cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 2, No 1: Februari (2009)
6
Articles
SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DALAM PADA MANUSIA DENGAN TERAPI ATH THIBBUN NABAWI BERBASIS WEB

Kurniasih, Beti ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.98 KB)

Abstract

ika kita ingin membuat sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah. Paper ini memuat tentang bagaimana memecahkan masalah menggunakan sebuah sistem yaitu sistem pakar untuk mendiagnosa suatu penyakit dalam pada manusia berbasis web.Pengobatan Nabawi atau Ath thibbun adalah metode pengobatan yang dijelaskan oleh nabi saw kepada orang yang mengalami sakit berdasarkan pada wahyu Allah swt,seperti yang telah tertulis dalam Al Qur’an dan Al Hadits.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PEMBAYARAN REKENING LISTRIK PADA PT. PLN (Persero) AREA PELAYANAN JARINGAN (APJ) PURWOKERTO

Faizal, Yusmedi Nur ( STMMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.119 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Analisis Dan Perancangan Sistem Pembayaran Rekening Listrik Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan Jaringan (APJ) Purwokerto”. Tujuan Penelitian untuk mengetahui lebih jauh pelaksanaan pembayaran rekening listrik pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Purwokerto. untuk mengetahui secara mendalam dan mempraktekkan secara langsung dalam pembayaran rekening listrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)Pelaksanaan pembayaran rekening listrik terlaksana cukup baik. Hal ini karena adanya kerjasama dan tanggung jawab masing-masing personalia akan tugasnya, adanya pembagian unit kerja dan wewenang sehingga tidak terjadi keracunan sistem kerja. 2) Pada PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Purwokerto mempunyai enam seksi dalam menjalankan salah satunya yaitu bagian pelayanan pelanggan yang mempunyai tugas melayani pelanggan dalam pembayaran rekening listrik melalui loket, pendaftaran tambah daya dan turun daya. 3) PT. PLN dinyatakan sebagai I perusahaan Umum Milik Negara melalui Peraturan Pemerintah No. 18/1972 yang usaha pokoknya menerima pelayanan pelanggan dalam pembayaran listrik.

SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA PT. KALBE FARMA Tbk. OTC PURWOKERTO

Rosyidi, Rahman ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (436.542 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudulSistem Informasi Penjualan BarangPada PT. Kalbe Farma Tbk. OTCPurwokerto. Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari sistem yang sedang berjalan khususnya sistem informasi penjualan, mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan menganalisa kelemahan-kelemahan, yang selanjutnya merancang sistem informasi yang baru, yang diharapkan dapat mengantisipasi kendala-kendala yang ada sehingga dapat dihasilkan suatu informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sistem yang sedang berjalan terdapat permsalahan 1) Memerlukan waktu yang lama dalam membuat laporan membuat laporan penjualan secara keseluruhan. 2) Banyak memakan waktu dalam mencari data–data atau arsip–arsip yang dibutuhkan. 3) Perhitungan hasil penjualan barang sering tidak tepat nilainya. Sedangkan dengan adanya sistem yang baru maka 1) Pengolahan data lebih cepat dan akurat sehingga tidak diperlukan waktu, tenaga dan pikiran yang berlebih, dengan demikian terjadinya kesalahan dalam transaksi dapat diatasi. 2) Proses pencarian data dan pembuatan laporan lebih cepat dan akurat. 3). Mudah melakukan perubahan data. 4). Sistem pengarsipan lebih rapi, karena disimpan dalam media disk. Pada sistem yang baru mempunyai kelemahan : 1). Membutuhkan biaya operasional yang lebih besar. 2). Memerlukan tenaga ahli dibidang komputer setidaknya bisa mengoperasikan komputer. 3). Memerlukan biaya pemeliharaan atau perawatan tersendiri.Berdasarkan perbandingan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa : Sistem yang lama mempunyai banyak kekurangan. Sistem yang baru dapat mengatasi permasalahan dan kendala–kendala yang ada pada sistem yang lama dengan kelebihan–kelebihan yang dimiliki oleh sistem yang baru.

