cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 10, No 1 (2017): Telematika
2
Articles
PELACAKAN DAN DETEKSI WAJAH MENGGUNAKAN VIDEO LANGSUNG PADA WEBCAM

Saputra, Dhanar Intan Surya ( STMIK AMIKOM PURWOKERTO ) , Pamungkas, Riki Aji ( STMIK AMIKOM PURWOKERTO ) , Nuzul Ramadhan, Kurnia Aswin ( STMIK AMIKOM PURWOKERTO ) , Anjar, Wahyu Septi ( STMIK AMIKOM PURWOKERTO )

Telematika Vol 10, No 1 (2017): Telematika
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam sebuah citra ataupun video terdapat banyak objek di dalamnya mulai dari benda hidup/mati serta objek lain yang ada di dalamnya. Dalam penelitian ini dilakukan pendeteksian wajah manusia melalui Video Langsung seperti video yang terdapat pada Webcam/CCTV menggunakan aplikasi berbasis Windows (MATLAB) sedangkan untuk metodenya sendiri menggunakan metode Viola-jones. Setelah dilakukan berbagi pengujian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Deteksi Wajah yang bisa mendeteksi wajah lebih dari 9 orang dalam jarak 300 cm dan jarak terjauh yang dapat terdikteksi mencapai 600 cm pada pencahayaan yang bagus sedangkan untuk kondisi gelap hanya mampu pada jarak 100 cm dan penelitian ini belum dicoba pada CCTV karena keterbatasan perangkatnya.

VISUALISASI PENCEMARAN AIR MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI INFOGRAFIS

Handani, Sitaresmi Wahyu ( Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta ) , Utami, Shima, Kusmira, Dinar

Telematika Vol 10, No 1 (2017): Telematika
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kuantitas dan kualitas air merupakan faktor penting yang menentukan kesehatan makhluk hidup. Pemeliharaan akan kualitas dan kuantitas sangatlah penting demi suatu kelestarian lingkungan yang berkelanjutan. Disisi lain pencemaran air merupakan masalah global yang melanda berbagai negara di dunia.  Pada penelitian ini menyajikan bagaimana proses sosialisasi tentang pencemaran air yang disajikan melalui visualisasi animasi dua dimensi dengan konten berupa bagaimana proses pencemaran air terjadi, dampak hingga cara menanganinya. Animasi visualisasi pencemaran air dikembangkan menggunakan teknik animasi infografis yang disusun melalui tahapan pra produksi, produksi dan pasca produksi. Hasil akhir dari animasi ini diharapkan dapat dijadikan sebagai media pendukung sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh dinas terkait.