cover
Filter by Year
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi merupakan wujud karya ilmiah tentang kajian ilmu komunikasi yang melingkupi hasil penelitian dengan tema atau topik yang dibahasa dalam jurnal Wacana meliputi kajian ilmu komunikasi baik Komunikasi Politik atau pun Komunikasi Lintas Budaya; Strategic Communication meliputi Kehumasan, Periklanan, IMC, maupun Branding; Analisis Teks, Semiotika; dan juga Media Studies.
Articles by issue : Vol 16, No 2 (2017)
12
Articles
PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI INFRASTRUKTUR NEGARA BERKEMBANG

Lubis, Adiella Yankie

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.657 KB)

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi tumbuh bersamaan dan keduanya saling berdampak satu sama lain, satu perspektif kehidupan yang memiliki dampak langsung terhadap orang lain juga adalah budaya. Dalam penelitian berbasis literatur ini, kita akan melihat implikasi dari pernyataan tersebut, untuk membuatnya jelas, peneliti akan membagi penelitian ini menjadi tiga bab utama. Yaitu e-government, peran teknologi komunikasi, dan aplikasinya. Peneliti menggunakan jurnal-jurnal berskala internasional yang mengangkat isu penggunaan teknologi komunikasi dalam infrastruktur. Diskusi dalam penelitian ini memperlihatkan ragam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai negara seperti Sri Lanka dan Bangladesh, beserta dengan bahasan keefektifan penggunaan tersebut hingga regulasi dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, serta penggunaan bahasa Ibrani sebagai bahasa global dalam internet yang mulai ter-desentralisasi oleh penggunaan bahasa oleh masing-masing negara, seperti bahasa arab dalam coding sistem webview di negara Arab Saudi

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FAIR N PINK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Rahman, Iik Arif, Panuju, Redi

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.916 KB)

Abstract

Mudahnya mendapatkan informasi dalam akses internet yang didukung dengan adanya beberapa aplikasi chating media sosial telah merubah pola penjualan barang oleh para pengusaha. Strategi komunikasi pemasaran produk secara online melalui akun Instagram menjadi fokus penelitian pada penulisan jurnal ini. Akun @FairNPink Surabaya  menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran secara online dalam menjalankan promosi bisnisnya. Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran produk Fair N Pink melalui media sosial Instagram. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sementara teori yang digunakan adalah teori komunikasi pemasaran. Simpulannya strategi komunikasi pemasaran produk  Fair N Pink melalui media sosial instagram  Fair N Pink Surabaya memanfaatkan instagram dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran online dengan memanfaatkan fitur yang ada di dalam instagram.

KEARIFAN LOKAL SUNDA DALAM PEMANFAATAN TANAMAN BERKHASIAT OBAT OLEH MASYARAKAT CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT

Susanti, Santi, Sukaesih, Sukaesih

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.503 KB)

Abstract

Keanekaragaman hayati Indonesia memberikan banyak manfaat bagi penduduk nusantara, salah satunya sebagai obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kearifan lokal dalam pemanfaatan tanaman berkhasiat obat oleh masyarakat Desa Sumur Bandung dan Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan, pemanfaatan tanaman berkhasiat oleh masyarakat Desa Sumur Bandung dan Desa Gunung Masigit merupakan warisan dari leluhurnya. Tumbuhan yang dimanfaatkan tidak hanya yang dikategorikan tanaman obat, juga sayuran yang memiliki khasiat menyembuhkan. Pengetahuan cara menanam dan khasiat tanaman diperoleh dari beragam sumber dan pengetahuan tersebut diwariskan kepada generasi selanjutnya. Kesimpulan dari penelitian ini, pemanfaatan tanaman berkhasiat obat merupakan bentuk kearifan lokal dalam memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia sebagai sumber pangan dan sebagai penyembuh.

PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA ATASAN – BAWAHAN TERHADAP MOTIVASI KERJA PEGAWAIPADA BADAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN TEBO

Martha, Zike, Diego, Diego, Edlina, Ria

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.134 KB)

Abstract

Komunikasi didalam organisasi mengalir secara vertikal yakni komunikasi dari atas kebawah dan dari bawah keatas dari pimpinan kebawahan dan sebaliknya secara timbal balik. Rumusan masalah penelitian bagaimana pengaruh komunikasi antar atasan–bawahan terhadap motivasi kerja pegawai pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo, sedangkan tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh komunikasi atasan-bawahan terhadap motivasi kerja pegawai pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksplantif dengan menggunakan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan di lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo sebanyak 250 orang dengan menggunakan simple random sampling dan menggunakan regresi linier sederhana dengan menggunakan ά sebesar 5%. Berdasarkan hasil pengujian statistik terhadap hipotesis–hipotesis penelitian diperoleh hasil bahwa komunikasi atasan – bawahan mempunyai pengaruh positif terhadap motivasi kerja pegawai Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tebo kedua variable mempunyai hubungan yang kuat.

EKSPRESI IDENTITAS KOMUNITAS MOTOR FBI (FREEDOM BIKERS INDONESIA)

Candraningtyas, Dinda Novia, Prawiradiredja, Sanhari

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.815 KB)

Abstract

Komunikasi bisa membentuk identitas seseorang maupun kelompok. Identitas bisa ditunjukkan melalui simbol-simbol komunikasi verbal dan non verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspresi identitas komunitas motor Freedom Bikers Indonesia (FBI) Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan pendekatan teori identitas. Penelitian ini menggunakan dokumentasi, pengamatan observasi dan wawancara mendalam. Dalam penelitian ini, identitas komunitas FBI ditunjukkan melalui komunikasi verbal dan non verbal. Dalam komunikasi verbal, lebih sering menggunakan bahasa “Suroboyoan”. Namun, identitas komunitas motor FBI lebih banyak ditunjukkan melalui komunikasi non verbal, seperti motor yang digunakan bebas namun menggunakan paneng yang merupakan identitas khusus untuk member resmi FBI, modifikasi motor, spanduk, rompi, stiker bergambar logo komunitas FBI sendiri maupun komunitas atau club motor lain. Komunikasi non verbal lebih banyak ditunjukkan karena lebih mudah dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat awam. Dari hasil penelitian, Komunitas motor FBI lebih banyak memperkenalkan identitasnya melalui logo FBI yang terdapat pada stiker, rompi, paneng, dan spanduk. 

SEKOLAH KEJURUAN SEBAGAI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DJARUM FOUNDATION

Sulaeman, Dede, Mona, Leila

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (749.387 KB)

Abstract

Beroperasi di tengah ketatnya persaingan bisnis rokok, derasnya tekanan masyarakat maupun kebijakan pemerintah Djarum membutuhkan strategi bisnis yang kreatif. Program CSR Djarum Foundation dalam bentuk Program Sekolah Kejuruan  (Vocational School) dipercaya menjadi salah satu strategi korporasi dalam upaya untuk bertahan bahkan mengembangkan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan program Sekolah Kejuruan Djarum Foundation, strategi komunikasi, dan legitimasi masyarakat terhadap program. Penelitian deskriptif kualitatif ini mengumpulkan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Sekolah Kejuruan merupakan program CSR yang unggul, tidak mudah ditiru, dan berhasil mencapai tahap sustaining survival. Komunikasi program Sekolah Kejuruan dilakukan dengan pemilihan media, sasaran, isi pesan, dan narasumber secara efektif. Pendekatan tersebut menguatkan posisi strategis Djarum Foundation di level nasional dan internasional. Sekolah  Kejuruan Djarum juga memperoleh legitimasi yang tercermin dari antusiasme masyarakat terhadap program; meningkatkan ekonomi masyarakat Kudus; dan apresiasi pemerintah baik daerah maupun pusat.

KEPUASAN REMAJA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTRAGRAM DAN PATH

Arianti, Gusmia

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (952.864 KB)

Abstract

Semakin berkembangnya teknologi informasi mengakibatkan penyebaran informasi menjadi semakin berkembang, salah satunya dengan munculnya media baru. Sebagian besar aktivitas kehidupan masyarakat tidak dapat dipisahkan dengan internet. Media sosial yang banyak digunakan saat ini adalah Instagram dan Path. Penelitian ini bertujuan menganalisis fenomena penggunaan media sosial dengan fokus kajian pada kredibilitas media sosial untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan menjawab persoalan tentang aktualisasi uses and gratification theory, khususnya penggunaan media sosial Instagram dan Path. Atribut-atribut kepuasan penggunaan media sosial Instagram dan Path yang digunakan adalah untuk interaksi sosial, mencari informasi, menghabiskan waktu, hiburan, relaksasi, kegunaan berkomunikasi dan kenyamanan. Tingkat kepuasan pengguna media sosial yang paling tinggi adalah pengguna Instagram di kalangan Mahasiswa, artinya kalangan mahasiswa merasa sangat puas dengan fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh Instagram. Secara umum, remaja merasa puas dengan menggunakan Instagram dibandingkan dengan Path.

