cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
8
Articles
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN ASSESSMENT SEARCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR- UNSUR PUISI SISWA X SMA NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Harahap, Rahmayanti ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Assessment Search dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur puisi.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangsidimpuan dengan jumlah  190 siswa. Sampel dalam penelitian ini sampel penelitian dilakukan terhadap 62 siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangsidimpuan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan dengan tes objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.   Kata Kunci: - Pengaruh  - Assessment Search - Unsur-unsur Puisi

Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013

Artika, Rini ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell (Sel Belajar) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Artikel oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjngbalai, yang berjumlah 319 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post Test Only desaign group yang dilakukan sebanyak dua kelas. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu di kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori dan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran the learning cell (sel belajar) .   Kata Kunci: Pengaruh–Sel Belajar- ekspositori–Membaca-artikel

STRUKTUR DAN NILAI BUDAYA BATAK TOBA DALAM SASTRA LISAN HUTA SILAHISABUNGAN

SIGALINGGING, SARMAIDA T.R. ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur cerita rakyat Batak Toba huta silahisabungan dan mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, mengutamakan makna dan konteks, menuntut peran peneliti yang tinggi. Narasumber dalam penelitian ini ada tiga orang yaitu seorang  ahli budaya, yang bernama Efendi Situngkir (56 tahun), Diana Sidabariba (54 tahun) dan satu  masyarakat Silalahi, yang bernama Raniyam Sinabariba (89 tahun). Berdasarkan hasil penelitian, nilai budaya kekerabatan yang terdapat dalam cerita lisan huta silahisabungan terdapat enam peristiwa tutur, religi tiga peristiwa tutur, konflik tiga peristiwa tutur, hasangapon dua peristiwa tutur, hagabeon dua peristiwa tutur, hamoraon dua peristiwa tutur, hukum dua peristiwa tutur dan pengayoman satu peristiwa tutur.   Kata Kunci: Karya Sastra-Sastra Lisan–Nilai Budaya Batak Toba

KAJIAN RAGAM BAHASA SLOGAN PADA PAPAN REKLAME DI KOTA MEDAN (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK)

LESTARI, SUSI ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena penggunaan bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan dan menggambarkan ragam bahasa dalam slogan yang terdapat pada papan reklame di kota Medan.  Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik dokumentasi berupa foto.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan dalam slogan merupakan bahasa yang singkat dan pendek.Kebanyakan slogan tidak mengindahkan unsur sintaksis dan morfologi.Hal itu bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengingat slogan tersebut. Slogan yang ada pada papan reklame di kota Medan pada umumnya menggunakan bahasa Indonesia, bahasa asing yakni bahasa Inggris, dan beberapa diantara slogan menggunakan bahasa Indonesia yang dipadukan dengan bahasa asing. Selain itu juga terdapat slogan yang menggunakan dialek kedaerahan tertentu.Ragam bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan adalah ragam bahasa usaha.Ragam bahasa ini berada diantara ragam formal dan ragam informal.   Kata Kunci: ragam bahasa, slogan, papan reklame, penggunaan bahasa

Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2012/2013

Mahliza, Yunita ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan dari seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.   Kata Kunci: Pengaruh–STAD–Wacana-Menulis Karangan Argumentasi

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013

DEWI, LESTIKA ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh media pembelajaran poster terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 213 orang.Data penelitian ini sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pretes postes design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretes dengan rata-rata 63.07, standar deviasi 6.23, dengan berkategori baik 13.33% dan berkategori cukup 80%;  Sedangkan hasil postes di peroleh rata-rata 71.77, standar deviasi 7.61, dengan berkategori sangat baik 6.67%, berkategori baik 63.33%, dan berkategori cukup 30%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 4.78; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.01 dan taraf signifikan 1% = 2.68. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4.78>2.01, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster berpengaruh secara posistif dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013.     Kata Kunci: Pengaruh–Media Poster- Menulis- Puisi

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SWASTA SETIA BUDI BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Siregar, Nurul Husna ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Gambar terhadap kemampuan dalam menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Swasta Setia Budi Binjai tahun pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 35 orang di kelas eksperimen dan 35 orang di kelas kontrol. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan menggunakan Media Gambar, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan menggunakan media cetak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis puisi.   Kata Kunci: Pengaruh – media gambar - Menulis puisi

PENGARUH ACCELERATED LEARNING (PEMBELAJARAN CEPAT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

ANGGRAINI, AYU WIRA ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aimed to investigate the effect of Accelerated Learning (Quick Learning) to paragraph narrative writing skills class X SMA Negeri 10-year field study 2012/2013. The population of this study were all students of class X SMA Negeri 10 field consists of 6 classes with a student population of 242 people. Of the number of students was drawn randomly sample 76 students. The method used in this study is an experimental method to design research group posttest only design (two groups) comparing two groups, the experimental group were given learning to write narrative paragraphs Accelerated Learning approach (Quick Learning) while the control group using Expository Teaching (Teaching indirectly) in learning to write narrative. The instrument used is a narrative essay writing test. The average value of the experimental class was 79.42 while the control class is 68.73. Thus it can be said that the average value of the test write narrative paragraphs in the experimental class higher than the control class. Hypothesis testing is done by using the test "t". Test hypotheses derived from calculations thitung = 4.14, then consulted with TTable at the level of 5% and 1% with dk = (N1 + N2) - 2 = (38 + 38) - 2 = 74, then obtained acquired significance level of 5% = 2.00 and a significance level of 1% = 2.65. After consultation, it was to the TTable obtained greater than the 2.00 <4.14> 2.65, then the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Keywords: skill, writing paragraph narrative, Approaches Accelerated Learning

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra