cover
Filter by Year
Pro Bisnis
Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan manajamen.
Articles by issue : Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]
2
Articles
‚Äč
Pengaruh Proactive Personality Dan Pemberdayaan Psikologis Terhadap Perilaku Inovatif Melalui Creative Self Efficacy

Helmy, Irfan ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Putra Bangsa ) , Pratama, Marynta Putri

PROBISNIS Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.067 KB)

Abstract

The purpose of this study was to examine the effect of proactive personality and psychological empowerment on innovative behavior with creative self efficacy (CSE) as a mediating variable. This research was carried out in elementary schools with a total of 150 teachers. This study uses a quantitative approach with a path analysis statistical test tool. The results showed that proactive personality, psychological empowerment and CSE influence innovative behavior. In addition CSE has been proven to mediate the relationship between proactive personality and psychological empowerment of innovative behavior.

Analisis Metode Penetapan Harga Produk Pada PT Serafood Indonesia

tripustikasari, eka ( stmik amikom purwokerto )

PROBISNIS Vol 11, No 2: Agustus (2018) [In Progress]
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.148 KB)

Abstract

Dalam menjalankan usaha serta untuk mampu bertahan dalam dunia persaingan bisnis yang ketat saat ini, setiap pemilik usaha harus dapat mengambil keputusan-keputusan yang tepat salah satunya dalam menentukan harga jual. Biaya adalah nilai kas atau setara kas yang dikeluarkan (dibebankan) untuk mendapatkan barang atau jasa, yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi organisasi pada saat ini maupun di masa mendatang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan biaya yang dikeluarkan dalam menghasilkan produk dari usaha yang dijalankan, serta untuk melakukan penerapan terhadap metode cost plus pricing dalam rangka menentukan harga jual. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan terhadap harga jual yang saat ini berlaku dengan harga jual yang dihitung dengan menggunakan metode cost plus pricing. Harga jual yang saat ini diberlakukan tidak dapat menutupi besarnya tingkat laba yang diharapkan. Dengan adanya pembukuan yang memadai pemilik dapat melakukan perhitungan yang akurat terhadap biaya-biaya yang dikeluarkan sehingga dapat menekan jumlah biaya yang ada yang tujuannya untuk memperoleh laba sebagaimana yang diharapkan. Pemilik sebaiknya menggunakan cost plus pricing method dalam menentukan harga jual agar supaya semua klasifikasi biaya dapat teridentifikasi dan dapat dihitungkan sehingga harga jual yang ditetapkan dapat lebih akurat.