cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 11, No 1: Februari (2018)
11
Articles
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH/MADRASAH SMA/SMK DI KECAMATAN BUMIAYU MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Kusuma, Tyas Pratama Puja ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Saraswati, Nurul Mega ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.375 KB)

Abstract

Penilaian kepala sekolah adalah salah satu penilaian kinerja pendidik dan tenaga pendidik untuk menjaga profesionalitas saat menjalankan tugas. Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan dengan memberikan penilaian berdasarkan data yang relevan. Penilaian dilakukan dengan tahapan wawancara, penilaian dan perhitungan nilai. Penelitian ini tentang sistem penunjang keputusan dengan menggunakan metode TOPSIS. Obyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah/Madrasah SMA/SMK di Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini mengasilkan preferensi pada alternatif A5 dengan nama Bapak Subagyo Sudrijat, M.Pd dengan preferensi kriteria kompetensi kepribadian sebagai pemimpin, kompetensi supervisi dan kompetensi kewirausahaan. Sedangkan kriteria kompetensi prestasi sebagai pendidik dan kompetensi sosial di preferensi A1 dengan bapak Drs. Budiyanto, M. Pd., dan kompetensi manajerial di preferensi pada bapak Drs. Joko Waseso, M. Pd.Kata Kunci: Kinerja Kepala Sekolah, Sistem Penunjang Keputusan, TOPSIS, SMA, SMK

IMPLEMENTASI KOMBINASI METODE AHP DAN SAW DALAM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KREDIT PERUMAHAN RAKYAT

kristania, yustina meisella ( STMIK Nusa Mandiri )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.513 KB)

Abstract

Pentingnya rumah dan lingkungan yang kondusif membuat banyak dari pengembang memberikan tawaran kriteria pemilihan rumah. Untuk itu, diperlukan perangkingan data perumahan yang akan membantu mengetahui kelayakan dalam berbagai alternatif pilihan, sehingga keputusan dapat diambil oleh calon pembeli. Bobot pada setiap kriteria ditentukan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process dan untuk menentukan rangking data perumahan menggunakan metode Simple Additive Weighting. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu implementasi dalam mendukung keputusan penentuan kredit perumahan rakyat berdasarkan data perumahan yang ada di kota Purwokerto. Hasil akhirnya adalah bahwa implementasi pada penentuan kredit perumahan rakyat dapat memudahkan calon konsumen dalam melakukan pembelian rumah berdasarkan harga, desain, tipe rumah, lokasi dan fasilitas hingga akses dari jalan.Kata Kunci: Analytic Hierarchy Process, Simple Additive Weighting, Kredit Perumahan.

AUTES TECH (AUTOMATIC ELECTRIC SCARECROW TECHNOLOGY)

Rahmawati, Desi, Nur Hidayat, M Taufik, Rahayu, Ulvah Windi, Indartono, Kuat

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.109 KB)

Abstract

Teknologi dibidang pertanian yang semakin berkembang dengan bantuan teknologi yang semakin canggih sangat membantu para petani dalam meningkatkan hasil pertanian yang mereka kelola sehingga tidak menyebabkan kerugian setiap masa penen. Autes Tech yang merupakan sebuah alat yang membantu masyarakat khususnya para petani menjelang musim panen ketika hama burung mulai meyerang ketika musim panen dengan sistem electronic alat ini menggunakan bantuan aki atau accumulator dalam penggunaan daya dan menggunakan sistem peregerakan dengan bantuan timer setiap pergerakan 5 menit sekali. Alat ini dapat digunakan oleh para petani dengan mudah dan efektif sehingga para petani bisa memperoleh hasil yang maksimal ketika musim panen. Alat ini bisa digunakan oleh para petani dengan pemantauan dirumah karena alat ini akan berjalan secara otomatis diarea persawahan para petani.

Klem Aktif Tunggal Interleaved flyback dengan Kombinasi N-MOSFET dan P-MOSFET

Kurniawan, Andriyatna Agung ( Universitas Gadjah Mada ) , Firmansyah, Eka ( Universitas Gajah Mada ) , Wijaya, F. Danang ( Universitas Gajah Mada )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.747 KB)

Abstract

Penggunaan topologi interleaved flyback dengan menyusun dua atau lebih rangkaian flyback dapat mengakibatkan peningkatan dampak tegangan kejut. Dengan meningkatnya dampak tegangan kejut akan berakibat meningkatnya pula resiko kerusakan sistem akibat tegangan  kejut  tersebut.  Dalam  penelitian  ini,  diusulkan  sebuah  rangkaian  klem  aktif tunggal untuk mengatasi masalah tegangan kejut yang timbul dari dua buah flyback yang tersusun  dalam  konfigurasi interleaved.  Selain  untuk  mengatasi  tegangan  kejut  yang timbul,  pemasangan  klem  aktif  tunggal  pada  interleaved  flyback  juga  mengurangi penggunaan komponen aktif dan pasif pada sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi. Penelitian ini disimulasikan pada sistem area kerja 350 W dan dari simulasi diperoleh nilai efisiensi 91.8%. Kata Kunci: flyback, interleaved, klem, kejut.

