cover
Filter by Year
J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika
Merupakan Media Penerbitan Dan Pembahasan Karya Ilmiah Dalam Bidang Ilmu Statistika Beserta Aplikasinya, Baik Berupa Hasil Penelitian, Bahasan Tentang Teori, Metodologi, Komputasi, Maupun Aplikasi Statistika Dalam Bidang Lain.
Articles by issue : Vol 9 No 1 (2016)
6
Articles
‚Äč
PEMODELAN RANDOM EFFECT PADA REGRESI DATA LONGITUDINAL DENGAN ESTIMASI GENERALIZED METHOD OF MOMENTS (STUDI KASUS DATA PENDUDUDUK MISKIN DI INDONESIA)

ghazali, muhammad, otok, bambang widjanarko

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.752 KB)

Abstract

Indeks kedalaman  kemiskinan  merupakan  ukuran  rata-rata kesenjangan  penyebaran  pengeluaran  masing-masing  penduduk terhadap  garis  kemiskinan.  Banyak  faktor  yang  mempengaruhi indeks  kedalaman  kemiskinan,  baik  dari  indikator  kesehatan, SDM  maupun  ekonomi.  Oleh karena itu diperlukan sebuah pemodelan statistika untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi indeks kedalaman kemiskinan di Indonesia. Data kemiskinan yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari data SUSENAS yang berupa data longitudinal dengan individu pengamatan adalah seluruh kabupaten/kota di Indonesia dari tahun 2008 sampai 2012. Analisis data longitudinal tidak cukup menggunakan OLS karena beberapa asumsi OLS seperti homokedastisitas dan tidak ada autokorelasi sulit terpenuhi pada analisa data longitudinal karena cendurung adanya pengaruh antar individu dan antar waktu pengamatan dalam model. Untuk mengatasi hal tersebut digunakan metode Generalized Method of Moment (GMM) yang digunakan untuk menaksir parameter model data longitudinal. GMM adalah metode penaksiran parameter yang fokus utamanya adalah meminimalkan fungsi kuadratik  untuk mencari parameter . Analisis GMM untuk data longitudinal pada penelitian ini  denganRandom Effect. Dengan menggunakan model Random Effect maka kesimpulan yang diperoleh adalah semakin tinggi Rata-rata lama sekolah (X1), Angka Melek Huruf penduduk usia 15-55 tahun (X3), Persentase rumah tangga yang menggunakan air bersih (X5) dan Angka harapan hidup (X6) maka indeks kedalaman kemiskinan akan semakin kecil. Sedangkan jika semakin tinggi Persentase rumah tangga yang pernah membeli beras raskin (X4) maka indeks kedalaman kemiskinan juga semakin tinggi.

PEMODELAN KELUHAN KELELAHAN MATA PENGRAJIN KERAWANG MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK

hiola, reni, hiola, rama

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.975 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi kelelahan mata berdasarkan keluhan pengrajin kerawang di Kabupaten Gorontalo menggunakan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelelahan mata berdasarkan keluhan pada pengrajin kerawang terdapat  hubungan dengan arah sinar, dengan warna dinding. Kelelahan mata berdasarkan keluhan pengrajin kerrawang dipengaruhi oleh  umur, arah sinar lebih dari 30 derajat, warna dinding putih dan intensitas dengan ketepatan klasifikasi sebesar 74.6 persen.

PEMODELAN KASUS HIV/AIDS MENGGUNAKAN COX PROPORTIONAL HAZARD

hiola, rama, otok, bambang widjanarko, dukalang, hendra

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.792 KB)

Abstract

Aktivitas kehidupan banyak peristiwa yang berhubung dengan waktu kelangsungan hidup, misal durasi waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari penyakit. Lama waktu yang dibutuhkan hingga terjadinya suatu peristiwa tertentu itulah yang disebut waktu survival. Pada umumnya data waktu survival tidak sepenuhnya dapat diamati atau disebut dengan data tersensor. Salah satu metode statistika yang dapat digunakan dalam menganalisis data survival, adalah model cox proportional hazard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelangsungan hidup penderita HIV/AIDS, digunakan fungsi hazard dan fungsi survival dengan variabel lama rawat inap pasien sebagai respon. Untuk mengetahui faktor-faktor lain yang mempengaruhi ketahan hidup penderita HIV/AIDS digunakan model cox proportional hazard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil Estimasi fungsi survival Kaplan Meier dan fungsi hazard kumulatif Nelson Aalen menunjukan bahwa semakin lama pasien menderita HIV/AIDS maka probabilitas survival pasien semakin kecil, namun resiko kematian disebabkan HIV/AIDS semakin tinggi. Tingkat pendidikan, status pekerjaan, status fungsional, Kadar CD4 merupakan faktor yang berpengaruh dalam resiko kematian pasien HIV/AIDS

