cover
Filter by Year
Pro Bisnis
Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan manajamen.
Articles by issue : Vol 8, No 1: Februari (2015)
8
Articles
MODEL SERVQUAL DENGAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (Studi Pada Mahasiswa Sistem Informasi)

Nurfaizal, Yusmedi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.218 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “MODEL SERVQUAL DENGAN PENDEKATAN STRUCTURAL EQUATION MODELING (Studi Pada Mahasiswa Sistem Informasi)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Servqual dengan pendekatan Structural Equation Modeling pada mahasiswa sistem informasi. Peneliti memutuskan untuk mengambil sampel sebanyak 100 responden. Untuk menguji model digunakan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangibility, reliability responsiveness, assurance dan emphaty mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa sistem informasi. Kata Kunci : Model, Structural Equation Modeling, SERVQUAL

PERILAKU MAHASISWA DALAM MEMILIH TEMPAT MAKAN BERCIRI INTERNASIONAL

Pinilih, Muliasari ( STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Shaferi, Intan ( Universitas Jenderal Soedirman )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.312 KB)

Abstract

Usaha rumah makan dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya rumah makan yang bernuansa tradisional, di Purwokerto juga mulai berkembang rumah makan yang berciri internasional. Rumah makan berciri internasional menawarkan sensasi berbeda karena perbedaan rasa dan nuansa yang ditawarkan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumennya terutama mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku mahasiswa dalam memilih rumah makan terutama rumah makan yang berciri internasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dengan metode survey. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga didapat jumlah responden sebanyak 100 mahasiswa. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rumah makan berciri internasional yang sering dikunjungi oleh mahasiswa adalah rumah makan Jepang. Pertimbangan mahasiswa yang menjadi faktor utama dalam memilih rumah makan berciri internasional adalah kualitas, harga, produk, tampilan dan yang terakhir adalah tempat yang nyaman. Kata Kunci : Rumah makan berciri internasional, perilaku, mahasiswa

EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT FRAMEWORK DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Barkah, Azhari Shouni ( STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Dianingrum, Melia ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.452 KB)

Abstract

Implementasi teknologi informasi untuk mendukung STMIK AMIKOM Purwokerto dalam mencapai tujuan sudah erupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Evaluasi terhadap implementasi teknologi informasi dengan menggunakan Model COBIT Framework sangat berguna baik bagi pengguna, pengembang teknologi informasi maupun para pengelola. Evaluasi terhadap proses teknologi informasi perlu dilakukan agar manajemen STMIK AMIKOM Purwokerto dapat melakukan perbaikan-perbaikan. Tujuan penelitian ini adalah sejauh mana STMIK AMIKOM Purwokerto telah menerapkan tata kelola sistem informasi dan teknologi informasi. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu bagaimana tingkat kematangan penerapan tata kelola sistem informasi dan teknologi informasi serta rekomendasi yang cocok untuk meningkatkan tata kelola sistem informasi dan teknologi informasi di STMIK AMIKOM Purwokerto. Hasil penelitian ini menunjukkan skor tingkat kematangan penerapan tata kelola SI/TI di STMIK AMIKOM Purwokerto yang dipoleh yaitu 3 dan berada pada level Defined Proccess.

IMPLEMENTASI MASTER PLAN KEGIATAN SERAYU RIVER VOYAGE (SRV) DALAM RANGKA PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN BANYUMAS (Studi Di Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas)

Pamungkas, Imam ( Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya ) , Suryono, Agus ( Universitas Brawijaya ) , Sarwono, Sarwono ( Universitas Brawijaya )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.618 KB)

Abstract

The background of research is that Master Plan Activity Serayu River Voyage (SRV) that compiled by department of tourism and culture Banyumas Regency in 2007 but the implementation has not been in line with expectations and stagnation. That Master Plan Activity Serayu River Voyage (SRV) expected completed within five years from 2008 to 2012, but during the period until 2013 programs and activities in the Master Plan Activity Serayu River Voyage (SRV) most have not been implemented. The results showed that the Master Plan of Activities Serayu River Voyage (SRV) in the Framework of Tourism Development in Banyumas Regency has not been implemented properly the cause is is the absence of good coordination between agencies, the lack of integration of programs and activities (overlap), supporting documents have not been revised, no good socialization, and the role of the private sector is still lacking. The actors that constrain and support implementation of the Master Plan Activity Serayu River Voyage (SRV) is supporting factors : competent human resources (implementor) already available at the managerial level and who have intellectual tourism, only need to be added to personnel in the field of culture , pamong budaya. The availability of adequate budget. Institutions that have been effective and efficient. High community response. High commitment of Regent Banyumas and cooperation related parties (stakeholders). Natural conditions Serayu tend to calm the river slope condition ( i ) is small. The constrain factors: regulatory policies, integration of programs and activities, Coordination and socialization that occurs sectoral ego that it is time to be addressed

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO KARYA ABADI BERBASIS CLIENT SERVER