Penerapan Naive Bayes Untuk Penerimaan Beasiswa

Wahyuningsih, Delpiah ( STMIK Atmaluhur Pangkalpinang ) , Patima, Eli ( STMIK Atma Luhur Pangkalpinang )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.715 KB)

Abstract

SMA Negeri 4 Pangkalpinang adalah salah satu sekolah negeri yang memiliki program beasiswa. Beasiswa yang ada di SMA Negeri 4 Pangkalpinang terbagi menjadi 2 yaitu Beasiswa Prestasi dan Beasiswa Kurang Mampu. Dalam memberikan beasiswa harus dilakukan proses secara selektif agar sesuai dengan jenis beasiswa yang didapat. Setiap beasiswa memiliki syarat-syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi. Proses penerimaan beasiswa yang ada di SMA Negeri 4 Pangkalpinang masih bersifat inefisien dikarenakan dalam proses penerimaan beasiswa hasil seleksi kurang akurat karena hanya mengandalkan pengamatan dengan indera penglihatan (visual) dan apabila kondisi lelah maka rentan terjadi kesalahan (human error). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan algoritma naive bayes untuk perancangan sistem penerimaan beasiswa pada SMA Negeri 4 Pangkalpinang, mengetahui kelemahan yang ada dalam proses penerapan algoritma naive bayes untuk penerimaan beasiswa pada SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Naive Bayes merupakan sebuah pengklasifikasian probabilistik sederhana yang menghitung sekumpulan probabilitas dengan menjumlahkan frekuensi dan kombinasi nilai dari data set yang diberikan. Dalam penelitian ini akan menghasilkan sebuah Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Penerimaan Beasiswa Pada SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Hasil dari pengimplementasian sistem ini dapat memudahkan pihak sekolah dalam proses penerimaan beasiswa.Kata kunci: Algoritma Naive Bayes, Penerimaan Beasiswa, Sistem Penunjang Keputusan

Pemanfaatan Android Sebagai Media Promosi Wisata Pantai

Hariawan, Akto ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Handani, Sitaresmi Wahyu ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Purwadi, Purwadi ( STMIK Amikom Purwokerto )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.182 KB)

Abstract

Pantai Menganti merupakan objek wisata yang menyuguhkan pemandangan panorama alam bentang laut Samudra Hindia berwarna biru jernih di atas bukit batu gamping dan pantai berpasir putih yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Desa Karang Duwur, Ayah, Kebumen. Pantai ini masih membutuhkan banyak publikasi untuk dapat dikenal oleh banyak wisatawan. Melihat kecenderungan masyarakat menggunakan Android untuk sehari-hari maka penggunaan android sebagai media promosi pariwisata Pantai Menganti memiliki potensi bagus untuk digunakan. Metode waterfall digunakan dalam penelitian ini, dimulai dari analisis, desain, pengkodean dan dilanjutkan dengan pengujian. Melalui aplikasi mobile memungkinkan untuk menghadirkan informasi yang mudah, efisien serta menarik, dengan begitu akan dapat meningkatkan wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Menganti.Kata Kunci: Android, Pantai, Promosi

MPPT BERDASARKAN ALGORITMA P&O DAN IC PADA INTERLEAVED-FLYBACK 250W

Kolewora, Y Munandar ( Universitas Gadjah Mada ) , Firmansyah, Eka ( Universitas Gadjah Mada ) , Suharyanto, Suharyanto

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.447 KB)

Abstract

Interleaved-flyback adalah topologi yang lazim digunakan pada inverter mikro dalam aplikasi panel surya. Lazimnya, dalam aplikasi tersebut, diperlukan sebuah algoritma maximum power point tracking (MPPT) untuk meningkatkan perolehan energinya. Dalam tulisan ini, dua algoritma MPPT; perturb & observe (P&O) serta incremental conduction (IC) akan diterapkan pada sebuah interleaved-flyback. Dianalisis kemampuan kedua algoritma tersebut untuk menghadapi perubahan intensitas cahaya matahari dalam rentang 600-1000 W/m2. Dapat disimpulkan di akhir tulisan bahwa algoritma IC menghasilkan energi yang lebih sedikit dari P&O dengan selisih hanya 0.2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua algoritma tersebut relatif sama dan penerapannya tergantung pada ketersediaan prosesor yang digunakan serta alasan teknis lain.Kata Kunci: MPPT, P&O, IC, Interleaved-Flyback, Panel Surya.

