cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
6
Articles
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK KARYA EKA GUSTIWANA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA FREE METHODODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Simangunsong, Glory Caterine, Umar, Azhar

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media film pendek karya Eka Gustiwanadapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 120 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA yang terdiri dari 30siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan one-group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan yaitu siswa ditugaskan menulis puisi. Tes ini akan diberlakukan untuk Pre test dan post test. Pre test digunakan untuk menjaring data dalam kemampuan menulis puisi sebelum diadakan perlakuan, sedangkan post test digunakan untuk menjaring data dalam kemampuan menulis puisi setelah diadakan perlakuan dengan menggunakan media film pendek.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan sesudah menggunakan media film pendek. Pada test awal, kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan tergolong pada kategori cukup dengan nilai 64,5. Pada tes akhir, yaitu menggunakan media film pendek karya Eka Gustiwana, kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan tergolong pada kategori baik dengan nilai 83,16. . Kemudian pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh to> ttabel, yaitu 9,692>2.04.Maka, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian penggunaan media film pendek karya Eka Gustiwana ini berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Free Methodist Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA CINTA BUDAYA MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Matheus, Marlond, Wasilah, Atika

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui penelitian ini kita akan mengetahui kemampuan menganalisis teks negosiasi melalui analisis struktur dan kaidah kebahasaan oleh siswa kelas X SMA Cinta Budaya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Terdapat 193 siswa yang menjadi populasi dalam penelitian ini. Namun, sampelnya hanya berjumlah 37 orang siswa, yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif.  Selain itu, penelitian ini juga menggunakan tes essay (uraian) sebagai instrumennya.Secara keseluruhan, diperoleh hasil bahwa kemampuan menganalisis teks negosiasi siswa tergolong baik. Nilai kemampuan analisis struktur yang tertinggi berada pada angka 97,5 dan nilai terendahnya adalah 60. Sedangkan nilai kemampuan analisis kaidah kebahasaan yang tertinggi adalah 77,5 dan nilai terendahnya yaitu 52,5. Nilai rata-rata kemampuan analisis struktur adalah 77, dan nilai rata-rata kemampuan analisis kaidah kebahasaan adalah 71. Mengenai persentase kategori kemampuan analisis struktur, diperoleh data bahwa 17 (46%) siswa berkemampuan sangat baik, 12 (32%) siswa berkemampuan baik, dan 8 (22%) siswa berkemampuan cukup. Sementara untuk kemampuan analisis kaidah kebahasaan, 30 (81%) siswa berkemampuan baik, 4 (11%) siswa berkemampuan cukup, dan 3 (8%) siswa kurang mampu menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi. Dari beberapa data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas X SMA Cinta Budaya Tahun Pembelajaran 2017/2018 dalam menganalisis teks negosiasi tergolong baik.

HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ONAN RUNGGU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Gultom, Kristiani, Ambarita, Biner

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan menganalisis teks opini dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Onan Runggu Tahun Pembelajaran 2017/2018.Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa/i SMA Negeri 1 Onan Runggu yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif yaitu tes pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dan tes essai yaitu menulis paragraf argumentasi. Metode eksperimen yaitu dengan metode deskriptif korelasional.Nilai rata-rata kemampuan menganalisis teks opini=79,37; standar deviasi= 8,00; dan termasuk dalam kategori baik. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan menulis paragraf argumentasi= 72,5; standar deviasi= 4,53. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh th sebesar= 2,557, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar= 1,697. Karena th yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,557>1,697 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima.

KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUNPEMBELAJARAN 2017/2018

Siregar, Nova Yanti, ini, Rosma

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan sampel yaitu sebanyak 81 siswa kelas VIII.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi teks ulasan berdasarkan struktur dan unsur kebahasaan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.Ditinjau dari tabel uji kategori, terdapat 2 (2,5%) siswa tergolong dalam kategori baik dengan rentang nilai 70-84, 41 (50,6%) siswa tergolong dalam kategori cukup dengan rentang nilai 60-69, 30 (37%) siswa tergolong dalam kategori kurang dengan rentang nilai 50-59, dan 8 (9,9%) siswa tergolong dalam kategori sangat kurang dengan rentang nilai 0-49. Berdasarkan tabel frekuensi dan kategori penilaian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks ulasan berdasarkan struktur dan unsur kebahasaan masih tergolong dalam kategori cukup.Hal tersebut disebabkan karena siswa masih belum mampu mengidentifikasi seluruh unsur kebahasaan yang ada pada teks, serta masih melakukan kesalahan dalam mengidentifikasi strukturteks ulasan.Hal ini yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Medan.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Prasasti, Cunda Rossairy Gewa, Barus, Sanggup

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 213 orang dan diperoleh sampel sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memahami teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran make a match dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 54. Kemampuan memahami teks negosiasi setelah menggunakan model pembelajaran make a match dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 84,9. Selanjutnya hasil uji “t” diperoleh nilai thitung = 5,45 dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (N+N -2) = 62, karena thitung > ttabel yaitu 5,45 > 2,04 maka ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018.

KESULITAN BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA X IPS 2 SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Monika, Monika, ,M.Pd., Dr. Afnita, S.Pd.,

Basastra Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan (1) kesulitan belajar keterampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Medan tahun pelajaran 2017/2018 dan (2) faktor yang menyebabkan kesulitan belajar keterampilan menulis teks anekdot dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kulaitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 dan guru bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah kesulitan dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada tujuh kesulitan belajar dalam menulis teks anekdot yang dialami oleh siswa kelas X IPS 2. Kesulitan tersebut yaitu (a) kesulitan dalam menentukan tema yang menarik, (b) kesulitan mengawali dan mengembangkan ide dan  gagasan ke dalam sebuah teks (c) kesulitan mencari inspirasi karena siswa sering merasa “buntu” di tengah jalan, (d) kesulitan dalam menentukan kaidah kebahasaan, (e) kurang memahami mengenai struktur teks anekdot, (f) kesulitan mengunakan bahasa yang santun, dan (g) kesulitan menentukan kata sindiran yang sesuai dan tepat.  (2) ada tiga faktor yang menyebabkan adanya kesulitan belajar. (a) faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah, (b) faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga, dan (c) faktor dari yang bersumber dari lingkungan masyarakat. Secara umum, siswa memiliki kesulitan belajar dan faktor penyebab kesulitan belajar dalam keterampilan menulis teks anekdot. Dengan adanya kesulitan dan faktor penyebab kesulitan belajar tersebut, guru diharapkan mampu mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa dan mengatasi faktor penyebab kesulitan belajar tersebut.

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra