cover
Filter by Year
Pro Bisnis
Probisnis adalah jurnal ilmiah terbitan berkala yang memuat artikel bisnis dan manajamen.
Articles by issue : Vol 10, No 1: Februari (2017)
6
Articles
MEASURING STUDENTS’ SATISFACTION TOWARDS STATE POLYTECHNIC OF CILACAP SERVICE QUALITY (SERVQUAL) WITH IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS METHOD

Ikhtiagung, Ganjar Ndaru ( Politeknik Negeri Cilacap )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (745.797 KB)

Abstract

This research is a research to measure the service quality (SERVQUAL) at State Polytechnic of Cilacap towards students’ satisfaction. The result of this research aims to give evaluation about service quality aspect at State Polytechnic of Cilacap (PNC) as stated in the National Regulation No. 25/2009 about Public Service. Method used in this research is by using Importance Performance Analysis. This technique used analysis in Frequency & Descriptive to describe the gap between the importance/expectation/priority and customers’ satisfaction/performance towards PNC’s service satisfaction. The total subjects in this research are 98 Electrical Engineering students, 138 Mechanical Engineering students, and 114 Informatics Engineering students. The effect of this research was shown in Cartesian coordinate system and Customer Satisfaction Index (CSI) analysis. From the result of them, it can be concluded that PNC needed to improve its service quality (ServQual). The attributes that work as the main priority of this case is the attribute in A quadrant, i.e. the cleanliness and tidiness of classrooms and the facilities in the laboratories. The second priority needed to improve is the attribute in C quadrant, i.e. 1) administration policy, 2) cleanliness of the bathroom, 3) administration handling, 4) campus atmosphere, 5) facilities in the classroom, 6) service procedure, 7) lecturers ability to understand students, 8) responsiveness of the employees, 9) internet access, 10) lecturers control on the students’ study, and 11) parking area. The most important and the ideal attribute to develop is the attribute in B quadrant. The excessive attribute is the attribute in D quadrant. CSI calculation is needed to calculate the students’ satisfaction. The result of this calculation showed that 62,61% of the students showed “Somewhat Satisfied” in the students’ satisfaction option.

PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI PEMASARAN DAN PELAYANAN PADA HOTEL(Studi Kasus : Grand Kanaya Baturraden)

Andri Himawan, Pipit ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Astuti, Tri ( STMIK Amikom Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.275 KB)

Abstract

Industri perhotelan merupakan salah satu aspek yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan pariwisata. Perhotelan  menyediakan jasa akomodasi bagi para wisatawan, salah satu hotel yang sedang berkembang di Baturraden adalah hotel Grand Kanaya. Hotel Grand Kanaya memiliki 55 kamar, namun belum maksimal dalam pengelolanya, proses bisnisnya meliputi pendaftaran, pemilihan kamar, sumber daya manusia yang kurang berkompeten, begitupun dalam hal pemasaran yang dinilai harus di tingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan perencanaan strategis sistem informasi yang selaras dengan strategis bisnis hotel dan rencana  pengembangan Hotel Grand Kanaya yang dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam persaingan bisnis. Metode Perencanaan strategis sistem informasi menggunakana metode Ward and Peppard, dengan masukan berupa analisis lingkungan bisnis intrernal, analisis bisnis lingkungan eksternal, analisis lingkungan SI/TI internal, analisis lingkungan SI/TI eksternal.  Analisis yang digunakan yaitu analisis critcal succes factor, SWOT, PEST dan value chain. Hasil akhir dari analisis ini menghasilkan  usulan berupa website profil Grand Kanaya Baturraden, data warehouse, sistem informasi manajemen hotel, sistem informasi kepegawaian,  sistem informasi penerimaan tamu, sistem informasi keuangan hotel sebagai media pemasaran dan pelayanan pada Hotel Grand Kanaya Baturraden.Kata Kunci: Perencanaan Strategis, Hotel, Ward and Peppard

KEPERCAYAAN DAN PENERIMAAN LAYANAN MOBILE MONEY T-CASH DI BANDUNG DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Juhri, Kurniatul ( Universitas Telkom ) , Dewi, Citra Kusuma ( Universitas Telkom )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.504 KB)