PENERAPAN SPATIAL MASK UNTUK PEMBENTUKAN EFEK SEPIA PADA CITRA DIGITAL DENGAN MODIFIKASI NILAI PIKSEL

alfiyan, faruk ( STIKOM PGRI Banyuwangi Jl. Ahmad Yani 80 Banyuwangi )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.001 KB)

Abstract

ABSTRAKEfek Sepia adalah sebuah efek yang mengarah pada warna hitam putih berbaur dengan warna kecoklatan, sehingga akan tampak seperti foto yang sudah lama dicetak. Saat ini penggunaan efek sepia sudah merambah hampir semua bidang khidupan manusia, mulai dari industri iklan, film, animasi, multimedia, hingga media sosial. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisa apakah penerapan algoritma spatial mask yang dikombinasikan dengan modifikasi pada tiap mask RGB yang ada dalam sebuah citra akan dapat menghasilkan efek sepia pada citra digital. Dari hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan gambaran pada penelitian selanjutnya, terutama penelitian yang berhubungan dengan efek sepia citra digital sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal.

PERBAIKAN EFISIENSI INTERLEAVED BOOST CONVERTER 200 W PADA KONDISI BEBAN RENDAH MENGGUNAKAN SKEMA PENSAKLARAN ADAPTIF

Sasue, Riz Rifai Oktavianus ( Department of Electrical Engineering & Information Technology, Gadjah Mada University )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1209.487 KB)

Abstract

Interleaved boost converter memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan boost converter konvensional diantara lain memperkecil ripple pada sisi masukan dan keluaran, serta  transfer energi yang lebih baik. Interleaved boost converter yang beroperasi dalam kondisi daya beban yang rendah (light-load) atau berkisar antara 5 - 45% dari daya beban maksimal akan menyebabkan perubahan mode konduksi kontinyu ke diskontinyu, sehingga efisiensi konverter akan menurun secara signifikan. Makalah ini memaparkan perbaikan efisiensi konverter tipe boost interleaved pada kondisi beban rendah, dengan menerapkan skema pensaklaran adaptif untuk menonaktifkan salah satu fase interleaved dengan maksud menghindari mode konduksi diskontinyu. Setelah menerapkan metode tersebut, diperoleh perbaikan efisiensi sebesar 12,8 % pada saat konverter beroperasi pada beban 5 - 45 % dari desain daya maksimal konverter. Kata Kunci: Intereleaved, Boost Converter, Efisiensi, LTSpice.

PENERAPAN INFORMATION ENGINEERING UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF AMIKOM CIPTA DARMA SURAKARTA

Purwidiantoro, Moch. Hari, Suyanto, M. ( Universitas Amikom Yogyakarta ) , Fatta, Hanif Al ( Universitas Amikom Yogyakarta )

Telematika Vol 11, No 1: Februari (2018)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.586 KB)

Abstract

Amikom Cipta Darma Surakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di kota Solo. Amikom Cipta Darma Surakarta telah berperan aktif dalam pemanfaatan sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) untuk kegiatan belajar mengajar serta pengelolaan operasional kampus. Akan tetapi pemanfaatan SI/TI tersebut belum maksimal dan terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut antara lain berkaitan dengan kompleksitas sistem dan SI/TI tidak selaras dengan bisnis. Hal tersebut dikarenakan belum ada perencanaan yang matang dalam investasi SI/TI. Dengan demikian Amikom Cipta Darma Surakarta harus memiliki rencana strategis yang tepat sebagai kunci sukses dalam menjamin kelangsungan proses bisnis dan memenangkan persaingan. Perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi pun menjadi kebutuhan dan keharusan dalam menunjang perkembangan Amikom Cipta Darma Surakarta untuk meraih keunggulan kompetitif. Pada penelitian ini menggunakan metode Information Engineering (IE) untuk analisis dan perencanaan SI/TI. Dalam analisis kondisi internal perguruan tinggi digunakan analisis SWOT dan CSF untuk dapat mengidentifikasi kebutuhan dan strategi SI/TI. Hasil dari penelitian ini yaitu rencana strategis SI/TI dan blueprint SI/TI yang akan dijadikan acuan dalam pengembangan SI/TI Amikom Cipta Darma Surakarta di masa depan.Kata kunci: Information Engineering, SI/TI, SWOT, CSF