cover
Filter by Year
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi merupakan wujud karya ilmiah tentang kajian ilmu komunikasi yang melingkupi hasil penelitian dengan tema atau topik yang dibahasa dalam jurnal Wacana meliputi kajian ilmu komunikasi baik Komunikasi Politik atau pun Komunikasi Lintas Budaya; Strategic Communication meliputi Kehumasan, Periklanan, IMC, maupun Branding; Analisis Teks, Semiotika; dan juga Media Studies.
Articles by issue : Vol 3, No 11 (2005)
5
Articles
PEMAHAMAN SBY SEBAGAI KOMUNIKATOR SALAH SATU KUNCI KEMENANGAN PEMILU

Sundoro, Panggih

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 3, No 11 (2005)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Susilo Bambang Yudhoyono atau yang biasa disingkat SBY, bersama Jusuf Kalla atau yang biasa disingkat dengan JK, oleh Komite Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden pada bulan Oktober 2004, telah dinyatakan menang dalam pemilu, untuk menduduki kursiPresiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.Dua kali dalam Pemilu yang telah dilaksanakan dalam rangka pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, dua kandidat Presiden dan Wakil Presiden ini yaitu SBY dan JK telah memenangkannya. Pemilu yang pertama pada tanggal 20 Mei 2004, SBY dan JK mendapat urutan pertama dari lima pasang kandidat lainnya. Urutan perolehan suara pertama pasangan SBY dan JK, urutan kedua Mega -Hasyim, urutan ketiga Wiranto-Salahudin, urutan keempat Amin Rais-Siswono dan yang terakhir adalah Hamzah-Agum.

KEPUASAN PELANGGAN, KUNCI SUKSES PEMASARAN

Hermawan, Herry

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 3, No 11 (2005)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dunia ini tidak ada dua atau lebih manusia yang diciptakan secara sama.  Jika tidak percaya coba saja selidiki masing-masing sidik jarinya. Setiap manusia berbeda satu sama lainnya, mereka memiliki ciri khasnya  maing-masing.  Dalam mengkaji  peri/aku pelanggan ternyataperbedaan yang munculjauh lebih banyak daripada perbedaan sidikjari manusia. Kendati demikian, secara umum, kita dapat melihat hal-hal yang mendasari perilaku pelanggan melalui tiga sumber primer yang mereka miliki dan yang senantiasa mereka jadikan  landasan dalam proes pertukaran. Ketiga sumber ini adalah ekonomi, temporal dan kognisi, atau dalam istilah praktisnya uang, waktu dan perhatian

ANALISIS WACANA BERITA ATAS POSISI HU KOMPAS DAN REPUBLIKA PADA KASUS INTIFADA II 28 SEPTEMBER 2000

Sandro, Sandro, Ronda, Mirza

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 3, No 11 (2005)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

"Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai efrat ... "Kitab kejadian 15: 18 itulah awal dari konflik yang berkepanjangan antara lsrael-Palestina. Ayat kitab suci tersebut berisikan perjanjian antara Tuhan bangsa Israel dengan Abraham/Ibrahim. Kemudian pada tahun 1897 diadakan kongres pertama Zionis di Basie, Swis. Pada waktu  itu, peserta kongres  sepakat  untuk mewujudkan  gagasan Theodor Herzl yakni mendirikan sebuah kampung halaman bagi orang Yahudi di Palestina. Selanjutnya dikeluarkan Deklarasi Balfour 1917, yaitu surat Menteri Luar Negeri lnggris James Arthur Balfour kepada Baron Rothchild, seorang Yahudi Amerika, sebagai  pemicu kedua terjadinya konflik antara Bangsa Arab dengan bangsa Yahudi. Surat tersebut, berisikan jaminan Pemerintah lnggris atas  terbentuknya sebuah negara Yahudi yang berkedudukan di tanah Palestina, dengan catatan ada jaminan bahwa hak penduduk asli di daerah itu dihormati.

POSTMODERNISME

Achmad, Ardan

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 3, No 11 (2005)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fenomena kejahatan, khususnya kejahatan terorisme, menunjukkan peningkatan secara kualitas dan kuantitas yang merupakan ancaman yang paling serius bagi dunia intemasional,juga bagi bangsa  Indonesia diawal abad ke XXI ini. Negara Indonesia sendiri telah didera terorisme sejak awal kemerdekaan, ketika masa orde baru dan marak pada era reformasi.

KOMUNIKASI DAN BUDAYA ORGANISASI

Murwani, Endah

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 3, No 11 (2005)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Budaya organisasi merupakan topik yang banyak diperbincangkan dan diteliti sejak awal tahun 1980-an. Hofsedemengamati bahwa istilah organizational cultures masuk ke literature akademis di Amerika pada artikel On Studying Cultures dalam Administrative Science Quarterly oleh Pettigrew tahun 1979. Blake dan Mouton membahasnya dengan istilah climate. Kemudian istilah corporate culture digunakan oleh Silverweig dan Allen. Corporate Culture menjadi terkenal ketika Deal dan Kennedy (1982) menulis buku dengan judul tersebut.