VISUALISASI DISTRIBUSI TEKANAN PADA AIRFOIL JOUKOWSKY

Maryonoto, Eddy ( Universitas Jenderal Soedirman )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3509.305 KB)

Abstract

The goal of this research is to develop a computer based system that can beused to visualize pressure distribution on the Joukowskys airfoil and streamlinespattern around the airfoil. The pressure on the airfoil is calculdted usingformulasderived from potensial theory. Visualization of pressure distribution implementedby using color gradation technique and coded b.v using Borland Delphi 6programming language. The result of the test shotus lhat lhe system has performedperfectly. Pressure dislribution on some kinds of JoukowslEs airfoil shapes andstresmlines pattern around the airfoils can be presenled and seen clearly byusing this visualization system, where the paltern of the pressure distribution onthe airfoil marked by color gradation.

ANALISIS SISTEM PEMBAYARAN SPP PADA SMK BUDI UTOMO SOKARAJA-BANYUMAS

Maskur, Maskur ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.173 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudulAnalisis Sistem Pembayaran SPP Pada SMK Budi Utomo Sokaraja – Banyumas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistem pembukuan pembayaran SPP yang sedang berjalan di SMK Budi Utomo Sokaraja dan setelah mengetahui adanya kekurangan pada sistem yang sedang berjalan, maka penulis mengusulkan sistem yang baru dengan sistem komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada beberapa hambatan dalam penerapan sistem yang baru. Hambatan tersebut adalah sumber daya manusia yang ahli dalam mengoperasikan komputer dan fasilitas yang tersedia masih terbatas. 2) Kedisiplinan dari personil yang mengoperasikan komputer perlu ditingkatkan. 3) Fasilitas ruangan perlu diberi pendingin ruangan (AC) agar perangkat keras komputer dapat terpelihara dengan baik. 4) Sistem yang baru akan menambah kepercayaan masyarakat dan pihak lain yang membutuhkannya karena akurat, tepat dan handal

SISTEM INFORMASI DAN PENGOLAHAN DATA GAJI KARYAWAN PADA RITA PASARAYA KEBONDALEM PURWOKERTO

Triyodanta, Nyoman Heddy ( ABA Sinema Yogyakarta )

Telematika Vol 2, No 1: Februari (2009)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6850.567 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Sistem Informasi dan Pengolahan Data GajiKaryawan pada Rita Pasaraya Kebondalem Purwokerto". Tujuan dari penelitian iniodalah untuk mengetahui prosedur sistem informasi pengolahan data gaji karynvanyang sedang berjalan atau sedang dipakai pada Rita Pasaraya KebondalemPurwoketo, yang masih dilakukan dengan proses manual dan pada akhirnyadirancang suatu sistem informasi yang lebih baik. Merancang sistem informasi yangberbasis komputer untuk membantu mengatasi kelemahan dalam pengolahan datamenjadi informasi sesuai dengan kebutuhan user. Hasil analisis menunjukkan bahwapengolahan data di Rita Pasaraya Kebondalem Purwokerto mosih menggunakansistem manual. Sistem yang baru yaitu komputerisasi akan lebih tepat biladipergunakan untuk kehandalan data gaji karyawan. Selain sistem yang baru secarakomputerisasi kedisiplinan pemakai juga perlu ditingkatkan, secara fasilitastambahan selain ruangan khusus yaitu adanya Air Condisioner (AC) pada ruangkomputer untuk membuat awet secara perangkat keras komputer dan komputer dapatdihidupkan secara terus menerus. Sistem yang baru aknn menambah kepercayaanImryawan dan pihak lain yang membutuhkan karena akurat, tepat dan handal. Sertapengambilan keputusan tentang kondisi data gaji karyawan dapat lebih alatrat dancepat yang tidak lain dapat meningkatkan kinerja karyawan terhadap perusahaan.