cover
Filter by Year
WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Wacana, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi merupakan wujud karya ilmiah tentang kajian ilmu komunikasi yang melingkupi hasil penelitian dengan tema atau topik yang dibahasa dalam jurnal Wacana meliputi kajian ilmu komunikasi baik Komunikasi Politik atau pun Komunikasi Lintas Budaya; Strategic Communication meliputi Kehumasan, Periklanan, IMC, maupun Branding; Analisis Teks, Semiotika; dan juga Media Studies.
Articles by issue : Vol 14, No 3 (2015)
5
Articles
REPRESENTASI SOSOK SUPERHERO HULK DALAM IKLAN LIFEBUOY HANDWASH VERSI CHANGING COLOUR

Antokosuryo, Ario

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 14, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.094 KB)

Abstract

Pada penelitian ini yang berjudul “Representasi Sosok Superhero Hulk Dalam Iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour” penulis akan menggungkapkan makna denotasi, konotasi dan mitos yang ada dalam iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour ini, serta makna penggunaan figur Hulk dalam iklan tersebut. Adanya sosok Hulk sebagai pahlawan super yang berasal dari Amerika dalam iklan tersebut, hal itu yang mendasari penulis memilih iklan Lifebuoy Handwash versi Changing Colour ini untuk melakukan penelitian. Penulis mengungkapkan tanda dan makna dalam iklan ini menggunakan teori Semiotika Roland Barthes. Makna dan tanda akan dimaknai secara denotasi, konotasi dan mitos agar terungkap realitas sosial yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang hasilnya akan mengungkap makna terhadap suatu fenomena. Dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes diharapkan dalam mengungkapkan makna dari penggunaan figur Hulk dalam iklan ini. Hasil penelitian menunjukan terdapat tanda-tanda denotasi dari kegemaraan anak-anak terhadap figur Hulk yang menjadi mainan dan kaos yang digunakan anak tersebut dalam iklannya. Lalu dari tanda-tanda tersebut ditemukan makna konotasi dan mitos bahwa sosok figur Hulk masuk kedalam imajinasi anak sehingga anak tersebut merasa dirinya sebagai pahlawan super. Hingga saat ini mitos pahlawan super masih menjadi kegemaran anak-anak dan dapat memasuki imajinasi anak-anak. Dengan demikian penelitian ini dikerjakan oleh penulis sendiri.

KOMODIFIKASI ANAK DALAM PENTAS BUDAYA POPULER

Yunitasari, Yunitasari

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 14, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.037 KB)

Abstract

This study aims to learn about the performance and the co-modification of children in Idola Cilik singing contest program on RCTI through text analysis, to determine the background of its production and capitalism whichchanges the value of effectiveness into exchange rate on RCTI’s “Idola Cilik” program through social cognition analysis, and to find out the interpretation of the Chairman of the National Commission on Child Protection and communication experts on “Idola Cilikl” singing contest program through social context.This study uses qualitative research methods through Van Dijk’s critical discourse analysis, which includes analysis of the level of text, social cognition and social context.The results showed (1) Based on the analysis of the text, the performance and the co modification of children in the “Idola Cilik” is actually a result of television media industry as a business institution (RCTI). This has become a commodity, to be bought and sold, and controlled by market mechanisms, through a program rating, which ultimately is profit-oriented. (2) Based on the analysis of social cognition, RCTI’s “Idola Cilik” programwas created due to the lack of special programs for children. “Idola Cilik” is a popular culture with instant characteristics and is market oriented. The practice of capitalism is seen in the television industry althoughRCTI as a capitalist is trying to show that exploitation does not happen, by creating a number of provisions, for the sake of achieving their interests, making it look as if it is not they who did the co modification of children. (3) Based on the social context, Idola Cilikl” has generated positive interpretation, the program can become a means of developing talent and increasing the potential of the children according to children characteristics. There is also a negative interpretation that the program is a form of co modification of children, which leads toexploitation and making it potentially violates the rights of children

AM I POLITICAL ENOUGH?: PRAKTEK E-CITIZENSHIP OLEH PEMUDA YANG AKTIF DALAM OKP SECARA OFFLINE

Murti, Desideria Cempaka Wijaya

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 14, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.122 KB)

