cover
Filter by Year
Jurnal Manajemen Pemasaran
Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset. 2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan. 3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.
Articles by issue : Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
6
Articles
‚Äč
PROMOSI MELALUI SOSIAL MEDIA, BRAND AWARENESS, PURCHASE INTENTION PADA PRODUK SEPATU OLAHRAGA

Semuel, Hatane, Yohanes Setiawan, Kelvin

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian menganalisa pengaruh promosi, brand awareness, dan purchase intention produk sepatu olahraga di Surabaya melalui sosial media. Sosial media yang digunakan berpromosi berupa foto produk ataupun potongan harga dipublikasikan di Instagram, facebook, dan twitter. Sampel penelitian 100 responden masyarakat Surabaya yang telah melihat promosi di sosial media sepatu olahraga Specs. Pengukuran promosi (X1) dengan indikator need recognition, finding buyers, brand building, evaluation of alternatives, dan customer retention. Pengukuran purchase intention (Y2) dengan indikator rangsangan, kesadaran, dan pencarian informasi. Pengukuran Brand awareness (Y1) dengan indikator konsumen paham merek produk, mampu membandingkan merek produk di antara pesaing, dan mampu mendeskripsi ciri merek produk dengan cepat. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Promosi berpengaruh positif terhadap brand awareness produk sepatu olahraga yang digunakan; (2) Brand awareness berpengaruh positif terhadap purchase intention; (3) promosi berpengaruh positif terhadap purchase intention. Brand awareness dapat menjadi mediasi antara promosi dan purchase intention

PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK GREEN TEA ESPRECIELO ALLURE

Setiawan, Livya

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Celebrity Endrosement terhadap Purchase Intention dengan mempertimbangkan faktor Brand Awareness. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 100 orang responden yang pernah melihat Celebrity Endorsement di Instagram terhadap Green tea Esprecielo Allure. Teknik analisa yang digunakan merupakan teknik analisa kuantitatif.Hasil penelitian dari 100 masyarakat yang pernah melihat Advertising Celebrity Endorsement produk green tea Esprecielo Allure di Social media Instagram menemukan bahwa Celebrity Endorsement berpengaruh positive terhadap Purchase Intentionsecara langsung maupun tidak langsung melalui Brand Awareness

PENGARUH DIGITAL MARKETINGTERHADAP ORGANIZATIONAL PERFORMANCE DENGANINTELLECTUALCAPITAL DANPERCEIVED QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI HOTEL BINTANG EMPAT DI JAWA TIMUR

Laksana, Daniel, Dharmayanti, Diah

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan pariwisata di Indonesia terutama di kota besar seperti Surabaya mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satunya yitu industri perhotelan. Dengan adanya teknologi yang berkembang pesat, media digital digunakan dalam segala aktivitas pemasaran di industri perhotelan ini dalam rangka meningkatkan performa organisasi dari perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variable Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Terdapat 120 responden karyawan hotel bintang empat di Jawa Timur yang menjadi sampel. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis

PENGARUH LOGISTICS SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER RETENTION DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA INDUSTRI EKSPEDISI LAUT DI SURABAYA

Japarianto, Edwin

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian membahas pengaruh logistics service quality terhadap customer retention dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening pada industri ekspedisi laut. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden pelanggan Industri ekspedisi laut yang melakukan transaksi di bulan Februari 2017-September 2017. Pengukuran dilakukan dari variabel logistics service quality, variabel customer satisfaction, dan customer retention.Hasil penelitian menunjukkan: logistics service quality berpengaruh signifikan terhadap customer retention melalui customer satisfation

PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTIONDENGAN BRAND IMAGE DAN PERCEIVED SERVICE QUALITY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PROGRAM KPR BERSUBSIDI DI SURABAYA

Indra, Carolus

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertumbuhan penduduk di Indonesia sangat pesat, terutama di kota-kota besar seperti Surabaya. Dengan perkembangan yang ada kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin tinggi. Produk Kredit Pemilikan Rumah adalah salah satu Produk yang sangat dicari oleh konsumen.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Word of mouth communication terhadap Purchase intention pada KPR bersubsidi di Surabaya dengan Brand Image dan Perceived service quality sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 150 responden calon pelanggan KPR bersubsidi di Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis.

MULTIFACETED RELATIONAL FORMS IN FRANCHISE ORGANIZATIONS: THE RELATIONAL ROLES OF THE FRANCHISOR BRAND

Jaolis, Ferry

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 12, No 1 (2018): APRIL 2018
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Extant research suggests that consumers use brands to enrich their individual and social lives. By looking at the franchisees beyond the economic rationality perspective, we introduced the brand into the franchise relational analysis and confirmed its impact on their satisfaction and loyalty. Results from the thematic analysis of the qualitative data clearly indicated that the brand supplied franchisees with unique symbolic meanings and hedonic pleasures while aiding them in the development and maintenance of rewarding relationships with multiple stakeholder groups. More importantly, strong franchisee-brand relationship alleviated defects in the franchisor-franchisee relationship. We offered a comprehensive framework of the franchise relationship ‚??package‚?Ě for future research avenues