cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 2, No 2: Agustus (2009)
6
Articles
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PENDAFTARAN DAN REGISTRASI MAHASISWA BARU STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Purwadi, Purwadi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (509.158 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil dari aplikasi yang dibuat memberikan lebih efektif dari aplikasi yang dipakai sebelumnya, karena pada proses sebelumnya masih menggunakan yang manual walaupun sudah memakai komputerirasi tetapi dirasa masih kurang efektif dalam menjalankan proses pengolahan datanya. Segi efisien dan akuratnya aplikasi yang dibuat dapat mengurangi beban waktu dan biaya serta dapat meminimalisasi tenaga kerja yang ada dengan seiring peningkatan dan pelayanan terhadap mahasiswa yang semakin berkembang.

RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS TEKNOLOGI WAP SEBAGAI MEDIA PROMOSI KOMODITAS PARIWISATA DI BANYUMAS

Afuan, Lasmedi ( Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Jederal Soedirman )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (453.641 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi maju dengan begitu pesatnya. Memungkinkan kita untuk mengakses berbagai informasi secara cepat dan akurat. Salah satu teknologi yang sedang populer saat ini adalah mobile technology. Ada beberapa teknologi mobile yang sering digunakan antara lain GPRS dan HSDPA (High Speed Downloading Packet Access). Mobile technology dapat digunakan diberbagai sektor kehidupan salah satunya adalah sektor pariwisata. Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak komoditas pariwisata yang masih jarang untuk dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Diperlukan sebuah media promosi yang bisa digunakan untuk mempromosikan komoditas pariwisata dan juga diharapkan dapat membantu para wisatawan dalam dan luar negeri untuk mengetahui komoditas pariwisata yang ada di Banyumas. Melalui mobile technology seperti handphone yang hampir dimiliki semua orang, maka peneliti mencoba untuk mencari solusi yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mempromosikan komoditas pariwisata yang ada di Banyumas yaitu dengan merancang dan membangun sebuah aplikasi menggunakan mobile technology WAP yang memanfaatkan koneksi GPRS sebagai media yang bisa digunakan untuk mempromosikan komoditas pariwisata di Banyumas.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS CLIENT SERVER DI DESA KALIURANG

Yunus, Muhammad ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (370.425 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Desa berbasis client server merupakan sistem yang dapat digunakan untuk melayani administrasi masyarakat Desa secara cepat, akurat dan terintegrasi. Sistem dapat melayani administrasi masyarakat Desa secara cepat dengan bantuan komputer sebagai pengolah data.Sistem dapat menghasilkan ouput yang benar sesuai data kependudukan yang ada.Sistem terdiri dari beberapa pelayanan administrasi Desa yang saling berkaitan antara laporan yang satu dengan yang lainnya.Jenis pelayanan administrasi Desa antara lain :1) Sistem Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat Pengantar 2)Sistem Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat Keterangan. 3) Sistem Pelayanan Administrasi Pembuatan Surat Profil Desa. Selain dapat memberikan kemudahan dalam pelayanan administrasi Desa, sistem ini juga bertujuan menghasilkan ouput yang berupa laporan untuk dijadikan acuan dalam penyusunan LPJ (Laporan Pertanggungjawaban) akhir tahun pemerintahan Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Karyono, Giat ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (749.925 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Academic Information Systems is one of the main functions in a data processing activities of students in Higher Education "STMIK AMIKOM Purwokerto”. This paper contains the results of the analysis and design of academic information system which can be used to facilitate service to students in the academic. This research uses the waterfall development model system. This research produces a design application program to assist academic part in processing the data processing students and lecturers at STMIK AMIKOM Purwokerto so that the institution has an academic information system faster, more efficient, and easy to use

APLIKASI SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK DIRECT MAIL CALON MAHASISWA (Studi Kasus : STMIK Amikom Purwokerto dan IMKI PRIMA Purwokerto)

Hermanto, Nandang ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (756.187 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul ” Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Untuk Direct Mail Calon Mahasiswa (Studi Kasus : STMIK Amikom Purwokerto dan IMKI PRIMA Purwokerto). Analisis dan perancangan sistem serta pengujian pada sistem yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa telah berhasil dibangun sebuah aplikasi sistem penunjang keputusan yang dapat digunakan oleh karyawan STMIK AMIKOM PURWOKERTO dan IMKI PRIMA PURWOKERTO khususnya bagian pemasaran untuk mengolah data direct mail calon mahasiswa baru. Secara keseluruhan sistem dianggap cukup baik dan layak untuk dipergunakan. Sistem ini masih menggunakan cara manual dalam hal memasukan jawaban soal calon mahasiswa yaitu dimasukkan oleh seorang operator yang masih dimungkinkan terjadinya kesalahan dalam memasukan data, untuk sistem selanjutnya diharapkan dapat menggunakan alat bantu koreksi. Sistem ini masih belum bisa digunakan secara online melalui internet, untuk selanjutnya diharapkan bisa dipakai secara online sehingga calon mahasiswa bisa mengisi lembaran kuisioner secara online dari sekolah masing masing.

NIST SP 800-44v2: PEDOMAN PANDUAN SISTEM KEAMANAN PUBLIK WEB SERVER

Barkah, Azhari Shouni ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 2: Agustus (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (120.355 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

World Wide Web (WWW) adalah salah satu cara yang paling penting bagi suatu organisasi untuk mempublikasikan informasi, berinteraksi dengan pengguna internet, dan membangun kehadiran e-commerce atau e-government. Akan tetapi, jika sebuah organisasi tidak tepat dalam mengkonfigurasi dan mengoperasikan situs Web umum, mungkin akan rentan terhadap berbagai ancaman keamanan. Web server merupakan tempat atau wadah di mana informasi tersebut disimpan dan dipublikasikan untuk dapat diakses oleh pengguna internet. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem keamanan publik web server, sesuai dengan tujuannya yaitu mengamankan dan melindungi kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi tersebut.