STRATEGI PROGRAMMING PADA PROGRAM “HAFIZ INDONESIA 2015” RCTI UNTUK MEMPEROLEH RATING SHARE TINGGI

Kutanto, Haronas

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.416 KB)

Abstract

Program televisi Hafiz Indonesia menampilkan anak-anak muda berbakat dalam menghafal Al-Quran. Tujuan Penelitian ini mengetahui Strategi Programing Pengemasan Program Acara Hafiz Indonesia 2015 di RCTI guna memperoleh rating share tinggi. Metode penelitian ini dengan menggunakan kualitatif, Deskriptif teori yang di gunakan yaitu Konsep Produksi Fred Wibowo. Hasilnya yaitu strategi stripping pada saat jumlah audiens besar, strategi checker boarding pada saat jumlah audiens mengalami penurunan, strategi tentpoling untuk memperkenalkan program barunya. Proses perencanaan program Hafiz Indonesia dilakukan secara bersama-sama, dimulai dari program analyst. Kegiatan pra produksi akan ditayangkan dan dimulai dengan penuangan ide atau gagasan ke dalam outline yang berisikan gambaran program suatu acara. Narasumber yang dipilih adalah orang yang memiliki kredibilitas dan mengetahui dengan pasti mengenai topik yang akan dibahas. Secara teoritis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang konstruktif bagi pengembangan dan pengkajian ilmu komunikasi umumnya, secara praktis ini  diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan.                 

STRATEGI KAMPANYE POLITIK PASANGAN JOKOWI-JK PADA POLITIK PEMILIHAN PRESIDEN 2014.

Damayanti, Novita, Hamzah, Radja Erland

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.013 KB)

Abstract

Kampanye politik pasangan Jokowi-Jk pada Pemilihan Presiden 2014 berhasil memenangkan hati rakyat Indonesia dengan terpilihnya pasangan tersebut. Pada Pilpres ini muncul sosok yang berbeda dengan gayanya yang sederhana dan dekat dengan rakyat.  Kampanye politik Jokowi – Jk pada Pilpres 2014 memiliki keunikan tersendiri dan berhasil memenangkan pemilihan presiden. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kampanye politik pasangan Jokowi-JK capres-cawapres Pilpres 2014. Teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini: komunikasi politik, kampanye politik, debat politik dan pencitraan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dengan wawancara, analisis dokumen serta menggunakan metode studi kasus pada penelitian ini.Strategi kampanye politik Jokowi-JK dalam Pilpres 2014 adalah kerja nyata dengan rakyat. Implementasi kampanye yang dilakukan pada saat itu adalah blusukan, pesta rakyat, partisipasi masyarakat, dankampanye rakyat. Slogan salam dua jadi serta kerja menjadi bagian dalam kampanye tersebut. Ikon kemeja kotak-kota dan kemeja putih menjadi simbol bagi pendukung Jokowi-JK

DAMPAK KOMUNIKASI POLITIK DAN OPINI PUBLIK TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT

Indrawan, Raden Mas Jerry

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.089 KB)

Abstract

Salah satu tujuan komunikasi politik saat ini adalah pembentukan opini publik. Hal ini ditambah bahwa sekarang manusia hidup di tengah-tengah era keterbukaan dan transparansi, seperti contohnya di Indonesia dewasa ini. Komunikasi politik yang dilakukan para elit politik tidak akan berjalan maksimal tanpa pembentukkan opini publik. Popularitas para kandidat politik tidak akan naik jika tidak ditunjang oleh signifikannya opini dari publik terhadap mereka. Karena itu, komunikasi politik dan opini publik memeliki keterkaitan yang erat karena keduanya saling menunjang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana dampak komunikasi politik, opini publik, dan media terhadap perilaku masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era digital ini media adalah sarana paling efektif dalam pembentukkan opini publik. Selain itu, partisipasi dan keterlibatan masyarakat di dalam dunia politik juga dipengaruhi oleh proses komunikasi politik dan opini publik yang beredar di tengah-tengah mereka.