cover
Filter by Year
Telematika
Articles by issue : Vol 1, No 1: Februari (2008)
6
Articles
‚Äč
PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI JARINGAN WLAN PPOINT TO POINT PADA PT AUDIA SENTRA DATA SEBAGAI PENGGANTI JARINGAN FIBER OPTIC

Kuncoro, Adam Prayogo ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (304.381 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisa sebuah jaringan antar kantor yang menggunakan media serat optik namun memiliki biaya sewa bulanan mahal. Serta merancang jaringan yang akan digunakan untuk mengganti serat kaca tersebut dengan kwalitas yang hampir sama guna membantu perencanaan manager PT Audia Sentra Data. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah metode wawancara (interview), metode pustaka (library research), dan pengamatan (observasi). Untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan Waterfall menurut Sommerville, yang telah dimodifikasi untuk jaringan sesuai keadaan di lapangan saat penelitian. Hasil penelitian ini berupa interkoneksi jaringan WLAN di PT. Audia Sentra Data. Interkoneksi tersebut memiliki beban jaringan (troughput) yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jaringan yang lama. Implementasi dari jaringan WLAN ini berefek positif dan membantu program dari manager PT Audia Sentra Data.

PEMBUATAN BROSUR PERUMAHAN BERBASIS AUGMENTED RELITY DENGAN PERMODELAH 3D

Prisambodo, Abdul Muiz ( STMIK Amikom Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (94.824 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aumented Reality adalah, media penggabungan antara projek 3D dengan lingkungan nyata. termasuk dalam prospek bisnis properti. Media periklanan, adalah media yang baik untuk mempromosikan suatu produk salah satunya adalah dengan model augmented reality.Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Augmented Reality pada brour, sebagai media periklanan perumahan ecara virtual yang lebih baik dan menarik dari media publikasi periklanan lainya, sehingga pelanggan mau membaca brosur, dan tercapainya promosi produk dalam brosur tersebut.

SISTEM INFORMASI SIRKULASI BUKU PERPUSTAKAAN PADA STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Rohaedi, Mahrus ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (123.078 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian iniadalah untukmembangun system informasi perpustakaan di STMIK AMIKOM Purwokerto. Sistem yang dibangun berbasis desktop. Metode pengembangan system yang digunakan adalah waterfall. Hasil penelitian telah berhasil dibangun system informasi perpustkaan berbasis desktop sesuai dengan perencanaan.

VISUALISASI SISTEM TATA SURYA MENGGUNAKAN ANIMASI 3D

Hamid, Achmad Nur ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (656.348 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multimedia berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Salah satu aspek yang dipengaruhi adalah dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia, materi yang disajikan diharapkan lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membuat aplikasi system tatasurya menggunakan animasi 3 dimensi untuk menunjang sarana belajar yang sudah ada seperti buku. Pengumpulan data dalam pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan cara mendayagunakan sumber informasi yang terdapat pada perpustakaan dan sumber informasi lain seperti internet. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode pengembangan multimedia menurut Luther yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan 3DS Max 2009 sebagai software untuk membuat objek-objek yang terdapat pada system tata surya dengan bentuk 3 dimensi, Adobe Premiere Pro sebagai software untuk menggabungkan suara (audio) dan video hasil renderan dari 3DS Max, Adobe Flash CS4 Professional di gunakan sebagai penggabungan semua objek multimedia yang telah dibuat oleh perangkat lunak lainnya. Dengan aplikasi ini siswa dapat memahami materi tentang sistem tata surya dan membuat suasana belajar lebih menyenangkan.

OTENTIKASI USER PADA JARINGAN WLAN BERBASIS MIKROTIK OS DI SMP NEGERI 3 PURWOKERTO

Saputro, Eko Rujianto ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (297.455 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menerapkan MikroTik Os sebagai router untuk otentikasi dan pengaturan bandwidth pada MikroTik Os dalam membangun jaringan wireless. Metode yang digunakan menggunakan metode eksperimental. Studi kasus pada SMP Negeri 3 Purwokerto. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan fasilitas hotspot pada Mikrotik Router dapat membatasi akses user yang terkoneksi dengan jaringan SMP Negeri 3 Purwokerto sehingga user yang tidak memiliki hak akses tidak dapat masuk ke dalam jaringan. Dengan melakukan manajemen bandwidth pada jaringan SMP Negeri 3 Purwokerto maka tidak lagi terjadi kasus pemakaian bandwidth secara berlebihan oleh single user. Sehingga semua user mendapat jatah bandwidth yang sama dengan perioritas jam sibuk di lab komputer

MEMBANGUN APLIKASI ALARM MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0

Riyanto, Andi Dwi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Telematika Vol 1, No 1: Februari (2008)
Publisher : STMIK Amikom Purwokerto

Full PDF (302.457 KB) | Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Alarm adalah sesuatu yang digunakan untuk menyiagakan orang dengan cepat untuk sesuatu. Alarm banyak digunakan untuk memudahkan dalam mengingat kembali jadwal yang harus dikerjakan. Misalnya seseorang pada pagi harinya membuat jadwal hendak pergi berenang pada jam 4 sore. Maka orang tersebut dapat menggunakan jam alarm sebagai pengingat kegiatan tersebut. Sama halnya dengan prinsip jam alarm, aplikasi alarm ini dapat digunakan sebagai pengingat suatu schedule jika seseorang sedang berada didepan komputer. Seseorang yang sedang bekerja didepan layar komputer dapat menggunakan aplikasi alarm ini dengan men-set waktu yang dikehendaki dan menuliskan pesan apa yang nantinya akan ditampilkan. Pada waktu yang telah ditentukan, peringatan/pesan tersebut akan ditampilkan dilayar monitor disertai suara (yang juga telah ditentukan sebelumnya) agar pengguna memperhatikan pesan tersebut.Adapun waktu yang digunakan oleh aplikasi alarm ini adalah menggunakan jam yang ada pada sistem komputer (bios setting).