Abstract

Aktualisasi partisipasi politik pada banyak negara memang terlihat wajar menggunakan media konvensional sebagai wujud keterlibatan setiap orang dalam memberi dukungan terhadap kegiatan politik. Tulisan ini, memberikan wacana terhadap media online sebagai wadah bagi partisipasi politik, khususnya para pemuda di Indonesia. Tulisan ini merupakan hasil penelitian dengan menggunakan metode penelitian diskusi atau Focus Group Discusion (FGD) dengan para peserta adalah pemuda dari organisasi kepemudaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana mereka berdiskusi dalam wadah organisasi pemuda ini, serta mengetahui dinamika hubungan organisasi ini dengan jaringan serta aktifitas online mereka. Untuk itu peneliti akan menggunakan jenis organisasi yang berbeda untuk melihat bagaimana sebuah komunitas sipil bergerak dalam politik via media online baik secara organisasi maupun individu. Penulis menggunakan metode sistematik deskriptif untuk melakukan interpretasi dan analisis data dari Tape recording dan transkrip oleh notulen.

KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI

Anggraini, Siti

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 14, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.003 KB)

Abstract

Periode emas bagi perkembangan anak nampaknya masih banyak kurang diperhatikan dan dipahami oleh sebagian masyarakat kita. Akibatnya berdampak terhadapm kesiapan anak memasuki jenjang persekolahan. Periode kritis iuni memerlukantiga pilar utama yaitu gizi, kesehatan, dan pendidikan. Ketiga aspek ini besar pengaruhnya terhadap kualitas anak dikemudian hari. Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya gizi dan kesehatan untukn pengingkatan kualitas anak nampaknya jauh lebih baik dari pada kesadaran untuk pentingnya pendidikan.Hasil-hasil penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan intelektual terjadi sangat pesat paea tahun-tahun awal kehidupan anak. Dalam hal ini tiga tahun pertama sangat menentukan bagi perkembangan selanjutnya. Banyak pakar mengingatkann bahwa masa dini adalah masa keemasan bagi perkembangan kecerdasan anak. Salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh Benyamin S. Bloom yang diperkuat oleh U. Sihombing (2001 p.2) adalah bahwa pada usia 4 tahun kapasitas kecerdasan anak sudah mencapai 50% dan pada usia 8 tahun bertambah menjadi 80%. Kemudian sisanya sekitar 20% terjadi pada masa duapuluhan tahun dikala anak menginjak dewasa.Pembinaan terhadap tumbuh kembang anak pada masa dini bersifat komplek dan multidimensi. Pembinaa anak secara utuh tidak bisa lepas dari tiga aspek utama yaitu perawatan dan perlindungan kesehatan, pemberian makanan dan gizi yang cukup, serta pengasuhan dan pendidikan sesuai dengan tahap perkembangan dan potensi anak.

STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS CV. SINAR BARU LENTERA DALAM MEMENANGKAN TENDER JASA KONSTRUKS

Karbia Noor, Siti Zerona

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Vol 14, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.722 KB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Strategi Komunikasi Humas CV Sinar Baru Lentera dalam Memenangkan Ten-der Jasa Konstruksi.” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan seorang Humas dalam mengkomunikasikan jasa konstruksi CV Sinar Baru Lentera dan memperoleh suatu pencapaian perusahaan yaitu tender pembangunan. Teori yang digunakan adalah 7 - cs PR Communications di mana di dalam teori ini menjelaskan bahwa posisi dan tugas Humas, memberikan informasi perusahaan secara mendetail dan menyampaikannya secara berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendapatkan data akurat yang menjelaskan dan menggambarkan secara rinci mengenai Strategi komunikasi Humas CV Sinar Baru Lentera dalam memenangkan tender jasa konstruksi. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa wawancara mendalam, pengamatan langsung dan penelaahan dokumentasi . Hasil penelitian yang diperoleh adalah strategi komunikasi yang dipakai Sinar Baru Lentera adalah mengacu pada program yang ditawarkan kepada client dan sesuai dengan kebutuhan client, juga difokuskan kepada pengenalan perusahaan. Kunci perusahaan CV Sinar Baru Lentera berada pada Humas. Strategi komunikasi perusahaan dalam memenangkan suatu tender adalah dengan memberikan program perusahaan yang disesuai-kan kebutuhan client dan pelayanan sebaik mungkin serta menjadi apa yang di inginkan client dan didukung dengan kualitas pembangunan yang baik.