Articles by issue : Vol 14 (2017): TIARSIE 14
11
Articles
Speech Recognition System with Linear Predictive Coding Method and Hidden Markov Model Using Matlab to Identify Speakers

Andriana, Andriana, Zulkarnain, Zulkarnain

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.577 KB)

Abstract

Sistem Speech Recognition (Pengenalan Ucapan) adalah suatu proses pengenalan menggunakan MatLab yang dapat mengidentifikasi seseorang dengan mengolah suaranya. Tujuan dasar dari penelitian adalah untuk mengenali dan mengklasifikasikan ucapan-ucapan dari orang yang berbeda. Identifikasi untuk mengetahui siapa yang mengucapkan ucapan tersebut yaitu dengan cara mencocokkan karakteristik ucapan yang ada di dalam basisdata dengan ucapan masukan. Karakteristik ucapan dapat dibedakan melalui ekstraksi dengan suatu teknik pengkodean, berupa frekuensi dasar (pitch), formant dan energy. Teknik pengkodean yang umum digunakan oleh National Institute of Standar Technology (NIST) dalam peng-ekstraksian sinyal ucapan adalah  LPC (Linier Predictiv Coding). Identitas unik dari setiap orang dapat dikenali menggunakan model statistik Hidden Markov Model (HMM).

Analysis of Selection of Rice Supplier Using the Analytical Hierarchy Process Method

Rohimat, Ismet

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.083 KB)

Abstract

Salah satu aktivitas penting dalam rangkaian supply chain perusahaan adalah pemilihan supplier bahan baku. Aktivitas ini dikategorikan dalam aktivitas strategis, karena peran supplier akan turut dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Pemilihan supplier yang baik akan melancarkan seluruh proses produksi perusahaan, yang menghasilkan produk jadi maupun jasa yang berkualitas dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Apabila bahan baku yang disediakan oleh supplier berkualitas buruk, maka hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Dan apabila supplier tidak bisa menyediakan bahan baku sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka dapat dipastikan bahwa jadwal produksi akan terganggu. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini adalah menentukan supplier yang dapat memberikan performansi terbaik, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan perusahaan. Upaya untuk menjaga mutu produk warung nasi “MN” perlu menyeleksi supplier bahan baku yang kompeten dan mampu memberikan bahan baku yang berkualitas, terutama bahan baku beras. Pemilihan supplier perlu dilakukan untuk mendapatkan kriteria supplier yang benar-benar mampu memenuhi kebutuhan warung nasi “MN” secara konsisten dan berkualitas. Pada penelitian ini kriteria yang digunakan dalam pemilihan supplier yaitu kualitas, harga, fleksibel, pengiriman dan responsiveness. Supplier yang memiliki performansi terbaik dalam menyediakan bahan baku secara keseluruhan adalah supplier 1 dengan nilai bobotnya adalah 0,68 (tabel 4.6). Supplier 1 sekaligus menjadi pemenangnya.

Development of Flood and Rainfall Detection Prototype Based on Arduino Uno and GSM

Husin, Zulkarnain, Nur Aziz, Ega

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.997 KB)

Abstract

Dimusim penghujan sekitar daerah Sungai Citarum wilayah Majalaya Theater (MT), warga selalu waspada akan datangnya banjir akibat luapan sungai. Sistem pendeteksi banjir dan curah hujan yang ada saat ini belum maksimal karena informasinya bersifat lokal dan belum sampai ke masyarakat sekitarnya, sehingga masyarakat tidak sempat menyiapkan diri ketika banjir datang tiba-tiba. Oleh karena itu dirancang sebuah prototipe pendeteksi banjir dan curah hujan yang dapat menginformasikan ke masyarakat melalui sirine, lampu indikator dan telepon serta sms. Ketika ketinggian permukaan air kurang dari 100cm maka kondisi aman dan lampu indikator berwarna hijau, untuk ketinggian air diatas 100cm dan kurang dari 180cm maka kondisi siaga 2 dan lampu indikator warna kuning berkedip dan sirine berbunyi setiap satu detik, jika ketinggian permukaan air diatas 180cm dan kurang dari 230cm maka kondisi siaga 1 serta lampu indikator berwarna kuning berkedip cepat disertai sirine berbunyi setiap 200ms, dan jika ketinggian permukaan air diatas 230cm atau setara dengan permukaan tanah maka dalam kondisi awas dan lampu indikator berwarna merah serta sirine berbunyi tanpa putus dibarengi dengan melakukan panggilan telepon ke patugas pengawas serta juga ke ketua-ketua RT dan RW setempat.

3D-Based Simulation Placement of Goods Management in Warehouses Using Block Stacking Method

Yulianto, Erwin, Ilman, Benie

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.679 KB)

Abstract

Gudang merupakan salah satu prasarana yang sangat penting dalam dunia industri yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara dalam hal distribusi barang. Penempatan barang secara teratur dan efisien di dalam sebuah gudang merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan ritel, manufaktur atau jasa ekspedisi untuk mempercepat proses pengiriman dan penerimaan barang. Permasalahan yang muncul antara lain terkait dengan efisiensi penataan barang di dalam gudang sehingga mengakibatkan lamanya waktu keluar masuk barang. Untuk membantu menyelesaikan kesulitan tersebut, maka dibuat sebuah perangkat lunak yang mampu memberikan simulasi bagaimana proses penempatan barang pada gudang secara optimal. Metode pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan adalah metode Prototype, sedangkan algoritma yang akan diimplementasikan di dalam aplikasi adalah Block Stacking. Penelitian ini akan menghasilkan perangkat lunak yang mampu membuat visualisasi 3 dimensi dari simulasi penempatan jumlah barang secara maksimal pada gudang dan secara efisien dari sisi optimasi pemanfaatan ruang.

Literature Review on New Generation Cooperative Enterprise Architecture

Dwipriyoko, Estiyan

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.198 KB)

Abstract

Cooperative is a legally incorporated business organization, that built collectively by their member, and aim to fulfill their needs. New version of Cooperative is called New Generation Cooperative (NGC) that has characters as: NGC may issue shares, individuals may hold higher levels of equity through purchase of share, and membership may be limited to shareholders. Enterprise Architecture is the comprehensive conceptual design or blueprint of company and organization, which describes it’s the structures, function, and operations. The purpose of the research is to design the Enterprise Architecture for NGC. This NGC can be started as a low cost enterprise by implementing Open Business Model. The Open Business approach places value on transparency, stakeholder inclusion, and accountability. This research shall purpose the Technology part of Strategic Management, which can relate New Generation Cooperative Enterprise Architecture as new category for Open Business Model.

Calculation of Effective Structural Number Using Simple Neural Network for Some Road Links in Indonesia

Syafier, Siegfried

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.616 KB)

Abstract

In the pavement maintenance system, the parameter of effective structural number (SNeff) would be a considered factor in deciding whether a road link would be repaired or not. To calculate this parameter, it is required the testing of Falling Weight Deflectometer (FWD) and information of layer composition and thicknesses. The combination of these information and using the method of AASHTO’93, it can be calculated the SNeff. These two information generally would be gained through the testings of core drill and test pit which would take time and cost. To overcome these problems, the neural network method or precisely the artificial neural network is developed for analysis of pavement structure. From the analysis, it can be said that the neural network of single perceptron can be used for predicting the SNeff with an acceptable error. In general the value of SNeff obtained from neural network calculation is lower than that of AASHTO’93. In this paper it is also recommended to develop the neural network using multi layer perceptron for the use on pavement system analysis that might be decreasing the error.

Capacity of Pole Foundation Groups Based on NSPT on Bridge Abutment

Sutarman, Encu

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (858.897 KB)

Abstract

Kegagalan bangunan jembatan, mulai dari penurunan & kerusakan oprit, pergeseran & keruntuhan abutmen, pilar, retak dan runtuhnya lantai jembatan dll. Daya dukung ijin abutment memenuhi kapasitas yang diijinkan terhadap beban luar serta settlement dari  abutment memenuhi yang disyaratkan.  Kajian ini antara lain: daya dukung pondasi, spasi antar pondasi, hubungan kapasitas ijin pondasi tunggal terhadap kapasitas ijin group pondasi, effisiensi group dengan faktor keamanan yang disyaratkan serta settlement yang diijinkan terhadap beban rencana. Data berdasarkan proyek ruas jalan Hantar Jatigede Sumedang yang merupakan pekerjaan PLTA Jawa Barat Tahun 2013. Pengambilan tanah asli (undistrubed) dengan cara melakukan pemboran di titik lokasi rencana pondasi akan ditempatkan, kedalaman pengambilan tanah (sampling) disesuaikan terhadap daya dukung tanah yang didapat dari standard penetration test (SPT). Pengambilan  contoh tanah tidak terganggu (Undisturbed Sample) serta pengambilan contoh tanah terganggu (Disturb Sample) sesuai tujuan dan kegunaannya. Data – data tersebut antara lain ; Sifat fisis dan mekanis tanah undisturbed serta NSPT dari Lokasi BW 01 under bridge abutment Jl. Hantar PLTA Jatigede.   Analisa daya dukung pondasi berdasarkan SPT metode Meyerhof, 1976. Hasil analisa bahwa pondasi tiang pancang maupun bor pile memberikan daya dukung yang lebih besar dibandingkan dengan beban rencana. Settlement akibat beban luar lebih kecil dari settlement yang diijinkan.  Mengingat begitu pentingnya data parameter tanah yang menjadi dasar perhitungan tentunya data tersebut harus dihasilkan dengan kondisi actual serta metode yang benar.

Analysis of Hacker Attack Using Honeypot High Interaction

Sari, Wahyu Purnama, Adhi Palguna Putra, I Nyoman

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (610.403 KB)

Abstract

Information is a corporate asset that should be kept confidential access to parties who are not responsible. Aspects of the security of the information to be protected includes the Confidentiality, Integrity and Availability. A wide range of attacks and threats can be made to take over the assets of the desired information. A hacker is someone who has the ability to penetrate security systems of a company. There are several types of hacker attacks performed, i.e. SQL Injection, Cross Site Scripting (XSS), Brute Force, Distributed-Denial-of-Service (DDoS), Inclusion, Code Injection and more. Honeypot is a security technology that aims to identify, find security gaps and contribute actively when there are security intrusions on information technology activities. High Interaction Honeypot (Hihat) may record and collect information more specific attacks and more. The type of attack that was recorded by the Honeypot Hihat is then analyzed to find out the type of attack that most got into XYZ Company.

Selection of Pick Up Freight Fleet in CV. Sehati Transport

Nurjaman, Risris

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.224 KB)

Abstract

Sehati Transport merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang pengiriman barang (ekspedisi). Pengiriman barang berdasarkan order dari suatu perusahaan menuju perusahaan lain. Armada yang dipakai tentunya berbeda sesuai dengan spesifikasi barang. Kategori barang terdiri dari barang berbahaya dan beracun (B3), barang mudah pecah, barang lainnya yang dikategorikan ringan. Sendangkan ukuran pengiriman terdiri dari partai besar, partai sedang dan partai kecil. Saat ini armada yang memerlukan perhatian yaitu untuk pengiriman barang dengan partai kecil. Armada angkutan untuk partai ini yaitu jenis pickup. Dengan mobilitas yang cukup tinggi dan umur pakai yang sudah lama (di atas 5 tahun), perusahaan berencana akan mengganti dengan armada baru. Banyaknya pabrikan otomotif memberikan alternatif dengan berbagai keunggulan dan kelemahan. Perusahaan dalam hal ini asisten manajer bagian umum bertanggung jawab untuk menyediakan angkutan barang tersebut. Terdapat tiga produsen yang menyediakan kendaraan jenis pickup ini yaitu “Z”, “H”, dan “B”. Dikarenakan terdapat kekurangan dan kelebihan baik teknis maupun non teknis, maka perusahaan menginginkan suatu cara yang lebih baik untuk menentukan kendaraan mana yang akan dipilih. Metode yang dipakai untuk pendekatan pemilihan alternatif yang dipandang sesuai yaitu analisis hierarki proses (AHP). AHP melibatkan kriteria baik yang dapat diukur maupun yang tidak dapat diukur. Dalam pelaksanaannya, metode AHP dilakukan dengan penilaian perbandingan berpasangan antar kriteria satu dengan kriteria lainnya. Penilaian juga dilakukan pada setiap kriteria terhadap alternatif keputusan. Hasil yang didapatkan berdasarkan bobot global yaitu sebesar 0,458 terdapat pada sarana angkutan barang “Z”. Hal ini mengindikasikan bahwa “Z” lebih disukai dibandingkan dengan “H” dan “B”. Hal lain yang menjadi pertimbangan yaitu rasio konsistensi yang menunjukkan konsistensi penilai dalam meberikan penilaian terhadap kriteria dan alternatif. Nilai konsistensi yaitu sebesar -0,0107 atau lebih kecil dari 0,1. kesimpulan akhir bahwa “Z” dapat dijadikan armada yang lebih baik dibandingkan dengan “H” dan “B”.

Soil Stability with the Addition of Coconut Husk Ash to Increase Bearing Capacity

Fatah, Abdul

JURNAL TIARSIE Vol 14 (2017): TIARSIE 14
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.682 KB)

Abstract

Tanah memiliki sifat yang unik, karena itu untuk setiap daerah keadaan tanahnya memiliki sifat-sifat yang berbeda.  Untuk mengetahui sifat dan kekuatan tanah perlu dilakukan penelitian.  Tujuannya setiap kawasan yang diperuntukan untuk konstruksi bangunan dapat digunakan sebagaimana mestinya dan tidak menimbulkan masalah. Tanah yang mengandung mineral monmorilonite, apabila kondisi kering cepat mengkerut tampak di permukaan tanah retak-retak dan sebaliknya jika kena air cepat mengembang , bahkan cepat menjadi bubur.  Dengan melalui percobaan stabilisasi tanah yang dicampur dengan Abu Sabut Kelapa (ASK) yang mengandung silika tinggi, maka tanah campuran akan memiliki sifat pozzolon ( Bakri : 2008). Abu Sabut Kelapa (ASK) yang digunakan adalah sisa pembakaran ASK dari daerah Cibodas Kecamatan Jatiwangi.  Dalam penelitian ini kami lakukan pengujian CBR unsoaked dengan waktu peraman yang berbeda serta campuran yang berbeda pula.  Hasilnya dapat Meningkatkan Stabilitas Tanah , hasil Triaksial UU untuk campuran ASK sebesar 5%, 10% dan 15% dapat menaikan nilai kohesive (c) .  Dari hasil uji Triaksial UU nilai optimum penambahan Abu Sabut Kelapa (ASK) terjadi pada campuran 10%.