Abstract

T-Cash adalah layanan uang elektronik dari operator Telkomsel yang berfungsi sebagai alat pembayaran melalui ponsel (mobile money). Total pengguna T-Cash pada awal tahun 2016 sudah mencapai 6 juta orang, kendati demikian jumlah orang yang aktif menggunakan T-Cash baru mencapai sekira 300 ribu pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepercayaan dan penerimaan layanan mobile money T-Cash di Bandung dengan pendekatan Technology Acceptance Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data deskriptif dan kausal. Responden yang diteliti dalam penelitian ini berjumlah 400 pengguna T-Cash di Bandung yang diperoleh dengan teknik sampling accidental. Data yang terkumpul dari 17 pertanyaan kuisioner kemudian diolah menggunakan SPSS 20 dengan teknik analisis data Path Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Trust dan Perceived Ease Of Use berpengaruh signifikan terhadap Atitude Toward Using T-Cash di Bandung. Variabel Perceived Usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap Atitude Toward Using T-Cash di Bandung. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Trust dan Attitude Toward Using terhadap Behavioural Intention to Use, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Perceived Usefulness dan Perceived Ease Of Use terhadap Behavioural Intention to Use.

MODEL AUTOREGRESSIVE DISTRIBUTED LAG (ADL) UNTUK MENGANALISIS PENGARUH OPEC REFERENCE BASKET (ORB) TERHADAP HARGA SAHAM ARTI

Rakhmawati, Desty ( STMIK AMIKOM PURWOKERTO )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.357 KB)

Abstract

Masyarakat pada saat ini mulai memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kebutuhan hidup dan perlunya jaminan hari tua. Umumnya masyarakat yang berada di kota besar dan dengan bertambahnya kekayaan seseorang tersebut, biasanya akan mulai berani untuk melakukan investasi pada bidang- bidang yang memiliki potensi memberikan imbal hasil yang tinggi meskipun disertai dengan resiko yang sepadan juga. Investasi tersebut dapat berupa investasi jangka panjang, maupun jangka pendek, yang menawarkan kelebihan dan kekuarangan. Salah satu investasi yang dilakukan masyarakat adalah dengan melakukan jual beli saham di pasar modal. Saham adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan yang menjual sahamnya kepada masyarakat di Bursa Efek Indonesia atau yang biasa disebut emiten. Daftar emiten yang tercatat di BEI sampai tanggal 17 June 2016 yang diambil dari website BEI atau website Indonesia Stock Exchange (IDX) adalah sebanyak 524 Perusahaan, yang terdiri dari sektor pertanian, pertambangan, keuangan dan bidang lainnya. Sektor pertambangan adalah salah satu sektor yang penting di Indonesia. Salah satu saham dalam sektor pertambangan adalah Saham ARTI yang mempunyai nama emiten nya adalah Ratu Prabu Energi Tbk. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harga saham ARTI adalah harga minyak dunia. Harga minyak dunia yang dipakai adalah OPEC Reference Basket (ORB). Penelitian ini dilakukan menggunakan data runtun waktu dalam periode harian selama satu tahun, dimulai tanggal 01 juni 2015 sampai tanggal 31 mei 2016, dengan total data sebanyak 250, yang digunakan untuk mengetahui pengaruh ORB terhadap harga saham ARTI dengan menggunakan metode pembentukan model Autoregressive Distributed Lag (ADL), dan pengolahan datanya dilakukan menggunakan software R 2.11.1 dan EViews 6. Hasil dari penelitian ini diperoleh Model ADL(p,q), yang terbentuk adalah model ADL(1,1) dengan persamaan  , dengan Yt menyatakan harga saham ARTI dan Xt menyatakan harga minyak ORB.  Jika terjadi perubahan permanen berupa kenaikan nilai ORB sebesar 1%, maka nilai harga saham ARTI akan naik sebesar 1.025%. Kata Kunci: ADL, Data Runtun Waktu, Stasioneritas, Software R 2.11.1 , Software Eviews 6  

