At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen
urnal ilmiah manajemen At-Tadbir menerbitkan artikel dalam ranah ekonomi, manajemen, dan bisnis dalam lingkup keuangan, manajemen sumberdaya manusia, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sistem informasi, dan menajemen strategi. At-Tadbir diterbitkan pertama pada tahun 2017 secara online dengan volume 1 nomor 1, Januari 2016 oleh Program Studi Magister Manajemen, di bawah Program Pascasarjana Universitas Islam Kalimantan, Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin. At-Tadbir diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan bulan Juli.
Articles by issue : Vol 1, No 1 (2017)
8
Articles
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA KOTA BANJARMASIN BERBASIS ANDROID

Mantala, Ronny

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Smartphone Android dan aplikasinya merupakan produk tehnologi mobile yang sangat popular dimasyarakat saat ini. Penerapannya untuk bidang-bidang kehidupan termasuk penggunaannya untuk menunjang kepariwisataan di tanah air sangat menarik untuk dikembangkan.Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu Sistem Informasi Pariwisata khususnya kota Banjarmasin berbasis tehnologi mobile smartphone Android, yang selain menginformasikan suatu obyek pariwisata secara lengkap, juga menginformasikan obyek wisata lain disekitar kota Banjarmasin. Sistem yang dibangun juga memanfaatkan tehnologi Google Maps dan GPS (Global Positioning System) untuk mengarahkan wisatawan ke obyek-obyek wisata yang dituju. Metode Pengembangan Sistem SDLC(Software Development Life Cycle) digunakan dalam membangun system yang meliputi tahapan-tahapan analisis sistem, desain sistem, coding, tesing dan implementasi sistem. Penelitian ini merupakan riset terapan yang bertujuan memberikan solusi praktis terhadap penyediaan kemudahan informasi tentang kepariwisataan kota Banjarmasin yang meliputi jenis wisata : Alam, Budaya, Kuliner, Religi, Sejarah dan wisata lain. Hasil analisis kelayakan (teknis, operasional, ekonomi dan hukum) menunjukkanbahawa sistem layak untuk dikembangkan.Hasil analisis Biaya Manfaat (termasuk payback period & ROI) juga menunjukkan hasil yang positif.Sistem Informasi Pariwisata Kota Banjarmasin telah diimplementasikan dan dipublikasikan, dapat diunduh aplikasinya di laman Google Play dengan nama “Wisata Banjar”.

KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PT ASURANSI ALLIANZ LIFE INDONESIA CABANG BANJARMASIN

Hikmayanti, Huwaida

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi pemasaran yang telah dilakukan, serta cara memaksimalkan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh asuransi Allianz Life Indonesia cabang Banjarmasin ialah personal selling yaitu berfokus pada tenaga keagenan. Kegiatan komunikasi pemasaran tersebut tidak maksimal untuk meningkatkan brand awareness masyarakat. Brand awareness merupakan sasaran penting yang harus di bidik perusahaan, karena keputusan pembelian berasal dari rasa aware. Oleh karena itu komunikasi pemasaran yang maksimal berperan besar dalam meningkatkan brand awareness bagi masyarakat.

PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PASER

Shalahuddin, Shalahuddin

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser yang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Paser yang secara umum bertugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dengan tujuan untuk mengkaji besarnya pengaruh faktor disiplin dan lingkungan kerja secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui faktor yang berpengaruh paling dominan dari kedua faktor tersebut terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y).Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser, alat pengukuranmenggunakan Skala Likert dan diolah menggunakan Regresi Linear Berganda. Dari hasil analisis diatas bertanda bahwa jika variabel independen yaitu disiplin dan lingkungan kerja = 0 maka variabel dependen yaitu kinerja pegawai mempunyai nilai -1,192 atau turun sebesar (119,2%), apabila variabel disiplin dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,858 atau (85,8%) dan apabila variabel lingkungan kerja dinaikkan sebesar 1 tingkatan atau 1% dengan asumsi variabel lain tetap, maka variabel kinerja pegawai otomatis akan naik sebesar 0,386 atau (38,6%). Berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan program SPSS 20 diperoleh hasil bahwa secara simultan disiplin dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena F hitung > F tabel (59,211>3,090) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05 sehingga dapat dinyatakan Ha diterima H0 ditolak. Secara parsial lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (5,949 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05. Lingkungan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Paser karena mempunyai nilai t hitung > t tabel (3,582 > 1,661) dan probabilitas signifikansinya 0,001 < 0,05. Dari kedua variabel independen, variabel lingkungan kerja memberikan pengaruh paling dominan. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 5,949 > ttabel sebesar 1,661, dan nilai signifikan 0,000< 0,05 sehingga dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak.

ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENERAPAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PRODUK SABUN MANDI MERK LIFEBOY PADA PT. UNILEVER DI BANJARMASIN

Murjenah, Murjenah, Yulianti, Farida, Lamsah, Lamsah

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Corporate social responsibility biasanya dipahami sebagai cara sebuah perusahaan dalam mencapai keseimbangan atau integrasi dari ekonomi, environment atau lingkungan dan persoalan-persoalan sosial dan dalam waktu yang sama bisa memenuhi harapan dari shareholders maupun stakeholders. Salah satu perusahaan besar yang telah menerapkan corporate social responsibility selama bertahun-tahun adalah Unilever. Unilever telah membuat program corporate social responsibility dengan baik dan sistematis. Bahkan mereka memasukkan unsur-unsur tanggung jawab sosial dalam visi dan misi mereka. Misi unilever untuk menambah vitalitas dalam kehidupan. Unilever memenuhi kebutuhan masyarakat akan nutrisi, kebersihan dan perawatan pribadi dengan menyediakan produk-produk yang akan membantu masyarakat untuk merasa, melihat dan menjadi lebih baik dalam kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksplanatori (eksplanatory research). Sebagai sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling.

STRATEGI PENGADAAN KARYAWAN PADA PT NUSANTARA BORNEO MOTOR BANJARMASIN

Imelda, Sri

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian mengetahui pengadaan karyawan, dan hambatan selama proses pengadaan karyawan pada PT Nusantara Borneo Motor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada PT Nusantara Borneo Motor terdapat rangkap jabatan. Karena itu penting dilakukan kegiatan pengadaan karyawandengan melakukan proses analisis pekerjaan, penarikan, seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi karyawan.

ANALISIS RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN TERHADAP ASSET DAN EQUITY PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK PERIODE 2012 - 2015

Shintia, Novia

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa besar behutang yang ditanggung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan bagaimana kemampuan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam membayar utangnya terhadap asset dan ekuitas dengan membandingkan rata-rata perusahaan. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui besar behutang yang ditanggung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan untuk mengetahui kemampuan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam membayar utang-utangnya terhadap asset dan ekuitas dengan membandingkan rata-rata perusahaan. Hasil penelitian ini menggunakan analisis solvabilitas dengan debt to asset ratio dan debt to equity ratio yang menunjukan bahwa dari aspek hutang yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ternyata dari tahun 2012 s/d 2015 mengalami peningkatan, sehingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki aktiva yang cukup untuk menutup piutangnya. Kemudian dilihat dari aspek ekuitasnya yang diukur dengan debt to equity ratio ternyata tidak mencukupi untuk menutupi seluruh hutangnya. Dari hasil penelitian laporan keuangan dan kaitannya dengan analisis rasio solvabilitas, maka didapat bahwa selama 4 tahun terakhir (tahun 2012-2015) yang menunjukan bahwa laporan keuangan yang dicapai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan debt to asset ratio berada pada predikat baik sedangkan debt to equity ratio berada pada predikat kurang baik.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN TRAVEL IJEJELA BANJARMASIN

Periyadi, Periyadi, Junaidi, Junaidi, Maulida, Noorlaily

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari faktorfaktor kepuasan (tangibles, reliability, resvonsibility, assurance, dan emphaty) terhadap kepuasan pelanggan travel ijejela banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan teknik regresi linear berganda.Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan konsumen (Y) Travel Ijejela Banjarmasin baik secara simultan maupun parsial. Sedangkan variabel kualitas pelayanan yang paling besar pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen adalah variabel Tangibles (bukti fisik).

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PT. SURYA SATRIA TIMUR CORPORATION JAKARTA PUSAT)

Harlie, Muhammad

At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : At-Tadbir : jurnal ilmiah manajemen

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui faktor umur berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta pusat (2) Mengetahui factor masa kerja berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta pusat (3) mengetahui factor lama ketahanan berpengaruh terhadap produktivitas kerja pada PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta pusat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta pusat lokasi pabrik Banjarmasin Kalimantan Selatan,jumlah sampel sebesar 76 responden dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara survey dan kuesioner. Teknik analisis data dengan teknik tabulasi silang prosentasi dan korelasi regresi. Hasil penelitian terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara variable umur, masa kerja dan lama pelatihan terhadap produktivitas kerja pada PT. Surya Satria Timur Corporation Jakarta pusat.