cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
8
Articles
ANALISIS PIRANTI KOHESI LEKSIKAL DALAM TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Simanjuntak, Meilan, ,M.Pd., Drs. Basyaruddin

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud penggunaan jenis-jenis kohesi leksikal pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk menemukan dan mengklasifikasikan wujud penggunaan dalam jenis-jenis kohesi leksikal digunakan teknik membaca dan mencatat. Hasil penelitian menunjukkan ditemukan bentuk penggunaan jenis kohesi leksikal pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018. Jumlah keseluruhan penggunaan yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi siswa sebanyak 154 dari keseluruhan jenis-jenis kohesi leksikal.. Terdapat 126 jumlah penggunaan yang tepat yang ditemukan dalam teks laporan hasil observasi siswa dan sebanyak 28 jumlah penggunaan yang tidak tepat ditemukan dalam teks laporan hasil observasi kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2017/2018.

Analisis Struktur Batin Puisi Sesamar Kasih Pencari Rezeki Karya Dwi Ayu Utami Nasution

Sebayang, Sri Kurnia Hastuti

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Puisi nama menggunakan bahasa yang bervariasi dan menjadikan isi lebih menarik bagi pembaca karya sastra untuk mengetahui lebih dalam makna yang ingin disampaikan oleh pengarang yang terdapat dalam karyanya tersebut. Puisi sebagai karya sastra menggunakan bahasa sebagai media untuk mengungkapkan makna. Dalam hal ini pengamatan atau pengkajian terhadap puisi khususnya dilihat dari gaya bahasanya sering dilakukan. Peneliti memilih puisi nama  sebagai objek studi kajian puisi. Pemilihan puisi namaini didasarkan pada struktur batin dan struktur fisik puisi yang menarik untuk dikaji lebih jauh. Puisi tersebut mengandung maksud kompleksitas berkaitan dengan bahasanya yang ingin disampaikan oleh pengarang.Sepengetahuan penulis belum ada yang mengkaji baik dari aspek bahasa yang digunakan, maka hal tersebut menjadi penting untuk dikaji. Alasan tersebut yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang bahasa yang digunakan pengarang dalam menyampaikan makna dan pesan cerita untuk mengkaji unsur fisik dan unsur batin dari puisi sebuah nama. 

NILAI DIDAKTIS PADA TEMBANG DOLANAN ANAK BERBAHASA JAWA DI DESA BANYUMAS KECAMATAN STABAT KABUPATEN LANGKAT

Dewi, Sintia, Adisaputera, Abdurrahman

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan dan mempertahankan kembali tembang dolanan anak berbahasa Jawa di Desa Banyumas beserta permainannya yang sudah mulai dilupakan dan tidak diketahui oleh anak-anak di desa tersebut. Upaya yang dilakukan adalah dengan mempertahankan tembang dolanan anak berbahasa Jawa dengan cara mencatatkan kembali tembang dolanan yang bersifat lisan kedalam bentuk tulisan. Pentingnya tembang dolanan beserta permainannya untuk anak-anak dikarenakan nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya mengajarkan anak-anak agar memiliki nilai moral, nilai keagamaan, nilai sosial, dan nilai budaya yang baik. Pada penelitian ini masyarakat Jawa di Desa Banyumas adalah sumber datanya, dan datanya adalah tembang dolanan itu sendiri.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti sendiri, pengumpulan data dilakukanmelaluiwawancara di lapangankepadanarasumber. Dari hasil perolehan data dilapangan ditemukan lima tembang dolanan yang menggunakan bahasa Jawa secara keseluruhan, sebagian data tidak digunakan karena bukan tembang dolanan berbahasa Jawa secara keseluruhannya sebab terdapat sebagian bahasa Indonesia. Kelima tembang dolanan pada setiap baitnya mengandung nilai didaktis (pendidikan) yang berbeda-beda dan mengajarkan tentang moral yang baik, kereligiusan, budaya, dan sosial yang dapat diketahui melalui analisis makna pada tembang dolanan.

KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN BERDASARKAN FILM PENDEK “RINDU IBU“ SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Mardiah, Fara Diba, Hadi, Wisman

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang hasil kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 40 siswa dengan Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Instrumen digunakan adalah tes uraian (essay). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan berdasarkan film pendek “rindu ibu” siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan tergolong kedalam kategori baik yang didasarkan dari kriteria penilaian yaitu Kemampuan menentukan orientasi menulis teks ulasan memperoleh skor (23,25) kategori sangat baik. Kemampuan menentukan tafsiran menulis teks ulasan memperoleh skor (19,875) kategori baik. Kemampuan menentukan evaluasi menulis teks ulasan memperoleh skor (13,875) kategori cukup. Kemampuan menentukan rangkuman menulis teks ulasan memperoleh skor (18,5) kategori cukup. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menulis teks ulasan menunjukkan pada kategori sangat baik (20%), kategori baik (45%), kategori cukup (22,5%), kategori kurang (12,5%). Melalui penelitian ini harapannya guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhusus dalam menulis teks ulasan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menulis teks ulasan.

