cover
Filter by Year
AL-FIKRA
Al-Fikra (p-ISSN: 1693-508X; e-ISSN: -; http://alfikra.pasca-uinsuska.info/index.php/alfikra/index) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah keislaman. Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal Al-Fikra meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada di jurnal Al-Fikra. Jurnal Al-Fikra diterbitkan oleh Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal Al-Fikra menerima manuskrip atau artikel dalam bidang ilmiah keislaman dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional.
Articles by issue : Vol 1, No 1 (2001): Al-Fikra
3
Articles
PENDIDIKAN TINGGI ISLAM DALAM PERSPEKTIF DUNIA KONTEMPORER: Sebuah Reformulasi Aksi Akademis IAIN Menuju UIN

M, Amril

AL-FIKRA Vol 1, No 1 (2001): Al-Fikra
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (172.145 KB)

Abstract

Dunia yang kita tempati ini tidak mengenal kata henti, ia terus berubah  bergerak  dalam proses   be coming. Alfred North  Whitehead  (w. 1947 M) seorang matematikawan dan filsuf filsafat proses, menuturkan bahwa alam dengan segala isinya  senantiasa berubah  dengan rangkaian peristiwa-peristiwa  secara terus menerus dalam bentuk perubahan yang terarah dan terpadu. Maksud yang hampir  sama juga diungkap oleh  Henri Bergenson  (w. 1941 M) seorang filsuf  Perancis, menyebutkan bahwa realitas tiada lain merupakan kesinambungan  menjadi  dan masa kini  dalam kisinambungan tersebut sebagai bagian yang dipengaruhi oleh  persepsi kita  dalam masa yang mengalir. Sesungguhnya jauh sebelum para filsuf Barat moderen yang melontarkan idenya tentang proses dan berubahnya dunia ini seperti  disebutkan di atas, Mulla Sandra ( w. 1640 M)  seorang filsuf besar Islam yang nyaris dilupakan, khsusnya di Indonesia, dengan teori dasarnya al- harakat al- Jauhariyyah,  juga telah mengumandangkan bahwa  seluruh dunia fisik bahkan psikhis dan dunia imajinasi akan selalu bergerak secara horizontal hingga arketip-arkertip yang tidak bergerak  dan bercahaya, selalu dalam  gerak dan menjadi. 

DIFUSI INOVASI PENDIDIKAN MELALUI PENATAAN INGKUNGAN BELAJAR YANG MEMPENGARUHI KEIMANAN DAN KETAGWAAN

Yusrianto, Edi

AL-FIKRA Vol 1, No 1 (2001): Al-Fikra
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.424 KB)

Abstract

Secara empirik dalam tiga tahun terakhir ini, terutama dalam kaitannya dengan munculnya berbagai fenomena merosotnya komitmen masyarakat dalam berbagai lapisan terhadap etika berkehidupan masyarakat dan berbangsa serta bernegara Indonesia, pendidikan nilai dalam arti pendidikan nilai yamg bermuatan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan (imtaq) ditenggarai sebagai salah satu dimensi substansi pendidikan nasional penting  yang belum sepenuhnya memberi dampak intruksional dan pengiring yang menggembirakan. Uraian deskriptif di atas menempatkan bangsa Indonesian pada situasi seperti sekarang. Krisis multidimensional hamper bersamaan berlangsung pada setiap tingkatan kehidupan masyarakat. Hal itu antara lain tercermin dalam fenomena perilaku yang tidak santun, pelecehan hak azazi manusia, perilaku kekerasan, peyalahgunaan kekuasaan, dan menurunnya penghormatan terhadap pemerintah. Oleh karena itu sebagai sarana utama dalam pembangunan bangsa dan watak (nation and character building), dalam perencanaan dan perwujudan praksis pendidikan nasional dituntut untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh dan membangun kembali komitmennya terhadap kedudukan dan peran pendidikan nilai keagamaan dalam keseluruhan dimensi pendidikan.

PENDEKATAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN: Suatu Telaah Metodis Teknis Peningkatan Kualitas Program Kependidikan Islam

Muhmidayeli, Muhmidayeli

AL-FIKRA Vol 1, No 1 (2001): Al-Fikra
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.805 KB)

Abstract

Isu sentral dalam pengembangan sumber daya manusia terletak pada persoalan pendidikan, sehingga wajar jika problem kependidikan merupakan persoalan yang tidak pernah usang untuk dibicarakan. Manusia sebagai agen perubahan selalu bersandar pada pola dan system kependidikan yang ada. Berbagai krisis kemanusiaan pun senantiasa dikembalikan kepada corak kependidikan yang tengah berlangsung. Hal ini mengingat pendidikan adalah institusi pembentukan humanitas manusia yang di dalamnya terjadi proses pentransformasian berbagai nilai sebagai pemenuhan kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan manusia itu sendiri.