cover
Filter by Year
Paedagogia
Articles by issue : Vol 11, No 7 (2012): Volume Pelatihan
2
Articles
‚Äč
Pendidikan Inklusi Berkarakter Cerdas dan Kuat

hartanto, dwi ( FKIP Universitas Sebelas Maret )

Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11, No 7 (2012): Volume Pelatihan
Publisher : Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.905 KB)

Abstract

ksajdjsadjsadasdjsaldjsajddalkasdjasjdkajsdjasasjdlkkasjdjsajdasdasjdlkasjldjasdasldjasljdlsadasdsdsa

ANEKA IMPLIKATUR YANG TERKANDUNG DALAM TINDAK TUTUR PADA NOVEL GARUDA DI DADAKU KARYA SALMAN ARISTO

subandriyo, djoko

Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11, No 7 (2012): Volume Pelatihan
Publisher : Paedagogia, Jurnal Penelitian Pendidikan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1731.615 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan: (1) wujud tindak tutur yang mengandung implikatur dalam novel Garuda di Dadaku karya Salman Aristo; (2) aneka implikatur yang terkandung dalam tindak tutur pada novel Garuda di Dadaku karya Salman Aristo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data adalah data objektif berupa dokumen, yakni tuturan tokoh-tokoh dalam novel Garuda di Dadaku Karya Salman Aristo. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis/mengkaji/mencatat dokumen (content analysis). Uji validitas data menggunakan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan model analisis jalinan atau mengalir (flow model of analysis). Hasil penelitian: (1) wujud tindak tutur yang mengandung implikatur dalam novel Garuda di Dadaku karya Salman Aristo, antara lain tindak tutur Representatif, Direktif, Ekspresif, Komisif, Deklarasi, dan tindak tutur perlokusi; (2) aneka implikatur yang terdapat dalam novel Garuda di Dadaku karya Salman Aristo berupa nilai moral/pembentukan karakter, sosial, religius, motivatif, politis, psikologis, serta hal-hal positif lain yang dapat dijadikan sebagai teladan hidup, baik dalam berperilaku atau bertutur kata, seperti tuturan yang mengandung tindakan mengeluh, menyuruh, mengajak, meminta maaf, menyenangkan orang lain, mengklaim, meminta izin, memberikan kepastian/alasan, pemberian apresiasi, ketidaksukaan terhadap sesuatu, mengkritik, menyindir, perasaan senang, humor, dan memberi nasihat.