cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
7
Articles
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISISISWA KELAS VIISMP NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hasibuan, Sri Devi, nita, Ar

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 KotapinangTahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu 349 orang. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dari pengolahan data yang diperoleh kemampuan menulis puisi sebelum menggunakan model pembelajaran explicit instructiondengan rata-rata 65,68, sedangkan hasil kemampuan menulis puisisesudah menggunakan model pembelajaran explicit instructiondiperoleh rata-rata 77,64. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah sebesar 4,96; setelah  diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan , pada taraf signifikan 5% = 2,03, karena  yang diperoleh lebih besar dari yaitu 4,96 2,03, hipotesis alternatif ( ) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan model pembelajaran explicit instruction berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 KotapinangTahun Pembelajaran 2015/2016.   Kata Kunci: Model Pembelajaran,Explicit Instruction, MenulisPuisi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sinaga, Basuki Rachmat, Ansari, Khairil

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas x SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 360 orang. Sampel yang diambil adalah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Distribusi data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur kompleks sebelum menggunakan model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 57,62. Kemampuan menulis teks prosedur kompleks sesudah menggunakan model embelajaran experiential learning dengan media audiovisual berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,27. Berdasarkan perhitungan uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test dan data post-test berdistribusi normal. Hajil uji homogenitas membutikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil  perhitungan uji “t” pada taraf signiikan 5% diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 10,58 2,02, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran experiential learning dengan media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2016/ 2017.   Kata Kunci : Experiential Learning, Media Audiovisual, Teks Prosedur Kompleks.

ANALISIS MODALITAS DALAM BAHASA NIAS

Daulay, Syahnan, Januarsyah Dly, Mhd. Anggie

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara pengungkapan modalitas, jenis modalitas, dan  makna modalitas dalam bahasa Nias. Data penelitian ini adalah aspek modalitas yang ditemukan dalam penggunaan bahasa Nias. Dengan menerapkan  metode deskriptif-kualitatif data modalitas dikumpulkan melalui instrumen lembar isian, alat perekam, dan alat tulis. Di samping itu, digunakan juga metode simak dan metode cakap (Sudaryanto, 1998; Mahsun, 2005). Sumber data diperoleh dari wacana lisan melalui wawancara dengan informan dan dari wacana tulis yang bersumber dari beberapa dokumen tertulis seperti buku berbahasa Nias. Informan penelitian dipilih berdasarkan kriteria berikut: (1) penutur asli bahasa Nias; (2) fasih menggunakan bahasa Nias dan bahasa Indonesia; (3) informan telah berusia dewasa antara usia 30 tahun hingga 60 tahun.Data penelitian dianalisis menggunakan teknik komparatif, yakni menganalisis realisasi wujud, jenis, dan distribusi modalitas dalam bahasa Nias dan mengkomparasikannya dengan realisasi wujud, jenis, dan distribusi modalitas dalam bahasa Indonesia sebagai rujukan. Dengan pendekatan ini, diharapkan akan dapat diungkapkan secara objektif data modalitas bahasa Nias. Metode padan translasional (Sudaryanto, 1998: 14; Djajasudarma, 1993: 58) digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis jenis dan makna modalitas.Hasil penelitian mendeskripsikan makna modalitas intensional yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Keinginan’, ‘Kemauan’, ‘Maksud’, ‘Harapan’, ‘Doa (Harapan)’, ‘Ajakan’, ‘Pembiaran’, dan ‘Permintaan’. Makna modalitas deontik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Keizinan’ dan Kadar Makna ‘Perintah’. Makna modalitas dinamik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Kemampuan’, ‘Keizinan’ , dan ‘Keyakinan’, serta makna modalitas epistemik yang ditemukan dalam bahasa Nias terdiri atas kadar makna ‘Kemungkinan’, ‘Keteramalan’, ‘Keharusan’, dan Kadar Makna ‘Kepastian’. 

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERPEN “NASIHAT- NASIHAT” KARYA A. A. NAVIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN SELATAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/

Khairani, Desi, Barus, Sanggup

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 111 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas XI IPA 3 yang berjumlah 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori cukup. Kedua, kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong ke dalam kategori baik. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen “nasihat-nasihat” karya A.A.Navis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan Tahun Pembelajaran 2015/2016.   Kata Kunci: Model TAI (Team Assisted Individualization), unsur intrinsik cerpen.

Kemampuan Memparafrasekan Puisi “AKU” Karya Chairil Anwar Menjadi Prosa oleh Siswa Kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016

Bangun, Enda Rezita, Lubis, Fitriani

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 305 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 52 orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar tahun pembelajaran 2015/2016 masuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65. Ada lima aspek yang dinilai dari kemampuan memparafrasekan puisi menjadi prosa yaitu aspek kesesuaian tema, kemampuan mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi bermakna sebenarnya, kemampuan mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana, ide pokok dan keefektifan kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, aspek kesesuaian tema memperoleh nilai rata-rata tertinggi 87,5 yang berada pada kategori baik sekali. Aspek mengubah kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi makna sebenarnya memperoleh nilai rata-rata 75 yang berada pada kategori cukup. Aspek mengubah kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana memperoleh nilai 71, 5 yang berada pada kategori cukup. Aspek ide pokok memperoleh nilai 57,5 yang berada pada kategori cukup dan aspek keefektifan kalimat memperoleh nilai 38,5 yang berada pada kategori kurang.

PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN KRITIK PADA ARTIKEL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Desi Kurnia, Adisaputera, Abdurahman

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanmodel Quantum Teaching terhadap kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 375 siswa.Dari 375 siswa tersebut, ditetapkan sampel sebanyak 39 siswa yang diambil menggunakan Purposive sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen One group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa sebelum menggunakan model Quantum Teaching tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 63,90, sedangkan kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa setelah menggunakan model Quantum Teaching tergolong baik dengan rata-rata (mean) yang diperoleh siswa 77,20. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan dan 6,61  2,045  pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh model Quantum Teaching terhadap kemampuan memberikan kritik pada artikel siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkanhasil pembelajaran memberikan kritik pada artikel siswa setelah menggunakan model Quantum Teaching lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model Quantum Teaching, dan proses pembelajaran setelah menggunakan model Quantum Teaching berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam memberikan kritik pada artikel.   Kata Kunci:Model Quantum Teaching, Kritik Artikel

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA SWASTA KRAKATAU MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sari, Novita, Sigalingging, H.

Basastra Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan memahami teks prosedur kompleks siswa kelas x. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Krakatau Medan yang terdiri dari 4 kelas. Dengan menggunakan teknik rendom sampling ( teknik acak), ditetapkanlah kelas X-1 yang berjumlah 42 siswa sebagai sampel penelitian.penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain  penelitian yang digunakan adalah one group pre-test podt-test design. Intrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda.Berdasarkan uji normalitas data variabel x, diperoleh Lhitung

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra