Technomedia Journal
Articles by issue : Vol 2 No 1 (2017)
10
Articles
‚Äč
Rekayasa Teknik Merubah Nama Kartu Grafis AMD Radeon Menggunakan Notepad Pada Sistem Operasi Windows 10

Warsito, Ary Budi, Fikri, Khalid Al

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1290.349 KB)

Abstract

Nama Kartu grafis merupakan bentuk informasi sebuah perangkat komputer maupun perangkat laptop  yang  sangat  penting  saat  ini,  selain  fungsinya  sangat  di sukai  hampir  disemua  kalangan, perangkat komputer yang satu ini tidak  bisa jauh dari pasangannya yaitu sebuah prosesor, tidak ada kartu grafis maka prosesor tidak  akan menunjukan fungsinya dengan  maksimal.  Sebut saja salah satu brand kartu grafis terkenal, yaitu AMD (Advanced Micro Device). Namun penamaan kartu grafis yang diberikan AMD lewat driver masih kurang jelas dan akurat, dikarenakan developer yang mengelola divisi driver AMD ini masih malas merubah nama produk kartu grafisnya satu per satu setiap brand, oleh karena itu maka penulis akan membuat Rekayasa teknik merubah nama kartu grafis AMD Radeon Menggunakan Notepad pada sistem operasi windows 10, sehingga dengan ini user atau pengguna kartu grafis AMD Radeon akan bisa lebih memahami secara mendalam mengapa kartu grafis ini namanya tidak  sesuai. Kata Kunci: Kartu Grafis, AMD Radeon, Notepad The name of the graphics card is a form of information devices and laptop computers are very important  at  this  time,  in  addition  to  its  functions  very  preferred  in  almost  all  circles  of computer devices, this one could not be further from his partner a processor, no graphics card then the processor will not indicate it functions optimally. Call it one of the brand famous, i.e. graphics card AMD (Advanced Micro Device). But the naming of the given graphics card AMD passing drivers still less clear and accurate, due to the developer who manages the Division drivers AMD is still lazy graphics card product name change one by one each brand, therefore then  the  author  would  mak e  engineering change name AMD Radeon graphics cardusing Notepad  on  a windows operating system 10, so with this user or users of the AMD Radeon graphics  card  will  be  able  to  understand  more  deeply  why  this graphics card name is not appropriate. Keywords: Graphics Card, AMD Radeon, Notepad  

Penerapan Sistem Autentikasi Sertifikat Sebagai Pengambil Keputusan Validasi Sertifikat Pada Perguruan Tinggi

Rahardja, Untung, Harahap, Eka Purnama, Fresandy, Gilang

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.311 KB)

Abstract

Pengembangan sistem adalah suatu cara untuk memberikan inovasi terbaru pada Perguruan Tinggi  dimana  sistem  yang  dibuat  harus  berdasarkan  apa  yang dibutuhkan para Pribadi Raharja. Autentikasi sertifikat dimaksudkan untuk  melengkapi dan mengoptimalkan Validasi Sertifikat pada PO Sidang, salah satunya terdapat poin Validasi Sertifikat dan Tridharma. Mahasiswa harus melakukan validasi dengan cara submit via website dan akan di review oleh admin.  Dengan  hadirnya  autentikasi  sertifikat  ini  admin  bisa  mengecek   keaslian  dari sertifikatnya dimanapun dan kapanpun. Dan sertifikat akan terdokumentasi dengan baik  di dalam database. Jadi admin bias lebih baik  lagi dalam melakukan validasi dan mengurangi potensi pemalsuan sertifikat. System development is a way to provide the latest innovations in Higher Education where the system  created  must  be  based  on  what  is  needed  by  Personal  Raharja. Certificate authentication for Structure and optimal Validation of Certificates on PO Session, one of the points. Certificate Validation and Tridharma. Students must validate by submitting via website and will be reviewed by admin. With the presence of this certificate authentication admin can check the authenticity of the certificate wherever and whenever. And certificates will be well documented in the database. So admin bias is better in validating and reducing the potential for certificate forgery.  

Penerapan Data JSON Untuk Mendukung Pengembangan Aplikasi Pada Perguruan Tinggi Dengan Teknik Restfull Dan Web Service

Warsito, Ary Budi, Ananda, Ajeng, Triyanjaya, Dian

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (739.311 KB)

Abstract

Data  adalah  salah  satu  komponen  penting  dalam  sebuah  aplikasi.  Di  perlukan  sebuah  database untuk  menyimpan  data  dalam jumlah  besar  sebagai  media  pendistribusian  data  dari  server  ke client.  Banyak  nya  aplikasi  pada  sebuah  perguruan  tinggi  membutuhkan  bandwidth  yang  besar untuk  keperluan  pengambilan  data  untuk  di  sajikan  sebagai  sistem  informasi  yang  sangat berguna  untuk  berbagai  kepentingan.  Web  Service  sangat  berperan  penting  pada  kasus  ini dimana,  client  yang  seharusnya  mengakses  melalui  jalur  yang  berbeda  ke  database  akan  di alihkan  ke  dalam  web service dalam proses pengambilan data untuk meringankan kerja database yang harus  berulang  ulang  melayani  permintaan  dari  client.  Arsitektur  REST,  yang  pada dasarnya di  oprasikan  melalui  HTTP (Hypertext Transfer Protocol), yang mengacu pada proses pembacaan  halaman  web  tertentu  yang  berisi  sebuah  file  JSON.  File  inilah  yang  menguraikan dan  memuat  konten  yang  hendak  disajikan  kepada  konsumen.  Setelah  melalui  sebuah  proses definisi  tertentu, konsumen  akan bisa mengakses antarmuka aplikasi yang  tersedia. Kata Kunci :  Database, Web Service, permintaan  Data is one of the important components in an application. In need of a database to store large amounts of data as a medium for the distribution of data from the server to the client. Many of its application on a college requires a large bandwidth for data retrieval purposes toserved as an information system that is very useful for various purposes. Web Service is very important in this case where, clients should access through different pathways to the database will switch to the web service in the data collection process to alleviate the database that should be repeated requests  from  the  client.  REST  architecture,  which  is  basically  in  oprasik an  via  HTTP (Hypertext Transfer Protocol), which refers to the process of reading a specific web page that contains a JSON file. It is this file that describes and includes the content to be presented to consumers.  After  going  through a process of certain definitions, consumers will be able to access the application interface is available. Keywords: Database, Web Service, request  

Seleksi Penyerang Utama Menggunakan K-Means Clustering Dan Sistem Pendukung Keputusan Metode Topsis

Siregar, Renenata Ardilesmana

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.454 KB)

Abstract

Untuk  menentukan penyerang ideal dalam sepak bola agar sesuai karakter dan kriteria yang diharapkan,  diperlukan  pelatih  yang  mempunyai naluri  tajam  dan  juga  sistem  yang  bisa membantu pelatih dalam memberikan pilihan. Biasanya dalam proses penentuan pemain masih dilakukan  secara  manual dengan melihat dari karakter dan kriteria dari pemain tersebut. Tetapi terkadang hanya dengan melihat dari karakter dan kriteria dari pemain tersebut saja masih kurang cukup sehingga jauh dari apa yang diharapkan. Untuk  mempermudah dalam pemilihan penyerang ideal, maka diperlukan suatu sistem yang dapat membantu pelatih untuk  memilih penyerang yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan tim yaitu dengan menggunakan teknik K-Means Clustering dalam metode data mining sebagai proses dalam menyeleksi pemain untuk bergabung  dalam  suatu  tim  dan  juga  didukung  dengan  metode  Sistem  Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) The Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) sebagai proses dalam menentukan penyerang yang akan bermain sebagai pemain utama dalam tim yang menggunakan beberapa kriteria untuk  memilih pemain yang tepat. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan dapat membantu pelatih dalam proses seleksi pemain dan dapat mengubah cara penilaian terhadap sifat subjektif agar lebih obyektif dalam pengambilan keputusan. Kata Kunci :Data Mining, K-Means Clustering, Sistem Pendukung Keputusan To  determine  the  ideal  attacker  in football to match the expected character and criteria, a  coach who has a sharp instinct and a system that can assist the coach in providing choices. Usually  in  the  process  of  determining  the  player  is  still  done  manually  by  look ing  at  the characters  and  criteria  of  the  player.  But  sometimes just by look ing at the characters and criteria of the player is still not enough so far from what is expected. To facilitate the selection of ideal attackers, a system that can help the trainer to select the attacker needed according to the needs of the team is by using K-Means Clustering technique in the method of data mining as a process in selecting players to join a team and also supported by Decision Support Systems method The Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) is the process of determining which attack er will play as a major player in the team using multiple criteria to select the right player. With the results of this study, it is expected to assist trainers in the selection process of players and can change the way the assessment of the subjective nature to be more objective in decision making. Keywords: Data Mining, K-Means Clustering, Decision Support System.  

Penerapan Rinfo Form Sebagai Media Pengumpulan Data Hasil Kinerja Dosen iLearning

Handayani, S.Kom, Indri, Mutmainah, Siti, Rosmawati, Olis

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1149.925 KB)

Abstract

Survey online merupakan hal yang penting bagi Perguruan Tinggi Raharja, dikarenakan dari survey online tersebut kita bisa mengetahui hasil kinerja para dosen yang ada. Dan sistem kuesioner sebelumnya masih menggunakan Sistem yang manual. Sistem ini masih menggunakan media kertas yang harus diambil dari RPU oleh petugas kuesioner, lalu petugas kuesioner akan memberikan lembar kuesioner ke kelas-kelas dan diberikan kepada mahasiswa untuk diisi . Hal itu membuat tidak efektif dan tidak efisiennya cara menilai hasil kinerja Dosen di Perguruan Tinggi Raharja, karena Kuisioner secara manual membutuhkan waktu yang lama dari cara pembuatan, pencetakkan, penyebaran, dan penginputan hasil Form Kuesioner tersebut. Karena saat Form Kuesioner telah diisi oleh mahasiswa, Petugas akan memberikan hasil Form Kuesioner kepada RPU dan RPU akan menginput satu persatu Form Kuisioner dengan menggunakan Microsoft Exel, hal itu dapat memungkinkan terjadinya Human Error. Berdasarkan kekurangan diatas maka Perguruan Tinggi Raharja mengubah kuesioner dosen manual dengan Rinfo Form, Rinfo Form merupakan sistem yang berguna untuk membuat form online, form pembayaran, dan juga form voting secara online. Dan yang sangat penting Rinfo Form ini sudah SSO (single sign on) dengan Google dengan begitu mahasiswa lebih mudah untuk mengisi Kuesioner secara online. Rinfo Formjuga menggunakan Form Emailer jadi saat mahasiswa sudah selesai mengisi form tersebut, maka secara otomatis mahasiswa akan mendapatkan email pemberitahuan karena sudah mengisi form tersebut, dan admin pun akan mendapat email pemberitahuan dari siapa saja yang sudah mengisi kuesioner online tersebut, Rinfo Form juga sudah terhubung dengan spreadsheet dengan begitu admin lebih mudah untuk merekap data yang sudah masuk. Kata kunci : Kuesioner Online, Rinfo Form, Rinfo Sheet Online Survey is important for College Prog, because of the online survey we can find out the result of the perfomance of the lecturers there. And the system is still using the previous Questionnaire System Manual. This System still uses Media Paper to be taken from the RPU by the Officer Questionnaire, and Officers Questionnaires will give questionnaire sheet to the classes and given to students to fill out. It made ineffetive and inefficient way of assesing the perfomance result Lecturer at the College of Prog, because the questionnaire was manually take a long time on how to manufacture, print, deployment, and inputting the result of the questionnaire form. Because whe the Form Questionnaire were completed by Studen Officer will provide the result to the Questionnaire Form and RPU. RPU will enter one by one Form Questionnaire by using Microsoft Exel, it can allow the occurrence of Human Error. Based on the above the shortage of Higher Education Prog manually change the questionnaire lecturer with Rinfo Form. Rinfo Form a useful system to create an online form, form a payment, and also create an online voting form. And that is very important Rinfo Form is already SSO(single sign on) with Google so student are easier to fill out an online questionnaire. Rinfo Form also use Form Emailer so when the students have finished completing the form, then automatically the student will get an email notification because it fills out the form and the Admin will receive an email notification from anyone who have already filled out questionnaires online, the Rinfo Form also spreadsheet are connected with the so admins easier to recapitalize the data that has been entered. Keywords : Online Questionnaire, Form Rinfo,Rinfo Sheet  

Media Viewboard Sebagai Klasifikasi Jumlah Surat Keputusan Online Pada Perguruan Tinggi

Rahardja, Untung, Harahap, Eka Purnama, Suciani, Ayu

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.949 KB)

Abstract

Mencari informasi melalui internet merupakan salah satu bentuk kegiatan yang sudah menjamur di masyarakat indonesia maupun global, tidak bisa dipungkiri lagi saat ini internet hampir sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Namun, saat ini penyebaran informasi masih konvesional dan kurang diolah dengan baik sehingga tidak uptodate. Banyaknya surat keputusan yang berada pada suatu Organisasi atau Institusi Perguuan Tinggi merupakan hal wajar akan tetapi akan menjadi sebuah masalah bila tidak adanya suatu cara pengolahan yang baik. Maka daripada itu pada penelitian ini akan membahas perihal media informasi surat keputusan online dengan media viewboard pada website surat keputusan Perguruan Tinggi Raharja. Dengan adanya media viewboard pada website surat keputusan Perguruan Tinggi Raharja dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam mendapatkan informasi klasifikasi jumlah dari surat keputusan lebih cepat. Manfaat dari media viewboard dapat mempermudah pengunjung dalam mengakses informasi klasifikasi jumlah dari surat keputusan yang ada di Perguruan Tinggi Raharja yang terupdate. Kata Kunci : Viewboard, Informasi, Pengunjung, Surat KeputusanSearch for information through internet liquid one form of activity that s mushroomed and global community, it cannot be denied again today the internets virtually sbecome a basic requirement for the community. However, currently still accounting for the dissemination of information and less processed with either so its not uptodate. The number of letter decision while at an organization or Institution High liquidPerguuan it reasonable however will be discussing the problem when the absence of a way of processing. Then than it did on this research will address the subject of media information online with the media Decree viewboard on the website of the College decision letter Raharja. With the presence of media viewboard on the website of the College decision letter Raharja can provide convenience for visitors in getting information classification number from the letter of decision more quickly. The benefits of viewboard media can facilitate visitors in and access the information classification number from the existing Decree in College Raharja client. Keywords : Viewboard, Website, Information, Visitor, Decree  

Penerapan Sistem Monitoring Parkir Kendaraan Berbasis Android Pada Perguruan Tinggi Raharja

Warsito, Ary Budi, Yusup, Muhamad, Aspuri, Muhamad

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.714 KB)

Abstract

Parkir merupakan suatu keadaan dimana sebuah kendaraan berhenti dan tinggalkan oleh pengendara nya untuk sementara waktu. Saat ini sistem parkir pada Perguruan Tinggi Raharja masih menggunakan sistem parkir yang bersifat manual, dimana proses keluar masuk nya kendaraan masih di catat di buku dan untuk penyampaian informasi mengenai ketersediaan slot parkir menggunakan komunikasi handy talky yang bersifat lambat sehingga mengharuskan para petugas melakukan komunikasi secara bergantian demi mendapatkan informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dirancang sebuah sistem monitoring berbasis android yang akan menghitung kendaraan yang parkir. Dengan penerapan sistem monitoring berbasis android ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada sehingga lebih memudahkan petugas dalam hal memantau keadaan area parkir di Perguruan Tinggi Raharja dan juga mendapatkan informasi mengenai jumlah slot parkir yang tersisa secara realtime dan otomatis dan meringankan petugas dalam hal mencatat kendaraan yang keluar masuk. Sistem ini diharapkan dapat berjalan dengan baik di Perguruan Tinggi Raharja. Di samping permasalahan tersebut dengan adanya aplikasi ini diharapakan mengurangi atau menghemat pengeluaran Kampus karena tidak membutuhkan komputer yang slalu stand by di tempat. Kata Kunci : Parkir, Monitoring, Android, Efesiensi Parking is a situation where a vehicle stop and leave by his riders for a while. The current systems parking on College Raharja still use the parking system is a manual process, where his entry out of a vehicle is still on the record on the books and for the submission of information about the availability of parking slots using the handy talky communications are slow so require the officers communicate interchangeably for the sake of getting information. Based on these problems then designed an android-based monitoring system that will calculate a vehicle parking. With the implementation of android-based monitoring system is expected to tackle the existing problems so as to better facilitate officers in terms of monitoring the State of the parking area in College Raharja and also get information about the amount of remaining parking slot in realtime and automatic and relieve officers in terms of vehicle records out in. The system is expected to run well in College Raharja. In addition to the problem with the existence of this application are expected reduce or save expenses Campus because it does not require a computer that usually stand by in place. Keyword : Parking, Monitoring, Android, Efficient  

Aplikasi Sistem Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel Barokah Motor Berbasis Web

Aris, Aris, Rinja, Mochamad, Jherico, Taufan

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.046 KB)

Abstract

Bengkel Barokah Motor merupakan salah satu usaha keluarga yang bergerak dibidang retail dengan menjual sparepart motor. Proses administrasi penjualan merupakan salah satu kegiatan penting bagi proses penjualan sparepart motor di bengkel ini. Untuk mendukung sistem aplikasi penjualan ini, perlu adanya sistem komputerisasi untuk membuat laporan penjualan yang cepat, akurat serta efisien dalam pengerjaannya. Namun dalam kenyataannya, hal tersebut memang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang ditentukan, karena belum adanya sistem komputerisasi yang digunakan di bengkel tersebut. Bengkel Barokah Motor masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data administrasinya. Sehingga masih seringnya terjadi kesalahan pada saat pencatatan data. Untuk itu perlu dirancang suatu sistem aplikasi penjualan. Sistem tersebut dirancang menggunakan metode OOAD, dan digambarkan melalui diagram UML seperti activity diagram, sequence diagram, use case diagram, class diagram dan state chart diagram. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database yang digunakan adalah MySQL. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem aplikasi penjualan yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi serta membuat laporan penjualan secara cepat dan akurat. Sehingga dengan adanya sistem tersebut, user akan sangat terbantu dalam mengerjakan pekerjaannya. Kata kunci : aplikasi sistem penjualan, sparepart motor Workshop Barokah Motor is one of the family businesses engaged in retail selling motor spare parts. Sales administration process is one of the important activities for motor spare parts sales process at this workshop. To support this sales application systems, the need for a computerized system to create sales reports are fast, accurate and efficient in the process.But in reality, it does not correspond with the wishes and expectations are determined, due to the lack of computerized systems used in the workshop. Workshop Barokah Motor still use manual systems in data processing administration. So it is still frequent errors during data recording. For that we need to design a system application sales. The system is designed using OOAD methods, and illustrated by diagrams like UML activity diagrams, sequence diagrams, use case diagram, class diagram and state chart diagrams. The system is built using the PHP programming language, and the database used is MySQL. The result of this research is a sales application system used to record each transaction and create sales reports quickly and accurately. So with such a system, the user will be greatly helped in doing his job Keywords : App sales system, motor spare part  

Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi

Husain, Al, Prastian, Abdul Haqy Aji, Ramadhan, Andre

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.626 KB)

Abstract

Sistem absensi saat ini perlu memerlukan pembaharuan sistem yang baru. Karena dengan melakukan hal ini akan berdampak sangat baik bagi perusahaan dilihat dari sisi efisien, efektif, dan cepat. Dalam hal ini perusahaan berlomba membuat sistem absensi yang dapat berjalan pada teknologi saat ini seperti smartphone android. Hal tersebut membutuhkan sebuah design rancangan sebelum sistem ini dibuat sehingga dapat mengetahui permasalahan dan solusi pada sistem yang akan dibuat. Design sistem absensi online digunakan untuk mempercepat absen hanya melalui smartphone android yang dimiliki oleh masing-masing karyawan. Hal ini membutuhkan jaringan lokal yang berjarak hanya didalam lingkungan perusahaan sehingga karyawan tidak dapat absen diluar perusahaan. Guna membuat sebuah laporan dengan metode sistem diatas, memerlukan metode pengumpulan data sistem yang berjalan, wawancara, observasi, analisa sistem yang diusulkan, dan metode prototipe dan testing sebagai pembentukan sistem usulan yang memadai sebagai alternative solusi terbaik dari permasalahan yang ada. Kata Kunci : Sistem, Absensi, Design, Jaringan The current system requires absences need renewal of the new system. Because by doing this will have an impact is very good for the company as seen from the side of efficient, effective, and fast. In this case the company raced to make attendance system that can run on current technologies such as android smartphone. It requires adesign draft before this system was created so as to know the problems and solutions on the system to be created. Online attendance system design used to speed up the timesheet only through android smartphone which is owned by each employee.This requires a local network which is just in a corporate environment so that employees can not be absent outside of the company. To create a report with the methodabove, the system requires a method of data collection system that runs, interviews,observation, analysis of the proposed system, and the method of prototype and testing as the establishment of an adequate proposal system as alternative best solution of existing problems. Keywords : System, Absence, Design, Network  

Rancangan Web Information System Asset Management Pada PD.BPR Kerta Raharja Cabang Balaraja

Mulyati, Mulyati, Yulianto, Yulianto, Supriyana, Andika

Technomedia Journal Vol 2 No 1 (2017)
Publisher : iLearning Journal Center

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (906.211 KB)

Abstract

Setiap perusahaan membutuhkan informasi yang cepat dan akurat, salah satunya adalah informasi mengenai aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Aset merupakan barang atau benda yang terdiri dari benda yang bersifat bergerak dan benda yang bersifat tidak bergerak yang dimiliki oleh perusahaan. PD.BPR Kerta Raharja merupakan Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama-sama Pemerintah Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat dan PT Bank Jabar Banten yang bergerak dalam pemberian kredit pada masyarakat. Yang dimana saat ini dalam proses pencatatan data aset masih menggunakan aplikasi Ms. Excel, dimana masih dapat terjadi salah input data aset dan bisa saja data hilang dari penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi manajemen aset pada PD.BPR Kerta Raharja Cabang Balaraja. Penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Analisa menggunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats). Kemudian menggunakan UML (Unified Modeling Language) untuk menggambarkan prosedur sistem yang berjalan, menggunakan bahasa program PHP dan menunggunakan MySQL sebagai database yang dibangun. Hasil akhir yang dicapai pada sistem informasi manajemen aset memiliki kelebihan dalam membantu user untuk memperoleh informasi yang lebih cepat dan akurat, mulai dari pendataan sampai pembuatan laporan. Kata kunci : Manajemen Aset, Data, Analisis  Every company needs fast and accurate information, one of them is information about assets that are owned by a single company. The asset is an item or object that is made up of objects that are in motion and an object that is not moving, owned by the company. PD. BPR Kerta Raharja is the company Governmentowned area of Tangerang Regency Government together Banten, West Java and PT Bank Jabar Banten in the granting of credit on the society. Which is currently in the process of recording data assets are still using Ms application. Excel, where it still can occur is wrong data input and data assets missing from storage. The purpose of this research is to design information systems asset management in PD.BPR Kerta Raharja Balaraja Branch. Research done by observation, interviews and literature study. Analysis using the method of SWOT analysis (Strenghts, Industry, Opportunities, Threats). Then use the UML (Unified Modeling Language) to describe the procedure in a system that is running, using the programming language PHP and the MySQL database as the menunggunakan was built. The end results were achieved at asset management information system has advantages in helping the user to obtain information more quickly and accurately, from logging to the making of the report. Keywords: Asset Management, Data, Analysis