cover
Filter by Year
Pro Bisnis
Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan manajamen.
Articles by issue : Vol 3, No 2: Agustus (2010)
7
Articles
APLIKASI SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN PADA TOKO CITRA COMPUTER CILACAP

Lestari, Windi Luki ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.088 KB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat semakin mendorong manusi untuk meningkatkan bahkan menciptakan suatu teknologi baru yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu bukti kemajuan teknologi adalah computer. Tidak semua usaha sudah menggunakan system terkomputerisasi, salah satunya adalah citra computer cilacap.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan yaitu Bagaimana membangun suatu sistem informasi pembelian dan penjualan pada toko citra computer cilacap.Metode pengumpulan data yang digunakan untuk membuat aplikasi database ini adalah metode wawancara, observasi dan studi literature. Untuk pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Dalam aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic.NET. Hasil penelitian ini berupa Sistem Informasi Pembelian dan Penjualan pada Toko Citra Computer Cilacap. Aplikasi database ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 2008 dan SQL Server 2005.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN (STUDI KASUS : KITA MARKET TEGAL)

Septiadi, Abednego Dwi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.919 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada KITA Market Tegal. Judul yang diambil dalam laporan ini adaalah “Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus : KITA Market Tegal)”. Metode penelitian pada kasus ini adalah menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) atau sering disebut juga denganSiklus Hidup Pengembangan Sistem. SDLC merupakan metodologi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara, dan menggunakan sistem informasi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sistem informasi penjualan pada KITA Market - Tegal yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja para karyawan dan juga untuk membangun sistem kerja yang hasil kerjanya dapat dipertanggung jawabkan dengan data yang tercatat dengan baik. Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Penjualan yang dibangun dengan Visual Basic .Net 2008, dan basis datanya adalah SQLServer 2005. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Penjualan, yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan, pembelian dan pendistribusian barang yang ada pada KITA Market Tegal.

E-COMMERCE MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA KERAJINAN BESI PASIR WETAN KABUPATEN BANYUMAS

Oprastini, Dwi Ayu ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.738 KB)

Abstract

E-commerce mempunyai kelebihan dalam bisnis yaitu untuk memperpendek jarak tempuh, perluasan pasar, perluasan jaringan mitra bisnis, mengurangi biaya-biaya perusahaan, meningkatkan kinerja perusahaan secara efektif dan efisien dan meningkatkan customer royalty. Dengan melihat kelebihan e-commerce maka dapat memberikan solusi bagi perusahaan khususnya penjualan dengan cara menampilkan produk pada web Pengrajin Besi Desa Pasir Wetan. Software yang digunakan untuk mendukung hal tersebut adalah Dreamweaver, PHP dan MySQL. Sistem intormasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan untuk databasenya menggunakan MySQL. Sedangkan disainnya menggunakan dreamweaver. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka. Pengembangan system menggunakan waterfall.

RANCANG BANGUN APLIKASI DATABASE PENJUALAN OBAT DI APOTEK ISMANGIL BLITAR

Aritningsih, Putri Ayu Dewi ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.655 KB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat saat ini banyak memberikan pengaruh positif bagi masyarakat. Salah satu teknologi yang sudah tidak asing lagi digunakan dalam dunia usaha yaitu penggunaan aplikasi penjualan. Pembuatan aplikasi penjualan bertujuan untuk mempermudah suatu proses input dan pengolahan output data. Oleh karena aplikasi komputer memiliki banyak sekali manfaat, maka optimalisasi yang peneliti lakukan hanya sebatas penggunaan aplikasi komputer untuk bagian penjualan obat di Apotek Ismangil Blitar. Dengan adanya sistem aplikasi penjualan di Apotek Ismangil Blitar dapat memberikan pelayanan kepada konsumen dengan lebih baik lagi. Aplikasi penjualan ini dikembangkan dengan menggunakan software Visual Basic. Net 2008 dan SQL Server 2005.

PENERAPAN MANAJEMEN PEMASARAN PT. RITA RITELINDO PURWOKERTO DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN EKONOMI GLOBAL

Wijayanto, Pikir Wisnu ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK Amiko Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.27 KB)

Abstract

The purposes of this research are to know the implementation of marketingstrategies at Rita Ritelindo Iurwokerto Company and thi anticipation offacing thbeconomic global development. The research method used was the interview andobsemation, The research conducted tn some business unit in order to lrnow the realcondrtion and implementation progress in each unit. Based on the researchs resultand data analysis, it can be concluded that Rita Ritelindo Purwokerto Company hasdone some marketing stategies in facing the development of economic global such asbeing pro active to the customers, analyse the market condition, make the best ofroles and resources function properties, arrange oriented sftategies, in everybusiness units, and do promotion elfectively

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG PADA TOKO SUMBER PANGAN SUMPIUH

Kurniawati, Nur Asih ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.073 KB)

Abstract

Pembelian dan Penjualan merupakan salah satu kegiatan yang sering kita lakukan setiap hari. Kegiatan ini tidak luput terhadap masalah, misalnya kesalahan pencatatan transaksi data yang dapat mengakibatkan kerugian dari pihak penjual dan lambatnya penyajian informasi sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam penyusunan sebuah laporan. Hal ini menjadikan sistem pembelian dan penjualan perlu didukung dengan sistem informasi yang baik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat rancang bangun sistem informasi pembelian dan penjualan barang pada Toko Sumber Pangan Sumpiuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam pengembangan sistem ini penulis menggunakan sistem pengembangan Waterfall, yang terdiri dari beberapa langkah yaitu analisis sistem, perancangan sistem, testing, implementasi dan pemeliharaan sistem. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuat Rancang Bangun Sistem Pembelian dan Penjualan Barang Pada Toko Sumber Pangan Sumpiuh dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic.Net 2008, databasenyamenggunakan SQL Server 2005.

SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO DO’A IBU GROSIR SEMBAKO DI DESA CIGUHA – BOGOR

Ikhsan, Muhammad ( STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 3, No 2: Agustus (2010)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.258 KB)

Abstract

Aktivitas penjualan merupakan pendapatan utama perusahaan karena jika aktivitas penjualan produk maupun jasa tidak dikelola dengan baik maka secara langsung dapat merugikan perusahaan. Hal ini dapat disebabkan karena sasaran penjualan yang diharapkan tidak tercapai dan pendapatan pun akan berkurangPada penelitian ini penulis memilih Toko Doa Ibu Grosir Sembako Di Desa Ciguha-Bogor sebagai objek penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu membangun sistem informasi penjualan pada Toko Doa Ibu Grosir sembako di Desa Ciguha-Bogor.       Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Dalam pengembangan sistem ini penulis menggunakan system waterfall, yang terdiri dari beberapa langkah yaitu penentuan dan analisis spesifikasi, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi dan uji coba unit, integrasi dan uji coba sistem, dan operasi dan pemeliharaan.       Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuat Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Doa Ibu Grosir Sembako di Desa Ciguha-Bogor dengan menggunakan Visual Studio 2008  dan SQL Server 2005. Kata Kunci : Penjualan, SQL Server 2005