TERJEMAHAN SLANG DALAM SUBTITLE BAHASA INDONESIA PADA FILM FASTER

Lubis, Hanim Masniari

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tipe slang yang terdapat dalam subtitle film Faster, mengetahui strategi subtitling yang digunakan oleh penerjemah dalam menerjemahkan slang pada film “Faster” dan mengetahui tingkat keberterimaan terjemahan slang yang terdapat dalam film tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk content analysis. Sumber data adalah ucapan karakter berupa kata dan frasa yang menyampaikan kata slang dalam film “Faster” dan terjemahannya dalam subtitle bahasa Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data objektif dan afektif. Data objektif dalam penelitian ini berupa bentuk slang dalam film Faster baik dalam BSu maupun terjemahannya dalam BSa. Sedangkan data afektif diambil dari penilaian pengamat ahli. Teori yang digunakan adalah Chapman (1988) menegenai tipe dan bentuk slang, Gottlieb (1998) mengenai strategi subtitling serta Nababan dengan modifikasi (2012) mengenai tingkat keberterimaan slang dalam film tersebut. Kata slang, damn diikuti kata bro, dan gotta adalah beberapa kata yang banyak ditemukan dalam naskah film “Faster” dengan persentase slang primer 60% dan slang sekunder 40% dari 92 data. Frekuensi terbanyak dalam strategi subtitling film Faster adalah strategi transfer sebanyak 54% dengan perolehan 51 data. Sedangkan strategi parafrase adalah 23% diikuti oleh kondensasi 10%, pengurangan 9%, penghapusan/deletion 2%, transkripsi sebanyak 1% serta strategi imitasi sebanyak 1%. Tingkat keberterimaan terjemahan slang dalam film Faster dapat dikatakan diterima oleh penikmat film dengan tingkatan 72% dan tingkatan kurang berterima dengan persentase 28%. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya temuan di bidang subtitling film, khususnya strategi subtitling untuk menerjemahkan kata slang dalam film.

ANALISIS SURAT DINAS YANG DITULIS SISWA KELAS XI SMK PAB 3 MEDAN ESTATE

Rahayu, Enny

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berangkat dari tiga masalah, yakni (1) bagaimana kelengkapan bagaian-bagian surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate; (2) bagaimana ketepatan penulisan bagian-bagian surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate? (3) kesalahan apa saja yang terdapat dalam surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelengkapan bagian-bagian surat, mendeskripsikan ketepatan bagian-bagian surat, dan kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam surat dinas yang ditulis siswa SMK PAB 3 Medan Estate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini bersumber dari 30 naskah surat dinas dan 30 naskah tersebut dibaca secara intensif yang kemudian ditetapkan data berdasarkan pemahaman, pengetahuan, teori sebagai panduan. Kemudian, data dianalisis dengan cara pemaknaan terhadap kelengkapan dan ketepatan, serta pengungkapan kesalahan-kesalahan umum dalam naskah surat yang ditulis siswa. Setelah itu, dilakukan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) semua surat yang ditulis siswa sudah memiliki kop, nomor, alamat, isi, penutup, nama penadanda tangan, dan jabatan penanda tangan; sedikit surat yang tidak memiliki tanggal surat; masih ada surat yang tidak memiliki paragraf pembuka dan tanda tangan; (2) ketepatan penulisan bagian surat lebih rendah (37,78%) dibandingkan persentase ketidaktepatan (62,22%); (3) kesalahan penulisan surat terdapat pada hampir semua bagian, yakni kop, tanggal, lampiran, hal, alamat, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf isi, paragraf penutup, penutup, nama pengirim (penanda tangan), dan tembusan. 

ANALISIS PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABUHAN DELITAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Br Pa, Marta Diana Br Pa, Solin, Mutsyhito

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan langkah-langkah konstruktivisme, inquiri, questioning, learning community, modeling, reflection, dan authenticassessment dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli Tahun Pembelajaran 2017/2018 dan untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa SMP Negeri 1 Labuhan Deli dengan menggunakan model kontekstual.Sumber data dalama penelitian ini adalah rekaman dokumentasi penerapan kontekstual yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Labuhan Deli.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Instrument yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Analisis data yang dilakukan peneliti dengan cara menganalisis penerapan langkah-langkah yang terdapat didalam model kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa guru melakukan enam belas langkah dari tujuh belas langkah yang terapat dalam model kontekstual dengan nilai presentasi 94% dan nilai siwa dalam menulis teks deskripsi berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan mencapai 79,93 yang tergolong kedalam katagori baik.

Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology pada Pembelajaran Apresiasi Sastra

Yuhdi, Achmad, Amalia, Nadra

Basastra Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses pembelajaran di era digital saat ini tak lepas dari teknologi informasi internet. Berbagai program aplikasi/ portale learning ditawarkan,mulai dari berbayar hingga gratis. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain media pembelajaran memanfaatkan salah satu portal e learning yang tidak berbayar, yakni schoology. Schoology membantu dosen dalam membuka kesempatan komunikasi yang luas kepada mahasiswa agar mahasiswa dapat lebih mudah untuk mengambil peran/bagian dalam diskusi dan kerja sama dalam tim. Selain itu, Schoology juga mempunyai banyak ciri dan fungsi yang menarik untuk dimanfaatkan oleh mahasiswa. Schoology juga didukung oleh berbagai bentuk media seperti video, audio dan imge yang dapat menarik minat belajar mahasiswa. Schoology mengarahkan mahasiswa mengaplikasikan penggunaan tekonologi dalam pembelajaran. Kata Kunci: media internet, e learning, schoology

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra