Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Jurnal Terapan Teknologi Informasi (JUTEI) is a journal focusing on theory, practice, and methodology of all aspects in Information Technology and Computer Science, as well as productive and innovative ideas related to new technology and applied sciences. This journal is managed by the Faculty of Information Technology, Duta Wacana Christian University.
Articles by issue : Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
8
Articles
‚Äč
PROSES EXTRACTION, TRANSFORMATION, AND LOADING PADA PEMODELAN DATA WAREHOUSE PO. SUMBER ALAM KUTOARJO

Wijaya, Agustinus Fritz, Sugiarto, Antonius Teddy

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.394 KB)

Abstract

Teknologi informasi dimanfaatkan oleh sebagian besar perusahaan otobus dalam sistem pergudangan yang mengatur segala informasi suku cadang bus. Data dari kegiatan pencatatan suku cadang di bagian gudang PO. Sumber Alam dari tahun ke tahun akan terus bertambah. Data-data transaksi tersebut harus dipindahkan ke sebuah data warehouse melalui proses ekstraksi, transformasi, dan load data yang dapat mengolah berbagai data menjadi satu kesatuan sistem. Perancangan model data warehouse pada PO. Sumber Alam ini menggunakan pendekatan star schema. Pendekatan ini memiliki satu tabel fakta yang terdapat di pusat bintang dengan beberapa tabel dimensi yang mengelilinginya. Tabel fakta yang terbentuk dari perancangan data warehouse di bagian gudang PO. Sumber Alam yang merupakan transaksi permintaan suku cadang dari bagian bengkel ke bagian gudang guna kebutuhan perbaikan armada bus.

INDEX QUALITY ASSESMENT CITRA TERINTERPOLASI (SSIM dan FSIM)

Wulandari, Meirista

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3653.463 KB)

Abstract

Ada sejumlah aplikasi dalam pengenalan pola yang membutuhkan citra dengan ukuran tertentu. Ukuran citra menentukan hasil dari pengenalan pola suatu sistem. Suatu metode interpolasi digunakan untuk menyesuaikan ukuran suatu citra. Kualitas suatu citra terinterpolasi bergantung pada metode interpolasi yang digunakan. Image Quality Assessment (IQA) memainkan suatu peranan penting dalam berbagai aplikasi pengolahan citra seperti peningkatan kualitas citra, kompresi citra, restorasi citra, dan lain sebagainya. IQA sangat dibutuhkan karena suatu citra dapat mengandung beberapa tipe derau seperti derau blur, perubahan kontras dan sebagainya. Pada penelitian ini dibandingkan 4 buah metode interpolasi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas citra. Keempat metode tersebut adalah Nearest Neighbor Interpolation (NNI), Bilinear Interpolation, Bicubic Interpolation dan Nearest Neighbor Value Interpolation (NNVI). Metode-metode ini dianalisa dengan IQA. IQA yang digunakan adalah Image Quality Assesment Metrics (SSIM) dan A Feature Similarity Index (FSIM). Metode Bicubic Interpolation menunjukkan nilai yang paling baik untuk PSNR, SSIM dan FSIM. Metode NNVI menunjukkan nilai yang kurang baik dibanding ketiga metode interpolasi lainnya. Metode Bilinear Interpolation dan NNI memberikan kualitas yang berada ditengah-tengah antara metode Bicubic Interpolation dan NNVI.

SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN RAPOR KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS: SMKN 2 PURWOKERTO)

Gunawan, Hendro, Triantoro, Agus

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1035.295 KB)

Abstract

Kurikulum di Indonesia sudah mengalami perkembangan sejak periode sebelum tahun 1945 hingga kurikulum tahun 2006 yang berlaku sampai akhir tahun 2012 lalu. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Prinsip utama pengembangan  kurikulum 2013 adalah didasarkan model kurikulum berbasis kompetensi dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan untuk satu satuan pendidikan, jenjang pendidikan dan program pendidikan. Selain memiliki prinsip utama, kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku.Dalam kurikulum 2013 guru merasa kesulitan untuk membuat sebuah penilaian, terutama dalam pembuatan deskripsi. Setiap kategori penilaian guru diwajibkan untuk memberikan uraian deskripsi berdasarkan kemampuan siswa dalam memahami setiap mata pelajaran.Untuk mengatasi hal tersebut, perlu sebuah metode baru dengan merancang dan membangun sebuah sistem informasi yang dapat memberikan pengolahan rapor serta dapat menghasilkan laporan yang sesuai. Sistem informasi pengolahan rapor kurikulum 2013 dibangun dengan metode pengembangan Waterfall dan pembuatan antarmuka menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic .Net, untuk tempat penyimpanan data menggunakan database MySQL dan penyajian informasi atau laporan menggunakan Report Viewer.Pengolahan rapor kurikulum 2013 dengan menggunakan sistem informasi pengolahan rapor kurikulum 2013 akan lebih mudah dalam penyajian deskripsi nilai untuk tiap pelajaran.

EVALUASI KINERJA TEKNOLOGI INFORMASI DANA PENSIUN SEKOLAH KRISTEN SALATIGA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5

Adi, Yosafanto, Wijaya, Agustinus Fritz

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.266 KB)

Abstract

Sistem Keuangan merupakan infrastruktur teknologi informasi yang ada di Dana Pensiun Sekolah Kristen Salatiga. Sistem Keuangan dapat mengelola berbagai laporan mulai dari pencatatan kas hingga pembuatan laporan keuangan. Pentingnya sistem keuangan dalam operasional, menjadikannya  harus dalam kondisi yang optimal. Perlu adanya kontrol dan evaluasi terhadap kinerja sistem informasi (SI) agar sistem yang dibangun organisasi dapat mencapai tujuan bisnis. Untuk itu diperlukannya evaluasi kinerja sistem keuangan, pada penelitian ini standar yang digunakan untuk proses evaluasi kinerja yaitu COBIT 5. Framework COBIT 5 dapat menjadi sebuah alat evaluasi kinerja SI untuk menilai seberapa jauh SI  dapat memenuhi kebutuhan tujuan bisnis. Berdasarkan evaluasi kinerja pada sistem keuangan menggunakan COBIT 5 didapatkan hasil bahwa organisasi sudah mengimplementasikan semua proses, yang berarti Dana Pensiun Sekolah Kristen Salatiga sudah mencapai tingkat kapabilitas pada level 1 (Performed Process) maupun level 2 (Managed Process). Untuk memperbaiki tingkat kapabilitas proses-proses TI tersebut, maka COBIT 5 telah memberikan panduan berupa rekomendasi guna penyelerasan antara tujuan bisnis Dana Pensiun Sekolah Kristen dengan tujuan TI dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas Sistem Keuangan untuk mencapai tujuan organisasi. 

EVALUASI KINERJA SISTEM INFORMASI E-FILING MENGGUNAKAN COBIT 5 PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KOTA SALATIGA

Wijaya, Agustinus Fritz, Andani, Anneke Tri

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (882.806 KB)

Abstract

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama merupakan salah satu instansi di bawah Kementerian Keuanngan. Tugas utama dari KPP Pratama yaitu melaksanakan penyuluhan, pelayanan, dan pengawasan terhadap Wajib Pajak khususnya dibidang Pajak Penghasilan, Pajak Penjualan, Pajak Pertambahan Nilai, serta pajak tidak langsung lainnya. Dalam pelaksanaan tugasnya KPP Pratama menerapkan sistem IT governance untuk pencapaian tujuan bisnis namun kurangnya tata kelola dalam penerapan sistem IT governance mengakibatkan kurang optimalnya KPP Pratama dalam menjalankan tugas dan pencapaian tujuan. Diperlukan penilaian tingkat kematangan IT governance untuk mengetahui pencapaian KPP Pratama dari tujuan bisnisnya, sehingga menghasilkan rekomendasi untuk memperbaiki tata kelola dalam penerapan IT Governance. Dalam menilai tingkat kematangannya digunakan pendekatan dengan COBIT 5. Dengan 15 responden dari 2 divisi menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kuesioner penelitian berfokus pada domain proses APO 13, BAI 06, dan DSS 05. Domain proses yang digunakan dalam penelitian didapat dari hasil pemetaan terhadap tujuan bisnis, tujuan TI, dan terkait proses TI. Hasilnya rata-rata tingkat kematangan  dari ketiga domain proses yaitu 1,22 dengan berada pada level 1 (Performed Process).

IMPLEMENTASI MOMENT INVARIANT UNTUK PENGENALAN LABEL BUKU PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID

Susetya, Hendy Yudhitya, Rachmat, Antonius, Nugraha, Kristian Adi

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.175 KB)

Abstract

Perpustakaan Universitas Kristen Duta Wacana(UKDW) memiliki koleksi buku yang cukup banyak dan beragam. Buku-buku tersebut sudah disusun rapi pada rak-rak buku yang ada dan diberi label. Akan tetapi masih banyak peminjam yang meletakkan buku pada rak yang salah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat mengetahui apakah sebuah buku salah letak atau tidak dengan menggunakan metode Moment Invariant dan K-Nearest Neighbor. Moment invariant merupakan sebuah metode ekstraksi fitur yang menghasilkan 7 fitur yang digunakan untuk mengenali sebuah obyek. Sedangkan K-Nearest Neighbor merupakan metode klasifikasi yang digunakan untuk mengklasifikasikan obyek berdasarkan data latih yang ada. Citra input berupa citra yang berisi deret buku. Citra ini akan melalui beberapa proses yaitu proses Region of Interest untuk mendapatkan label buku, proses segmentasi Histogram Approach untuk mendapatkan citra karakter tiap labelnya, proses thinning yang digunakan untuk mendapatkan kerangka tiap karakter, kemudian proses ekstraksi fitur Moment Invariant yang akan menghasilkan fitur dari citra karakter dan fitur-fitur tersebut akan diklasifikasikan menggunakan K-Nearest Neighbor sesuai dengan template yang ada seghingga citra karakter dapat dikenali. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem berhasil mengimplementasikan metode Moment Invariant dan K-Nearest Neighbor sehingga berhasil dalam mengenali karakakter pada label buku perpustakaan UKDW dengan menggunakan K=1 dan ukuran citra karakter sebesar 100x100. Terdapat 2 hasil persentase keakuratan yaitu sebesar 85.39%  dengan menggunakan 30 citra uji yang didalamnya terdapat beberapa citra karakter yang digunakan sebagai template dan sebesar 81.54%  dengan menggunakan 20 citra uji di mana tidak ada template yang berasal dari citra uji.

OPTIMALISASI WAKTU PERCEPATAN DAN BIAYA KEGIATAN DI DALAM METODE JALUR KRITIS DENGAN PEMROGRAMAN LINIER

Dwijono, Djoni

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1302.389 KB)

Abstract

Waktu percepatan proyek di dalam metode jalur kritis memerlukan perhitungan yang teliti karena unsur waktu dan biaya yang berubah pada saat proyek dipercepat. Perhitungan perubahan unsur waktu dan biaya ini akan mengalami kesulitan yang cukup berarti pada saat proyek memiliki banyak jalur kegiatan yang harus dikerjakan dan kemungkinan jalur kegiatan yang mendahului untuk setiap jalur kegiatan tersebut dapat lebih dari satu jalur. Perubahan waktu akibat percepatan tersebut mungkin akan merubah jalur kritisnya, dan merubah jalur kritis, dapat merubah waktu terpanjang penyelesaian proyek dan juga biayanya. Penentuan jalur kritis yang baru, berarti waktu terpanjang dan biaya kegiatan yang berubah akibat pemercepatan proyek tersebut dapat diselesaikan dengan metode jalur kritis.Tetapi metode jalur kritis tidak mampu memperlihatkan optimalisasi percepatan jalur dan pertambahan biayanya.Masalah optimalisasi jalur dan biaya ini mampu diselesaikan dengan pemrograman linier, dan pemrograman linier dapat dengan cepat diselesaikan dengan perangkat lunak Management Scientist Versi 6.0. Dari hasil yang diperoleh, maka dengan cepat pemegang keputusan proyek dapat segera mengambil keputusan tentang hal-hal yang berhubungan dengan optimalisasi percepatan jalur dan biaya proyeknya.

BEL PEMANGGIL PERAWAT BERBASIS WIRELESS MENGGUNAKAN ANDROID

Roby, Roby, Mardjoko, Pono Budi, Wulandari, Meirista

Jurnal Terapan Teknologi Informasi Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Terapan Teknologi Informasi
Publisher : Fakultas Teknologi Informasi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (857.243 KB)

Abstract

Dalam suatu rumah sakit, pasien yang menginap sering memerlukan bantuan dari para tenaga kesehatan yaitu perawat atau dokter. Namun pada umumnya sistem pemanggil perawat yang digunakan masih sangat konvensional. Dengan kemajuan teknologi, koneksi Internet dapat dibuat dengan dukungan perangkat keras dan perangkat lunak. Koneksi Internet ini digunakan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan perawat terhadap pasiennya. Penelitian ini membahas tentang pembuatan sistem dan aplikasi Android untuk pemanggilan perawat dengan memanfaatkan Internet. Sistem ini dapat memberitahukan posisi kamar pasien dan juga letak tempat tidur pasien. Sistem ini juga dapat memberitahu jenis bantuan yang dibutuhkan oleh pasien darurat atau tidak. Dengan memanfaatkan smartphone Android bersistem operasi Jelly bean. Sistem ini dapat bekerja secara wireless dengan bantuan koneksi Internet sehingga dapat mengurangi resiko yang terjadi yang diakibatkan oleh kendala kabel.