cover
Filter by Year
Paedagogia
Articles by issue : Vol 16, No 1 (2012): Pembelajaran Terpadu
1
Articles
PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN BUDI PEKERTI BERBASIS CERITA ANAK SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR APRESIASI SASTRA UNTUK PENANAMAN NILAI ETIS-SPIRITUAL

suryanto, edy suryanto ( Universitas Sebelas Maret Surakarta )

Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 16, No 1 (2012): Pembelajaran Terpadu
Publisher : Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kebutuhan pembelajaran budi pekerti siswa SD; (2) menganalisis cerita anak bernilai etis-spiritual sebagai materi ajar apresiasi sastra; dan (3) merumuskan desain model materi ajar budi pe-kerti berbasis cerita anak untuk siswa SD. Penelitian deskriptif kualitatif ini meng-gunakan pendekatan R & D. Subjek penelitian siswa kelas V SD se-Surakarta dan sampel di tiap kecamatan diambil 2 SD secara acak. Sumber data meliputi tempat dan peristiwa, informan, cerita anak dari media cetak, dokumen guru, dan doku-men administrasi sekolah. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan teknik triangulasi metode, tri-angulasi sumber, pengecekan anggota, dan ketekunan pengamatan. Teknik anali-sis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian dapat dikemukakan: (1) Analisis kebutuhan teridentifikasi, antara lain: (a) Pada tataran filosofis, SD sam-pel maupun SD nonsampel belum menjabarkan visi dan misi ke dalam program kerja, (b) Permasalahan pembelajaran di kelas didasari guru kurang mengeksplo-rasi pengetahuan siswa karena terpancang buku paket/LKS dan siswa kurang diberi kesempatan berekspresi melatih keberanian dan rasa percaya diri, dan (c) Karakter siswa di sekolah  dipengaruhi oleh faktor keteladan, model, pembiasaan ucapan, sikap dan perilaku orang tua, teman, kepala sekolah, guru dan karyawan, media informasi, kondisi lingkungan, dan peraturan/tata tertib; (2) Materi ajar ce-rita anak disusun menggunakan sistematika: (a) Petunjuk pembelajaran bagi sis-wa/guru, (b) Kompetensi yang dicapai, (c) Isi materi pembelajaran (cerita/teks drama), (d) Informasi tentang identifikasi nilai-nilai etis-spiritual (cerita/teks drama) berwawasan pendidikan karakter, (e) Pertanyaan-pertanyaan terkait materi untuk mengembangkan aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa; dan (3) Desain model dirumuskan sebagai berikut: (a) Pengorganisasian nilai-nilai etika-spiritual cerita anak ke dalam RPP sebagai fondasi pembentukan karakter siswa, (b) Pengondisian pembelajaran cerita anak bernilai etis-spiritual. Hal ini dimak-sudkan agar siswa memiliki kesadaran rasionalitas dan tumbuhnya perasaan men-cintai serta sikap empati terhadap orang lain/sesama, alam dan lingkungan serta makhluk Tuhan yang lain, (c) Internalisasi  nilai  etis-spiritual cerita anak dalam bentuk pemeranan/bermain peran. Kegiatan ini bertujuan agar  siswa mampu me-nerapkan nilai-nilai etis-spiritual ke dalam perilaku nyata, dan (d) Pengembangan nilai etis-spiritual yang telah ditanamkan melalui apresiasi sastra cerita anak de-ngan cara pembiasaan pada pelajaran lain yang relevan. Dalam penerapannya, gu-ru mempertimbangkan dan menyesuaikan perkembangan jiwa siswa, karakteristik materi pelajaran, dan lingkungan. Pembiasaan yang baik harus disertai pula model dan keteladan yang baik pula di sekolah, rumah, dan masyarakat.   Kata kunci: model, budi pekerti, cerita anak, materi ajar, nilai etis-spiritual