cover
Filter by Year
AL-FIKRA
Al-Fikra (p-ISSN: 1693-508X; e-ISSN: -; http://alfikra.pasca-uinsuska.info/index.php/alfikra/index) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah keislaman. Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal Al-Fikra meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada di jurnal Al-Fikra. Jurnal Al-Fikra diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Al-Fikra menerima manuskrip atau artikel dalam bidang ilmiah keislaman dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional.
Articles by issue : Vol 9, No 2 (2010): AL-FIKRA
2
Articles
AL-QUR’AN DAN MODERNITAS (Pergeseran Paradigma Pemahaman Al-Qur’an)

Anwar, Abu

AL-FIKRA Vol 9, No 2 (2010): AL-FIKRA
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.335 KB)

Abstract

Pada era globalisai dan informasi ini, masihkah Al-Qur’an mempunyai peran dan fungsi yang konstruktif? Peran konstruktif tersebut tidak hanya terbatas pada terapi Al-Qur’an terhadap patologi sosial yang mengitarinya (eksternal), tetapi juga Peran konstruktif Al-Qur’an di dalam berdialog dengan corak dan warna pemahan muslim terhadap Al-Qur’an itu sendiri (internal). Dengan begitu, maka tantangan atau apalah namanya mempunyai dua dimensi: pertama, eksternal dalam usahanya mengahadapi patologi individual dan sosial, dan yang kedua adalah internal, dalam arti, bagaimana Al-Qur’an menuntun dan mengkoreksi pemahamaman orang Muslim terhadap kitabnya sendiri

Reorientasi Nilai-Nilai Sekolah dalam Lintas Sejarah Manusia

Hanafi, Imam

AL-FIKRA Vol 9, No 2 (2010): AL-FIKRA
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.372 KB)

Abstract

Sekolah seringkali menjadi "hantu" bagi sebagian peserta didik. Karena perlakuannya yang terkadang melupakan aspek-aspek nilai dan spritualitas peserta didik itu sendri. Tulisan ini, merupakan hasil telaahan terhadap nestapa itu dan sekaligus melihat alternative lain dengan mengajukan spritualitas dan batiniah peserta didik sebagai basis pengembangan pendidikan.