksi, diterapkan pada sistem berbasis web. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Hasil dari penelitian ini telah berhasil dibuat aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit dan hama pada tanaman pepaya california menggunakan Adobe Dreamweaver CS5 dan XAMPP-Win32-1.7.7. Dengan adanya sistem pakar diagnosa penyakit dan hama pada tanaman pepaya california dapat menjadi media alternatif konsultasi para petani pepaya california, serta sistem pakar ini dapat dijadikan pendamping untuk pakar dalam memberikan ilmu pengetahuannya.

APLIKASI PEMBELAJARAN PANCA INDRA PADA MANUSIA BERBASIS ANDROID

Bustomi, Abu Yazid ( STMIK Amikom Purwokerto )

Telematika Vol 3, No 1: Februari (2010)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (619.719 KB)

Abstract

Pengembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga membuka peluang bagi pendidikan untuk mengembangkan teknik pembelajaran. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada pembelajaran konvesional seperti teks dari buku, tetapi lebih luas dari itu. Minimnya alat bantu dan alat peraga di sekolah membuat kesulitan tersendiri bagi guru kelas sehingga membuat para siswa kurang kurang berkonsentrasi dan memahami apa yang sedang di terangkan oleh guru tentang mata pelajaran tersebut.Tujuan dari pembuatan aplikasi pembelajaran ini adalah sebagai media tambahan pembelajaran IPA Sub Bab panca indra manusia kelas 5 di SDN Pruwatan 03 yang di buat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6.Metode pengambilan data dari skripsi ini menggunakan 3 (metode) yaitu wawan cara, observasi, dokumentasi. Metode pengembangan sistem yang di gunakan pada penelitian ini adalah model Multimedia Development Life Cycle (MDLC).Dari hasil penelitian ini berupa aplikasi pembelajaran panca indra pada manusia berbasis android dilakukan pengetesan penerimaan dengan metode kuisioner. Dan aplikasi ini layak di gunakan sebagai media pembelajaran.