At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
urnal ilmiah manajemen At-Tadbir menerbitkan artikel dalam ranah ekonomi, manajemen, dan bisnis dalam lingkup keuangan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sistem informasi, dan menajemen strategi. At-Tadbir diterbitkan pertama pada tahun 2017 secara online dengan volume 1 nomor 1, Januari 2016 oleh Program Studi Magister Manajemen, di bawah Program Pascasarjana Universitas Islam Kalimantan, Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin. At-Tadbir diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juli.
Articles by issue : Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
6
Articles
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERUM BULOG DIVISI REGIONAL KALIMANTAN SELATAN KOTA BANJARMASIN

Mulianti, Annisa Ratu

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian sebesar 34 karyawan Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin yang diuji menggunakan analisis regresi linear sederhana (simple regression) dengan software Statistic Programme for Service Solutions (SPSS) Versi 20.0. Hasil penelitian terhadap 34 orang karyawan tetap yang bekerja pada Perum BULOG Divre Kalsel Kota Banjarmasin, ditemukan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komitmen organisasi mampu menjawab permasalahan mengenai kinerja karyawan pada Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin. Implikasi penelitian diharapkan mampu menjadi kontribusi positif dalam meningkatkan kinerja karyawan dan kinerja Perum BULOG Divisi Regional Kalimantan Selatan Kota Banjarmasin dan penelitian yang akan datang. Kata kunci: Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan

PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT PLN (PERSERO) CABANG BANJARMASIN

Junaidi, Junaidi

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh komunikasi dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Popolasi penelitian adalah karyawan PT.PLN (Persero) Cabang Banjarmasin dengan besar sampel yang diambil sebanyak 135 sampel dan nalisis data dilakukan menggunakan program SPSS versi 21.00. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT.PLN (Persero) Cabang Banjarmasin. Hipotesis1 (H1)  : terdapat pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi secara parsial terhadap kinerja karyawan PT.PLN (Persero) Cabang Banjarmasin. Hipotesis2 (H2) : terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT.PLN (Persero) Cabang Banjarmasin. Hipotesis 3 (H3) : terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan komunikasi, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT.PLN (Persero) Cabang Banjarmasin Kata kunci: Komunikasi, Lingkungan Kerja, dan Kinerja Karyawan

ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. FINANSIA MULTI FINANCE CABANG BANJARMASIN)

Hasanah, Nurul

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas bagaimana sumber daya manusia dalam kegiatan organisasi pada perusahaan pembiayaan kreditplus yaitu PT. Finansia Multi Finance Cabang Banjarmasin agar mampu bertahan dalam menghadapi persaingan dan tuntutan pasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat penelitian eksplanatory yaitu penelitian untuk menguji hipotesis antar variabel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Finansia Multi Finance Cabang Banjarmasin yang berjumlah 60 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya kepemimpinan dan kompensasi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Kata kunci:gaya kepemimpinan, kompensasi, kinerja karyawan

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Azzahrati, Azzahrati

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja karyawan PT.Mita Dana Putra Utama Banjarmasin.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan  pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi dengan menggunakan program SPSS for windows 21. Dari hasil uji regresi didapatkan variabel  Kompetensi (X2) memiliki nilai beta paling tinggi 0,433 dengan signifikan 0,000, variabel gaya kepemimpinan (X1) nilai 0,315 dengan signifikan 0,000, variabel disiplin kerja (X3) nilai 0,224 signifikan 0,004. Nilai R Squre menunjukkan nilai 0,917 atau 91,70% ini diartikan sebagai 91,70% kinerja pada PT.Mitra Dana Putra Utama Banjarmasin di pengaruhi oleh gaya kepemimpinan, kompetensi, disiplin kerja, sisanya 8,30% dipengaruhi variabel lain. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

ANALISIS KINERJA KARYAWAN TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA

Lusiana, Herlina

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seiring dengan kemajuan yang cukup pesat dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi, secara tidak langsung berpengaruh pada majunya industri penyiaran yang  merupakan alat informasi melalui audio visual, salah satunya adalah Stasiun TVRI Kalimantan Selatan yang merupakan lembaga penyiaran publik dibawah naungan pemerintah. Persaingan yang cukup signifikan, membuat TVRI Kalimantan Selatan harus lebih memperhatikan kinerja karyawannya agar dapat memberikan produktivitas yang diharapkan. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah dengan suatu pendekatan fenomenologi dengan cara kualitatif, dengan populasi penelitian sebanyak 87 orang karyawan Non PNS dan diambil responden secara acak sebanyak 46 karyawan Non PNS. Untuk menganalisis kinerja karyawan digunakan 5 indikator yang terdiri dari variabel kesetiaan, prestasi kerja, tanggung jawab, kerja sama, dan prakarsa. Setelah proses pengumpulan data dan pengolahannya didapat hasil, dari responden karyawan TVRI Kalimantan Selatan, menunjukkan bahwa dari 5 indikator kinerja hanya terdapat 2 indikator yang menunjukkan nilai positif yaitu kesetiaan dan kerja sama, sedangkan 3 indikator lainnya menunjukkan nilai negatif yaitu prestasi kerja, tanggung jawab dan prakarsa. Pada produktivitas yang menunjukkan nilai positif hanya pada variabel konsentrasi kerja, sedangkan variabel ketepatan waktu masuk kerja, gaya kepemimpinan, hasil pekerjaan sesuai dengan harapan dan tingkat pendidikan keterampilan menunjukkan nilai negatif. Sebagaimana ditunjukkan dari hasil responden karyawan TVRI Kalimantan Selatan. Kata kunci: Kinerja Karyawan dan Produktifitas kerja.

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Bulkia, Sri

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 2, No 1 (2018): At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan terdiri dari lima indikator yaitu kehandalan (Realibility), ketanggapan (Responsiveness), kenyamanan (Assurance), kepedulian (Emphaty), dan wujud penampilan (Tangibles). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif semester genap 2014 / 2015 pada Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjary Banjarmasin yang berjumlah 8.929 orang. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin didapat jumlah sampel 99 orang responden. Hasil penelitian menemukan bahwa seluruh hipotesis dalam penelitian ini telah terbukti secara signifikan. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, koefisien korelasi sebesar 0,697 dan koefisien determinasi sebesar 0,486 untuk bagian akademik, koefisien korelasi sebesar 0,650 dan koefisien determinasi sebesar 0,423 untuk bagian kemahasiswaan, koefisien korelasi sebesar 0,630 dan koefisien determinasi sebesar 0,397 untuk bagian keuangan,koefisien korelasi sebesar 0,744 dan koefisien determinasi sebesar 0,553 untuk bagian perpustakaan, koefisien korelasi sebesar 0,691 dan koefisien determinasi sebesar 0,477 untuk penerimaan mahasiswa baru, serta koefisien korelasi sebesar 0,731 dan koefisien determinasi sebesar 0,534 untuk bagian fakultas. Implikasi pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan memiliki peran yang sama penting baik secara individual ataupun secara simultan dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa.Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mahasiswa