Analisis Minat Menabung Masyarakat Terhadap Tabungan Pada Pt. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bukittinggi

Wahyudi, Rizki ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Carmelina, Rina ( STIE Haji Agus Salim ) , Indartono, Kuat ( STMIK Amikom Purwokerto ) , Handani, Sitaresmi Wahyu ( STMIK Amikom Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.386 KB)

Abstract

PT. BNI Cabang Bukittinggi merupakan salah satu Bank penghimpun dana masyarakat, Salah satu diantaranya adalah Taplus. Sebagai Bank Umum milik Pemerintah, BNI Cabang Bukittinggi mempunyai peran yang sangat besar dalam meningkatkan pembangunan dan perekonomian masyarakat, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendapatan, pendidikan, usia, pekerjaan, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga terhadap minat menabung masyarakat terhadap tabungan Taplus sekaligus besarnya minat tersebut. Berdasarkan hipotesis, minat menabung masyarakat Bukittinggi pada Bank BNI Cabang Bukittinggi disamping pendapatan juga dipengaruhi oleh pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan jumlah anggota keluarga secara signifikan. Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruhnya terhadap minat menabung masyarakat terhadap Taplus digunakan metode penelitian menggunakan data primer yaitu data yang langsung diambil dari nasabah penabung dengan metode pengambilan dengan metode sampling random dengan mengajukan pertanyaan dan pengisian questioner yang diberikan kepada sampel yang terpilih yang jumlahnya 35 orang yaitu 5% dari jumlah nasabah tabungan (Taplus) yang memiliki saldo di atas Rp 500.000.000,- .Data yang didapat diolah dengan menggunakan program statistik yaitu perangkat lunak (software) SPSS (Statistica Product and Service Solutions) Versi 11,0 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana yang signifikan terhadap jumlah tabungan, Berdasarkan nilai koefisien regresi dapat disimpulkan bahwa dari keenam variabel yang ada ternyata hanya pendapatan yang sangat signifikan dan berpengaruh terhadap jumlah tabungan. Pendapatan adalah merupakan variabel yang dominan dan mempengaruhi minat menabung masyarakat pada BNI Cabang Bukittinggi. Besarnya minat menabung masyarakat (MPS) pada BNI Cabang Bukittinggi adalah sebesar 0,406 atau 40,6%.dengan Koeffisien Korelasi (r) sebesar 0,641 dan uji t sebesar 4,746 yang mempunyai pengaruh sangat signifikan.terhadap jumlah tabungan.

ANALISIS DAN REKOMENDASI STRATEGI E-COMMERCE PADA USAHA KECIL MENENGAH BATIK SOKARAJA

Saputra, Dhanar Intan Surya ( Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Purwokerto ) , Adnan, Agatha Frintyas ( Sistem Informasi, STMIK AMIKOM Purwokerto )

Pro Bisnis Vol 10, No 1: Februari (2017)
Publisher : STMIK AMIKOM Purwokerto

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1195.121 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Batik Anto Djamil Sokaraja guna mengetahui bagaimana proses bisnis yang terjadi, serta perencanaan strategi e-commerce dengan penggolongan model bisnis e-commerce berdasarkan sifat transaksinya pada B2C (Business to Customer). Peneliti menganalisis faktor ekternal dan internal menggunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), sedangkan Balanced Scorecard (BSC) digunakan untuk membantu perusahaan dalam merumuskan dan merencanakaan strategi usaha yang tepat. Hasil analisa matriks SWOT dalam strategi bisnis maupun strategi SI/TI dijalankan untuk mendukung proses bisnis dan melacarkan implementasi E-Commerce. Hasil analisa BSC digunakan untuk menilai kekuatan internal dari semua prespektif yang ada di BSC. Hasil analisa menghasilkan 3 (tiga) aplikasi yang termasuk dalam kategori strategi dan rekomendasi yaitu E-Commerce, High Potensial CRM dan key operational adalah kasir online dan offline.  Kata Kunci: E-Commerce, Business to Customer, SWOT, Balanced Scorecard