cover
Filter by Year
CAKRAWALA
Cakrawala is published twice a year in June and December. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Government Issue 2. Ecomonic and Financial 3. Natural Resource and Technology, 4. Social Science
Articles by issue : Vol 8, No 1: Juni 2014
12
Articles
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Kader KB Dalam Meningkatkan Akseptabilitas Pusmupar Pada Pelayanan Kontrasepsi DI Kota Surabaya

Hariastuti, Iswari

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3704.196 KB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan semakin meningkatkan angka fertilitas dan masih tingginya cakupan kesertaan KB non-MKJP (suntik, pil, kondom) dan semakin menurunnya penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Pasangan Usia Subur (PUS). Fakta tersebut seharusnya didukung dengan semakin gencarnya akses informasi dan pelayanan secara merata dilini lapangan. Penyuluh KB, yang bertugas memberi penyuluhan pada saat ini jumlahnya semakin berkurang. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan kader KB dalam meningkatkan akseptabilitas pusmupar pada pelayanan kontrasepsi. Penelitian dilakukan di Kecamatan Sawahan dan Semampir, Kota Surabaya.

Gerakan Nasional Beternak Ayam Buras dalam Rangka Membangun Ketahanan Pangan Sumber Protein Hewani

Winarsih, Wiwik Heny

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4889.672 KB)

Abstract

Ayam buras adalah hewan piaraan yang menyenangkan dan menguntungkan karena bisa menghasilkan telur dan daging yang bergizi tinggi dan rasanya enak. Keberadaan ayam buras telah menyebar di seluruh nusantara, berkembang seiring, mengikuti penyebaran penduduk.potensi ternak ayam buras untuk dikembangkan ke skala industri berbasis masyarakat sangat tinggi. Dukungan pemerintah dalam berbagai bentuk riset dan pengmbanagan telah banyak dilakukan.ahli di bidang budidaya, pakan, dan perbibitan ternak ayam buras tersedia. Perdagangan ayam buras telah masuk ke pasar swalayan dan rumah makan. Hasil survei pada berbagai lapisan masyarakat produsen, pedagang,dan konsumenbahwa prevalensi masyarakat dalam mengkonsumsi telur dan daging ayam buras semakin tinggi seiring dengan peningkatan pendapatan dan pemahaman pentingnya mengkonsumsi sumber protein hewani yang aman, sehat utuh, dan halal (ASUH), serat rendah kandungan lemaknya. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kebijakan yang perlu ditempuh dalam rangka mensukseskan terwujudnya gerakan nasional beternak ayam buras serta menentukan waktu ideal pencanangan gerakan beternak ayam buras menuju terciptanya ketahanan pangan sumber protein hewani. 

Back Cover

Editor, Editor

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.519 KB)

Abstract

Penentuan Prioritas Penanganan Air Bersih Dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)

Novianti, Diah

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2063.163 KB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bagaimana menentukan urutan prioritas penanganan kawasan air bersih berdasarkan evaluasi kondisi yang ada mengingat adanya keterbatasan kemampuan Pemerintah dalam menangani permasalahan penyediaan air bersih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan urutan prioritas kawasan rawan air bersih yang harus ditangani berdasarkan suatu evaluasi kondisi yang ada dan penilaian tingkat kepentingan oleh ahlinya dengan menggunakan metode Analysis Hierarchy Process (AHP). AHP mampu membuat orang menyaring definisi dari suatu permasalahan dan mengembangkan penilaian serta pengertian mereka melalui proses pengulangan.

Model Pengelolaan Bina Keluarga Lansia (BKL) Di Provinsi Jawa Timur

Mardiyono, Mardiyono

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1904.129 KB)

Abstract

Secara ekonomi penduduk lanjut usia lebih dipandang sebagai beban daripada sebagai sumber daya. Banyak orang beranggapan bahwa kehidupan masa tua tidak lagi memberikan manfaat, bahkan ada yang sampai beranggapan bahwa kehidupan masa tua, seringkali dipresepsikan secara negatif sebagai beban keluarga dan masyarakat. Dari aspek sosial, penduduk lanjut usia merupakan satu kelompok sosial sendiri. Hal ini dilihat dari keterlibatan mereka terhadap sumber daya ekonomi, pengaruh terhadap pengambilan keputusan serta luasnya hubungan sosial yang semakin menurun. Penduduk lanjut usia di Indonesia menduduki kelas sosial yang tinggi yang harus dihormati oleh warga muda. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pola pengelolaan keberhasilan BKL dan model pengembangan dengan menggunakan analisis diskriptif, adapun hasilnya BKL di Jawa Timur dapat berjalan bila diintegrasikan dengan Karang Werda dan program posyandu lansia yang sudah dikenal dimasyarakat. Diupayakan pengintegrasian kerjasama mulai perencanaan, pelaksanaan, pemantauan hingga evaluasi secara kesinambungan.

Hidrolisis Santan Kelapa Menjadi Asam Laurat Menggunakan Enzim Lipase Endogeneus

Su'i, Moh., Sumaryanti, Enny, Prasetyo, Ricky, Qoyim, Rohmatul

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2335.736 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mempelajari hidrolisis santan kelapa menjadi asam laurat menggunakan enzim lipase dari daging buah kelapa. Asam laurat dapat diisolasi dari santan kelapa dengan cara hidrolisis oleh enzim lipase. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan dua faktor yaitu penambahan air dalam pembuatan santan (0%, 50% dan 100% dari daging buah) dan lama hidrolisis (12, 24 36, 48, 60 dan 72 jam). Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan air 100% dan lama hidrolisi 72 jam menghasilkan asam laurat paling tinggi yaitu 25,86%.

Penyelenggaraan Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) Di Kabupaten Tuban

HT, M. Amir

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3293.129 KB)

Abstract

Jampersal merupakan paket pelayanan, termasuk di dalamnya pelayanan KB pasca persalinan. Setiap pasien penerima manfaat Jampersal, setelah melahirkan, harus mengikuti program KB pasca persalinan. Dengan demikian, program Jampersal sejalan dengan program KB. Jampersal merupakan program Kemnkes yang berasal dari belanja bantuan sosial APBN. Dasarnya adalah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 631/MENKES/PER/III/2011. Tujuan program ini adalah mendorong percepatan pencapaian satu tujuan Millenium Development Goals (MDG's) pada 2015 mendatang, yakni menurunkan angka kematian anak dan meningkatkan kesehatan ibu. Program itu mencakup pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas, termasuk, pelayanan KB pasca persalinan. Alokasi anggaran Jampersal akan disalurkan ke tiap-tiap puskesmas. Besar kecilnya anggaran ditentukan banyaknya ibu hamil yang tercatat di lokasi pelayanan kesehatan itu. Namun jika di tengah perjalanan salah satu puskesmas kekurangan anggaran, kekurangan tersebut bisa diambilkan dari puskesmas lain yang anggarannya belum terserap habis. Jika pada tenggang akhir tahun anggaran masih tersisa, sisa anggaran tersebut harus dikembalikan ke Dinkes.

Front Cover

Editor, Editor

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.907 KB)

Abstract

Pemaknaan Pesan Pada Status Blackberry Messenger (BBM)

Fitriawardhani, Tira

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2500.474 KB)

Abstract

Semakin banyaknya pngguna smartphone Blackberry membuat peneliti memilih judul ini. Kita sudah akrab dengan istilah status yang seakan tiada henti di-posting. status yang di-update hampir setiap saat ini dapat dimaknai berbeda oleh orang lain. Memaknai sebuah pesan sederhana tentu dipengaruhi berbagai macam faktor yang kompleks baik dari segi fisik, psikis, sosial, lingkungan dan latar belakang seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana status Blackberry Messenger (BBM) dimaknai oleh orang lain. Apakah status yang dipasang hanya sekedar tulisan biasa tanpa makna ataukah memiliki makna yang dalam baik bagi penulisnya maupun pembacanya. peneliti ini menggunakan metode fenomenologi, untuk menjelaskan makna konsep atau fenomena dalam pengalaman yang disadari oleh para pemakai. Peneliti memasuki sudut pandang para informan dan berupaya memahami mereka. Peneliti tidak hanya melihat sisi perseptif para informan saja, namun juga berusaha memahami kerangka yang telah dibentuk masing-masing individu, dari waktu ke waktu, sehingga membentuk tanggapan terhadap peristiwa dan pengalaman mereka dalam pemaknaan pesan pada statusny. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pemaknaan pesan terhadap status Blackberry Messenger (BBM) bersifat subyektif dimana masing-masing individu bebas memaknai status yang dibacanya, dengan telah dipengaruhi oleh berbagai faktor. Sebuah pesan yang sama dapat menjadi positif maupun negatif karena dimaknai oleh dua individu yang berbeda latar belakang kehidupannya. Semoga penelitian ini dapat memberi wawasan intelektual menggunakan smartphone secara smart dan bijak, khsusnya dalam memposting status yang dapat menimbulkan kontroversial bagi banyak pihak.

Front Page

Editor, Editor

CAKRAWALA Vol 8, No 1: Juni 2014
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2971.543 KB)

Abstract