KETEPATAN KLASIFIKASI STATUS DIABETES MELITUS DENGAN PENDEKATAN MULTIVARIATE ADAPTIVE REGRESSION SPLINE

jusuf, herlina, otok, bambang widjanarko, ningrum, amanda ratna

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.756 KB)

Abstract

Diabetes Mellitusadalah suatu penyakit gangguan metabolik akut yang ditandai oleh kadar glukosa darah melebihi nilai normal. Diabetes  Mellitus  merupakan suatu penyakit atau kelainan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energy. Dengan semakin meningkatnya prevalensi kasus penyakit Diabetes Mellitus, maka tujuan penelitian ini adalah memprediksi variabel apa saja yang berperan sangat besar sebagai salah satu faktor risiko kejadian Diabetes Mellitus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status diabetes mellitus terdapat hubungannya dengan obesitas, hipertensi dan kebiasaan olahraga, sedangkan dengan pendekatan MARS melalui criteria GCV terkecil dan (R-O)2 terbesar diperoleh factor yang mempengaruhi status diabetes mellitus adalah obesitas dan hipertensi dengan ketepatan klasifikasi sebesar 74.0 persen. Kata kunci :  Diabetes Mellitus, Obesitas, Hipertensi,MARS

DIAGRAM KONTROL MULTIVARIAT SHORT PRODUCTION RUN UNTUK MEMANTAU MEAN DAN VARIABILITAS PROSES

rahman, fathur, mashuri, muhammad

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.114 KB)

Abstract

Metode statistik proses kontrol untuk memantau proses jangka pendek (short-run) dengan mempertimbangkan pengukuran multivariat, atau metode diagram kontrol yang terbilang baru ini bisa juga disebut, diagram kontrol multivariat jangka pendek (short-run control chart) untuk memantau proses mean dan variabilitas. Untuk memantau  mean proses pada diagram kontrol digunakan fungsi pengaruh mean dan matriks kovarian yang di harapkan dapat mendeteksi pergeseran kecil, dan untuk mengetahui pergeseran pada variabilitas proses maka digunakan komponen utama dan eigenvalue sebagai  pengaruh fungsi. Teknik yang digunakan bersifat umum, dan pengaruh fungsi dapat digunakan untuk membangun diagram kontrol multivariat jangka pendek (short-run) baik untuk nominal vaule atau estimasi. Metode ini lebih lanjut diterapkan pada data pembuatan pipa bawah laut yang di produksi PT.KHI (Krakatau Hoogeven International) pada periode 2014. Hasil dari penelitian menujukan pergerseran variabilitas proses dan mean proses tidak dapat di deteksi dengan diagram kontrol kovensional, tetapi pergeseran mean dan variabilitas proses dapat di deteksi pada diagram kontrol yang menggunakan fungsi pengaruh mean dan matriks kovarian untuk medeteksi prorses mean, dan pengaruh fungsi komponen utama dan eigenvaluve untuk medeteksi variabilitas proses.

Kriteria Efisiensi Pelayanan Terminal Bus Berbasis Data Envelopment Analysis

purnaningrum, evita

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 9 No 1 (2016)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.004 KB)

Abstract

Pengambilan keputusan (Decision Making) dalam suatu organisasi diperlukan perhitungan yang tepat karena berdampak pada keberlanjutan suatu organisasi. Salah satu metode untuk menentukan keputusan organisasi adalah menentukan efesiensi dari beberapa cabang perusahaan, dan memperbaiki cabang perusahaan yang belum efesiens. Efisiensi merupakan ukuran yang penting untuk kondisi operasional perusahaan dan indikator keberhasilan dari sebuah perusahaan secara individual setelah membandingkan dengan semua perusahaan lain yang sejenis. Salah satu metode untuk menentukan kriteria efisiensi adalah Data Envelopment Analysis(DEA). DEA adalah teknik nonparametrik untuk memperkirakan efisiensi teknis dari serangkaian Decision Making Unit(DMU) dari database yang terdiri dari input dan output. hasil pembahasan dari kriteria efisiensi pelayanan terminal bus adalah ada bagian yang perlu diperbaiki untuk peningkatan kinerja operasional yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kepada masyarakat. Hasil studi kasus pada terminal purabaya dan tambak oso wilangun adalah Terminal purabaya berdasarkan kriteria efesiensi pelayanan terminal bus sudah efesien ( berbasis Data Envelopment Analysis. Terminal Tambak Oso Wilangun (   perlu perbaikan dengan efektifitas penggunaan lahan sebesar   dan penambahan keberangkatan bus