cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
6
Articles
KEBIASAAN MENULIS BUKU HARIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

LESTARI P, OKTAVIA

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan menulis buku harian dengan menggunakan model problem based learning oleh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 68 orang siswa yang terdiri dari dua kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik random sampling atau acak kelas sehingga diperoleh kelas eksperimen, yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 38 siswa dan kelas kontrol, yaitu kelas VII-2 yang berjumlah 30 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Alatpengumpulan data adalah tes esai yaitu menulis buku harian. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel VII-1 yaitu kemampuan menulis buku harian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan variabel VII-2 tanpa menggunakan model Problem Based Learning.Kemampuan menulis buku harian dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 83,84 dengan persentase nilai 66-79 yang berjumlah 15 orang atau 39,47% dikategorikan baik. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah mendapatkan nilai rata-rata 63 dengan persentase nilai 40-54 yang berjumlah 10 orang atau 33,33% dikategorikan kurang.Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diperoleh thitung = 13,44. Selanjutnya harga thitung ini dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 38 + 30 – 2 = 66 maka diperoleh ttabel = 1,997. Dengan demikian dapat dikatakan thitung < ttabel yaitu 13,44 < 1,997. Maka Ha diterima dengan hipotesis.Kebiasaan Menulis Buku Harian Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learningpada Siswa Kelas VII Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci : Problem Based Learning, Menulis, Kebiasaan Menulis Buku Harian

Pengaruh Model Students Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Membaca siswa Kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018

Izar, Sri Listiana

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah 1).Bagaimana pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Bagaiman pengaruh strategi pembelajaran ekspositoriterhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Adakah pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini 1).Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh “Students Facilitator and Explaining” terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 3). Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1I SD NEGRI 010146 Labuhan Ruku,yang berjumlah 2 kelas dan tiap kelas rata-rata terdiri dari 25 orang siswa maka jumlah seluruh populasi adalah 50 orang siswa.Hasil dari penelitian ini dibuktikan berdasarkan perhitungan, diketahui kemampuan sebagian siswa yang diajar dengan menggunakan model Students Facilitator and Explaining siswa banyak mendapatkan nilai 9 yaitu 36%, artinya kemampuan sebagian besar siswa yang diajar dengan model students facilitator and explaining berada pada tingkat sangat baik. Sedangkan kemampuan membaca tanpa menggunakan model students facilitator and explaining siswa banyak mendapatkan nilai 7 sampai 8 artinya kemampuan dari sebagian besar siswa yang diajarkan tanpa model students facilitator and explaining berada pada tingkat baik. Kata Kunci:Model Students Facilitator and Explaining,Kemampuan Membaca,

PERGESERAN KATA SAPAAN DALAM BAHASA SIMALUNGUN DI KECAMATAN LABUHAN DELI

Purba, Gunawan

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Pergeseran Kata Sapaan Dalam Bahasa Simalungun di Kecamatan Labuhan Deli, yang bertujuan untuk : 1. Mendeskripsikan kata sapaan yang digunakan pada masyarakat Simalungun di Kecamatan Labuhan Deli, 2. Menemukan bentuk kata sapaan apa saja yang sudah bergeser pada masyarakat Simalungun di Kecamatan Labuhan Deli, 3. Menemukan faktor–faktor yang mempengaruhi pergeseran kata sapaan pada masyarakat Simalungun di Kecamatan Labuhan Deli. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kata Sapaan menurut Fasold dengan konsep kata sapaan Simalungun menurut Sinaga, teori Ranah Penggunaan Bahasa menurut Fishman, dan faktor-faktor pergeseran bahasa menurut Fasold. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan mengadopsi teori Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh setelah data dianalisis adalah kata sapaan yang mengalami pergeseran dalam bahasa Simalungun yang tertinggi adalah pada kelompok usia remaja, faktor-faktor yang menyebabkan kata sapaan tersebut mengalami pergeseran adalah bilingualisme masyarakat, migrasi dan urbanisasi, peralihan antar generasi, industrialisasi dan bahasa asing yang lebih berprestise.Kata Kunci : Pergeseran, Kata Sapaan, Bilingualisme/kedwibahasaan.

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK PADA PENYUSUNAN TEKS BIOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Harianja, Rolina Santi, Hutagalung, Trisnawati

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Medan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui kesalahan penggunaan morfologi yang berupa afiksasi dan kata ulang, 2) untuk mengetahui kesalahan  penggunaan sintaksis yang berupa frasa, 3) untuk mengetahui kesalahan  penggunaan leksikon yang berupa kata yang tidak atau kurang tepat. Pengambilan sample dilakukan secara random sampling, maka ditetapkan sebanyak 35 siswa yang menjadi subjek penelitian. Penelitian ini merupkan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teks siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan sebagai sumber data, yang dipilih sebanyak 35 teks. Adapun objek penelitiannya adalah kesalahan Berbahasa dalam Taksonomi Kategori Linguistik. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis dokumen. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan data yang bersumber dari dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total kesalahan berbahasa dalam taksonomi kategori linguistik. Jumlah keseluruhan kalimat yang mengandung kesalahan berbahasa dalam taksonomi linguistik dari 35 teks siswa adalah sebanyak 139 kalimat dengan perincian 87 kalimat (62,58%) mengandung kesalahan penggunaan morfologi (terdapat 78 kesalahan afiksasi dan 8  kesalahan menggunakan kata ulang). Sementara kesalahan frasa pada sintaksis terdapat dalam 37 kalimat (26,61%).  Selanjutnya terdapat sebanyak 15 kalimat (10,79%) yang mengandung kesalahan leksikon. Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Taksonomi Kategori Linguistik, Teks  Biografi

ANALISIS KESALAHAN KOHESI DAN KOHERENSI DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMK SWASTA DHARMA PATRA PANGKALAN SUSU TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sumarni, Siti, Barus, Sanggup

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kohesi adalah salah satu standar yang menandai bahwa sebuah teks atau wacana itu dianggap komunikatif, tanpa kohesi teks atau wacana tidak dianggap komuikatif dan setiap unsur-unsur di dalammnya saling berhubungan. Sedangkan koherensi dalam kalimat atau paragraf adalah hubungan timbal balik yang logis, kompak dan baik antarkalimat atau unsur – unsur yang membentuk kalimat atau paragraf bahkan sebuah karangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan karangan siswa kelas X SMK Swasta Dharma Patra Pangkalan Susu sebagai subjek penelitian, yang dipilih sebanyak 30 karangan. Teknik penentuan subjek didasarkan pada pengambilan sampel yang dilakukan secara random sampling, yaitu dari 4 kelas paralel diambil 1 kelas, yaitu kelas X TKJ-1. Adapun objek penelitiannya adalah kesalahan kohesi dan koherensi. Metode analisisnya menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah human instrument. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah total kesalahan yang ditemukan sebanyak 26 kesalahan yang terdiri dari 17 kesalahan kohesi dan 9 kesalahan koherensi. Kata Kunci: Analisis, Kohesi, Koherensi

PENGARUH METODE FIELD TRIP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PANDEGLANG

S.Pd., M.Pd., Trisnawati

Basastra Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  metode  eksperimen dengan posttest only  control  design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 3 Pandeglang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X  SMAN 3 Pandeglang yang diambil dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan menulis karangan deskripsi. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung 12,29 sedangkan nilai ttabel adalah 1,995. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode field trip terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMAN 3 Pandeglang tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Metode field trip dan kemampuan menulis karangan deskripsi

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra