JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi
Paper topics that can be published in JAST are as follows: 1. Small and Medium Enterprises (UKM) or community economic empowerment 2. Application of Bioenergy Technology 3. Environmental Management; 4. Natural Resource Processing 5. Workshop and Training for the community JAST is published twice a year every June and December, published by the Faculty of Engineering, University of Tribhuwana Tunggadewi Malang.
Articles by issue : Vol 1, No 2 (2017): JAST
4
Articles
WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA MGMP MATEMATIKA SMK MALANG

Qamar, Kawakibul, Ardian, Yusriel

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi Vol 1, No 2 (2017): JAST
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Profesi Guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat penting dalam membangun insan Indonesia cerdas dan komptetitif. Konsekuensi dari guru profesional adalah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Masih terlihat adanya kelemahan dari guru untuk melakukan publikasi ilmiah, yang disebabkan kurangnya keterampilan guru-guru untuk menulis karya tulis ilmiah. Untuk itu diperlukan usaha untuk meningkatkan keterampilan guru yang dikolaborasikan dengan pengembangan diri dan karya inovatif sebagai bagian PKB dengan indikasi sudah dilaksanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi guru di sekolah adalah: (a) Keterampilan guru dalam menulis karya tulis ilmiah masih rendah, (b) Kegiatan peningkatan kompetensi di sekolah tidak menyentuh aspek keterampilan menulis karta tulis ilmiah dari setiap guru, (c) Dana kegiatan masih mengacu pada hal administratif sehingga kegiatan sangat sulit dilakukan, dan (d) Kesulitan dalam mendatangkan pihak kompeten untuk meningkatkan kompetensi menulis karya tulis sangat tinggi karena ketidaktahuan terhadap instruktur. Target luaran dari pengabdian pada masyarakat workshop penulisan karya tulis ilmiah pada guru SMK Malang adalah (a) Artikel karya tulis ilmiah yang dihasilkan dapat dipublikasikan baik dalam seminar, maupun jurnal, (b) Handout dan strategi pelatihan yang dapat diimbaskan kepada guru lain, (c) Pendampingan selama kurang lebih 2 bulan untuk mendapatkan kualitas artikel karya tulis ilmiah.

Administrasi Publikasi Online MGMP SMK Malang

Ardian, Yusriel, Qamar, Kawakibul

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi Vol 1, No 2 (2017): JAST
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah konsekuensi dari guru sebagai profesi. Guru sebagai profesi mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam menciptakan insan Indonesia cerdas dan komptetitif. Masih terlihat adanya kelemahan dari guru untuk melakukan publikasi ilmiah, yang disebabkan kurangnya keterampilan guru-guru untuk dalam mengelola artikel ilmiah sebagai hasil dari tulisan karya tulis ilmiah. Untuk itu diperlukan usaha untuk meningkatkan keterampilan guru yang dikolaborasikan dengan pengembangan diri dan karya inovatif sebagai bagian PKB dengan indikasi sudah dilaksanakan dengan baik. Permasalahan yang dihadapi guru di sekolah adalah: (a) Keterampilan guru untuk menjadi operator masih rendah, (b) Kegiatan peningkatan kompetensi di sekolah tidak menyentuh aspek keterampilan komputer sebagai bagian dari administrator publikasi online, (c) Dana kegiatan masih mengacu pada hal administratif sehingga kegiatan sangat sulit dilakukan, (d) Kesulitan dalam mendatangkan pihak kompeten untuk meningkatkan kompetensi administrasi publikasi online karena keterbatasan pengetahuan dan relasi terhadap instruktur. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah (a) kesiapan dalam mempublikasikan artikel karya tulis ilmiah, (b) Handout yang dapat diimbaskan kepada guru lain, (c) Pendampingan selama kurang lebih 3 bulan

WORKSHOP GURU MATEMATIKA MENGGUNAKAN WORD PROCESSOR FORMULA DAN PENGELOLAAN KELAS

Riyadi, Selamet, Wulandari, Tri Candra

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi Vol 1, No 2 (2017): JAST
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMP Sunan Kalijogo merupakan salah satu sekolah mengenag pertama di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang yang berbaisis pondok pesantren. Mayoritas siswa di sekolah tersebut bersumber dari pondok pesantren Sunan Kalijogo meskipun ada juga siswa yang tidak mondok tepi hanya sebagian kecil saja. Dengan realitas sepeti itu dan ditambah dengan padatnya kegiatan di pondok pesantren menyebabkan siswa kurang antusias untuk belajar di sekolah. Sehingga tidak jarang guru mengeluh kurang bisa mengendalikan kelas yang sedang diajarnya. Karena banyak siswa yang mengantuk ketika pelajaran di kelas dan ada juga siswa yang bercanda dengan teman di dekatnya ketika guru menjelaskan. Untuk mengatasi hal tersebut dan untuk menambah kondusifitas pembelajaran maka tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan pelatihan menggunakan Word Prosesor Formula dan beberapa pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut dan berbasis kurikulum 2013. Beberapa pendekatan pembelajaran yang disampaikan yaitu Inquiry Based Learning (IBL) dan Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menggunakan Word Prosesor Formula serta menambah pengetahuan guru-guru tentang pembelajaran kurikulum 2013 yang sesuai dengan kondisi sekolah tersebut. Dengan harapan pengetahuan tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kondusifitas pembelajaran di SMP Sunan Kalijogo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu pelatihan dan pendampingan. Hasil yang diperoleh yaitu guru-guru mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam pengelolaan kelas sehingga pembelajaran menjadi kondusif.

WORKSHOP PENYUSUNAN MODUL PADA MGMP MATEMATIKA SMK MALANG

Wulandari, Tri Candra, Rahayu, Sri, Pranyata, Yuniar Ika Putri

JAST : Jurnal Aplikasi Sains dan Teknologi Vol 1, No 2 (2017): JAST
Publisher : Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda dengan SMA, tentunya membuat guru SMK lebih kreatif dalam mengajar, kreatif dalam menciptakan media pembelajaran maupun sumber belajar. Selama ini, fokus pengembangan hanya berdasarkan pada kondisi fisik dan pengembangan pembelajaran, pengembangan SDM belum sampai pada masalah content setiap mata pelajaran. Hingga saat ini masih belum ada solusi nyata yang mampu mengatasi kelemahan pemahaman konsep peserta didik terutama pada mata pelajaran matematika. Pengabdi memberikan solusi agar guru membuat modul. Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar cetak yang dapat digunakan guru sebagai percepatan pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan adalah workshop dengan strategi pelatihan selama satu minggu dengan rincian kegiatan pelatihan meliputi teori, praktik dan presentasi. Pengabdian pada masyarakat dalam bentuk workshop penyusunan modul kontekstual pada guru SMK Malang adalah (a) menyusun modul matematika yang memiliki karakteristik program keahlian, (b) soal yang disusun merupakan soal matematika yang dikaitkan langsung dengan permalahan sesuai dengan kompetensi keahlian. Kata-kata kunci : workshop, modul, kontekstual, MGMP matematika SMK ABSTRACT Having a different scientific background with high school, makes vocational’s teachers more creative in teaching, be creative in learning media and learning resources. So far, the focus of development is based on the physical condition and development of learning, human resource development has not reached the subject matter content of each subject. Until now there is still no real solution that can overcome the weakness of understanding the concept of learners, especially on the subjects of mathematics. Servers provide solutions for teachers to create modules. Module is one form of printed material that teachers can use as an acceleration of learning. The activities undertaken are workshops with a one week training strategy with detailed training activities covering theory, practice and presentation. Community service in the form of a workshop on the preparation of contextual modules in teachers of SMK Malang is (a) preparing math modules that have characteristics of skill program, (b) the matter that is composed is a mathematical problem that is directly related to the error in according with the competence of expertise Keywords : contextual, module, teacher vocational school, workshop