cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
6
Articles
EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI KULIAH MENULIS PANTUN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Febriyana, Mutia, Winarti, Winarti

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Apakah strategi pembelajaran the power of two dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (2) Apakah strategi pembelajaran konvensional dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik pada materi kuliah menulis pantun, (3) Manakah diantara strategi pembelajaran the power of two dan konvensional yang lebih baik ditinjau dari hasil belajar mahasiswa pada materi menulis pantun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. Sampeldalampenelitianiniadalah mahasiswa semester VI kelas BpagisebagaikelaseksperimendankelasB soresebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes esai. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dalam menulis pantun lebih rendah dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the power of two dalam menulis pantun yakni 91,15. Simpulan penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa menggunakan strategi the power of two lebih baik dibandingkan dengan menggnakan strategi pembelajaran konvensional.

HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Hutabalian, Friska Agustya, Wasilah, Atika

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan 2017/2018.Penelitian ini termasuk penelitian korelasional.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan sampel berjumlah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling(acak kelas). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional.Dalam penelitian ini data berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes berpikir kreatif yang menggunakan tes kreativitas verbal yang mengukur kelancaran, kelenturan, keaslian, Elabori dengan enam subtes. Masing-masing tes diberi skor 4 untuk menguraikan 4 jawaban dengan benar, skor 3 untuk menguraikan 3 jawaban dengan benar, skor 2 untuk menguraikan 2 jawaban dengan benar, skor 1 untuk menguraikan jawaban dengan benar, skor 0 untuk jawaban salah dengan rentang nilai 0-100. Sedangkan data kemampuan menulis teks cerpen dikumpulkan dengan tes penugasan.Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal.Pertama, kemampuan berpikir kreatiftergolong ke dalam kategori baik (  Kedua, kemampuan menulis teks cerpen tergolong ke dalam kategori baik ( . Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen siswa.Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis teks cerpen 

ANALISIS KONTRASTIF MORFOLOGI BAHASA MANDAILING TERHADAP BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI DESA TANJUNG MOMPANG) KEC.PANYABUNGAN UTARA KAB.MANDAILING NATAL

Afifah, Nur, Hasibuan, Nikmah Sari

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kontrastif morfologi bahasa Mandailing terhadap bahasa Indonesia (studi kasus di desa Tanjung Mompang) Kec. Panyabungan Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode yang berusaha menggambarkan  suatu  fenomena atau gejala yang terjadi di dalam keadaan nyata. Data Penelitian ini adalah kata-kata dalam kalimat yang mengandung  kontrastif morfologi bahasa Mandailing bersumber dari masyarakat yang berjumlah 20 (dua puluh orang). Teknik pengumpulan data dengan mengutamakan observasi partisipasi yaitu reduction data, data display, dan conclusion drawing/verification. Analisis kontrastif pada morfologi kata dasar, afiksasi dan reduplikasi lebih dominan menggunakan vokal “o” di Desa Tanjung Mompang. Masyarakat di desa Tanjung Mompang tetap menguasai bahasa Mandailing dan bahasa Indonesia.

ANALISIS KESESUAIAN SOAL DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASAINDONESIAKELAS X DENGAN KOMPETENSI DASAR PADA KURIKULUM 2013 TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sahara, Fitri, Lubis, Malan

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

(RPP) Guru Bahasa Indonesia  Kelas X Dengan Kompetensi Dasar PadaKurikulum2013Tahun Pembelajaran2017/2018.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian soal dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia dengan kompetensi dasar pada kuriulum 2013 bersadarakan aspek kognitif, dan psikomotorik. Objek yang diteliti adalah 45 butir soal essay buatan guru bahasa Indonesia kelas X.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan mengenai kesesuaian soal dalam RPP guru bahasa Indonsia dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013 berdasarkan aspek-aspek kompetensi dasar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian soal essay dengan indikator dan kompetensi dasar ditemukan sebanyak 35 (77,7%) soal merupakan soal yang sesuai dengan aspek-aspek kognitif menurut taksonomi Bloom. Sedangkan untuk soal yang tidak sesuai sebanyak 10 soal (22,2%). Dengan demikian kesesuaian soal bentuk essay dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru bahasa Indonesia kelas X dengan kompetensi dasar pada kurikulum 2013  menunjukkan bahwa soal tersebut baik.

PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI BAHAN AJAR WRITTEN LANGUAGE SKILLS BERBASIS CURAH PENDAPAT

Suswati, Rita, Anggia Putri, Citra, Aini Nuran, Ade

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk menemukan materi pembelajaran yang tepat dalam pengajaran Written Language Skills (Reading &Writing), dengan menggunakan teks dari media social dan metode curah pendapat. Curah pendapat merupakan tehnik penyelesaian yang bisa digunakan baik secara individual maupun kelompok, mencakup pencatatan gagasan-gagasan yang terjadi spontan dengan cara tidak menghakimi. Berdasarkan proses pembelajaran dikelas, ditemukan beberapa permasalahan yang dilakukan mahasiswa ketika menulis dan membaca: (1) mahasiswa tidak bisa mengembangkan ide ketika menulis, (2) mahasiswa bosan dengan materi yang konvensional. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini; (1) bahan ajar yang tidak kekinian (2) bahan ajar yang monoton, penuh dengan nasari dan kurangnya visual gambar. Bahan ajar dikembangkan  melalui review dan validasi pakar dan mahasiswa. Penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan berhasil meningkatkan minat belajar dan interaksi mahasiswa sebesar 87%. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk mengivestigasi pembelajaran written language skills dengan metode curah pendapat dengan R&D dan menginovasi bahan ajar written language skills.

ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM2013 REVISI 2017 DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK FOG INDEKSSISWA KELAS VIIISMP NEGERI 18 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Silalahi, Irwandi, Lubis, Fitriani

Basastra Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menentukan tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 dengan menggunakan teknik Fog Indeks siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Penelitian ini difokuskan pada tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan teknik tes.Tes yang digunakan adalah tes FogIndeks. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 dengan menggunakan teknik Fog Indeks siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keterbacaan wacana buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan tahun pembelajaran 2017/2018 memiliki nilai rata-rata Fog Indeks 3.53 termasuk dalam tingkat keterbacaan tinggi, yakni mudah dipahami oleh siswa.

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra