cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
6
Articles
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Limbong, Sri Gustina, Lubis, Malan

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, sebanyak 464 siswa.Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 52,22 standar deviasi 12,933 serta empat kategori nilai yakni katgori sangat baik 0%, baik 19,5%, cukup baik 2,5% dan kurang baik 55,5% sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 87,5 standar deviasi 11,149 dengan empat kategori nilai yakni kategori sangat baik 66,7% kategori baik 27,8% kategori cukup baik 5,5% dan kategori kurang baik 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 12,228 setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 36-1 = 35, dari df 35 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,03. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 12,228 > 2,03 hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh secara positif terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri, Teks Ulasan Drama

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKSULASAN DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Suwarni, Titik, Siregar, Rosdiana

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2014/2015.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 458 orang siswa.Dari jumlah tersebut dapat ditetapkan sampel yaitu sebanyak 32 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grouppre-testpost-test design.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data yang diperoleh adalah dengan tes penugasan hasil karya dalam bentuk  (tertulis/tulisan). Pengujian hipotesis ini dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan drama dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 74,843, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan drama dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan saintifik termasuk dalam kategori cukup dengan perolehan nilai rata-rata 63,125. Selanjutnya, hasil dari uji hipotesis dapat diketahui nilai thitung=2,02 sedangkan nilai ttabel= 5,3jadi dapat diketahui bahwa> atau 2,02< 5,3 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian uji hipotesis nihil  ditolak dan uji hipotesis alternatif  diterima. Artinya modelyang digunakan dalam proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan modelpendekatan saintifik berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks ulasan drama siswa kelas XI SMKNegeri 8Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Dengan kata lain, hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran di kelas siswa di tuntut untuk terampil dalam menulis khususnya menulis teks ulasan drama dengan menerapkan modelpembelajaran pendekatan saintifik. Model pembelajaran pendekatan saintifik dalam menulis teks ulasan drama yang digunakan/diterapkan ketika proses pembelajaran lebih baik. Kata kunci:Pendekatan Saintifik, Teks Ulasan Drama

PENGARUH PENGGUNAAN METODE OBJEK LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEHSISWAKELAS VIISMP MULIA PRATAMA MEDANTAHUN AJARAN 2014/2015

Sihite, Sebaya Kristina, Simaremare, Rumasi

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode objek langsung dan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Mulia Pratama Medan dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Two-group Post-test Only Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes “t”. Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan Metode Objek Langsung = 77,17, standar deviasi = 7,15, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 8 siswa atau 26,7%, kategori baik sebanyak 13 siswa atau 43,3%, kategori cukup sebanyak 9 siswa atau 30%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan Metode Ekspositori = 68,83, standar deviasi = 6,67, dan termasuk kategori baik sebanyak 9 siswa atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 53,3%, kategori kurang sebanyak 5 siswa atau 16,7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 4,66, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (N1+N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58. Pada tabel t dengan taraf df = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00 dan taraf signifikan 1% = 2,65 karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 4,66 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode objek langsung lebih baik daripada menggunakan metode ekspositori di SMP Mulia Pratama Medan tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: metode objek langsung, metode ekspositori, kemampuan menulis puisi.

KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sitepu, Elsa Crysty, Siburian, Tiur Asi

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penguasaan kosakata (pilihan kata, kata yang bersinonim, pemaknaan kata; konotasi dan denotasi) terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 160 orang siswa.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional.Dari data penguasaan kosakata siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe yang diperoleh nilai rata-rata atau mean sebesar 67,65 dan simpangan baku atau standard deviasi sebesar 10,99. Sedangkan, kemampuan menulis karangan narasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,15 dan simpangan baku atau standard deviasi sebesar 9,08. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment diperoleh nilai r hitung = 0,473 dan nilai r tabel pada taraf signifikan α= 0,05 dengan N = 32 sebesar 0,349, menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,473 > 0,349 maka hipotesis penelitian diterima. Dan nilai kontribusi sebesar 22,3%, hal ini bermakna bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antarapenguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016. Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Menulis Karangan Narasi.

PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN DRAMAOLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN

Zainani, Zainani, Arif, Syamsul

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 5 Medan tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 11 kelas dengan jumlah 420 orang. Sampel yang diambil adalah 32 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi,  ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 40 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa  data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan. Hasil uji normalitas untuk data pemahaman struktur ( 0.1397<0.1568 ), ciri kebahasaan (0.1193<0.1568 ) dan kemampuan menulis teks ulasan drama ( 0.1520<0.1568 ). Sedangkan hasil korelasi antar variabel menunjukkan bahwa pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 15.45%, pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 22.37% dan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama memiliki koefesien determinan korelasi ganda sebesar 57.60%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh pemahaman struktur, ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 tahun pembelajaran 2015/2016.   Kata Kunci :Teks Ulasan Drama, Pemahaman Struktur, Ciri Kebahasaan,  Kemampuan Menulis Teks Ulasan Drama.

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA OLEH SISWAKELAS VIII SMP NEGERI 1 SEI BAMBANTAHUN PEMBELAJARAN2015/2016

Maulina, Ayu, Pangaribuan, Tangson R.

Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016. Sampel dilakukan secara random, sehingga sampel yang di miliki sebanyak 40 sampel. Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe StadOleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016 adalah baik dengan nilai rata-rata 74,25. Sedangkan, Kemampuan Menemukan Masalah Utama Berita Bertopik Sama sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban Tahun Pembelajaran  2015/2016 adalah kurang dengan nilai rata-rata 57. Model Kooperatif Tipe Stad ini berpengaruh dalam menemukan masalah utama berita bertopik sama. Ini terbukti dari hasil uji “t” diperoleh nilai thitung >ttabel, yakni 2,40>1,68. Untuk itu perlu guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam kemampuan siswa terhadap menemukan masalah utama berita bertopik sama.   Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division),Menemukan Masalah Utama, Berita Bertopik Sama.

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra