cover
Filter by Year
Basastra
Jurnal yang dikelola oleh Prodi PBSI
Articles by issue : Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
10
Articles
PENGARUH PENGUASAAN KONTEKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

NORISKA SINAGA, EKA YANNE ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penguasaan konteks situasi terhadap kemampuan membaca pemahaman oleh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan yang berjumlah 197 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan sistem random atau acak berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian adalah tes penguasaan konteks situasi dan kemampuan membaca pemahaman dalam bentuk pilihan berganda. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan rumus Product Moment Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari ananlisis korelasi antara variabel X dan Y diperoleh harga korelasi sebesar 0,789 dan setelah dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan a= 0,05 adalah 0,320. Dengan demikian rhitung>rtabel atau 0,789>0,320 berarti hipotesis yang menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan konteks situasi dengan kemampuan membaca pemahaman teruji kebenarannya. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara penguasaan konteks dengan kemampuan membaca pemahaman oleh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Kata kunci : konteks situasi, unsur unsur konteks situasi, membaca pemahaman, unsur unsur membaca pemahaman

EFEKTIVITAS METODE INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION)TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Yumisnaini, Yumisnaini ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Efektivitas Model Pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Kemampuan Menulis Artikerl oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran Investigasi Kelompok (Group Investigation) terhadap Kemampuan Menulis Artikerl oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sehubungan dengan itu masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis artikel yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok, kemampuan menulis artikel sesudah menggunakan model pembelajaran Ekspositori, dan efektivitas Investigasi Kelompok dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori  terhadap kemampuan menulis artikel oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 180 orang.Sampel penelitian ini diambil 30 siswa dengan teknik acak kelas, yakni kelas I-IPA 1.Selanjutnya sampel dibagi dua yaitu 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 orang kelompok kontrol.Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling (sampel berimbang). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes bentuk penugasan secara tertulis. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis artikel yang menggunakan model pembelajaran Investigasi Kelompok  oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah baik dengan nilai rata-rata 81,00. Kemampuan menulis artikel yang menggunakan pembelajaran Ekspositori oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013 adalah cukup dengan nilai rata-rata 68,67. Selanjutnya penggunaan model pembelajaran Investigasi Kelompok  efektif diterapkan dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2012/2013. Ini terlihat dari hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung   t≥ tabel (0,05), yakni 5,41 > 2,00.   Kata kunci  :Efektivitas Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap     Keterampilan Menulis Artikel

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

SIREGAR, SRI YANTI ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama dalam Wacana Argumentasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2012/2013, yang berjumlah 341 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel bertujuan yaitu menunjuk dua kelas.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Post-test Only Control Design Group. Nilai rata-rata kelas kontrol 68,65, sedangkan di kelas eksperimen 75,675. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menerapkan model kooperatif terpadu membaca dan menulis lebih tinggi daripada nilai menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” didapatlah To 3,054 > Tt 2,65 maka Ho ditolak dan Ha diterima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis dengan kemampuan menemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2012/2013.   Kata Kunci: Pengaruh-model pembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis-model pembelajaran konvensional-gagasan utama.

PENGARUH METODE COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS XSMA NUSANTARA LUBUKPAKAM T.P 2012/2013

HAYATI, AMALIA ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada Pengaruh Metode Copy The Master terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Nusantara LubukPakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Nusantara LubukPakam yang berjumlah 207 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 34 orang yaitu sampel yang sudah diacak. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-testand post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis cerpen dalam bentuk  essai, peneliti menugaskan siswa untuk menulis cerpen. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada perbedaan antara sebelum mendapat perlakuan dan sesudah mendapat pelakuan pada siswa kelas X SMA Nusantara LubukPakam. Tanpa menggunakan metode CopyThe Mastermemiliki Mean =63,67 Standar Deviasi = 6,57 dan Standar Error = 1,22. Metode Copy The Mastermemiliki Mean = 78,50 Standar Deviasi = 6,60 dan Standar Error = 1,23. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, deketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1540 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0,1540<0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data dari kelompok X berdistribusi normal, Pada Y diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1090 dan Lt (Ltabel) = 0,1610. Ternyata Lhitung< Ltabel yaitu 0,1090<0,1610. Hal ini membuktikan bahwa data dari kelompok Y berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan taraf signifikan α = 0,05 menggunakan uji “t” dimana thitung > ttabel­ (8,57 > 2,04) pada taraf signifikan 5% dan (8,57 > 2,04) pada taraf signifikan 1%, maka hipotesis nihil (H) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat  disimpulkan bahwa Pengaruh Metode Copy The Masterterhadap kemampuan menulis cerpen lebih efektif.   Kata Kunci : Metode Copy The Master, Menulis Cerita Pendek

EFEKTIVITAS METODE SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS FEATURE KELAS VII SMP NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

PRIYONO PARDEDE, EDWARD COCO ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Effectiveness SQ4R method (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Understanding the Text Feature in Learning Seventh Grade Students of SMP Negeri 1 Sidikalang Learning Year 2012/2013. Thesis. Indonesian Language and Literature Department. Faculty of Language and Arts. State University of Medan. 2013 This study aims to determine the effectiveness of the method SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) in learning to understand the text feature class VII SMP Negeri 1 Sidikalang many as 253 people. Samples taken as many as 74 people from the two classes, class of 37 people to 37 people for the experiment and the control class. The method used in this study is an experimental method, which is to determine the effectiveness of the teaching methods used. Data collection tool was a written test in the form of multiple choices (multiple-choice). Learning outcomes using SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) is in both categories with an average value of 72.97. When compared to learning by teaching methods directly in the category of simply average value of 55.10. Analysis of data management in this study using the test "t". Furthermore, the hypothesis derived from the test calculations thitung = 3.37 and TTable at 5% significance level = 1.67 and at 1% significance level = 2.39, with db = 74-2 = 72, used db closest to 72 . Hypothesis is accepted if to> TTable (1.67 <3.37> 2.39). Thus, the hypothesis is accepted. It states that the method SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) is more effective to apply in learning to understand the text feature class VII SMP Negeri 1 Sidikalang learning year 2012/2013. Keywords: Method SQ4R, text features,

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PEROLEHAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN “KISAH DI KANTOR POS” KARYA MUHAMMAD ALI OLEH SISWA KELAS IX SMP N 4 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Hutagalung, Fitria ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the effectivity of concept attainment model in learning to discover short stories’ intrinsic elements of the ninth grade students of SMP N 4 Tarutung, in academic year 2012/2013. The population of this research was as many as 120. The sample was taken randomly as many as 40 students, 20 students  for experimental class and 20 other students for control class. The method of this research was the experimental method. The instrument conducted was to discover intrinsic elements of short stories in post-test form. The average of the experimental class was 75.25, while the average of control class was 65.25. Hence, it can be said that the score in finding intrinsic elements of experimental class was higher than contol class’ score. Hypothesis testing was conducted by using , from the calculation of hypothesis testing, it was found that the score of  was 4.61, furthermore it was consultated by table with significan level 5% = 1.68 and in level 1% = 2.42, with df level = (20+20) – 2 = 38. In table t with df level = 38, it was found that  in significan level the hypothesis was effective, because <>  namely, (1.68<4.61>2.42) thus, the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Therefore, it is concluded that concept attainment model in learning was effectively used in finding intinsic elements of short stories by the ninth grade of SMP N 4 Tarutung, academic year 2012/2013. Keywords: effectivity, concept attaiment model, intrinsic elements,

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK DRAMA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AL-ULUM MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Hasibuan, Hasmy Fauzi ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh penggunaan metode pembelajaran Listening Team dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik drama.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Al-Ulum Medan dengan jumlah  127 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa, Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan dengan tes objektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.   Kata Kunci: - Pengaruh  - Listening Team- Unsur Intrinsik Cerpen

PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KELOMPOK(BUZZ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK FILM “I’M NOT STUPID TOO” SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEBINGTINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Sitepu, Heny Roulina ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran kelompok buzz dan teknik pembelajaran tradisional dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Tebing Tinggi dengan jumlah 338 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 75 siswa yang diambil secara homogen dengan random control group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Kata kunci : Pengaruh-Teknik Pembelajaran Kelompok Buzz-Mengidentifikasi Unsur Intrinsik

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SISWA MEMPUNYAI PERTANYAAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA OLEH SISWA KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Rahayu, Siti Sri ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The research was motivated by the persistence of students who have difficulties in writing a news story, include difficulty putting the elements of news, keruntutan exposure, use short sentences and clear, kemenarikkan titles, as well as the correct use of spelling in the news that are customized by EYD (spelling in polishing) ukan. The difficulty arises due to lack of student interest and no innovation in the learning process. This indicates that the learning news writing achievement indicators do not meet the learning objectives. Therefore, the researchers tested the method intended to question student have in learning to write news. The method used in this study is quasi-experimental method with the one group pretest-posttest single group design performed on members of the population, namely the class X High School Private Prayatna field with the sample X1 grade 30 students as a class experiment. In this research, the experimental class were given the news writing skills test before and after using this method have student question. The results of the calculation of variance test group studied sample count obtained F = 1.50 and F table = 1.68. Price Fhitung <F table is 1.50 <1.68. It proves that the variance of the population is homogeneous. Calculation results obtained t0 t test outweigh the TTable 9.69> 2.04 at the 5% significance level and the calculation of nil hypothesis testing (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This proves that the method of student question have a positive influence high school students of class X Prayatna Field Learning Year 2012/2013. Keywords: Effect of method of question student have in learning to write news.

PERBEDAAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA INDONESIA SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMA NEGERI 1 KISARAN KELAS XI IPA TAHUN AJARAN 2012/2013

GANTINI, SRI ( Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed )

Basastra Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra
Publisher : Basastra

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the differences in the results of study Indonesian students studying in counseling with students who do not follow the guidance of class XI science student SMAN 1 range learning year 2012/2013. The population of all students in grade XI SMA Negeri 1 range learning year 2012/2013. Samples were taken at random technique as many as 60 people and divided into 2 groups. The first group of students who participated tutoring and group into two groups that did not participate tutoring. The method used in this research is cooperative, with multiple-choice tests as a means of gathering research data. Based on the research data that cooperative learning outcomes of students who participated tutoring had an average value of 70.33 and the learning outcomes of students who did not participate tutoring had an average value of 58.83. The results of the analysis of normality test results to learn Indonesian language students who did not participate tutoring can be seen that the price to test 0.1220 L count lilifors N = 30 with a real level α = 0.05 in the table can be L = 1.1610. after the comparison turns count L <L table or 0.1220 <0.1610 which means that the data are normally distributed, while for the tutoring take note that the price was 0.1493 with L count liliforn test with N = 30 and the real level α = 0.05 to L in table = 1.1610. after the comparison turns count <L tables or 0.1493 <0.1610 which means that the data are normally distributed. To test the hypothesis to (5.78) t table (2.00), which means that to> thitung the nil hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hiotesis (Ha) is accepted. This proves that there is a significant difference outcomes study Indonesian students who attend tutoring with students who did not participate tutoring. Keywords: learning outcomes, totoring, tutoring agencies.

Issues
All Issue Vol 7, No 4 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 3 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 2 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 7, No 1 (2018): JURNAL BASASTRA Vol 7, No 1 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 4 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 3 (2017): JURNAL BASASTRA Vol 6, No 3 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 2 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Basastra Vol 6, No 1 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 4 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 2 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Basastra Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 4 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 4 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 3 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 3 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Basastra Vol 4, No 2 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 4, No 1 (2015): basastra Vol 3, No 4 (2014): Jurnal Basastra Vol 3, No 4 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 3 (2014): Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoesia Vol 3, No 3 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 2 (2014): BASASTRA Vol 3, No 1 (2014): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2014): BASASTRA Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 2 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Basastra Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 3 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 2 (2012): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Basastra Vol 1, No 1 (2012): Basastra