cover
Filter by Year
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika
Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika (JIKA) diterbitkan setiap bulan Mei dan November, memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang Ilmu Komputer serta aplikasi informatika untuk pengembangan pertanian. Berkala ilmiah ini menerima tulisan hasil penelitian dari luar IPB.
Articles by issue : Vol 3, No 2 (2014)
7
Articles
Spatio-Temporal Clustering Hotspot di Sumatera Selatan Tahun 2002-2003 Menggunakan Algoritme ST-DBSCAN dan Bahasa Pemrograman R

Indrawan, Nadina Adelia ( Institut Pertanian Bogor ) , Adrianto, Hari Agung ( Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.1 KB)

Abstract

Kebakaran hutan merupakan permasalahan yang cukup serius di Indonesia. Salah satu indikator kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dapat diketahui dengan kemunculan hotspot. Dataset hotspot merupakan data spasial yang berukuran besar karena dicatat setiap waktu. Spatial temporal-density based clustering algorithm (ST-DBSCAN) merupakan salah satu algoritme yang mampu mengolah data spasial dan temporal. Penelitian ini mengimplementasikan algoritme ST-DBSCAN menggunakan bahasa pemrograman R. R adalah perangkat lunak komputasi statistik dan grafis. Bahasa R digunakan di kalangan ahli statistik dan data mining untuk mengembangkan perangkat lunak statistik dan analisis data. Clustering dilakukan terhadap dataset hotspot di Sumatera Selatan pada periode tahun 2002-2003. Dengan menggunakan parameter jarak spasial (Eps1 = 0.2), parameter jarak temporal (Eps2 = 7) dan minimum anggota cluster (MinPts = 7) didapatkan hasil 41 cluster dengan 712 noise.Kata kunci: kebakaran hutan, R, spatio-temporal, ST-DBSCAN, titik panas.

Sistem Rekomendasi Menu Harian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) Berdasarkan Kebutuhan Kalori Bayi dengan Metode TOPSIS

Sihwi, Sari Widya ( Universitas Sebelas Maret ) , Mulyasari, Hestin ( Universitas Sebelas Maret ) , Saptono, Ristu ( Universitas Sebelas Maret ) , Wiboworini, Budianti ( Universitas Sebelas Maret )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.302 KB)

Abstract

Pada bayi usia enam sampai dengan dua puluh empat bulan, makanan pendamping ASI (MPASI) harus mulai diberikan. MPASI harus bersifat mencukupi untuk bayi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi pertumbuhan bayi dengan masih memperhatikan keberlangsungan pemberian ASI. Dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi, jumlah kalori merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Jika setiap kali ibu akan mempersiapkan makanan untuk bayinya harus mempertimbangkan pemenuhan kalori tersebut maka akan sangat tidak efisien waktu dan tenaga. Untuk itu, penelitian ini mengusulkan dibangunnya sebuah sistem rekomendasi menu harian bayi dengan mempertimbangkan kebutuhan kalori harian bayi dengan menggunakan metode technique for order preference by similarity to ideal solution (TOPSIS). Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisa penerapan metode, implementasi, dan pengujian. Dalam penelitian ini, berhasil dibangun sistem rekomendasi yang diinginkan, yaitu menghasilkan menu harian dengan jumlah waktu makan sesuai usia bayi dengan memperhatikan nutrisi dan preferensi user terhadap bahan makanan yang digunakan. Hasil pengujian menunjukkan fungsi-fungsi yang ada dalam sistem rekomendasi ini telah sesuai dengan yang diharapkan.Kata Kunci: bayi, kalori, kebutuhan nutrisi harian, MPASI, sistem rekomendasi, TOPSIS.

Pengembangan Model Jaringan Syaraf Tiruan untuk Menduga Emisi Gas Metana dari Padi Sawah

Arif, Chusnul ( Institut Pertanian Bogor ) , Setiawan, Budi Indra ( Institut Pertanian Bogor ) , Widodo, Slamet ( Institut Pertanian Bogor ) , Rudiyanto, Rudiyanto ( Institut Pertanian Bogor ) , Hasanah, Nur Aini Iswati ( Institut Pertanian Bogor ) , Nurfaijah, Nurfaijah ( Institut Pertanian Bogor ) , Ega, Oktari ( Institut Pertanian Bogor ) , Mizoguchi, Masaru ( University of Tokyo )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (880.095 KB)

Abstract

Budidaya padi sawah dengan sistem irigasi tergenang merupakan sumber emisi gas metana (CH4) yang menyebabkan peningkatan pemanasan global. Pada umumnya, pengukuran gas metana dilakukan secara tidak kontinu dengan melakukan sampling dan analisis di lab menggunakan gas chromatography yang cukup mahal. Makalah ini menyajikan model jaringan syaraf tiruan (JST) untuk memprediksi gas metana yang diemisikan dari padi sawah berdasarkan data parameter lingkungan biofisik yang mudah diukur seperti kelembaban tanah, suhu tanah, dan daya hantar listrik (DHL) tanah. Untuk melakukan validasi model, percobaan dilakukan di dua tempat berbeda yaitu di Kanagawa dan Bogor. Perlakuan difokuskan pada pemberian air yang berbeda dengan menggunakan prinsip budidaya system of rice intensification (SRI). Model JST yang dikembangkan menggunakan algoritma back propagation dengan layer masukan terdiri atas 3 node: kelembaban tanah, suhu tanah, dan DHL tanah, sedangkan gas metana dijadikan sebagai keluaran. Dari hasil pembelajaran model JST didapatkan korelasi antara gas metana hasil pengukuran dan model cukup tinggi dengan nilai R2 sebesar 0.93.Kata kunci: emisi gas rumah kaca, gas metana, jaringan syaraf tiruan, lingkungan biofisik, padi sawah.

Optimasi Metaheuristik Koloni Semut untuk Solusi Masalah Jalur Terpendek pada Jaringan Jalan Riil

Tenda, Edwin ( Institut Pertanian Bogor ) , Sitanggang, Imas Sukaesih ( Institut Pertanian Bogor ) , Barus, Baba ( Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.187 KB)

Abstract

Salah satu permasalahan utama analisis jaringan pada sistem informasi geografis (SIG) adalah menentukan jalur terpendek antara dua lokasi dalam suatu jaringan. Meski terdapat beberapa metode untuk menyelesaikan permasalahan ini tetapi pencarian metode alternatif masih penting dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode optimasi metaheuristik koloni semut yang terinspirasi dari prilaku alamiah semut, untuk mencari jalur terpendek antara dua titik, pada data jaringan jalan riil (JJR). Pengujian terhadap metode ant colony optimization (ACO) dilakukan dalam dua tahap. Pertama, pengujian menggunakan data buatan untuk mendapatkan gambaran pengaturan terbaik dari parameter-parameter metode koloni semut. Kedua, pengujian menggunakan data JJR untuk melihat kinerja metode optimasi koloni semut terhadap data JJR. Hasil pengujian optimasi koloni semut pada data JJR kemudian dibandingkan dengan hasil pengujian algoritme jalur terpendek Dijkstra pada JJR dalam hal panjang jalur optimal dan waktu eksekusi. Hasil pengujian menunjukan bahwa secara secara umum metode Dijkstra menghasilkan solusi yang lebih baik dari metode ACO namun pada pengaturan parameter tertentu ACO lebih cepat dari Dijkstra.Kata Kunci: algoritme Dijkstra, analisis jaringan, jaringan jalan riil, optimasi koloni semut, permasalahan jalur terpendek.

Pengembangan Sistem Ontologi untuk Morfologi Tumbuhan Obat

Zahro, Hani Zulfia ( Institut Pertanian Bogor ) , Herdiyeni, Yeni ( Institut Pertanian Bogor ) , Hermadi, Irman ( Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.156 KB)

Abstract

Penelitian ini mengusulkan tentang desain baru dari ontologi untuk tanaman obat Indonesia berdasarkan konsep morfologi. Morfologi adalah studi yang mempelajari tentang karakteristik tumbuhan. Dalam penelitian ini menggunakan morfologi sebagai konsep pengetahuan. Ontologi merupakan model pengetahuan yang mendefinisikan hubungan dan klasifikasi dari beberapa konsep dalam domain tertentu. Resource description framework (RDF) dan web ontology language (OWL) digunakan dalam merepresentasikan ontologi. SPARQL protocol and RDF query language (SPARQL) digunakan untuk query data. Protégé 4.3 digunakan untuk memodelkan ontologi tanaman obat. Hasil dari pemodelan ontologi tumbuhan obat dapat diterapkan ke sistem semantik web tanaman obat Indonesia.Kata kunci: morfologi, ontologi, tumbuhan obat

Mobile Munsell Soil Color Chart Berbasis Android Menggunakan Histogram Ruang Citra HVC dengan Klasifikasi KNN

Priandana, Karlisa ( Institut Pertanian Bogor ) , S, Ahmad Zulfikar ( Institut Pertanian Bogor ) , Sukarman, Sukarman ( Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.211 KB)

Abstract

Penentuan warna tanah tidak mudah karena banyaknya jenis tanah dan tingginya tingkat kemiripan warna tanah. Untuk mengatasi kesulitan ini, para praktisi menggunakan suatu buku pedoman warna tanah yaitu Munsell soil color chart (MSCC). Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi mobile untuk mengidentifikasi warna tanah dalam menentukan warna mayor tanah sesuai buku MSCC. Aplikasi dibangun menggunakan pemodelan warna HVC dengan komponen warna hue, value, dan chroma. Penelitian ini menekankan klasifikasi untuk warna hue saja. Meskipun demikian, diteliti juga komponen warna value dan chroma. Citra yang digunakan sebagai data latih adalah 259 citra dari buku MSCC yang masing-masing berukuran 1600 piksel. Data warna hue dari setiap piksel ini dianalisis dalam bentuk histogram dan diklasifikasikan dengan KNN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi tertinggi dalam klasifikasi nilai hue adalah 45% pada nilai k = 5. Akurasi mungkin dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan data soil color yang sudah tersedia secara online.Kata kunci: Android, HVC, KNN, Munsell soil color chart.

Model Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Cerdas Manajemen Rantai Pasok Hijau Obat Herbal

Yuswanto, Muji ( Institut Pertanian Bogor ) , Marimin, Marimin ( Institut Pertanian Bogor ) , Haryanto, Toto ( Institut Pertanian Bogor )

Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Departemen Ilmu Komputer IPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.296 KB)

Abstract

Penggunaan tanaman tradisional sebagai obat-obatan tidak kalah dibanding bahan obat kimiawi karena penggunaan bahan alami justru tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan. Masih terbatasnya penelitian terkait rantai pasokan obat herbal melatarbelakangi penelitian ini sebagai salah satu alternatif solusi dari permasalahan yang terjadi pada proses rantai pasokan obat herbal. Dalam penelitian ini diusulkan sebuah model Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Cerdas berbasis website dengan menggunakan metode Green Supply Chain Operation Reference, Fuzzy Analytic Network Process dan Algoritme Genetika dengan objek penelitian pada industri obat herbal. Sistem yang diusulkan merupakan sebuah sistem penunjang keputusan yang ditingkatkan kinerjanya dengan menambahkan elemen kecerdasan buatan ke dalamnya yang terdiri atas empat bagian utama, yaitu: sistem manajemen dialog, sistem manajemen basis data, sistem manajemen basis model, dan elemen kecerdasan buatan. Pada simulasi sistem diperoleh hasil untuk karbon footprint sebanyak 602 kg sementara total environment footprint sebesar 4.181 kg, recycle waste material menjadi pilihan pertama pakar pada alternatif pengembangan rantai pasok hijau sementara jarak terpendek untuk jalur distribusi sejauh 1014 km. Berdasarkan pengujian load test, aplikasi berjalan baik dengan waktu rata-rata selama 9.28 detik. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi online yang dapat diakses pada situs www.herbal.biz.id dengan melakukan registrasi user terlebih dahulu.Kata Kunci: Algoritme Genetika, Fuzzy Analytic Network Process, obat herbal, rantai pasok.