cover
Filter by Year
Jurnal Manajemen Pemasaran
Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui hasil-hasil riset. 2. Mengakomodasi hasil-hasil riset ilmiah denga dunia bisnis yang membutuhkan. 3. Memotivasi para peneliti pemasaran dan praktisi bisnis untuk mempublikasikan hasil temuan dalam bidangmya.
Articles by issue : Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
5
Articles
PENGARUH FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR MASYARAKAT SURABAYA DENGAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MEREK ZARA

Yulia Hermanto, Elleinda

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan bisnis ritel di Indonesia, khususnya kota Surabaya menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Selain itu kehidupan masyaraktnya pun juga semakin berkembang dimana semakin konsumtif dan memiliki gaya hidup serta pola belanja masyarakat (konsumen) yang senang mengikuti tren, mode, merek serta kualitas dan terkadang suasana hati juga dapat mempengaruhi seseorang dalam melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari fashion involvement terhadap impulse buying behaviour masyarakat Surabaya dengan hedonic shopping motivation dan positive emotions sebagai variabel intervening pada merek ZARA. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar ke 100 responden yang sedang berbelanja di outlet ZARA dan menggunakan teknik analisis Data Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa fashion involvement berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, hedonic shopping motivation berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying dan positive emotions berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying.

PENGARUH BRAND LEADERSHIP DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN BRAND PERSONALITY SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DAN BRAND TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MERLION SCHOOL SURABAYA

Natakusuma Imam Raharjo, Dave, Dharmayanti, Diah

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Semakin pesatnya pertumbuhan industri di bidang pendidikan yang berupa banyak bermunculannya lembaga-lembaga pendidikan dengan berbagai kualitas menyebabkan semakin beragamnya pilihan konsumen dalam memilih lembaga/institusi pendidikan. Setiap lembaga/institusi berlomba-lomba untuk merebut hati konsumen sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensinya di tengah pesatnya persaingan. Namun, untuk tetap bertahan di tengah persaingan bisnis ini, keunggulan kualitas hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi berkembang tidaknya suatu perusahaan. Oleh karena itu perlu diadakannya sebuah penelitian mengenai pengaruh brand leadership dan perceived quality terhadap  customer loyalty melalui brand personality sebagai variable perantara dan brand trust sebagai variable Intervening  pada merlion school Surabaya. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden konsumen Merlion School Surabaya. Hasil dari 100 responden menyatakan bahwa customer loyalty dari merlion school sangat di pengaruhi oleh Brand Personality yang di intervening dengan Brand Trust dan seluruh variable lainnya berpengaruh secara signifikan.

PENGARUH CUSTOMER??S PERCEIVED VALUE TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN

Adiasih, Priskila, Elsye Hatane, Saarce

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan gerai ritel di Indonesia menimbulkan persaingan yang ketat. Nilai yang dirasakan oleh pelanggan menjadi andil terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan nilai yang dirasakan pelanggan dengan kinerja perusahaan. Sampel penelitian adalah 35 convenience store dan 40 fashion industry di Surabaya. Hasil uji dengan partial least square menunjukkan bahwa nilai yang dirasakan pelanggan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan ritel di Surabaya

PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PLANET SPORTS TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA

Gunawan Kwan, Oky

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Postivie Emotion sebagai variabel intervening pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden konsumen Planet Sports. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dengan metode path analysis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, store atmosphere berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying, positive emotion berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap impulse buying.

PENGARUH PRODUCT PLACEMENT PADA FILM INDONESIA TERHADAP BRAND AWARENESS DAN PURCHASE INTENTION MASYARAKAT SURABAYA

Kristanto, Harris, Karina M.R. Brahmana, Ritzky

Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 10, No 1 (2016): APRIL 2016
Publisher : Institute of Research and Community Outreach - Petra Christian University

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Product placement merupakan perkembangan strategi marketing yang tidak lagi menggunakan iklan konvensional, namun mengikuti perkembangan media komunikasi masa yang adalah media yang bergerak atau bersuara seperti radio, televisi, internet, dan media digital lainnya. Perfilman Indonesia mengalami masa keemasan hingga 30 juta penonton, dan melesatnya animo penonton tidak lepas dari kualitas film yang dihasilkan. Dapat dikatakan bahwa product placement memberikan cara-cara alternatif untuk mengekspos produknya melalui suatu medium dimana audience-nya cenderung mau untuk menerimanya, terutama di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh product placement pada film Indonesia terhadap brand awareness dan purchase intention melalui penerapan percobaan yang dilakukan pada 100 masyarakat Surabaya. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis kuantatif dengan metode path analysis. Hasilnya menunjukan bahwa Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa product placement efektif untuk meningkatkan brand awareness. Product placement juga memberikan pengaruh positif terhadap purchase intention baik secara langsung maupun melalui brand awareness.