cover
Filter by Year
Jurnal Manajemen Pemasaran
Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset. 2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan. 3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.
Articles by issue : Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
5
Articles
‚Äč
PENGARUH CUSTOMER PERCEPTION TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN MELALUI MULTIATTRIBUTE ATTITUDE MODEL PADA PRODUK MAKANAN ORGANIK

Limantara, Yerosa Dian Putri

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian membahas customer perception yang membentuk multiattribute attitude model dalam pengaruhnya terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dari masyarakat Kota Surabaya dengan kategori usia remaja akhir (17-25 tahun), dewasa muda (26-35 tahun), dan dewasa akhir (36-45 tahun). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode path analysis dari variabel customer perception dengan dimensi kesehatan (X1), rasa (X2), keseimbangan ekosistem (X3), kualitas produk (X4), harga (X5), dan food safety (X6) sebagai variabel independen; variabel multiattribute attitude model sebagai variabel intervening dengan dimensi kepercayaan pada produk (Y1), kesadaran akan kesehatan dan lingkungan (Y2), dan atribut produk itu sendiri (Y3); sedangkan variabel minat beli sebagai variabel dependen diukur dengan dimensi minat transaksional (Z1), minat referensi (Z2), minat preferensi (Z3), dan minat eksploratif (Z4). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) customer perception memiliki pengaruh positif terhadap multiattribute attitude model; (2) variabel multiattribute attitude model memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada produk makanan organik.

PENYELESAIAN CAPACITATED VECHILE ROUTING PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SWEEP UNTUK PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI KORAN : STUDI KASUS

Saraswati, Rizky, Sutopo, Wahyudi, Hisjam, Muh.

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Vehicle Routing Problem merupakan permasalahan yang berhubungan dengan penentuan rute distribusi optimal dengan melibatkan beberapa kendala untuk melayani sejumlah agen sesuai permintaan tiap agen. Capacitated Vehicle Routing Problem merupakan salah satu variasi Vehicle Routing Poblem dengan kendala kapasitas kendaraan. Tujuan dari penelitian ini berua pembentukan model Capacitated Vehicle Routing Problem pada permasalahan rute distribusi harian Solopos wilayah Kartasura-Klaten dengan algoritma sweep. Algoritma sweep terdiri dari dua tahap, yaitu clustering agen dan pembentukan rute untuk tiap agen yang telah dicluster dengan metode Nearest Neighbour. Maka didapatkan hasil berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh dua rute sesuai dengan cluster yang menempuh waktu total 5 jam 55 menit sesuai dengan kebijakan time windows yang diterapkan harian Solopos.

PENGARUH INTERNAL MARKETING TERHADAP EMPLOYEE PERFORMANCE DENGAN MARKETING ORIENTATION DAN EMPLOYEE ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MINIMARKET INDOMARET DAN INDOMARET POINT DI SURABAYA

Evelyn, Devi, Dharmayanti, Diah

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan pasar modern semakin berkembang pesat, khususnya di Indonesia pada tahun 2016. Peningkatan pengguna pasar modern juga mempengaruhi para pebisnis untuk mengembangkan bisnis retail minimarket. Minimarket dikenal dengan mini pasar modern yang mengutamakan kenyamanan berbelanja dengan beberapa fasilitasnya.Hal inilah yang berdampak pada semakin tingginya persaingan untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan minimarket. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Internal Marketing terhadap Employee Performance pada Indomaret dan indomaret Point di Surabaya dengan Marketing Orientation dan Employee Engagement sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden karyawan Indomaret dan Indomaret Point di Surabaya.Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis.

PENGARUH PERCEIVED SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABLE INTERVENING DI HOTEL KARTIKA GRAHA MALANG

Sudjianto, Eva Yohana, Japarianto, Edwin

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Perceived Service Quality, Customer Satisfaction dan Customer Loyalty dengan studi kasus Hotel Kartika Graha Malang. Penelitian ini mengunakan teknik penelitian kuantitatif kausal. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen atau tamu yang merupakan rombongan (keluarga, teman ), menginap minimal 1 malam dan juga menginap dalam durasi antara bulan November 2016 - April 2017 sebanyak 100 kuisioner. Penelitian ini menggunakan teknik analisa SEM (Structural Equation Modeling). Penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel adalah berpengaruh positif dan juga customer satisfaction terbukti menjadi variabel intervening antara perceived service quality dan customer loyalty.

PENGARUH LEADERSHIP STYLE TERHADAP MANAGEMENT CONTROL SYSTEM DENGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN ORGANIZATIONAL CULTURE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA UMKM SEKTOR GARMEN STUDI KASUS DI KABUPATEN GRESIK

Ariestianti R., Widhi, Samuel, Hatane

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 11, No 2 (2017): OKTOBER 2017
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh leadership style terhadap management control system dengan teknologi informasi dan organizational culture sebagai variabel mediasi. Objek penelitian ini adalah UMKM sektor garmen yang ada di Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah leadership style dapat secara langsung mempengaruhi management control systemUMKM sektor garmen yang ada di Kabupaten Gresik serta apakah variabel teknologi informasi dan organizational culture dapat memediasi pengaruh leadership style terhadap management control system. Metode penelitian yang digunakan adalah SEM (Structure Equation Model). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leadership style tidak berpengaruh secara langsung terhadap managemen control system, namun leadership style dapat mempengaruhi management control system melalui variabel mediasi teknologi informasi dan organizational culture. Teknologi informasi yang digunakan tidak berpengaruh terhadap organizational culture.