Prianto, Novan ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK Amiko Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.171 KB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini teknologi komputer sudah banyak digunakanoleh banyak lapisan masyarakat, Selain itu sistem komputerisasi dapat membantu mempermudah dan mempercepat proses jual dan beli barang. Toko Karya Abadi merupakan perusahaan perseorangan. Toko Karya Abadi bergerak dalam bidang pupuk dan obat-obatan pertanian. Toko Karya Abadi masih menggunakan cara manual dalam mengolah data usahanya. Dalam sistem manual tersebut berjalan kurang maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut dibuatlah sistem komputerisasi untuk Toko Karya Abadi, aplikasi yang akan dibuat berbasis client server sehingga nantinya transaksi-transaksi yang terjadi dapat langsung di inputkan dari beberapa komputer ke dalam program aplikasi. Sistem dibuat dengan menggunakan software Visual Basic 2008 dan SQL Server 2005. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk membangun sistem informasi penjualan pada Toko Karya Abadi berbasis client server. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Pengembangan sistem yang digunakan adalah metode sekuensial linier dan pengujian sistem menggunakan metode black box. Hasil penelitian ini berupa aplikasi sistem informasi penjualan Toko Karya Abadi berbasis client server

PENERJEMAH IKLAN

Karini, Zulia ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK Amiko Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.058 KB)

Abstract

Teks iklan merupakan teks persuasif dan teks persuasif memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca/penonton untuk sejalan dengan ide yang disarankan penulis. Dikarenakan peralihan bahasa sumber ke bahasa sasaran seringkali mengurangi efek yang ditimbulkan oleh teks persuasif asli, penerjemah perlu menambahkan u nsur kreativitasnya, tentu saja dengan mempertahankan pesan utama yang ingin disampaikan penulis. Dalam menerjemahkan iklan diperlukan strategi-strategi khusus. Strategi ini didasarkan pada ragam bahasa iklan yang memiliki gaya bahasa tersendiri. Dalam penerapannya, strategi penerjemahan iklan dapat diaplikasikan dalam beragam teknik penerjemahan sesuai kebutuhan penerjemah. Tujuan akhirnya adalah untuk menghasilkan terjemahan iklan yang dapat dipahami oleh konsumen target dan menyampaikan nilai jual produk yang diinginkan produsen. Kata Kunci: iklan, penerjemahan, produsen, konsumen target

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN MAHASISWA DAN REPUTASI TERHADAP LOYALITAS MAHASISWA DI STMIK AMIKOM PURWOKERTO

Hariawan, Akto ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.108 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa STIMIK Amikom Purwokertodengan judul: “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa Dan Reputasi Terhadap Loyalitas Mahasiswa Di STIMIK Amikom Purwokerto”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan reputasi perguruan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa STIMIK Amikom Purwokerto.Alat analisis yang digunakan Structural Equation Modeling (SEM). Dari hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, semakin tinggi kualitas layanan semakin tinggi kepuasan mahasiswa STMIK AMIKOM Purwokerto.Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, semakin tinggi kualitas layanan semakin tinggi pula loyalitas mahasiswaSTMIK AMIKOM Purwokerto.Reputasi perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, semakin tinggi reputasi perguruan tinggi semakin tinggi kepuasan mahasiswaSTMIK AMIKOM Purwokerto.Reputasi perguruan tinggiberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, semakin tinggi reputasi perguruan tinggi semakin tinggi loyalitas mahasiswa STMIK AMIKOM Purwokerto.Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, semakin tinggi kepuasan mahasiswa semakin tinggi loyalitas mahasiswa STMIK AMIKOM Purwokerto. Berdasarkan kesimpulan di atas, untuk meningkatkan loyalitas mahasiswa maka kualitas layanan harus ditingkatkan dengan cara meningkatkan indikator-indikator : tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Serta perguruan tinggi membangun strategi reputasi perguruan tinggi yang lebih baik

KREATIVITAS DALAM PENERJEMAHAN IKLAN

Pratama, Ikke Dewi ( Institut Agama Islam Negeri Surakarta )

Pro Bisnis Vol 8, No 1: Februari (2015)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.155 KB)

Abstract

Secara teoritis “makna” menjadi aspek pertama dan yang paling utama dalam aktivitas penerjemahan. Namun, seringkali aspek ini menjadi pertimbangan kesekian ketika penerjemah dihadapkan pada genre teks tertentu. Salah satunya adalah ketika penerjemah dihadapkan pada teks iklan. Kreativitas penerjemah yang terkadang “diizinkan” dalam menerjemahkan teks iklan, bisa jadi membuat aspek makna sebagai pertimbangan pertama dalam menerjemahkan menjadi dikesampingkan.  Di sisi lain, aspek persuasif dan aspek komersial sebagai tujuan utama sebuah iklan menjadi pertimbangan krusial yang tidak dapat ditinggalkan. Fenomena lain yang menarik adalah adanya penyesuaian budaya bahasa sumber dan budaya bahasa sasaran yang terkadang berdampak pada penyesuaian unsur tekstual dan juga unsur grafis sehingga membuat produk terjemahan iklan menjadi sangat berbeda dari bahasa sumbernya.  Dari sinilah muncul istilah “adaptasi” dan “lokalisasi” dalam penerjemahan iklan.  Makalah ini memaparkan fenomena kreativitas dalam penerjemahan iklan dengan menyajikan beberapa kajian teoritis tentang ragam bahasa iklan, permasalahan dalam penerjemahan iklan, penelitian-penelitian terkait, dan strategi penerjemahan iklan. Kata kunci : Penerjemahan, Iklan, Kreativitas, Makna, Adaptasi