cover
Filter by Year
J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika
Merupakan Media Penerbitan Dan Pembahasan Karya Ilmiah Dalam Bidang Ilmu Statistika Beserta Aplikasinya, Baik Berupa Hasil Penelitian, Bahasan Tentang Teori, Metodologi, Komputasi, Maupun Aplikasi Statistika Dalam Bidang Lain.
Articles by issue : Vol 4 No 2 (2012)
4
Articles
‚Äč
Statistika Dalam Penghitungan Kendali Mutu Pekerjaan Pembangunan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur

arieska, permadina kanah

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.439 KB)

Abstract

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Propinsi Jawa Timur memiliki tugas untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan jaringan jalan yang ada secara optimal, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan secara keseluruhan.Namun demikian, didalam pelaksanaaannya dilapangan masih cukup banyak ditemukan terjadinya kerusakan dini pada beberapa hasil kegiatan pelaksanaan pekerjaan, dalam hal ini pelaksanaan pekerjaan campuran aspal panas (hot mix) dibidang pemeliharaan jalan yang ada saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa umur rencana konstruksi belum tercapai sebagaimana diharapkan, dan akan mempengaruhi tingkat pelayanan jalan bagi penggunanya.Dari 10 UPT (Unit Pelayanan Teknik) yang dijadikan sampel penelitian, secara deskriptif, terdapat beberapa titik uji yang berada diluar batas spesifikasi. Variabel yang diuji adalah ketebalan rata-rata, kepadatan (density) dan kadar aspal. Secara keseluruhan data yang berada diluar batas spesifikasi yaitu 9.73% untuk ketebalan rata-rata 40.27%untuk kepadatan (density) dan 6.04% untuk kadar aspal.Keseluruhan data baik pada variable ketebalan, kepadatan dan kadar aspal, memiliki nilai yang bervariasi.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai

suharyanto, suharyanto

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.439 KB)

Abstract

Peningkatan pelayanan mahasiswa sangat terkait dengan gaya kepemimpinan dan budaya organisasi lembaga/instansi terkait, sehingga dapat mewujudkan kinerja yang optimal. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya merupakan salah satu universitas swasta yang berupaya memberikan layanannya kepada seluruh akademisi terkait. Secara segnifikan, terdapat pengaruh antara Gaya kepemimpinan Rektor secara parsial terhadap Kinerja Pegawai Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik Gaya Kepemimpinan Rektor yang dijalankan, maka kinerja pegawai Universitas PGRI Adibuana Surabaya akan semakin meningkat. Terdapat pula pengaruh signifikan antara Budaya Organisasi secara parsial terhadap Kinerja Pegawai Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin baik Budaya Organisasi yang diterapkan oleh pimpinan dan pegawai, maka kinerja pegawai semakin meningkat.

Statistika Dalam Penghitungan Kendali Mutu Pekerjaan Pembangunan Jalan

arieska, permadina kanah

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.25 KB)

Abstract

Kualitas pelayanan jaringan jalan perlu ditingkatkan agar lebih optimal agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan secara keseluruhan. Namun dalam pelaksanaaan dilapangan masih banyak ditemukan terjadinya kerusakan dini pada beberapa hasil kegiatan pelaksanaan pekerjaan, salah satunya pada pelaksanaan pekerjaan campuran aspal panas (hot mix) dibidang pemeliharaan jalan. Hal ini menunjukkan bahwa umur rencana konstruksi belum tercapai sebagaimana diharapkan dan akan mempengaruhi tingkat pelayanan jalan bagi penggunanya. Bina Marga Jawa Timur merupakan pihak yang bertanggung jawab dalam pelayanan jalan di Jawa Timur. Dari 10 UPT (Unit Pelayanan Teknik) yang dijadikan sampel penelitian, secara deskriptif, terdapat beberapa titik uji pelaksanaan pekerjaan campuran aspal yang berada diluar batas spesifikasi. Variabel yang diuji adalah ketebalan rata-rata, kepadatan (density) dan kadar aspal. Secara keseluruhan data yang berada diluar batas spesifikasi yaitu 9.73% untuk ketebalan rata-rata 40.27% untuk kepadatan (density) dan 6.04% untuk kadar aspal. Keseluruhan data baik pada variable ketebalan, kepadatan dan kadar aspal, memiliki nilai yang bervariasi pada masing-masing UPT.

Analisis Korespondensi Untuk Mengetahui Keterkaitan Tindak Pidana dengan Usia, Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan, Pekerjaan dan Alasan Melakukan Tindak Pidana

pramesti, wara

J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika Vol 4 No 2 (2012)
Publisher : J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori dan Aplikasi Statistika

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.006 KB)

Abstract

Analisis korespondensi merupakan sebuah teknik multivariat secara grafik yang digunakan untuk eksplorasi data dari sebuah tabel kontingensi. Analisis korespondensi ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel secara visual, sekaligus dapat digunakan untuk melihat keterkaitan (kedekatan) suatu kategori pada satu peubah terhadap kategori peubah lainnya. Objek yang diamati adalah tindak pidana dan pelaku tindak pidana berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan dan alas an melakukan tindak pidana yang terjadi di Rumah Tahanan Gresik. Berdasarkan hasil analisis korespondensi sederhana menurut usia tindak pidana narkoba, penganiayaan dan perjudian cenderung dilakukan oleh anak-remaja, tindak pidana pencurian, penadahan dan penipuan cenderung dilakukan oleh usia dewasa, usia tua banyak melakukan tindak pidana gangguan keamanan dan perjudian. Berdasarkan tingkat pendidikan mereka yang tidak lulus SD cenderung melakukan tindak pidana perjudian, pencurian dan penganiayaan. Pencurian dan penipuan banyak dilakukan oleh tingkat pendidikan SMP dan pelaku tindak pidana dengan tingkat pendidikan SMA-PT banyak melakukan tindak pidana narkoba. Pelaku tindak pidana denngan alas an ekonomi banyak melakukan tindak pidana pencurian, penipuan dan penadahan, tindak pidana perjudian banyak dilakukan oleh mereka yang mempunyai alas an lingkungan dan tindak pidana penganiayaan dan gangguan keamanan banyak dilakukan oleh mereka yang mempunyai alas an melakukan tindak pidana karena keluarga dan dendam.